13 Wisata Kuliner Solo Ini Tawarkan Menu Menggugah Selera

13 Wisata Kuliner Solo Ini Tawarkan Menu Menggugah Selera

Solo dikenal sebagai kota yang tenang dan damai. Namun,  keberagaman wisata kuliner khas lokal juga menjadi alasan lain kunjungan para wisatawan ke Solo. Rasanya yang unik dan otentik akan membuat siapa pun ketagihan saat mencobanya. Nah, bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur di Kota Batik, sempatkan untuk mengunjungi aneka wisata kuliner Solo di bawah ini ya. Tidak hanya lezat, harganya pun bersahabat!

1. Pecel Solo

pecel solo
Photo Credit: @zavirza (Instagram)

Sesuai namanya, Pecel Solo memang menyediakan menu spesialisasi pecel. Satu porsi pecel terdiri dari nasi merah, daun kenikir, daun pepaya, daun bayam, kembang turi, dan jantung pisang. Nantinya, seluruh bahan disiram dengan sambal pecel bercita rasa manis dan pedas. Selain pecel, restoran yang juga dikenal dengan nama Warung Ndeso Resto ini juga menyediakan minuman tradisional seperti beras kencur dan temulawak.

Jika tertarik untuk mencobanya, kamu bisa datang ke Jalan Dr. Soepomo No 55, Mangkubumen. Setiap harinya, Pecel Solo Resto buka dua kali dalam sehari yaitu pada pukul 08:00 16:00 dan 18:00 22:00.

2. Serabi Notosuman

serabi solo
Photo Credit: @webee (Instagram)

Berdiri sejak 1923, Serabi Notosuman dikenal sebagai salah satu wisata kuliner Solo yang cukup legendaris. Meski begitu, kuliner ini masih populer hingga sekarang karena menawarkan cita rasa yang lezat. Dibuat menggunakan adonan tepung beras dan santan, serabi di sini memiliki tekstur yang lembut dengan pinggiran renyah. Seluruh serabi juga dimasak secara tradisional, yakni dengan menggunakan tungku kecil.

Ada dua varian rasa serabi yang bisa kamu beli di Serabi Notosuman, yakni polos dan cokelat. Satu porsi serabi terdiri dari sepuluh buah dan dijual seharga kurang lebih Rp20.000 untuk serabi polos dan Rp25.000 untuk serabi cokelat. Selain dinikmati dilokasi, kamu juga bisa menjadikan serabi ini sebagai oleh-oleh dari Solo, lho. Jadi, datanglah ke Jalan Mohammad Yamin No 28 jika ingin membelinya.

3. Warung Selat Mbak Lies

warung selat solo
Photo Credit: @ayusarwotoz (Instagram)

Lokasi wisata kuliner Solo satu ini memang agak tersembunyi, tepatnya berada di Gang II No 42, Serengan. Tenang saja, usaha kamu untuk menemukan tempat ini pasti akan terbayar dengan selat Solo yang menggugah selera.

Hanya dengan harga sekitar Rp28.000, kamu sudah bisa mendapat satu porsi selat Solo yang terdiri dari potongan daging sapi masak semur, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun, dan irisan bawang merah. Tidak ketinggalan, kuah segar dan mustard yang terbuat dari cuka dan campuran kuning telur.

Tak hanya menyajikan kuliner yang enak, Warung Selat Mbak Lies juga memiliki dekorasi interior yang unik. Di dalamnya, kamu bisa menemukan banyak ornamen keramik mulai dari piring hiasan dinding, guci, hingga lukisan yang ditata sedemikian rupa.

4. Nasi Soto Gading

nasi soto solo
Photo Credit: @soloculinary (Instagram)

Jika berada di kawasan Gading Kidul saat pagi hari, kamu wajib mampir ke Nasi Soto Gading di Jalan Brigjen Sudiarto No 75. Buka pukul 06:00, Nasi Soto Gading sangat cocok dijadikan menu sarapan. Satu porsi soto terdiri dari nasi, sohun, suwiran daging ayam, dan kentang yang disiram kuah bening. Kamu juga bisa menambah lauk lain jika mau, seperti ampela, sate usus, dan sate telur puyuh.

