14 Restoran di Semarang Ini Destinasi Wajib Pencinta Kuliner

14 Restoran di Semarang Ini Destinasi Wajib Pencinta Kuliner

Bagi kamu yang ingin melakukan wisata kuliner, Semarang dapat menjadi salah satu destinasi terbaik. Ada banyak sekali restoran maupun warung di Semarang yang terkenal akan menu kuliner enak. Mulai dari harga kaki lima hingga bintang 5 bisa dengan mudah kamu temukan di Kota Lumpia ini. Cita rasa yang ditawarkan pun akan membuat kamu semakin cinta dengan Semarang. Yuk, cari tahu daftar restoran di Semarang  yang patut kamu kunjungi!

 

1) Ayam Bakar Primarasa

 

Photo Credit: @makandisemarang (Instagram)

Tempat makan pertama yang bisa kamu kunjungi di Semarang adalah Ayam Bakar Primarasa. Di restoran ini kamu bisa memilih berbagai menu menarik, mulai dari Ayam Bakar Primarasa, Ayam Penyet, Bakmi Goreng, Bandeng Bakar Tanpa Duri, Bandeng Goreng, Cumi Goreng Tepung, Gurami Asam Manis, hingga Cah Kangkung Hot Plate.

Bagi penggemar menu ayam, kamu bisa menyantap Ayam Goreng Suharti atau Ayam Goreng Kampung Kali yang menjadi andalan Primarasa. Buka setiap hari pukul 07:00 22:00, berbagai menu lezat di sini bisa kamu nikmati dengan menyiapkan bujet Rp150.000 per dua orang. Jadi, langsung saja menuju Jalan Gajahmada No 99D, Miroto untuk merasakan kelezatannya.  

 

2) Kedai Beringin

 

Photo Credit: @vevee81 (Instagram)

Ingin menyantap beragam makanan dengan harga terjangkau? Kamu bisa datang ke Kedai Beringin di Jalan Imam Bonjol Nomor 114, Sekayu. Pasalnya, tempat ini menyediakan banyak hidangan yang hanya dibanderol mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000. Selain tergolong murah, kamu pun bisa datang ke tempat makan ini saat sarapan, makan siang, ataupun malam karena Kedai Beringin buka setiap hari pukul 08:00 21:30.

Bagi yang baru datang pertama kali, kamu mungkin bingung menentukan hidangan apa yang akan disantap. Untuk itu, kamu bisa memilih menu andalan tempat makan ini yaitu Nasi Goreng Oriental. Selain itu, kedai ini menghadirkan menu cukup lengkap dan beragam seperti olahan ayam, mi, bebek, serta nasi. Begitu pula dengan minumannya, ada aneka es dan jus buah segar yang bisa kamu pilih.

 

3) Toko Oen

 

Photo Credit: @lisagunawan05 (Instagram)

Bagi yang ingin mengunjungi tempat makan legendaris, Toko Oen bisa menjadi alternatif tepat. Konon, toko ini buka sebelum Indonesia merdeka yakni pada tahun 1936. Kesan “tua” pun bisa kamu lihat pada bagunan dan interior restoran ini, di mana seluruh meja, kursi, serta hiasan dinding menggunakan barang lama. Tempat makan yang terbilang murah di Semarang ini menyajikan berbagai menu, namun es krim masih menjadi hidangan andalannya.

Varian es krim yang bisa kamu pilih cukup banyak, mulai dari cokelat, moka, hingga vanila. Ada pula sajian menu Es Krim Potong Tutti Frutti yang bisa kamu jadikan pilihan. Bagi yang ingin mengisi perut, kamu bisa memesan hidangan utamanya seperti gado-gado, spageti, sate ayam, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk berkunjung dan mencicipi hidangannya? Langsung saja datang ke Jalan Pemuda No 52,  Pandansari.

 

4) The Hills Dining Restaurant

 

Photo Credit: @thehillsdiningrestaurant (Instagram)

Sedang berlibur di Semarang dan mencari tempat makan romantis untuk dinikmati bersama pasangan atau orang-orang tersayang? Langsung saja kunjungi The Hills Dining Restaurant di Jalan Bukit Baladewa 22 24, Banyumanik. Di restoran ini, kamu dapat menyantap hidangan lezat sembari menikmati keindahan Kota Semarang dari ketinggian.

Terdapat dua area yang bisa kamu pilih, yaitu dalam dan luar ruangan. Keduanya sama-sama nyaman karena didesain dengan konsep modern. Untuk hidangannya, The Hills menyajikan menu western dan Asia seperti steak, pancake, maupun ayam goreng rica-rica. Jadi, kamu perlu menyiapkan bujet sekitar Rp200.000 Rp300.000 untuk menyantap beragam hidangan di The Hills Dining Restaurant.

 

5) Warung Asem-asem Koh Liem

 

Photo Credit: @maknyusbw (Instagram)

Sesuai namanya, warung ini menawarkan asem-asem sebagai menu utamanya. Jika dilihat sekilas, hidangan satu ini mirip dengan soto namun dengan rasa yang lebih asam dan gurih. Di sini, kamu dapat menikmati asem-asem berisi potongan daging sapi lembut yang disiram kuah berwarna kecokelatan. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan lauk lain, seperti tahu, sate, maupun penyek.

Selain hidangan andalan asem-asem, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti Lontong Cap Go Meh, Kikil Lombok Ijo, serta Bandeng Sarden. Kalau kamu penasaran, silakan kunjungi warungnya di Jalan Karang Anyar No 28-C4, Gabahan ya.

 

6) Trattoria Semarang

 

Photo Credit: @trattoria_bar_resto (Instagram)

Tempat makan di Jalan Gajahmada No 146, Brumbungan ini menghadirkan menu Italia autentik yang patut kamu coba. Pasta dan piza adalah dua hidangan andalannya, namun kamu juga bisa mencicipi menu lain seperti Italian Sandwich, Salmone Panna Pizza, Beef Tenderloin Black Pepper Sauce, hingga Choco Brownies with Vanilla Ice Cream.

Setidaknya, kamu perlu menyiapkan bujet sekitar Rp100.000 per orang untuk menikmati sajian di restoran yang buka sejak tahun 2016 ini. Tergiur untuk mencobanya? Datanglah setiap Minggu Jumat pukul 11:00 23:00 dan Sabtu pukul 11:00 24:00. Ajak pula kerabat atau keluarga agar bisa mencicipi beragam menu lezat di Trattoria Semarang.

 

7) Grill On Resto

 

Photo Credit: @grillonresto (Instagram)

Grill On Resto merupakan tempat makan di Semarang yang pas bagi kamu penyuka olahan ayam. Jika berkunjung ke sini, kamu wajib mencoba Sate Kalak yakni sate ayam yang dibumbui kalak (resep warisan bumbu Jawa yang dicampur dengan santan). Selain menyantap sate bercita rasa gurih tersebut, kunjungan kamu dijamin menyenangkan karena tempat makan ini didesain nyaman dengan konsep interior modern minimalis.

Siapkan bujet Rp150.000 per dua orang jika kamu ingin menyantap hidangan di restoran yang berada di Jalan Sisingamangaraja No 27, Candisari ini. Namun, kamu perlu mengingat jam operasional restoran ini yang buka setiap Selasa Minggu pukul 10:00 22:00 dan tutup pada hari Senin.

 

8) Soto Bangkong

 

Photo Credit: @soto_bangkong_semarang (Instagram)

Sebagian besar daerah di Indonesia memiliki soto sebagai menu kuliner khasnya, tidak terkecuali Semarang. Jika daerah-daerah lain memiliki soto Lamongan, soto Madura, hingga soto Makassar, maka Semarang memiliki Soto Bangkong. Nama “bangkong” berasal dari lokasi kedai yang berada di Jalan Bangkong yang saat ini berubah nama menjadi Jalan Brigjen Katamso.

Lalu, apa yang membedakan makanan khas Semarang ini dengan soto lainnya? Soto Bangkong ternyata menggunakan kecap khusus yang diproduksi sendiri. Tak hanya itu, rasa gurih pada soto juga dihasilkan dari daging ayam kampung yang digunakan. Jika ingin mencoba hidangan lainnya, cobalah garang asem dan ayam goreng rempah. Jadi, jangan lewatkan kunjungan kamu ke warung makan di Ruko Bangkong Plaza Blok A/1 ini ya.

 

9) Soto Kudus Mbak Lin

 

Photo Credit: @kakilimasemarang (Instagram)

Di Semarang, kamu mungkin akan sering menemui penjual soto Kudus di setiap sudut kota. Namun, Soto Kudus Mbak Lin adalah yang paling populer di Kota Lumpia ini. Satu porsi soto berisi suwiran ayam, seledri, dan bawang goreng. Agar lebih puas, kamu bisa menambahkan lontong atau nasi pada hidangan ini. Tak lupa, lauk pendamping seperti perkedel, sate paru, ataupun telur puyuh yang akan menambah nikmat soto.

Tergiur untuk mencobanya? Langsung saja datang ke Jalan Ki Mangunsarkoro No 15, Karangkidul. Tak perlu khawatir akan kehabisan tempat, karena tempat makan ini punya area yang cukup luas. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp15.000 untuk menyantap Soto Kudus Mbak Lin.

 

10) Cimory on the Valley

 

Photo Credit: @cimoryotv (Instagram)

Cimory on The Valley merupakan gabungan peternakan sapi, pabrik pengolahan susu, restoran, dan wahana permainan anak yang dikemas secara modern. Khusus area restoran, terdiri dari tiga lantai yang bisa kamu pilih sesuai selera. Meski begitu, kamu harus siap antre jika datang pada waktu liburan. Ada banyak menu yang bisa kamu pilih, yaitu Western seperti Steak, Chips, Chicken Cordon Bleu, hingga Ikan Bakar. Siapkan saja bujet sekitar Rp150.000 untuk menyantap hidangannya.

Kunjungan kamu ke tempat makan pun ini dijamin akan puas. Selain bisa menikmati kesejukan suasana restoran, kamu pun bisa mengajak si kecil bermain ke peternakan yang tersedia. Agar bisa menjelajahi seluruh fasilitas di sini, kamu bisa datang mulai pukul 08:00-21:00 pada Minggu Jumat dan pukul pada hari Sabtu.

 

11) Gulai Kepala Ikan Pak Untung

 

Photo Credit: @yenissara (Instagram)

Tempat makan yang berada di Jalan Imam Bonjol No 48 52 ini menghadirkan gulai kepala ikan sebagai sajian andalannya. Tak perlu khawatir soal aroma amis dari ikan, karena hidangan ikan di sini sudah dibalut bumbu rempah yang membuatnya terasa gurih. Selain itu, gulai akan disajikan bersama taburan kemangi, daun jeruk, cabai utuh, dan daun bawang.

Ada beberapa pilihan ikan yang bisa kamu coba, yaitu kepala kakap, nila, hingga salmon. Tersedia juga aneka fillet dan belly ikan baik yang sudah diolah menjadi gulai ataupun dibakar. Harga gulai ikannya cukup bersahabat dengan kisaran harga Rp9.000 Rp40.000. Tempat kuliner ini buka pukul 10:00 21:00. Agar tidak terlalu mengantre, sebaiknya kamu datang di luar waktu makan siang ya.

 

12) Warung Makan Mbak Tum

 

Photo Credit: @liastriu (Instagram)

Bagi yang ingin makan malam enak di Semarang, kamu wajib mengunjungi Warung Makan Mbak Tum. Tempat makan yang berada di Jalan MT. Haryono, Wonodri ini menyajikan Nasi Gudeg Koyor, Lontong Opor, dan Ayam Goreng Pete sebagai menu andalannya. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat, yakni sekitar Rp15.000 hingga Rp25.000 per porsi. Harga tersebut sudah termasuk es teh atau es jeruk, lho.

Tertarik untuk mencoba? Jika berniat untuk mencobanya, sebaiknya kamu datang saat warung baru buka yakni pukul 18:00 03:00. Pasalnya, semakin malam Warung Makan Mbak Tum akan ramai oleh pengunjung. Jadi, jangan sampai kehabisan ya!

 

13) Spiegel Bar & Bistro

 

Photo Credit: @spiegelbistro (Instagram)

Ingin ke tempat makan yang memiliki dekorasi menarik? Kamu bisa datang ke Spiegel Bar & Bistro di Jalan Letjen Suprapto No 59, Tj. Mas. Menariknya, restoran ini menempati sebuah gedung bersejarah yang berusia lebih dari 120 tahun. Meski begitu, pemiliknya telah memasukan konsep heritage yang membuat tempat makan ini terlihat lebih modern.

Ada berbagai menu lezat yang disajikan, mulai dari Grilled Cuban Baby Corn, Patata A La Brava, Chicken Prawn Dumplings, hingga Tempura Oyester. Tak lupa beragam minuman, seperti kopi, moktail, hingga aneka jus bisa kamu coba di sini. Untuk itu, kamu bisa berkunjung dengan menyiapkan bujet Rp200.000 per dua orang.

 

14) Kampung Laut

 

Photo Credit: @kampunglaut (Instagram)

Satu lagi rumah makan di Semarang yang wajib kamu coba, yakni Kampung Laut. Rumah makan yang berada di Jalan Anjasmoro Tawang Mas ini menyajikan berbagai menu seperti Bandeng Kropok, Gurame Bumbu Rujak, Soup Tom Yam, Iga Sapi Bakar, hingga Lobster Steam Bawang Putih.

Selain menu yang menggugah selera, tempat makan ini juga memiliki konsep cukup unik. Seluruh lokasi makan berada di atas saung terapung. Jadi, kamu bisa menyantap hidangan sembari menikmati suasana kolam sekitar. Sangat sayang untuk dilewatkan, bukan?

***

Jadi, restoran di Semarang mana yang akan kamu singgahi lebih dulu? Karena daftarnya banyak, jangan lupa meluangkan beberapa hari untuk liburan di kota ini agar bisa puas menikmati sebanyak mungkin kuliner. Ajak pula teman atau keluarga agar kamu bisa saling mencicipi berbagai menu restoran. Selamat berwisata kuliner!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1