10 Restoran di Solo Ini Favorit Pencinta Kuliner

10 Restoran di Solo Ini Favorit Pencinta Kuliner

Apa yang terpikirkan oleh kamu saat mendengar kata Solo? Wisata Keraton, berbelanja di Pasar Klewer, serta berburu beragam kuliner yang ada di Kota Batik ini. Selain kuliner tradisional, ternyata kamu juga bisa dengan mudah menemukan restoran di Solo. Mulai dari yang berkonsep tradisional, modern, hingga unik bisa kamu temukan di sini.

Daripada bingung menentukan lokasinya, inilah 10 restoran di Solo rekomendasi Traveloka yang tak boleh kamu lewatkan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

  1. Bale Padi Resto

Photo credit: @cateringkopen  (Instagram)

Jika ingin menyantap hidangan sembari menikmati suasana alam yang sejuk, Bale Padi Resto di Jalan Ovensari Raya, Sukoharjo, bisa kamu jadikan pilihan. Pasalnya, restoran yang buka pukul 11:00 24:00 ini menghadirkan tempat makan di tengah sawah. Selain itu, desain interiornya di rancang layaknya rumah sehingga akan membuat para tamu semakin nyaman.  

Harga makanan di tempat ini cukup terjangkau, kamu hanya perlu menyiapkan bujet Rp50.000 untuk bisa makan berdua. Agar lebih murah, kamu bisa memesan Paket Ayam seharga Rp25.000. Paket tersebut sudah termasuk ayam goreng, tahu goreng, nasi putih, teh hangat atau es teh, lalapan, dan sambal. Penawaran yang cukup menarik, bukan?

  1. Galabo Solo

Photo credit: @sutantovic507  (Instagram)

Galabo Solo yang merupakan singkatan dari Gladak Langen Bogan Solo ini terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu. Tempat makan ini cocok bagi kamu yang ingin santap malam di restoran nge-hits di Solo. Dengan konsep outdoor, Galabo Solo ini mengusung konsep menyerupai food court, sehingga kamu bisa memilih aneka makanan di tenant yang tersedia di dalamnya.

Harga makanan yang ditawarkan pun cukup murah, jadi kamu cukup menyiapkan bujet sekitar Rp50.000. Dengan konsep dan ragam makanan yang ditawarkan, tak heran jika tempat makan ini selalu ramai akan pengunjung. Untuk itu, kamu disarankan datang lebih awal agar tidak kehabisan tempat duduk. Kamu bisa datang ke kafe ini pukul 17:30 24:00 setiap harinya.

  1. Cafe Tiga Tjeret

Photo credit: @cicilia.widodo  (Instagram)

Siapa bilang kuliner tradisional selalu kuno? Hal tersebut dibuktikan oleh Cafe Tiga Tjeret yang menghadirkan kuliner wedang juga angkringan dalam balutan modern. Kafe ini menawarkan beragam wedang serta menu angkringan yang bisa kamu pilih secara prasmanan. Uniknya, desain tempat makan ini dibuat modern dengan berbagai interior kekinian. Jika tertarik, langsung saja menuju Jalan Ronggowarsito No 97, Banjarsari setiap pukul 11:00 24:30.

Walau dibalut dengan konsep urban, harga makanan yang dijual tetap tergolong murah. Salah satunya, kamu bisa memesan Nasi Oseng Kikil seharga Rp5.500 dan Sate Kikil Pedas yang dihargai Rp6.500. Tak lupa, Wedang Susu Cokelat sebagai minuman andalannya pun perlu kamu coba dengan mengeluarkan uang sekitar Rp8.500. Benar-benar kafe yang menarik, ya?

  1. Restoran Taman Pringsewu Solo

Photo credit: @bunda_aswin  (Instagram)

Tempat makan satu ini tentu sudah sering kamu dengar namanya, yaitu Restoran Taman Pringsewu Solo. Restoran ini berada di Jalan Adi Sucipto No 137, Laweyan dan buka setiap hari pukul 08:00 22:30. Di sini, kamu bisa menikmati beragam makanan khas Indonesia. Konsep penyajiannya sendiri berupa prasmanan, sehingga kamu bebas memilih menu yang disuka.

Area restoran ini cukup luas, sehingga cocok dijadikan lokasi berkumpul keluarga besar ataupun acara kantor. Desain restoran pun semakin unik dengan berbagai lukisan serta ornamen yang dipasang. Jika bingung menentukan makanan apa yang harus disantap, maka kamu bisa memilih Gurame Goreng yang menjadi menu andalannya. Selain itu, tersedia pula beberapa paket dengan penawaran harga yang lebih terjangkau.

  1. Epice Restaurant

Photo credit: @epicerestaurant  (Instagram)

Bagi yang mencari tempat makan berkonsep mewah dan modern, Epice Restaurant adalah pilihan tepat. Lokasinya berada di Alila Solo, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No 562, Laweyan. Meski terkesan modern, restoran ini masih memasukan unsur tradisional dibeberapa sudutnya. Mulai dari corak batik pada dinding, hingga perabot etnik yang digunakan menambah kesan cantik tempat makan ini. Jika ingin mencoba hidangannya, datanglah pukul 10:00 23:00.

Hidangan yang ditawarkan tentu beragam, mulai dari masakan Indonesia hingga barat. Namun, ada pula aneka camilan yang tak boleh kamu lewatkan. Salah satunya Churros, yang dihargai Rp10.000 per porsi. Ada pula menu Gandos Turi seharga Rp10.000 per dua buah. Sebaiknya, siapkan bujet sekitar Rp100.000 jika ingin menyantap berbagai hidangan di restoran ini ya!

  1. Sate Kambing Mbok Galak

Photo credit: @adhiet_vhiercher  (Instagram)

Ingin mencicipi makanan kesukaan presiden? Sebaiknya jangan lewatkan Sate Kambing Mbok Galak saat mengunjungi Solo. Meski tempat makannya tergolong sederhana, rasa dari sate kambing di sini menjadi kegemaran banyak orang. Begitupun para pejabat negara, mulai dari Soeharto, Jokowi, hingga menteri lainnya konon kerap menikmati hidangan sate di sini. Untuk mencobanya, kamu bisa datang ke Jalan Ki Mangun Sarkoro No 112, Sumber, Banjarsari.

Beberapa menu andalannya adalah sate kambing, sate buntel, serta tengkleng. Untuk satu porsi sate buntel, kamu perlu menyiapkan bujet Rp35.000. Kamu tentu tak perlu khawatir mengenai kualitas hidangan di sini, pasalnya seluruh masakan di sini terkenal memiliki cita rasa lezat dengan bumbu yang aman terasa. Agar tidak kehabisan, kamu sebaiknya datang lebih awal ke tempat makan yang buka setiap hari pukul 08:00 19:00 ini.

  1. Conejo Mexican Fusion

Photo credit: @mayapriscilla  (Instagram)

Kini, kamu tak perlu repot ke Amerika Utara untuk bisa mencoba hidangan khas Meksiko. Di Jalan Ronggowarsito No 151, Timuran, Banjarsari, kamu bisa mengunjungi Conejo Mexican Fusion. Tempat makan ini cukup populer di kalangan anak muda Solo. Selain karena konsep kafe yang unik, penyajian makanan pun ditata dengan menarik.

Menu yang wajib kamu coba adalah Quesadilla Pesto yang dijual dengan harga Rp17.000 saja. Harga makanan lainnya pun tergolong murah. Rata-rata menunya dijual dengan harga sekitar Rp15.000. Jadi, kamu cukup membawa bujet sekitar Rp50.000 per orang untuk makan di sini. Untuk itu, kamu bisa datang ke restoran meksiko ini setiap hari pukul 10:00 22:00.

  1. Bumbu Solo

Photo credit: @wiwiekhanafiyuwono  (Instagram)

Rumah makan satu ini berada di sebuah penginapan, yakni Griya Bumbu Solo. Sesuai konsep penginapan yang diusung, Restoran Bumbu Solo juga memiliki konsep Jawa kolonial. Setiap sudutnya didominasi material kayu dan perabot khas zaman dulu. Konsep yang cukup unik bagi pencinta vintage, bukan?

Aneka makanan khas Solo di sini wajib kamu coba. Selain harganya yang terjangkau, porsi yang ditawarkan pun cukup banyak. Beberapa menunya adalah nasi kuning dan aneka jajanan pasar. Bagi yang tertarik menyantap hidangan Bumbu Solo, langsung saja menuju Jalan Dokter Soepomo No 53, Banjarsari. Setiap harinya, tempat makan ini buka pukul 06:00 22:00.

  1. Rumah Banjar Garden Resto

Photo credit: @rumahbanjargardenresto  (Instagram)

Sesuai namanya, Rumah Banjar Garden Resto memiliki konsep garden alias taman. Tempat makan yang dipenuhi dengan perabot kayu dan tanaman hijau ini terbagi menjadi dua area, yakni indoor dan outdoor. Jika kamu membawa anak kecil, restoran ini merupakan lokasi yang tepat karena dilengkapi area bermain.

Selain konsep yang unik, menu yang ditawarkan pun cukup beragam. Salah satunya, kamu wajib mencoba Nasi Kuning Daging Masak Habang yang dijual dengan harga Rp20.500 saja. Semakin penasaran dengan restoran ini? Langsung saja datang ke Jalan Basuki Rahmat No 54, Jajar, Laweyan. Setiap harinya, Rumah Banjar Garden Resto buka pukul 10:00 21:30.

  1. Mang Engking Solo
Photo credit: @mangengking_solo  (Instagram)

Berada di Jalan Ahmad Yani KM 7, Pabelan, Kartasura, kamu bisa datang ke restoran terkenal di Solo ini pukul 10:00 21:00. Terdapat area outdoor dan indoor yang bisa kamu pilih. Namun, sebaiknya kamu memilih area outdoor agar bisa menikmati suasana alam yang amat terasa di tempat makan ini. Pasalnya, seluruh area Mang Engking berada di tengah kolam.

Menu makanan favoritnya sendiri adalah Cumi Saus Padang yang dijual dengan harga Rp54.000 dan bisa disantap 2 3 orang. Agar bisa menikmati aneka menunya, kamu sebaiknya menyiapkan bujet sekitar Rp150.000. Restoran ramah keluarga di Solo ini tergolong cukup ramai, khususnya di akhir pekan. Untuk itu, kamu bisa lebih dulu melakukan pemesanan tempat melalui nomor telepon (0271)734158 ya!

***

Jadi, restoran di Solo mana yang akan lebih dulu kamu kunjungi? Tentunya, pilihlah tempat makan yang sesuai selera sehingga kamu bisa menikmati setiap sajiannya. Tak lupa, siapkan bujet sesuai rekomendasi dari Traveloka. Selamat mencoba dan semoga liburan kamu semakin menyenangkan, ya!

 

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1