15 Rekomendasi Tempat Nongkrong Terfavorit di Semarang

15 Rekomendasi Tempat Nongkrong Terfavorit di Semarang

Sebagai ibu kota Jawa Tengah, Semarang menawarkan beragam objek wisata menarik serta aneka kuliner yang akan memanjakan lidah para wisatawan. Namun, bagi kamu yang ingin sekadar bersantai, Semarang juga memiliki banyak kafe, kedai kopi, dan bar yang bisa dijadikan tempat nongkrong yang seru. Selain menawarkan menu makanan yang enak, berbagai tempat tersebut juga memiliki dekorasi yang unik.

Mau tahu tempat nongkrong apa saja yang sedang populer di Semarang? Yuk, simak 15 tempat nongkrong unik yang menjadi favorit anak muda Semarang!

d’Exquisite Café & Patisserie

(Sumber: @nataliaachrist)

Buat kamu yang ingin menikmati sajian teh dengan suasana berbeda, d’Exquisite Café & Patisserie bisa menjadi pilihan yang tepat. Kafe kecil ala Prancis ini didominasi warna putih yang menciptakan kesan intim dan nyaman. Lokasinya strategis, yakni di kawasan wisata Kota Lama, Jalan Cendrawasih No 8E, Purwodinatan.

Seluruh kue mulai dari Molten Lava Cake, Chocolate Pannacota, Red Velvet Cake, Vanilla Raspberry Choux, hingga Chocolate Tart, diletakkan di sebuah etalase kaca agar pengunjung lebih mudah memilih kue. Selain kue, d’Exquisite Café & Patisserie juga menyediakan menu lain seperti Chicken Parmegiana dan Salted Egg Chicken Rice yang akan memuaskan para tamu.

Nestcology Land of Gastronomy

(Sumber: @charadafonda)

Teknik memasak gastronomi molekuler saat ini tengah populer di kota-kota besar, tak terkecuali di Semarang. Bagi yang penasaran dengan teknik memasak terbaru ini, kamu bisa datang ke Nestcology Land of Gastronomy di Jalan Tambora No 5A, Candisari.

Kafe ini memadukan teknik gastronomi molekuler ke seluruh menu yang ditawarkan, mulai dari hidangan utama hingga aneka minuman. Alhasil, makanan di sini tak hanya memanjakan indra perasa tetapi juga indra penglihatan berkat tampilan yang berbeda.

Selain membangun dekorasi resto yang unik, Nestcology Land of Gastronomy juga mengusung konsep dapur terbuka, sehingga kamu bisa melihat langsung proses memasak yang dilakukan para koki profesional. Menarik, bukan?

Sakapatat Beer Garden & Resto

(Sumber: @christinaoctaviane)

Sakapatat Beer Garden & Resto di Jalan Diponegoro No 24 juga bisa menjadi tempat nongkrong yang tak kalah asyik. Tempat yang mengusung konsep taman terbuka ini dikelilingi banyak pepohonan, keunikan inilah yang berhasil menarik perhatian para tamu. Kamu dijamin betah berlama-lama dengan dekorasi meja dan kursi serba kayu yang amat nyaman.

Meskipun menawarkan aneka minuman beralkohol,  Sakapatat Beer Garden & Resto juga memiliki berbagai menu minuman nonalkohol. Tempat nongkrong ini bahkan menyajikan aneka menu makanan yang menggiurkan, seperti kentang goreng, nasi goreng  tortilla, dan healthy platter, sehingga cocok bagi kamu yang ingin mengisi perut.

Spiegel Bar & Resto

(SUmber: @nindyakhh)

Satu lagi tempat nongkrong yang menawarkan suasana berbeda, yaitu Spiegel Bar & Resto. Ketika memasuki tempat yang berada di Jalan Letjend Suprapto No 34, Kota Lama ini, suasana Eropa klasik begitu terasa. Interior jendela besar, dinding berbata merah, lantai kayu, dan corak dinding dari koran dan majalah lama menjadikan tiap sudut di sini amat unik.

Jika ditelusuri dari sisi historis, Spiegel Bar & Resto merupakan salah satu bangunan bekas zaman kolonial. Dahulu, bangunan milik Herman Spiegel yang dibangun tahun 1895 ini difungsikan sebagai toko kelontong. Meski bangunan berusia lebih dari satu abad, Spiegel Bar & Resto jauh dari kesan kuno. Dengan dipadukan perabotan modern, kamu akan menikmati suasana santai dan berkelas.

Soal sajian kuliner, resto ini menawarkan aneka menu aneka pasta, steak, kue, gelato hingga kopi. Spiegel Bar & Resto juga memanjakan pencinta wine dengan koleksi minuman alkoholnya. Dengan daya tarik tersebut, kamu wajib berkunjung ke tempat nongkrong ini selagi berada di Semarang.

Joko Kopi

(Sumber: @besaliel_dara)

Kangen suasana desa yang asri dan ingin melihat hamparan sawah? Cobalah datang ke daerah Ungaran. Di sini, ada sebuah kedai kopi di pinggir sawah bernama Joko Kopi. Meski hanya warung kopi sederhana dengan area tak terlalu luas, pemandangan yang disuguhkan sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Joko Kopi terletak di Jalan Gedong Songo No 9, Ungaran atau sekitar 40 menit dari Kota Semarang. Hadir dengan area terbuka, Joko Kopi menawarkan beragam menu kopi lokal asal Aceh, Flores, maupun Jawa. Ada pula menu minuman lain seperti teh dan cokelat, serta aneka menu camilan maupun makanan berat sebagai teman di kala ngopi.

Bowery Resto

(Sumber: @chrisyeoctaviani)

Ingin mencoba deretan menu makan siang sambil menikmati atmosfer mewah Amerika klasik era 1920? Datang saja ke Bowery Resto di Jalan Ahmad Yani No 140. Segala ornamen dan detail interior di tempat ini sangat unik dan bisa menjadi spot foto yang menarik.

Tidak hanya membawa kultur Amerika secara indah, Bowery Resto juga ahli soal cita rasa masakan. Kamu bisa menyantap berbagai makanan enak dengan porsi yang cukup besar, seperti Bowery Rijsttafel, Salmon Pindang Serani, Jimbaran Seafood Platter, Wagyu Sate Maranggi, dan Prawn Spaghetti Sambal Matah. Aneka makanan tersebut bahkan disajikan dengan tampilan yang menarik.

Nah, jika ingin menikmati menu-menu khusus makan siang, datanglah pukul 11:00 – 15:00. Setelah jam tersebut, Bowery Resto akan mulai menawarkan menu umum yang tentunya tak kalah lezat.

Eastman Coffee House

(Sumber: @chandra6534)

Kedai kopi megah satu ini berada di gedung yang sama dengan Bowery Resto. Meski begitu, kedua tempat ini tidak digabungkan. Eastman Coffee House menempati  bagian depan gedung, sementara Bowery Resto menempati area belakang gedung.

Di sini, kamu bisa menikmati beragam jenis kopi. Salah satunya adalah Flat White,  sejenis coffee latte dengan komposisi susu lebih sedikit. Ada pula Affogato Salted Caramel dengan penyajian yang unik. Bagi yang ingin mengisi perut, Eastman Coffee House juga menyediakan beragam menu makanan seperti Phili Steak Sandwich, Lousiana Crispy Chicken Sandwich, dan Balinese Ayam Betutu.

Sejak dibuka awal 2017, kedai kopi ini sudah mencuri perhatian para pengunjung berkat arsitektur bangunan yang unik. Interiornya pun dibuat nyaman dengan suasana modern minimalis. Tersedia pula ruangan khusus merokok demi kenyamanan para tamu. Makanya, tak salah menjadikan tempat ini untuk bersantai selagi berkeliling di Semarang.

Wishbone Bar

(Sumber: @suryaloysius)

Wishbone Bar merupakan sebuah tempat bagi pencinta dunia malam yang baru dibuka pada April lalu. Berlokasi di Bowery Building Lantai 2, Jalan Ahmad Yani No 140, Wishbone Bar bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghabiskan malam dengan menikmati alunan musik atau DJ sambil ditemani menu makanan dan segelas wine.

Sentuhan interior yang klasik menjadikan tempat ini semakin eksklusif dan nyaman. Tak hanya itu, Wishbone Bar juga menghadirkan atmosfer yang hangat melalui penggunaan kayu pada lantai dan furnitur, serta didukung dengan tata cahaya temaram. Inilah yang membuat banyak anak muda Semarang tak bosan untuk sekadar berkumpul di bar ini.  

A to Z Bar, Wine & Brasserie

(Sumber: @chandra6534)

Makan malam romantis bersama pasangan, mengapa tidak? Semua ini bisa kamu dapatkan di A to Z Bar, Wine & Brasserie. Restoran mewah yang berlokasi di Jalan Sumbing No 10, Gajah Mungkur ini menawarkan konsep Amerika di era 1960. Desain interiornya dibuat modern dan elegan yang berpadu dengan furnitur kayu dan pencahayaan temaram untuk menciptakan suasana lebih hangat sekaligus romantis.

Alunan musik akan menamanimu saat menyantap aneka hidangan Asia, western, serta Mexico. Agar suasana bersama pasangan semakin hangat, kamu bisa memesan wine di sini. Apalagi koleksi minuman alkohol di A to Z Bar, Wine & Brasserie juga terbilang paling komplet di Semarang.

Antara Kata Coffee Talk

(Sumber: @daranida_)

Salah satu tempat terbaik bagi penikmat kopi di Semarang adalah Antara Kata Coffee Talk. Sesuai namanya, kedai kopi ini menawarkan tempat nyaman bagi kamu yang ingin relaksasi atau sekadar bercengkrama sambil menikmati secangkir kopi. Desain interior yang dibangun juga membuat para tamu betah menghabiskan waktunya di sini.

Berlokasi di Jalan Durian No 65 – 67, Banyumanik, kedai kopi ini buka selama 24 jam. Keunggulan ini cocok bagi kamu yang membutuhkan asupan kafeina saat kerja hingga larut. Soal menu, kedai kopi ini pun selalu mengutamakan kualitas biji kopi terbaik. Ada pula berbagai pilihan makanan mulai dari menu camilan dan hidangan utama yang akan memanjakan lidahmu.

Jendela Coffee Brewers

(Sumber: @daranida_)

Di kawasan Tembalang, ada sebuah kedai kopi bernama Jendela Coffee Brewers. Tempat nongkrong ini kerap dikunjungi mahasiswa Universitas Diponegoro maupun pencinta kopi di Kota Semarang. Selain suasana yang nyaman, kopi Jendela Coffee Brewers juga disajikan dengan berbagai teknik, yakni coffee blend dan manual brew. Ada pula minuman nonkopi yang bisa kamu pilih.

Di luar menu minuman, Jendela Coffee Brewers juga menyediakan aneka makanan yang menggugah selera. Kalau penasaran, coba saja mampir langsung ke Jendela Coffee Brewers yang beralamat di Jalan Banjarsari Selatan No 51, Banyumanik, Tembalang.

Kofinary Expresso Bar

(Sumber: @ongfranz)

Beralamat di Jalan Dr. Cipto 183A, Karangturi, Kofinary Expresso Bar hadir dengan atmosfer yang nyaman dengan dominasi furnitur serba kayu. Meski areanya tak terlalu luas, kedai kopi ini menjadi tempat favorit anak muda Semarang untuk mengerjakan tugas atau sekadar nongkrong. Alasannya sederhana, karena Kofinary Expresso Bar menyuguhkan terobosan unik pada menu-menu kopinya.

Di Kofinary Expresso Bar, kamu bisa meminum kopi dengan tampilan 3D latte art menggemaskan yang akan membuatmu enggan untuk merusaknya. Tampilan 3D latte art yang disajikan juga kerap menjadi target utama para tamu, tentunya untuk diunggah ke media sosial. Saat ke sini, jangan lupa untuk memesan beragam menu camilan atau makanan berat untuk dijadikan pendamping kopi.

Steam & Brew.Co

(Sumber: @hiroc_jkt)

Kedai kopi satu ini terbilang baru di Semarang, tepatnya di Jalan Depok No 36A, Kembangsari. Namun, Steam & Brew.Co sudah berhasil menarik perhatian pencinta kopi. Para pelayan yang ramah dan konsep interior yang terlihat minimalis mampu memberi kenyamanan bagi setiap pengunjung.

Dari segi kualitas, Steam & Brew.Co tak perlu diragukan lagi. Kamu bisa menikmati berbagai varian kopi, seperti espresso, latte, macchiato, cappuccino, dan sebagainya. Tak hanya itu, Steam & Brew.Co juga memiliki menu kopi yang unik, yakni coffee mix root beer, perpaduan kopi hitam dengan minuman soda root beer memberikan cita rasa yang segar.

Carnivor Sky Bar & Grill

(Sumber: @stefan_nicholas)

Resto yang satu ini sudah tak asing lagi di Kota Semarang. Terletak di lantai SL (Sky Lounge) Hotel Grand Edge, Jalan Sultan Agung No 96, Carnivor Skybar & Grill merupakan restoran yang khusus menyajikan makanan khas western. Sang pemilik memanfaatkan lokasi di atap dengan mendominasi ruangan dengan kaca, sehingga para tamu bebas menikmati suasana Kota Semarang dari ketinggian.

Carnivor Skybar & Grill memiliki konsep dalam dan luar ruangan. Pada ruangan luar, kamu bisa bersantai di bar sambil melihat kelincahan para pembuat kopi meracik mocktail dan cocktail. Kamu juga bisa menikmati wine dari berbagai brand wine ternama dunia. Soal cita rasa, resto menghadirkan sejumlah menu andalan berbahan dasar daging, seperti Pork Ribs, Beef Tenderloin Pasta, dan Mighty 5 Burger yang mengunggah selera.

The Tavern

(Sumber: @elinaunswing)

The Tavern adalah salah satu tempat nongkrong di Semarang yang mengusung konsep modern. Dengan suasana western yang berkelas, kafe ini cocok menjadi tempat berkumpul dan minum-minum bersama teman. Ada banyak aneka sajian andalannya, mulai dari Grilled Chicken Chop Teriyaki Sauce, Grilled Chicken Breast, Tokyo Smoked Beef Salad, Carnivore Pizza, hingga French Vanilla Panna Cotta.

Terletak di Jalan Rinjani No 1, Gajah Mungkur, The Tavern memiliki konsep bangunan dua lantai, di mana setiap lantai dilengkapi dengan bar. Lantai bawah merupakan area dalam ruangan yang memiliki deretan kursi dan sofa yang nyaman, jendela kaca besar, serta beberapa pajangan yang menarik. Sementara itu, lantai atas merupakan area luar ruangan yang ditujukan sebagai area khusus perokok.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat nongkrong yang seru di Semarang. Kamu bisa menghabiskan waktu sendiri, bersama teman, pasangan, ataupun keluarga untuk menikmati berbagai sajiannya. Agar tidak salah pilih tempat, kamu bisa mencari berbagai informasi lain seputar tempat-tempat nongkrong ataupun wisata di Blog Traveloka. Ayo, segera mampir ke tempat populer di Semarang!

Baca juga  12 Tempat Makan Enak di Semarang yang Legendaris
2 Shares
Share2
Pin
Share
Tweet
+1