11 Pantai di Semarang Ini Suguhkan Pemandangan Alam Keren

11 Pantai di Semarang Ini Suguhkan Pemandangan Alam Keren

Meski Semarang terkenal dengan kuliner lumpia, sebetulnya ibu kota Jawa Tengah ini juga punya potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata sejarah, alam, hingga destinasi kekinian bisa kamu temukan di sini.

Kali ini, Traveloka akan mengulas 11 pantai di Semarang yang memiliki pesona tak kalah menarik dengan daerah lainnya. Letak geografis Semarang yang berada di utara Jawa membuat daerah ini kaya akan wisata alam pantai.  terutama pantainya. Penasaran dengan pantai-pantai di Semarang ini? Yuk, simak rekomendasinya berikut!

  1. Pantai Jodo Batang

Photo credit: @oonk_anwar  (Instagram)

Terletak di Dukuh Buntu, Sidorejo, Batang, pantai ini punya pemandangan yang unik. Bagaimana tidak? Untuk menikmati pesona pantai ini, kamu bisa melihatnya dari dua sisi yaitu bagian bawah atau atas. Selain itu, keberadaan rel kereta api di garis pantai pun menambah kesan berbeda di sini. Tak jarang, pengunjung mengabadikannya sebagai objek foto yang menarik.

Untuk menikmati pesona pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Buntu ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp3.000. Dengan harga tersebut, kamu bebas menggunakan fasilitas yang tersedia. Ada pula deretan kursi pantai, gazebo, serta hammock yang bisa kamu jadikan lokasi bersantai.

  1. Pantai Ngebum Kendal

Photo credit: @explorekendal  (Instagram)

Jika Pantai Jodo Batang berada di jalur kereta api, maka Pantai Ngebum Kendal terletak di dekat dermaga. Jadi, bisa dipastikan kamu akan melihat pemandangan ombak tinggi dan keras serta kesibukan penduduk lokal. Terletak di Desa Mororejo, Kendal, tempat ini bisa kamu kunjungi dengan menempuh 30 menit berkendara dari Kota Semarang.

Untuk bisa bermain di sini, kamu wajib membayar Rp3.000 per orang dengan biaya parkir Rp2.000 per kendaraan. Meski ombaknya cukup besar, tempat ini masih tergolong aman untuk berenang. Namun, sebaiknya kamu tetap menyewa ban atau pelampung yang disediakan di area Pantai Ngebum Kendal demi keamanan.

  1. Pantai Morodemak

Photo Credit: @alcha_vicky (Instagram)

Bagi yang berada di bagian barat Kota Demak, kamu bisa mampir ke Pantai Morodemak. Lokasinya tidak terlalu jauh dari alun-alun kota, yakni sekitar 15 km. Salah satu daya tarik pantai satu ini adalah pemandangan kapal-kapal nelayan yang bersandar di dermaga. Bagaimana tidak, mayoritas warga lokal di sekitar pantai adalah nelayan. Jika tertarik, kamu bahkan bisa ikut memancing pada waktu tertentu.

Selain itu, di Pantai Morodemak juga terdapat kawasan hutan bakau. Jadi, jika sudah puas menikmati pemandangan laut, kamu bisa menyusuri sungai di kawasan mangrove dengan menyewa perahu yang biasa ditawarkan penduduk lokal. Jika beruntung, kamu bisa menemukan beberapa burung bangau yang tinggal di kawasan hutan bakau ini. Karenanya, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikannya ya!

  1. Pantai Empu Rancak Jepara

Photo Credit: @ilovejepara (Instagram)

Bergeser sedikit dari Semarang, tepatnya di Desa Karanggondang, Jepara, kamu bisa menemukan Pantai Empu Rancak Jepara yang tak kalah indah. Air lautnya cukup jernih dengan deburan ombak yang relatif tenang, sehingga bisa kamu gunakan untuk berenang dengan aman. Meski begitu, tetaplah berhati-hati saat berenang karena banyak batu karang dan pecahan terumbu karang yang bisa membahayakan kamu.

Tak perlu khawatir jika tak ingin berenang maupun bermain air karena di sepanjang Pantai Empu Rancak terdapat kursi santai lengkap dengan tenda berwarna-warni. Dengan begitu, kamu bisa menikmati angin pantai dengan nyaman. Tak hanya itu, di kawasan pantai juga tersedia cukup banyak warung kuliner yang menyajikan menu olahan seafood. Jadi sembari bersantai, kamu bisa sekalian menikmati hidangan lezat!

  1. Pantai Cahaya Kendal

Photo credit: @dendy.sp  (Instagram)

Jika ingin melakukan beragam aktivitas seru dalam satu kawasan pantai, maka Pantai Cahaya Kendal tak boleh kamu lewatkan. Pantai di Semarang ini terletak di Klampok, Kendal. Berbeda dengan pantai lainnya, di Pantai Cahaya kamu akan menemukan berbagai wahana wisata seru seperti kebun binatang mini, kolam renang, dan pertunjukan lumba-lumba. Destinasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga, bukan?

Jika tertarik untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba, kamu bisa datang pukul 09:00, 13:00, 15:00, dan 16:30. Selain mencoba berbagai wahana, kamu bisa mencicipi aneka wisata kuliner sambil duduk di bawah payung yang disediakan di pesisir pantai. Ingin merasakan semua keseruan di Pantai Cahaya Kendal? Kamu hanya perlu menyiapkan bujet Rp30.000 sebagai tiket masuk. Cukup terjangkau, kan?

  1. Pantai Morosari Sayung Demak

Photo Credit: @jogjajateng (Instagram)

Pantai yang berada di Desa Bedono, Demak ini cukup populer di kalangan wisatawan. Selain menyuguhkan pemandangan cantik, di Pantai Morosari kamu juga akan menemukan dua objek wisata lain yaitu hutan mangrove dan wisata religi makam Syekh Abdullah Mudzakir.

Setelah puas bermain air di pantai, cobalah menyusuri hutan mangrove dengan menyewa perahu seharga kurang lebih Rp15.000 per orang. Nantinya, kamu juga akan diajak singgah untuk melihat kawasan Desa Tenggelam, di mana banyak rumah hampir tenggelam akibat terkena air laut. Bagi yang berkesempatan berkunjung ke makam Syekh Abdullah Mudzakir, ingatlah untuk tetap mematuhi semua peraturan yang ada ya!

  1. Pantai Marina

Photo credit: @emil__am (Instagram)

Ingin menyaksikan pesona matahari tenggelam? Datanglah ke Pantai Marina di Jalan Yos Sudarso, Tawangsari. Cukup mengeluarkan bujet Rp5.000 per orang, kamu bisa menikmati pantai eksotis ini. Area pantainya dikelilingi banyak bebatuan sehingga menciptakan pemandangan menarik. Jika tertarik, kamu juga bisa berenang dengan aman di sini.

Sebaiknya, datanglah saat menjelang sore sehingga kamu bisa menyaksikan kecantikan sunset Pantai Marina. Tak perlu khawatir pulang terlalu larut karena di sini banyak tersedia penginapan yang bisa kamu gunakan. Bahkan, ada pula beberapa homestay yang bisa kamu jadikan tempat menginap dengan harga miring.

  1. Pantai Baruna

Photo credit: @wisatasemarang  (Instagram)

Pantai yang satu ini berada di bagian utara Kota Semarang, tepatnya di Pelabuhan Mas, Tanjung, Bringin. Satu hal yang membuat tempat wisata ini cukup menarik adalah padang rumput atau ilalang yang ada di sekitar pantai. Tak jarang, lokasi ini dijadikan area pemotretan bagi beberapa pasangan ataupun keluarga yang berkunjung.

Bagi yang suka memancing, kamu juga bisa memanfaatkan spot bebatuan di sekitar Pantai Baruna. Selebihnya, kamu bisa bersantai di pesisir pantai ataupun mengelilingi kawasan dengan bersepeda. Jadi, sudah tertarik untuk mengunjunginya? Nantinya, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang.

  1. Pantai Cipta

Photo credit: @instasemarang  (Instagram)

Pantai di Semarang satu ini terletak di Jalan Kawasan Cipta III, Bandarharjo. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Baruna. Jadi, tak ada salahnya untuk mampir ke pantai ini setelah kamu menelusuri Pantai Baruna.

Jika pada umumnya pantai berpasir, di Pantai Cipta kamu justru akan sulit menemukan pasir melainkan batuan. Namun, satu hal yang membuat pantai ini cukup populer yaitu pemandangan matahari terbenamnya. Bahkan, Pantai Cipta dikenal sebagai salah satu spot sunset terbaik di Semarang. Karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari. Kamu hanya perlu mencari spot terbaik untuk menyaksikan pesona matahari terbenam.

  1. Pantai Maron

Photo credit: @pikniksemarang  (Instagram)

Pantai Maron merupakan salah satu destinasi pantai di Semarang yang cukup populer. Bagaimana tidak? Setiap harinya, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Tak heran, pemandangan dan fasilitas bermain di tempat ini memang tak bisa dilewatkan mulai dari jembatan batu, hutan mangrove, hingga budidaya tambak laut.

Tenang saja, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5.000 per orang untuk bisa melihat berbagai pesona Pantai Maron. Pantai yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini pun cukup aman untuk aktivitas berenang. Jadi, jangan lupa membawa baju ganti jika berminat berenang di sini ya.

  1. Pantai Tirang

Photo credit: @indahsekarsekar  (Instagram)

Satu lagi pantai yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Tirang di Tugurejo, Tugu. Konon, pantai ini sempat rusak total karena abrasi. Karena itulah, Pantai Tirang kini menjadi salah satu lokasi pembudidayaan mangrove. Kawasan hutan bakau ini bisa menjadi tujuan alternatif yang seru bagi kamu yang bosan dengan suasana pantai.

Tak hanya itu, pantai ini tetap menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas seru meski belum ramai oleh pengunjung. Salah satunya, kamu bisa memancing di pesisir pantai. Ada berbagai jenis ikan yang bisa kamu temukan, seperti ikan baramundi, ikan kakap putih, maupun ikan kedokan. Jika berminat untuk menghabiskan waktu di Pantai Tirang, jangan lupa siapkan uang Rp5.000 sebagai tiket masuk ya.

***

Tak hanya cantik, 11 pantai di Semarang tersebut juga menawarkan beragam aktivitas seru yang akan menambah pengalaman berlibur kamu. Jadi, sudah memutuskan pantai mana yang akan kamu kunjungi lebih dulu? Jangan lupa siapkan kamera atau smartphone dengan baterai penuh agar kamu bisa mengabadikan berbagai momen seru selama bermain di pantai. Selamat berlibur!

5 Shares
Share5
Pin
Share
Tweet
+1