Rusia: Gedung Bersejarah, Pemandangan Alam Memukau, dan Es Krim Lezat Semuanya Ada!

Ayu
By Ayu 14 March 2017

 

Deretan gereja kuno yang berdiri kokoh, museum dengan beragam koleksi benda bersejarah juga antik, serta hamparan pemandangan alam yang memukau. Semua ini bisa kamu dapatkan dalam sekali kunjungan ke Rusia. Negara ini mungkin luput dari daftar destinasi yang ingin kamu kunjungi, tapi percayalah, Rusia memiliki banyak hal yang sulit kamu temukan di negara lain.

Cobalah mengunjungi Hermitage Museum. Satu hari tak akan cukup kamu habiskan mengelilingi seluruh ruangan salah satu museum terbesar dan tertua di dunia ini. Lebih suka pemandangan alam? Baikal Lake akan menjawab rasa penasaranmu, berdiri di tepi sebuah danau yang disebut sebagai salah satu danau purba yang masih bertahan sampai sekarang.

Masih ada banyak hal tentang Rusia yang bisa kamu nikmati selama liburan nanti. Berikut ini hasil rangkuman Traveloka tentang hal-hal menarik di Rusia:

Wisata seni dan budaya

liburan rusia

(Sumber: Shutterstock)

Mengingat Rusia memiliki sejarah peradaban yang panjang, kamu tak akan kesulitan menemukan tempat wisata seni dan budaya di sini. Dua tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Hermitage Museum dan kawasan Novgorod.

Hermitage Museum terletak di St. Petersburg dengan luas area sekitar 233.345 meter persegi. Dikenal sebagai salah satu museum tertua dan terluas di dunia, Hermitage Museum memiliki beragam koleksi lengkap mulai dari benda peninggalan sejarah negeri sendiri hingga sejarah internasional. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan koleksi hasil karya seniman legendaris seperti Leonardo da Vinci dan Michelangelo.

Bagaimana dengan Novgorod? Veliky Novgorod atau yang lebih dikenal dengan Novgorod adalah kota kuno di Rusia yang dibangun di abad ke-9. Kota ini disebut sebagai kota terpenting ketiga di Rusia setelah Moscow dan St. Petersburg. Pernah menjadi salah satu pusat politik dan ekonomi negara, kota ini punya banyak museum dan galeri seni yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya adalah Kremlin dan Sakharov Museum.

Rekomendasi tempat wisata seni dan budaya: Hemitage Museum, Veliky Novgorod, Lenin’s Mausoleum, Suzdal, dan St. Basils Cathedral Moscow.

Wisata urban

liburan rusia

(Sumber: Shutterstock)

Menyusuri jalanan Moscow, kamu akan dibuat kagum dengan beragam bangunan modern atau kuno yang masih bertahan di kota ini. Di sini, bahkan stasiun bawah tanah pun bisa menjadi objek wisata yang menarik. Benar, sejumlah stasiun metro di Moscow memiliki seni arsitektur menyerupai sebuah galeri seni dan museum. Beberapa di antaranya adalah Mayakovskaya Metro Station, Elektrozavodskaya Metro Station, dan Park Pobedy Metro Station. Jika tertarik, tersedia sejumlah tur yang mengajak wisatawan berkeliling stasiun di kota Moscow.

Sochi yang merupakan tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2014 juga tak boleh luput dari perhatianmu. Kota ini dipenuhi dengan restoran, kafe, dan bar yang beberapa di antaranya bisa menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari tenggelam dengan latar Laut Hitam. Ke Sochi berarti kamu juga harus mampir ke Riviera Park. Ini merupakan taman bermain yang dilengkapi dengan beragam wahana permainan untuk anak dan dewasa, galeri seni, restoran, dan oceanarium.

Rekomendasi tempat wisata urban: Moscow, Sochi, St. Petersburg, Kazan, Rostov-on-Don, dan Krasnoyarsk.

Wisata alam

liburan rusia

(Sumber: Shutterstock)

Keindahan alam Rusia nampaknya tak perlu dipertanyakan lagi. Yang paling sering dibahas tentu saja Baikal Lake, sebuah danau dengan panjang 363 km dan lebar sekitar 80 km. Air danau ini sangat jernih, sebagian warga bahkan yakin bahwa air di Baikal Lake telah diberkahi dan bisa dijadikan obat untuk beragam penyakit. Waktu terbaik untuk mengunjungi danau yang diapit oleh pegunungan ini adalah pada musim dingin. Saat itu, permukaan air membeku dan biasa digunakan sebagai arena ice skating.

Lanjutkan perjalananmu ke Ruskaela, sebuah kawasan pedesaan yang masuk dalam wilayah Republic of Karelia. Ruskaela dikenal dengan pemandangan alamnya yang bisa membuatmu berdecak kagum. Bagaimana tidak? Ruskaela diberkahi dengan danau, air terjun, dan hutan dengan keindahan luar biasa, salah satunya adalah Ruskaela Mountain Park dengan Mable Canyon yang melegenda.

Marble Canyon adalah sebuah lembah dengan perpaduan yang cantik. Lembah ini memiliki danau dengan air sebening kristal dan diapit oleh tebing yang ditumbuhi deretan pohon pinus. Berada di sini, kamu bisa lupa waktu dan tak ingin beranjak pulang.

Rekomendasi tempat wisata alam: Baikal Lake, Ruskeala Mountain Park, Stolby Nature Reserve, Altai Mountains, dan Valley of Geisers.

Email

Wisata kuliner

liburan rusia

(Sumber: Shutterstock)

Mencicipi makanan khas negara yang kamu kunjungi tentu sudah masuk ke dalam daftar kegiatan wajib. Pertanyaannya, tahukah kamu kuliner khas Rusia apa saja yang sebaiknya kamu nikmati?

Kuliner pertama yang wajib dicicipi adalah borscht. Karena terbuat dari daging buat bit, kubis, kentang, daging, dan saus khas Rusia, sup ini berwarna merah pekat. Untuk rasa, borscht memiliki rasa asam manis segar dan biasa disajikan dalam keadaan hangat di tengah udara dingin Rusia.

Menu kedua yang bisa kamu coba  adalah morozhenoe, sajian es krim khas Rusia yang cocok dinikmati jika kamu berkunjung ke negara ini di musim panas. Menurut mereka yang sudah mencicipi morozhenoe, es krim tradisional ini memiliki tekstur dan rasa yang lebih creamy dan lembut di mulut dibanding es krim lainnya. Tersedia banyak varian rasa seperti cokelat, stroberi, vanili, dan lain-lain.

Rekomendasi makanan dan minuman khas: borscht, morozhenoe, Russian salad, shashlik, stroganoff, mushroom Julienne, dan syrniki.

 

Sekarang, tertarik menjadikan Rusia sebagai destinasi liburanmu selanjutnya? Jika iya, sesuaikan jadwal liburanmu dengan musim setempat. Waktu terbaik untuk mengunjungi Rusia adalah di akhir musim semi sekitar bulan Juni, karena cuaca yang lebih hangat dan bersahabat.

Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags