13 Wisata Alam Semarang Ini Punya Pesona Tersembunyi

13 Wisata Alam Semarang Ini Punya Pesona Tersembunyi

Tidak kalah dengan Jogja dan Solo, Semarang juga memiliki potensi wisata yang cukup menarik, khususnya pada sektor wisata alam. Mulai dari hutan, pantai, hingga air terjun yang indah bisa dengan mudah kamu temukan di Kota Lumpia ini. Nah, bagi kamu yang sedang atau ingin berlibur ke kota ini, Traveloka sudah merangkumkan 13 wisata alam di Semarang yang wajib dikunjungi. Yuk, simak ulasannya!

Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin berkemah di dalam hutan yang rimbun
(Sumber: @abdul421s)

Beralamat di Desa Susukan, Ungaran, Wana Wisata Penggaron berada di dalam hutan yang rimbun. Kawasan yang dikelilingi pepohonan tinggi ini menjadikannya lokasi tepat untuk menikmati udara sejuk. Jika ingin menikmati kesejukan udara lebih lama, kamu bisa bermalam dengan berkemah di area yang tersedia. Menariknya, kawasan ini juga menjadi habitat dari sekitar 97 spesies burung yang bisa kamu temui.

Untuk bisa masuk ke Wana Wisata Penggaron, kamu perlu membayar Rp6.000 per orang. Ada pula biaya parkir tambahan, yaitu Rp3.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor. Setiap harinya, kamu bisa datang ke sini mulai pukul 07:00 hingga 17:00.

Rawa Pening

Rawa Pening yang memiliki arti danau bening memang menawarkan pesona danau jernih yang indah
(Sumber: @fuadakbar)

Jika ingin bersantai di pinggir danau cantik, maka Rawa Pening adalah lokasi yang tepat. Rawa Pening yang memiliki arti danau bening memang menawarkan pesona danau jernih yang indah. Kamu bahkan bisa melihat pantulan awan dengan jelas di permukaan airnya. Selain menjadi tempat wisata, Rawa Pening juga menjadi sumber kehidupan bagi sekitarnya seperti sumber irigasi, lokasi memancing, serta pengontrol banjir.

Untuk menikmati indahnya danau ini, kamu bisa mengunjunginya dengan cuma-cuma alias gratis. Bahkan, kamu bisa  melakukan berbagai kegiatan seru lainnya seperti menjelajahi Gua Maria Kerep yang berjarak sekitar 4,5 km dari rawa ataupun mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa yang bisa dicapai dengan menempuh perjalanan 4 km.

Umbul Sidomukti

Berlibur di Wisata Umbul, Jimbaran, kamu bisa merasakan udara sejuk sambil menikmati hidangan lezat
(Sumber: @rhinna_widyastuti)

Terletak di kawasan Wisata Umbul, Jimbaran, kamu bisa menikmati wisata alam mewah di tempat ini. Wisata alam Semarang ini berada di kawasan pegunungan yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti outbond, adrenaline games, dan kolam renang alam.

Selain sarana wisata, kawasan ini juga menawarkan berbagai fasilitas menginap, salah satunya Camping Ground. Ada pula Pondok Wisata dan Pondok Lesehan untuk tempat beristirahat. Bagi penyuka kopi, kamu wajib mengunjungi Pondok Kopi yang menyediakan beragam camilan lezat serta kopi nikmat. Dengan begitu, kamu bisa menikmati kesejukan pegunungan sambil menyantap berbagai hidangan.

Pantai Maron

Tak hanya memiliki pemandangan indah, Pantai Maron ini juga memiliki area hutan bakau yang menarik untuk dikunjungi
(Sumber: @wijayabenn)

Berada di utara Pulau Jawa membuat Semarang kaya akan wisata pantai. Salah satunya, kamu bisa mengunjungi Pantai Maron di Tugurejo, Tugu.  Tak hanya memiliki pemandangan indah, pantai ini juga memiliki area hutan bakau yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menelusuri jalan panjang yang dikelilingi rimbunnya pohon mangrove. Dengan kondisi udara yang cukup sejuk, kamu dijamin betah bersantai serta berfoto-foto di Pantai Maron.

Terdapat dua jalur yang bisa kamu lalui untuk mengunjungi ke tempat ini, yaitu jalur Bandara Ahmad Yani dan jalur Perumahan Graha Krapyak. Masing-masing jalur bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit dengan jarak sekitar 3 km. Sebelum masuk kawasan Pantai Maron, kamu akan dikenakan biaya tiket seharga Rp5.000 per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000, baik motor maupun mobil.

Desa Wisata Lembah Kalipancur

Desa Wisata Lembah Kalipancur merupakan objek wisata alam serta edukasi yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Semarang
(Sumber: www.goodpiknik.com)

Terletak di Jalan Raya Kalipancur, Ngaliyan, Desa Wisata Lembah Kalipancur merupakan objek wisata alam serta edukasi yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari miniatur negara-negara dunia, bangkai pesawat, pemancingan, hingga kebun binatang kecil bisa kamu lihat di sini. Uniknya, lokasi wisata ini dirancang dengan sistem one way, sehingga pengunjung bisa melihat seluruh objek dengan melalui satu jalur saja.

Jika tertarik mengunjunginya, kamu bisa datang pukul 09:00 – 17:00 setiap harinya. Meski menawarkan berbagai objek menarik, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tiket Rp4.000 untuk menjelajahi Desa Wisata Lembah Kalipancur. Asyiknya, lokasi wisata ini juga dekat dengan wisata lain seperti Goa Kreo, Waduk Jatibarang, dan Klenteng Sam Poo Kong.

Pondok Kopi

Dimana lagi bisa menikmati hangatnya kopi di ketinggian Semarang selain di Pondok Kopi
(Sumber: @aryowee)

Meski berada di kawasan wisata Umbul Sidomukti, Pondok Kopi tak kalah populer untuk dikunjungi. Di sini, kamu bisa menikmati seduhan kopi nikmat sembari menyaksikan pesona Kota Semarang dari atas gunung. Untuk mengunjunginya, kamu bisa menuju Desa Sidomukti, Jalan Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan. Setiap harinya, Pondok Kopi buka pukul 08:00 24:00.

Dengan lokasi yang begitu menarik, tak salah jika Pondok Kopi selalu ramai oleh pengunjung. Jadi, sebaiknya kamu melakukan pemesanan dulu melalui nomor 082892031261 agar tidak kehabisan tempat saat berkunjung. Nantinya, kamu juga perlu membayar tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang.

Candi Gedong Songo

Bagi penyuka wisata sejarah, Candi Gedong Songo adalah pilihan wisata yang tepat
(Sumber: @monicadevie)

Bagi penyuka wisata sejarah, Candi Gedong Songo adalah pilihan wisata yang tepat. Candi yang berlokasi di daerah Krajan, Bandungan ini terletak di atas bukit, tepatnya di ketinggian 1.200 mdpl. Penamaan “Gedong Songo” yang berarti sembilan bangunan ini sendiri diambil dari jumlah kompleks candi yang dulunya berjumlah sembilan. Namun, kini kamu hanya bisa menemukan lima kompleks candi yang tersisa.

Jika ingin mengunjunginya, sebaiknya kamu meluangkan waktu seharian. Pasalnya, jarak antara kompleks candi cukup jauh sehingga kamu membutuhkan waktu cukup lama untuk menelusuri kelima candi yang ada. Kamu bisa datang mulai pukul 06:30 hingga 18:00 dan menyiapkan uang sebesar Rp6.000 untuk biaya tiket masuk.

Pantai Marina

Selain melihat pemandangan, pantai Marina juga menawarkan aneka kuliner khas Semarang yang tak boleh kamu lewatkan
(Sumber: @norarifinyulianto)

Ingin menyaksikan pesona matahari terbenam? Datanglah ke Pantai Marina di Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari. Lokasinya cukup terjangkau, yaitu 4 km dari Tugu Muda dan hanya 1 km dari Bandara Ahmad Yani. Tak jarang, beberapa pengunjung datang hanya dengan berjalan kaki. Terkenal akan kecantikan sunset nya, Pantai Marina kerap ramai pengunjung saat sore hari. Meski begitu, pantai sudah buka mulai pukul 05:00 hingga petang, tergantung pada kondisi cuaca setiap harinya.

Untuk bisa masuk ke Pantai Marina, kamu perlu membayar tiket seharga kurang lebih Rp3.000 per orang. Selain melihat pemandangan, pantai ini juga menawarkan aneka kuliner khas Semarang yang tak boleh kamu lewatkan. Olahan menu seafood di sini pun dikenal amat lezat karena merupakan hasil tangkapan langsung para nelayan setempat.

Pantai Tirang

Karena letaknya yang lebih tersembunyi, Pantai Tirang menyajikan suasana yang lebih tenang untuk para wisatawan
(Sumber: @anggrahayu54)

Jika ingin suasana pantai yang lebih tenang, maka Pantai Tirang bisa kamu jadikan tujuan berikutnya. Meski cukup sepi, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan mulai dari bermain air, melihat terumbu karang, hingga memancing. Tak hanya itu, pantai ini juga telah dilengkapi beragam fasilitas seperti area parkir, musala, kamar mandi, hingga penginapan.

Kamu bisa menuju Tugurejo, Tugu untuk melihat pesona Pantai Tirang. Ada empat rute yang bisa diakses untuk mencapai pantai ini, yaitu dari Bandar Udara Ahmad Yani, Stasiun Poncol, Stasiun Tawang, dan Terminal Bus. Untuk menjelajahinya, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp5.000 sebagai tiket masuk.

Curug Benowo

Wisata Alam Semarang lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Curug Benowo di Kalisidi
(Sumber: @joe_potret)

Wisata Alam Semarang lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Curug Benowo di Kalisidi, Ungaran Barat. Air terjun populer di Semarang ini dikelilingi 25 tebing serta memiliki debit air yang cukup deras. Tak tanggung-tanggung, ketinggian Curug Benowo pun konon mencapai 70 meter. Meski begitu, objek wisata ini lebih cocok bagi kamu yang menyukai tantangan. Pasalnya, akses menuju curug cukup sulit dan terjal untuk dilalui.

Setiap harinya, kawasan curug ini buka pukul 06:30 15:00. Untuk menelusurinya, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp4.000 per orang. Agar tidak kehilangan momen seru serta keindahan air terjunnya, siapkanlah kamera waterproof untuk mengabadikan semua pengalaman kamu di Curug Benowo.

Curug Lawe

 Tak kalah menarik dengan Curug Benowo, Curug Lawe juga menawarkan pesonanya tersendiri
(Sumber: @sony_setyo)

Masih di kawasan Ungaran Barat, kamu juga bisa menemukan air terjun lain bernama Curug Lawe. Tak kalah menarik dengan Curug Benowo, Curug Lawe juga menawarkan pesonanya tersendiri. Selain menyaksikan pemandangan air terjun, jika beruntung kamu juga akan menemukan lutung saat diperjalanan.

Jalur menuju air terjun sendiri cukup bervariasi, mulai dari bebatuan, tanah, hingga jembatan kayu. Tak hanya itu, jarak antara pintu gerbang hingga air terjun tergolong cukup jauh sehingga kamu perlu membawa perbekalan untuk diperjalanan. Tertarik untuk mengunjunginya? Datanglah ke Desa Kalisidi yang berjarak 12 km dari Kota Semarang atau 7 km dari Kota Ungaran. Agar bisa menyaksikan air terjun dengan santai, datanglah pagi hari karena Curug Lawe tutup pukul 15:00.

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Puncur mendapat predikat air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian pancuran 150 meter
(Sumber: @wisataseru.id)

Di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, kamu bisa menemukan Air Terjun Kali Pancur. Menariknya, air terjun ini mendapat predikat air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian pancuran 150 meter. Meski begitu, kawasan wisata ini tergolong sepi akan pengunjung karena belum banyak diketahui.

Agar bisa masuk ke kawasan air terjun ini, kamu perlu membayar tiket seharga kurang lebih Rp3.000 per orang. Setelah itu kamu harus menyusuri sekitar 900 anak tangga untuk sampai lokasi air terjun. Untuk itu, siapkan stamina serta perbekalan agar perjalanan aman dan lancar. Jika tertarik berlibur ke Air Terjun Kali Pancur, kamu bisa datang pukul 08:00 16:00, ya.

Kampoeng Wisata Taman Lele

 Kampoeng Wisata Taman Lele menyajikan berbagai fasilitas liburan keluarga yang menarik.
(Sumber: wisatajateng.com)

Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 20 hektar, Kampoeng Wisata Taman Lele menyajikan berbagai fasilitas liburan keluarga yang menarik. Mulai dari taman bermain anak, kolam renang, gazebo untuk beristirahat, hingga perahu bebek bisa kamu temukan di sini. Bahkan, tersedia pula penginapan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama.

Tertarik untuk berlibur ke Kampoeng Wisata Taman Lele? Kamu bisa datang ke Jalan SIliwangi KM 10, Kelurahan Tambakaji, Ngaliyan. Setiap harinya, wisata alam Semarang ini buka pukul 08:00 16:00. Siapkan pula bujet Rp3.000 per orang untuk membayar tiket masuk.

***

Itulah deretan wisata alam Semarang yang tak boleh kamu lewatkan. Jangan lupa siapkan segala perlengkapan yang kamu butuhkan saat berkunjung ke wisata alam di Semarang, seperti topi, sunblock, serta kamera. Yuk, segera rencanakan perjalanan ke Semarang dan luangkan waktu beberapa hari agar puas menjelajahi berbagai destinasi wisata alam tersebut!

Baca juga  11 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Bawa Pulang
4 Shares
Share4
Pin
Share
Tweet
+1