Singapura Serba Mahal? Ini 6 Cara Mendapat Gratisan di Singapura

Amal Agung Cahyadi
By Amal Agung Cahyadi 30 March 2015

Sebagai backpacker, kamu boleh bangga telah berhasil mendapat tiket pesawat murah ke Singapura, tapi itu baru setengah jalan.

Identitas backpacker-mu belum sempurna jika tidak bisa menghemat pengeluaran di Singapura, yang merupakan salah satu negara dengan biaya hidup termahal.

Demi liburan hemat, bukan berarti harus tinggal di hotel dengan fasilitas seadanya. Atau hanya naik MRT keliling kota lalu selfie di depan Marina Bay Sands kemudian pulang ke Indonesia.

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan secara gratis! Misalnya, mencicipi makanan vegetarian, blusukan bareng mahasiswa NTU atau berburu gratisan di SRRFM.

Penasaran? Ini dia 6 gratisan yang bisa kamu dapat di Singapura:

Mau liburan hemat di akhir tahun? Buka Festival Jalan-Jalan dan manfaatkan semua promo liburan di dalam dan luar negeri. Promo hanya sampai 27 Nov 2016.

1. Ikut Free Singapore Tour keliling tempat-tempat terkenal

Kamu akan naik bus ini jika mengikuti Free Singapore Tour dari Bandara Internasional Changi.

Kamu akan naik bus ini jika mengikuti Free Singapore Tour dari Bandara Internasional Changi. (Sumber: freefortourists.com)

Jika sedang transit di Bandara Internasional Changi dan punya waktu setidaknya 5 jam maka kamu bisa ikut Free Singapore Tour.

Selama tur, kamu akan dibawa melihat tempat bersejarah seperti Merlion Park, Colonial District, Chinatown dan Little India. Kamu juga akan diajak ke tempat terkenal seperti The Singapore Flyer, Gardens by the Bay, Marina Bay Sands dan The Esplanade.

Cara ikut tur ini, kamu tinggal menunjukkan paspor dan boarding pass ke loket pendaftaran tur di Terminal 2 dan Terminal 3. Tur dilakukan empat kali sehari dengan lama waktu sekitar dua jam.

 

2. Blusukan bareng mahasiswa NTU di Singapore Footprints, gratis!

Para peserta Singapore Footprints bersama pemandunya, yaitu mahasiswi NTU (kaos kuning).

Para peserta Singapore Footprints bersama pemandunya, yaitu mahasiswi NTU (kaos kuning).

Ingin melihat Singapura dari mata penduduk lokal? Gabung saja dengan mahasiswa Nanyang Technological University di Singapore Footprints.

Tur gratis yang dipandu oleh mahasiswa NTU ini akan menceritakan sisi lain sejarah Singapura yang jarang diketahui banyak orang. Selama 2,5 jam, kamu akan diajak ke tempat seperti: Raffles Place, Fullerton Hotel, Cavenagh Bridge, The Padang, Singapore Art Museum, Sri Krishnan Temple dan lainnya.

Baca juga: Tips dan Panduan Keliling Singapura Dalam 3 Hari ala Backpacker

Tanpa perlu mendaftar, kamu bisa langsung ikut tur dengan datang ke Stasiun MRT Raffles Place Exit B pukul 16:15 setiap Sabtu dan Minggu. Cari saja sekelompok anak muda berkaos warna kuning bertuliskan Singapore Footprints.

3. Makan gratis dengan menu vegetarian ala biksu

Bangunan kuil Kong Meng San Phor Kark See Monastery yang menjadi daya tarik wisatawan. (Sumber: cj.my)

Bangunan kuil Kong Meng San Phor Kark See Monastery yang menjadi daya tarik wisatawan. (Sumber: cj.my)

Hampir setiap kuil di Singapura menyediakan makanan gratis setiap hari. Namun, ada dua kuil yang menjadi pusat perhatian wisatawan, yaitu The Singapore Buddhist Lodge dan Kong Meng San Phor Kark See Monastery.

Bukan hanya karena menu vegetarian yang bisa dinikmati secara gratis, desain bangunan kedua kuil tersebut juga menarik untuk dijadikan objek foto.

Walau kita bisa mencicipi makanannya secara gratis, tidak ada salahnya memberikan donasi untuk diteruskan kepada orang yang lebih membutuhkan.

The Singapore Buddhist Lodge terletak di 17 Kim Yam Road atau sekitar 15 menit berjalan kaki dari Stasiun MRT Somerset.

Kong Meng San Phor Kark See Monastery berada di 88 Bright Hill Road atau sekitar 10 menit berkendara dari Stasiun MRT Marymount.

4. Berburu gratisan di Singapore Really Really Free Market (SRRFM)

Singapore Really Really Free Market (SRRFM) yang dipenuhi barang gratisan. Bebas pilih!

Singapore Really Really Free Market (SRRFM) yang dipenuhi barang gratisan. Bebas pilih!

Di pasar ini, kamu benar-benar bisa belanja barang apapun tanpa bayar! Bukan cuma barang, kamu juga bisa secara gratis ikut workshop yang diadakan di sana.

Singapore Really Really Free Market (SRRFM) adalah bagian dari gerakan global The Really, Really Free Market (RRFM) yang berawal di Amerika Serikat. Setiap orang bisa ikut serta membuka toko berisi barang apapun yang ingin dijual secara gratis.

Kegiatan SRRFM dilakukan hampir setiap bulan di tempat berbeda-beda. SRRFM terakhir dilakukan pada 7 Maret 2015 di Stasiun MRT Tanjong Pagar. Kamu bisa dapat kegiatan selanjutnya lewat halaman Facebook SRRFM.

5. Nonton bareng film box office terbaru dengan suasana outdoor, gratis!

Area lesehan nonton bareng di Movie Mob. Sudah gratis! Dapat bantal juga agar makin nyaman.

Area lesehan nonton bareng di Movie Mob. Sudah gratis! Dapat bantal juga agar makin nyaman.

Kalau di Indonesia ada layar tancap, kalau Singapura ada Movie Mob. Bedanya, film yang akan ditampilkan di Movie Mob ditentukan berdasarkan voting di situsnya.

Ada dua cara untuk menikmati Movie Mob: kamu bisa membawa mobil dan menonton dari dalam mobil atau cukup lesehan di tempat yang disediakan.

Kegiatan Movie Mob terakhir dilakukan pada 14 Februari 2015 di Marina Bay Sands Event Square dengan film The Fault in Our Stars.

Movie Mob dilakukan setiap dua minggu pada akhir pekan dan bertempat di lokasi berbeda-beda.

6. Menikmati pertunjukan konser gratis di Esplanade

Salah satu pertunjukan musik yang dilakukan di Outdoor Theater Esplanade.

Salah satu pertunjukan musik yang dilakukan di Outdoor Theater Esplanade. (Sumber: babylingrkm.blogspot.com)

Bangunan yang mirip buah durian ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan konser musik, teater drama hingga tarian.

Sebagian pertunjukan di Esplanade memang membutuhkan tiket masuk, tetapi ada juga pertunjukan gratis yang dibuka untuk umum.

Untuk mengetahui kapan tersedia konser gratis di Esplanade, kamu bisa cek jadwal pertunjukan di situsnya.

Tulis komentarmu di sini: