15 Tempat Wisata di Singapura Untuk Kamu Yang Bosan Belanja

Mayoritas wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura, mengincar berbagai tempat wisata belanja. Mereka mendatangi jajaran mal ternama di Jalan Orchard, hingga pasar yang menjual beragam dagangan seperti di Jalan Bugis dan Little India untuk memborong barang-barang atau sekadar membeli cenderamata.

Namun selain itu, apakah ada wisata lain yang bisa dinikmati di Singapura? Ada! Kota Singa ini tak hanya menawarkan “surga mode”, namun juga 15 tempat wisata unik dan seru yang wajib kamu kunjungi berikut ini:

Lau Pa Sat

Lau Pa Sat Singapore
Lau Pa Sat (Sumber: Shutterstock)

Selain belanja, wisatawan asal Indonesia juga senang berburu kuliner. Oleh karena itu, kamu harus datang ke Lau Pa Sat yang terletak di 18 Raffles Quay. Menempati bangunan bersejarah di tengah kota, Lau Pa Sat yang juga populer dengan nama Pasar Telok Ayer ini menjadi pusat makanan lokal. Inilah tempat yang asyik untuk menikmati beragam makanan khas sembari melihat para pejalan kaki yang berlalu-lalang di sekitar.

Pulau Ubin

Pulau Ubin Singapore
Pulau Ubin (Sumber: Shutterstock)

Kamu bisa mengunjungi pulau kecil ini di sebelah timur laut Singapura. Di sini, kamu bisa mengamati kehidupan sehari-hari penduduk kampung yang masih kuno. Daripada menguras kantong dengan belanja hal-hal yang kurang penting, tentu lebih asyik memperkaya pengetahuan budaya di Pulau Ubin. Beberapa kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan di sini adalah bersepeda keliling pulau, berkemah di dekat laut, menjelajahi perkebunan karet, atau ikut menanam bakau bersama penduduk setempat.

Sustainable Singapore Gallery

Sustainable Singapore Gallery
Sustainable Singapore Gallery (Sumber: flickr, Acroamatic)

Sustainable Singapore Gallery (SSG) berdiri di Marina Barrage, Marina Bay. Galeri yang dipenuhi benda-benda canggih ini menyediakan enam ruangan yang menjelaskan bagaimana Singapura menjaga keseimbangan alamnya. Kamu akan mengetahui informasi tentang sistem penampungan air terbesar yang menjadi penyuplai air bersih, pencegah banjir, dan lainnya. SSG dapat kamu kunjungi pukul 09:00 – 21:00 (Rabu – Senin, Selasa tutup).

Chijmes

Chijmes Singapore
Chijmes (Sumber: Shutterstock)

Jika ingin merasakan suasana tenang di Singapura, kamu wajib mengunjungi Chijmes. Kompleks bangunan bersejarah yang berada di Jalan Victoria ini sangat menarik perhatian lewat tampilan kapel bergaya gotik. Kapel ini sekarang berfungsi sebagai balai serbaguna. Di area sekitar kapel, terdapat pula galeri seni dan museum nasional, pusat kuliner dan hiburan, serta area pertunjukan seni. Jadi, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati wisata sejarah dan kuliner sekaligus.

MINT, Museum of Toys

MINT Singapore
MINT (Sumber: Shutterstock)

Ingin bernostalgia ke masa kecil, di mana kamu sedang asyik mengoleksi mainan favorit? Kamu bisa mengunjungi MINT Museum of Toys yang berada di Seah Street. Nama MINT sendiri berarti Moment of Imagination and Nostalgia with Toys (momen imajinasi dan nostalgia bersama mainan). Museum mainan kelas dunia ini menyimpan banyak koleksi mainan klasik dengan jumlah lebih dari 50.000 buah. Seluruh koleksi mainan yang ada di sini berasal dari sekitar era 1840 – 1970. Di sini, kamu bisa puas memandangi figur aksi atau tokoh komik Barat maupun Jepang.

Gedung Durian Esplanade

Esplanade Singapore
Esplanade (Sumber: Shutterstock)

Esplanade atau yang lebih populer disebut Gedung Durian, merupakan pusat kesenian dunia terkenal di Singapura. Berbagai jenis pertunjukan seni seperti musik, tari, teater, dan lainnya sudah pernah digelar di sini. Selain itu, Esplanade juga menawarkan beragam program wisata yang menarik berupa pameran seni, lokakarya, diskusi, dan tur keliling gedung. Hal yang lebih menariknya, rata-rata program yang tersedia gratis!

Taman Everton

Taman Everton (Everton Park) adalah destinasi asyik untuk berburu kuliner dan benda antik di kawasan sentra bisnis Singapore. Sejak dulu, kawasan ini sudah populer di kalangan pencinta kopi karena banyaknya kedai kopi klasik. Jika sudah bosan berbelanja, kamu bisa beralih memanjakan lidahmu di tempat ini sambil merasakan nikmatinya setiap jenis kopi dan kudapan khas. Pemandangan menarik yang ada tempat ini adalah mural-mural di dinding toko yang harus kamu manfaatkan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Singapore Discovery Centre

Singapore Discovery Centre
Singapore Discovery Centre (Sumber: flickr – Steel Wool)

Kawasan wisata edukasi yang berada di Jalan Upper Jurong ini menyimpan seluruh informasi sejarah Singapore di masa kini maupun masa depan. Tempat ini memang sengaja dihadirkan untuk menambah rasa nasionalis masyarakat dan mendorong mereka untuk memajukan masa depan negaranya. Di sini, kamu dapat menyaksikan pameran sejarah Singapura dalam bentuk cerita interaktif. Di dalam satu tempat, kamu bisa mendapatkan banyak hiburan seperti bioskop, taman bermain, visionarium (semacam bola dunia raksasa yang memiliki layar selubung 360°), museum tentara, simulator, dan studio tari.

Wild-wild Wet

Salah satu wahana air terbesar di Singapura ini beroperasi di Downtown East sejak tahun 2004. Daripada pegal kaki berkeliling pusat belanja, lebih baik kamu bermain air sepuasnya dengan beragam wahana seluncuran yang asyik. Sembari menikmati segarnya air kolam, kamu bisa menantang adrenalin dengan naik seluncuran ekstrem, juga menjajal tegangnya terjangan Tsunami buatan. Untuk kamu yang membawa anak-anak, tentunya tempat ini juga akan sangat menghibur mereka.

Sunrise Bridge

Sesuai namanya, Sunrise Bridge menjadi tempat yang asyik untuk menikmati matahari terbit di langit Singapore. Jembatan ini berada di sisi timur Punggol Waterway yang merupakan taman air bernuansa alam untuk keluarga. Jembatan kayu berbentuk tapal kuda ini melintang di atas Sungai Serangoon dan Punggol Waterway. Pemandangan cantik perpaduan sungai kebiruan dan hutan hijau dengan matahari terbit tersebut bisa kamu nikmati di sini. Meskipun namanya Sunrise Bridge, kamu pun tidak dilarang untuk menyaksikan matahari terbenam di sini. Ajak pasanganmu untuk menikmati romantisme matahari terbenam, ya.

Mandai Mangroves

Di Singapura, sudah ada paket ekowisata yang membawa wisatawan ikut dalam program pelestarian alam. Kamu bisa menjelajahi berbagai area yang terdiri dari ragam tumbuhan dan burung dengan menggunakan perahu kayak. Sembari memandangi keindahan alam dan perkampungan sekitar, pemandu akan memberikan banyak informasi menarik seputar lingkungan. Mengikuti trip ini akan membangun kesadaranmu untuk lebih mencintai alam. Coba, yuk!

Haw Par Villa

How Par Villa Singapore
How Par Villa (Sumber: Shutterstock)

Mengambil lokasi strategis di sepanjang Jalan Pasir Panjang, Haw Par Villa menawarkan taman tematik yang sangat unik. Taman yang dibangun pada tahun 1937 ini menyimpan diorama cerita rakyat China tentang 10 Pengadilan di Neraka, dalam bentuk patung-patung. Jelajahilah wahana taman ini satu per satu untuk memahami konsep neraka dalam kebudayaan China. Jika sudah mulai merasa takut, kamu bisa hibur diri dengan melihat kisah legendaris Perjalanan ke Barat yang kita kenal sebagai kisah Sun Go Kong, serta kisah Siluman Ular Putih.

Southern Ridges

Southern Rigdes Singapore
Southern Rigdes (Sumber: Shutterstock)

Kamu bisa memanjakan mata dengan kesegaran alam di Southern Ridges. Southern Ridges merupakan jembatan layang terbuka sepanjang 10 kilometer yang menghubungkan Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, Hort Park, Kent Rigde Park, dan Labrador Nature Reserve. Pastikan kamu menikmati kesegaran alam Singapore dengan berjalan kaki agar bisa sedikit berolahraga. Selagi berjalan kaki, kamu juga bisa mengamati hutan yang dipenuhi pepohonan. Sesekali, kamu akan menemukan burung yang cantik dan tanaman unik. Memiliki tinggi mencapai 30 meter di atas permukaan tanah, Southern Ridges merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapore.

Madame Tussauds

Madame Tussauds Singapore
Patung lilin Marilyn Monroe di Madame Tussauds (Sumber: Shutterstock)

Madame Tussauds selalu menjadi magnet bagi wisatawan, terutama yang sangat ingin bertemu dengan tokoh idola mereka. Museum lilin legendaris di dunia ini sudah ada di Singapura sejak tahun 2014, tepatnya di Pulau Sentosa. Masuklah ke dalam sini untuk bertemu langsung dengan patung selebritas Hollywood dan tokoh penting dunia lainnya. Selain pameran patung lilin, Madame Tussauds Singapore juga menyediakan tur sejarah, serta tur kapal keliling hutan tropis buatan dan sirkuit balap F1. Selain itu, kamu juga bisa merasakan sendiri pengalaman balap F1 dengan teknologi VR (Virtual Reality). Seru!

Chinese and Japanese Garden

Chinnese and Japannese Garden Singapore
Chinnese and Japannese Garden (Sumber: Shutterstock)

Bosan dengan Singapore, tapi masih belum ingin pindah negara lain? Singgah saja ke Chinese and Japanese Garden. Sesuai namanya, taman yang berada di kawasan Jurong Lake ini akan membuatmu seperti sedang berada China dan Jepang. Tempat terbuka ini merupakan dua taman yang didesain dengan tema dua negara tersebut. Di Chinese Garden, kamu akan bertemu dengan beragam paviliun, pagoda, hingga koleksi tanaman bonsai. Sementara itu, di Japanese Garden, kamu akan melihat keindahan estetika era Muromachi dan Momoyama yang identik dengan jembatan lengkung, jalan berbatu, air terjun berbatu, lentera batu, hingga pagoda nuansa Jepang. Waku terbaik berkunjung kemari adalah saat tahun baru China dan festival musim gugur.

Sekarang, kamu sudah tahu berbagai destinasi alternatif selain wisata belanja di Singapura, bukan? Dengan mengunjungi rekomendasi di atas, kamu bisa tetap merasakan keseruan khas Singapore. Yuk, sebarkan informasi berharga ini ke keluarga atau teman-teman terdekat. Ajak mereka memesan tiket pesawat dan hotel untuk akomodasi selama di sana, serta membuat itinerary. Kamu bisa memanfaatkan Traveloka yang semakin banyak menyediakan kemudahan perjalananmu ke Singapore, mulai dari tiket transportasi, akomodasi, hingga tiket rekreasi dan aktivitas.

10 Shares
Share10
Pin
Share
Tweet
+1