0

Erika Silviana

08 Oct 2019 - 9 min read

15 Lokasi Wisata Kuliner Semarang Ini Paling Ramah Kantong

Semarang tak hanya dikenal karena potensi wisatanya yang menarik, tetapi juga karena banyaknya kuliner yang ditawarkan kota ini. Mulai dari makanan berat hingga camilan, semua bisa kamu coba sambil menikmati suasana Kota Semarang.

Bagi yang ingin mencari tahu tempat kuliner di Semarang, Traveloka sudah merangkumnya untuk kamu dalam artikel ini. Cari tahu selengkapnya, yuk!

1. Lumpia Gang Lombok

Photo credit: @mysweetescapediary (Instagram)

Kunjungan ke Semarang akan kurang lengkap jika belum mencoba makanan khasnya, yaitu lumpia. Kota ini punya banyak tempat yang menjajakan lumpia di setiap sudutnya, tetapi yang patut menjadi pilihan kamu adalah Lumpia Gang Lombok. Terletak di Jalan Gang Lombok No 11, Purwodinatan, wisata kuliner ini buka pukul 08:00 – 17:00.

Rasa lumpia di sini terkenal sangat autentik. Jenis lumpia yang ditawarkan beragam, mulai dari lumpia basah hingga lumpia goreng yang renyah. Harga lumpia di sini dibanderol mulai dari Rp15.000 per buah. Meski tergolong cukup mahal, kamu tak akan menyesal mencoba Lumpia Gang Lombok dengan isian padat dan kulit lumpia yang lezat.

2. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Photo Credit: @cmpkcs (Instagram)

Hanya dengan mengeluarkan bujet sekitar Rp16.000, kamu sudah bisa menikmati seporsi Tahu Gimbal Pak H. Edy yang berisi tahu goreng, potongan gimbal udang, irisan kol, dan bumbu pelengkap lain. Tidak ketinggalan, bumbu kacang agak encer yang bisa kamu pesan dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

Jika tertarik mencoba, kamu bisa langsung datang ke Jalan Menteri Supeno, Kompleks Taman KB. Lokasi ini pula yang membuat banyak pengunjung menyebutnya sebagai Tahu Gimbal Supeno. Kamu tak perlu takut kehabisan karena setiap harinya wisata kuliner Semarang ini buka pukul 17:00 hingga tutup.

3. Waroeng Semawis

Photo credit: @wisatasemarang (Instagram)

Mengunjungi pasar malam di Semarang tentu bisa menjadi ide seru bagi para pelancong. Di kawasan pecinan, Jalan Gang Warung No 50, Kauman, kamu akan menemukan pasar malam yang dikenal dengan Waroeng Semawis atau Pasar Semawis. Jika tertarik, kamu bisa memulai wisata kuliner di sini pukul 21:00. Ada banyak makanan kaki lima khas semarang yang bisa kamu coba, mulai dari jajanan, makanan berat, hingga berbagai pernak-pernik unik.

Saat berkunjung ke sini, kamu perlu siapkan bujet sebesar Rp50.000 per orang. Dengan bujet tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak makanan dari berbagai kedai yang ada. Setidaknya, kamu bisa menghabiskan Rp10.000 – Rp30.000 di setiap kedai. Meski berupa pasar, kamu tak perlu khawatir akan kenyamanan karena setiap kedai di sini menyediakan 1 – 2 meja untuk para pengunjung.

4. Bebek Goreng Pak Thori

Photo credit: @zam29roni (Instagram)

Di Jalan Raya Manyaran – Gunungpati, Sadeng, kamu bisa menemukan kuliner Semarang, yaitu hidangan bebek paling populer di Semarang. Buka pukul 08:30 – 24:00, Bebek Goreng Pak Thori terkenal karena cita rasanya yang khas. Tak hanya itu, daging bebek di sini terkenal sangat empuk dengan bumbu yang menyerap hingga ke tulang. Ada 2 jenis sambal yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap, yakni sambal ijoataupun sambal merah.

Menu favorit yang ada di sini adalah bebek goreng. Untuk menikmatinya, kamu cukup mengeluarkan bujet sebesar Rp24.000. Selain bebek, menu lain yang bisa kamu nikmati adalah ayam goreng, lele, burung dara, hingga gongso babat dengan rasa tak kalah lezat.

5. Asem-asem Koh Liem

Photo credit: @racheldjuanda (Instagram)

Menghadirkan kuliner Jawa Tiongkok, Asem-asem Koh Liem tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Semarang. Tempat wisata kuliner ini terletak di Jalan Karang Anyar No 20, Genuk. Makanan khas ini cukup populer di Semarang, jadi jangan heran jika melihat tempat ini selalu dipadati pengunjung. Jika ingin mencicipinya, kamu bisa berkunjung pada pukul 07:00 – 17:00.

Menu favorit di sini adalah Asem-asem Daging, makanan yang cukup melegenda di Semarang. Rasa Asem-asem Daging berasal dari perpaduan asam, pedas, dan manis yang ditambah gurihnya daging. Untuk mencoba satu porsi Asem-asem Daging, kamu perlu menyiapkan Rp25.000. Harga yang tidak terlalu mahal untuk seporsi sajian legendaris, bukan?

Selain menu andalannya, kamu juga bisa menyantap hidangan pendamping lain seperti cah petai udang, cah sawi putih, cah bayam, dan cah kacang panjang. Rata-rata menu cahini dijual seharga Rp14.000. Jadi, kira-kira menu apa yang akan kamu santap lebih dulu?

6. Mie Siang Kie

Photo credit: @hobimakanenak (Instagram)

Bagi para penyuka mi, kamu tidak boleh melewatkan hidangan aneka mi milik Mie Siang Kie. Terletak di Gang Lombok No 10, Kauman, tempat makan ini buka setiap hari pukul 08:00 – 15:30. Di sini, kamu bisa mencoba aneka menu yang akan menggugah selera.

Untuk mencicipi semangkuk mi lengkap dengan telur dadar dan pangsit rebus, kamu perlu membayar Rp14.000 – Rp17.000. Tak lupa, tambahan pangsit goreng tentu akan menambah lengkap hidangan kamu. Semakin tergiur untuk mencobanya, bukan?

7. Pesta Keboen

Photo credit: @hairultugumuda (Instagram)

Tempat makan pertama di Semarang dengan nuansa tempo dulu ini wajib dikunjungi oleh para penggemar vintage. Terletak di Jalan Veteran No 29, Gajahmungkur, Pesta Keboen berada cukup dekat dari Simpang Lima, kira-kira 1 km. Tempat makan ini buka pukul 10:00 – 22:00 setiap harinya, sehingga bisa menjadi lokasi sarapan, makan siang, ataupun malam.

Menu yang ditawarkan memiliki harga beragam, mulai dari Rp20.000 hingga Rp85.000 per porsi. Ada pula menu paket hemat berempat dengan harga Rp250.000 bagi kamu yang datang bersama teman atau keluarga. Jika masih bingung memilih hidangan, cobalah pesan menu favoritnya yaitu Ayam Asap Pesta Keboen. Tak ketinggalan, menu Sup Bola-bola Jamur, Oxtail Saus Merah, Udang Masak Bawang, dan Sayur Kailan Polos yang bisa menjadi alternatif pilihan.

8. Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong

Photo credit: @yulindanunggalaa (Instagram)

Soto bangkong memang banyak dijual di Semarang, tapi yang menjadi favorit banyak orang adalah Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong di Jalan Setiabudi No 229, Srondol Kulon. Ada berbagai macam menu yang bisa kamu coba, tetapi menu spesialisasi ayam adalah hidangan andalan tempat makan ini.

Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong memiliki jam operasional yang cukup lama, yakni pukul 06:00 – 21:00. Jadi, kamu tak perlu takut kehabisan kuliner ini. Saat berkunjung,amu bisa siapkan bujet sekitar Rp100.000 per dua orang. Bagi yang takut kehabisan tempat duduk, kamu bisa melakukan pemesanan terlebih melalui nomor telepon (024) 7464080.

9. Kampung Laut

Photo credit: @ega_hartke (Instagram)

Tak sekadar restoran, Kampung Laut di Puri Maerokoco Tawang Mas juga menawarkan pemandangan yang indah. Bagaimana tidak, restoran ini dibangun di atas kolam yang cukup besar. Jadi, kamu seolah makan di atas gazebo terapung. Penasaran? Langsung saja datang ke Jalan Anjasmoro Raya, Tawangsari, pada pukul 10:00 – 22:00 setiap harinya.

Ada berbagai macam menu yang bisa kamu pesan, tetapi yang jadi andalan adalah sajian seafood. Salah satu menu yang wajib kamu coba yaitu Gurame Goreng Kering yang dijual Rp7.500 per ons. Selain itu, kamu bisa mencoba aneka menu sayur seperti Brokoli Goreng yang dijual Rp50.000 per porsi ataupun Taoge Ca Ikan Asin dan Brokoli Saus Tiram dengan harga Rp25.000 per porsi.

10. Pisang plenet

Photo credit: @retisabrini (Instagram)

Wisata kuliner Semarang selanjutnya adalah Pisang Plenet. Ada tiga lokasi yang menjual pisang plenetdi Semarang, yakni Pisang Plenet Pak Tuko, Pisang Plenet Pak Yuli, dan Pisang Plenet Pak Subandi. Kamu bisa mencoba dari lokasi yang paling dekat dengan keramaian, yaitu Pisang Plenet Pak Subandi di Jalan Pemuda, seberang Pasaraya Sri Ratu. Pisang yang diisi nanas, meses, dan gula pasir ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp10.000 per bungkus. Cukup murah, bukan?