Kabarnya, Nasi Soto Gading ini juga menjadi wisata kuliner Solo langganan para pejabat negara, lho. Beberapa yang pernah mampir ke sini adalah Presiden Joko Widodo, Agum Gumelar, dan Megawati. Semakin penasaran untuk mencoba, bukan?

5. Sambel Tumpang Pecel Bu Kis

nasi pecel solo
Photo Credit: @solo.ngangeni (Instagram)

Menu utama yang disajikan di tempat kuliner satu ini memang berupa pecel. Bedanya, warung pecel yang berada di belakang Pengadilan Negeri Solo ini juga menyajikan sambel tumpang. Terbuat dari irisan tahu putih, tahu goreng, rempah-rempah, krecek, dan tempe berusia lama, sambel tumpang memiliki perpaduan cita rasa pedas, gurih, dan manis.

Biasanya, orang-orang suka menyantap sambel tumpang dengan nasi putih hangat atau bubur beras ditambah taoge dan bayam segar. Tertarik mencobanya? Kamu bisa datang ke Sambel Tumpang Pecel Bu Kis setiap hari pukul 07:00 14:00.

6. Cabuk Rambak Solo

cabuk rambak solo kuliner khas
Photo Credit: @brigittaveggy (Instagram)

Solo mempunyai berbagai menu kuliner sarapan yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah cabuk rambak. Sekilas, penyajiannya akan mengingatkanmu dengan pecel karena sama-sama menggunakan bumbu berwarna cokelat. Akan tetapi, cabuk rambak terdiri dari irisan ketupat, sambal wijen, dan karak yang disajikan secara pincuk menggunakan daun pisang.

Biasanya, cabuk rambak bisa kamu temukan di sekitar wilayah Stadion Manahan Solo di Jalan Adi Sucipto, Manahan, saat pagi hari. Jadi setelah olahraga, kamu bisa langsung menyantap kuliner satu ini sebagai menu sarapan!

7. Timlo Sastro

timlo solo
Photo Credit: @waosansurakarta (Instagram)

Bagi yang belum tahu, timlo adalah sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati dan ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Untuk menikmatinya, kamu bisa menyantapnya secara langsung atau mencampurnya dengan nasi. Jangan lupa memberi sambal dan perasan jeruk nipis agar rasanya semakin nikmat.

Ada cukup banyak penjual timlo yang bisa kamu temukan di Solo. Salah satu yang populer dan terjamin kualitasnya adalah Timlo Sastro di kawasan perempatan Jalan Pasar Gede. Biasanya, warga Solo menyebut Timlo Sastro sebagai Timlo Mbalong karena lokasi Pasar Gede yang berada di Kampung Balong.

8. Gudeg Ceker Bu Kasno

gudeg ceker bu kasno
Photo Credit: @spoontraveler (Instagram)

Bukan hanya Jogja yang punya kuliner gudeg. Di Solo, kamu juga bisa menikmati gudeg enak di Gudeg Ceker Bu Kasno. Menariknya, meski hanya buka saat dini hari, kuliner yang berada di Jalan Mongonsidi No 41 43, Banjarsari ini selalu ramai pembeli. Hal ini tentu tidak terlepas dari cita rasa gudeg yang begitu nikmat.

Salah satu menu favorit para pembeli adalah ceker gudeg. Tekstur dari ceker ini begitu lunak, sehingga mudah dinikmati. Tak ketinggalan bumbu gudeg yang terasa begitu pas. Kamu dijamin akan ketagihan!

9. Tahok Pak Citro Pasar Gede

tahok solo
Photo Credit: @mr_purwanto (Instagram)

Sebetulnya, tahok merupakan sebuah kuliner yang dibawa oleh pendatang Tionghoa ke Solo. Dalam bahasa Tionghoa, tahok berasal dari dua kata, yaitu tao atau teu yang berarti kacang kedelai dan hoa atau hu yang berarti lumat. Tahok memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga kamu bisa langsung menelan tanpa mengunyahnya. Di tempat lain, tahok biasanya dikenal juga dengan nama tauwa.

Tahok enak di Solo bisa kamu temukan di Pasar Gede, Jalan Jend. Urip Sumoharjo, Jebres, yakni Tahok Pak Citro. Untuk menikmatinya, kamu bisa datang setiap pukul 06:00 16:00. Hanya dengan harga sekitar Rp4.000, kamu sudah bisa menikmati seporsi tahok dengan siraman kuah yang terbuat dari rempah dan gula Jawa.

10. Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

tengkleng solo
Photo Credit: @yoannafayzadotcom (Instagram)

Sedang jalan-jalan di Pasar Klewer, Jalan DR. Radjiman, Gajahan? Kamu wajib mencicipi Tengkleng Bu Edi yang berjualan mulai pukul 14:00 di bagian utara gapura pasar. Biasanya, dalam hitungan jam saja tengkleng ini sudah ludes. Jadi, kalau tertarik mencoba, sebaiknya kamu sudah datang di tempat sejak pukul 13:00.

Tengkleng Bu Edi ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan olahan jeroan kambing dan tulang belulang, lalu disiram kuah kuning. Cita rasanya begitu segar, gurih, dan sedikit pedas.

11. Nasi Gudeg Mbak Yus

nasi gudeg solo
Photo Credit: @solo.ngangeni (Instagram)

Satu lagi kuliner nasi gudeg yang bisa kamu nikmati di Solo selain Gudeg Bu Kasno, yakni Nasi Gudeg Mbak Yus. Menu andalan yang bisa kamu pesan di sini adalah nasi dan bubur gudeg. Satu porsi nasi gudeg terdiri dari nasi, telur pindang, krecek, gudeg nangka, ayam, dan tahu opor. Sedangkan, bubur gudeg memiliki lauk yang sama dengan nasi gudeg, hanya saja nasinya diganti bubur kental dan diberi kuah opor.

Jika tertarik mencoba, kamu bisa datang ke Jalan R.A. Kartini. Setiap harinya, Nasi Gudeg Mbak Yus buka pukul 21:00. Biasanya, gudeg di sini cepat ludes hanya dalam waktu beberapa jam. Jadi, usahakan agar kamu datang saat Nasi Gudeg Mbak Yus baru buka ya.

12. Angkringan dan Wedangan Omah Lawas

angkringan solo
Photo Credit: @luisbluezeto (Instagram)

Liburan di Solo akan kurang lengkap jika belum nongkrong di angkringan. Dari sekian banyak angkringan di Solo, salah satu yang paling terkenal adalah Angkringan dan Wedangan Omah Lawas di Jalan Supomo No 55, mangkubumen. Berbeda dari kebanyakan angkringan yang menggunakan gerobak dan berjualan di pinggir jalan, angkringan satu ini justru lebih modern dengan menempati rumah tua bergaya kolonial.

Tenang saja, kamu masih bisa menikmati aneka kuliner khas angkringan seperti sate usus, sate telur puyuh, nasi kucing, hati, ampela, dan sebagainya. Asyiknya, jika makanan yang kamu pesan sudah dingin, kamu bisa meminta pelayan untuk memanaskannya lagi.

13. Tahu Kupat Sari Pak Brewok

tahu kupat solo
Photo Credit: @instafoodsolo (Instagram)

 

Baca juga  15 Rekomendasi Tempat Nongkrong Kekinian di Solo

Di kawasan Jalan RM SAID No 197, Mangkubumen, kamu bisa menemukan kuliner tahu kupat enak bernama Tahu Kupat Sari Pak Brewok. Setiap harinya, tempat makan ini buka pukul 07:00 17:00.

Satu porsi tahu kupat di sini terdiri dari potongan ketupat, tahu goreng, kol, taoge, dan mi kuning. Tidak ketinggalan, siraman air bawang dan kuah kecap yang ditaburi bawang goreng dan irisan daun seledri agar lebih lezat. Dijamin kamu pasti akan ketagihan!

***

Banyak juga ragam makanan yang bisa kamu coba di Solo, ya? Yuk, segera rencanakan wisata kuliner Solo ini bersama teman-teman atau keluargamu. Semakin ramai, maka semakin banyak pula menu kuliner yang bisa saling kamu coba. Selamat berburu kuliner enak di Solo!

4 Shares
Share4
Pin
Share
Tweet
+1