Pisang plenet mulai dijajakan pukul 13:00 – 20:00. Agar tak kehabisan, sebaiknya kamu datang lebih awal untuk bisa mendapatkan makanan populer satu ini. Jangan lupa pesan beberapa porsi untuk kamu cicipi bersama keluarga ataupun teman-teman.

11. Bakmi Jowo Pak Gareng

Photo credit: @irwanriady (Instagram)

Mulai dibuka pada tahun 1970, kini Bakmi Jowo Pak Gareng menempati Jalan Wotgandul Dalam No 177, Gabahan. Menu makanan di sini bisa kamu lahap dengan harga terjangkau, yakni Rp14.000 saja.

Buka pukul 11:00 – 21:00, tempat ini juga jadi favorit banyak selebriti Indonesia. Tidak heran, kalau setiap harinya Bakmi Jowo Pak Gareng ini ramai dikunjungi wisatawan. Jika tidak mau kehabisan tempat, kamu bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu dengan telepon melalui nomor (024) 3560708.

12. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Photo credit: @octavianiharyono (Instagram)

Meski tempatnya sangat sederhana, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar digemari oleh banyak wisatawan. Terletak di Jalan MT. Haryono, Bustaman, tempat makan ini menyediakan gulai kambing yang terkenal kelezatannya. Buka mulai pukul 09:00 – 15:00, kamu yang tak mau berdesakan saat berkunjung sebaiknya tak datang saat jam makan siang.

Untuk bisa menikmati menu favorit gulai kambing dan nasi di tempat ini, kamu bisa menyiapkan bujet sekitar Rp27.000. Tak hanya itu, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini juga menerima pesanan melalui nomor telepon 082220954443.

13. Angkringan Kemebul

Photo Credit: @jakulsemarang (Instagram)

Jika ingin berkunjung ke tempat gaul Semarang, kamu bisa nongkrong di Angkringan Kemebul. Berlokasi di Jalan Bendungan Raya No 115C, angkringan satu ini menyediakan aneka menu tradisional seperti jajanan pasar, wedang jahe, nasi bakar, gorengan, dan sebagainya. Meski begitu, fasilitasnya cukup modern karena dilengkapi Wi Fi dan penampilan acara musik.

Tak perlu khawatir masalah harga, per orang hanya perlu menyiapkan bujet tak lebih dari Rp50.000. Sangat murah, bukan? Jika tertarik berkunjung, kamu bisa datang pukul 18:00 – 24:00 setiap harinya.

14. Leker Paimo

Photo Credit: @kulinerkotasemarang (Instagram)

Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner tradisional, di depan SMA Loyola, tepatnya Jalan Karang Anyar No 37, kamu bisa menemukan pedagang kue leker enak bernama Leker Paimo. Tempat ini buka setiap Senin – Sabtu pukul 11:00 – 17:00. Dibuka sejak 1993, tempat kuliner satu ini pun cukup legendaris di Semarang. Setiap menu leker dibanderol dengan harga sekitar Rp1.000 – Rp16.000 saja.

Menariknya, kue leker di sini hadir dalam banyak topping, mulai dari yang asin hingga manis. Salah satu menu leker yang paling laris adalah Leker Tuna, Telur, Sosis, Jagung Manis, dan Mozarella. Ada pula leker dengan topping cokelat dan pisang yang bisa kamu pesan jika ingin mencoba pilihan menu manis lainnya.

15. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Photo Credit: @gulaiikanuntung (Instagram)

Suka makan gulai kepala ikan? Berarti kamu wajib mencoba Gulai Kepala Ikan Pak Untung di Jalan Singosari Raya No 79, Pleburan. Ada berbagai menu gulai kepala ikan yang bisa kamu pesan, mulai dari gulai kepala nila, kakap, bahkan salmon. Ada pula pilihan ikan lain yang tak kalah menarik, seperti ikan kembung goreng dan ikan kor kuning goreng.

Jika tertarik, kamu bisa datang setiap Senin – Sabtu pukul 10:00 – 21:00. Jangan lupa siapkan bujet sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000 per dua orang, ya!

***

Itulah 15 tempat wisata kuliner Semarang yang bisa kamu coba sembari menjelajahi Kota Lumpia ini. Tak hanya menawarkan kuliner yang lezat, 15 tempat tersebut juga populer bagi masyarakat dan pengunjung Kota Semarang. Menariknya, beberapa tempat di atas juga menawarkan harga yang ramah di kantong. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, luangkan waktu agar puas berwisata kuliner di Semarang. Selamat makan!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan