Raja Ampat, Surga Wisata di Indonesia Timur

Siapa yang mau liburan ke Raja Ampat? Jika pertanyaan ini diajukan ke banyak orang, sudah terbayang berapa banyak yang mengangkat tangan sebagai jawaban “mau”. Sudah pasti! Sulit rasanya tidak tergiur dengan pesona alam Raja Ampat yang, bisa dibilang, masih jarang terjamah wisatawan itu.

Lokasi Raja Ampat yang jauh memang membutuhkan biaya perjalanan yang tak sedikit. Misalnya saja kamu berangkat dari Jakarta. Kamu butuh dua kali penerbangan, ke Makassar dan lanjut ke Sorong. Setelahnya, kamu masih harus naik kapal untuk bisa sampai ke Raja Ampat. Perjalanan ke Raja Ampat ini memang butuh waktu yang lama dibandingkan jika kamu memutuskan untuk berlibur ke tempat lain.

Tapi tunggu dulu. Meski tak semudah bepergian ke tempat lain, tahukah kamu kalau biaya dan usaha yang dikeluarkan untuk berlibur ke Raja Ampat tadi benar-benar sepantar dengan segala keelokan yang bakal kamu temui di sana?  Tiga hal berikut, contohnya, bakal membuatmu terpuaskan karena telah mengunjungi firdaus di timur Indonesia ini:

Mau liburan hemat di akhir tahun? Buka Festival Jalan-Jalan dan manfaatkan semua promo liburan di dalam dan luar negeri. Promo hanya sampai 27 Nov 2016.

Snorkeling dan diving

Siap menjelajah keindahan laut Raja Ampat dan berenang bersama ribuan ikan ini?
Siap menjelajah keindahan laut Raja Ampat dan berenang bersama ribuan ikan ini? (Sumber: Shutterstock)

Lepaskan sepatumu dan jangan ragu untuk menceburkan diri ke segarnya perairan Raja Ampat. Snorkeling dan diving adalah dua kegiatan wajib yang harus kamu coba lakukan di sini. Jika kamu terbiasa menikmati keindahan alam bawah laut di berbagai tempat sebelumnya, perairan Raja Ampat akan membuatmu sadar bahwa inilah surga bawah laut yang sesungguhnya.

Raja Ampat memang merupakan perairan paling kaya di dunia. Berdasarkan laporan dari The Nature Conservancy, sekitar 75% biota laut di seluruh dunia bisa ditemukan di sini! Berenang bersama ribuan jenis ikan dan melihat secara langsung beragam terumbu karang dengan bermacam warna akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam bawah laut Raja Ampat? Hampir sepanjang tahun kamu bisa melakukan snorkeling dan diving, namun waktu terbaiknya adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan ini, kondisi perairan sedang tenang dan kamu bisa mendapatkan jarak pandang maksimal untuk menyelam.

 

Kunjungi desa budaya

Jangan hanya beli, kamu juga bisa belajar bikin kerajinan tangan bersama para mama ini ini. (Sumber: Wisata Sauwandarek)
Jangan hanya beli, kamu juga bisa belajar bikin kerajinan tangan bersama para mama ini ini. (Sumber: Wisata Sauwandarek)

Tak hanya pesona alamnya yang luar biasa, kekayaan budaya lokal di Raja Ampat juga patut diperhitungkan. Di antara banyak desa yang tersebar di kepulauan ini, cobalah mengunjungi Desa Sauwandarek.

Desa Sauwandarek memiliki keunikannya sendiri. Dihuni tak lebih dari 50 kepala keluarga, mata pencaharian utama penduduk laki-laki di desa ini adalah mencari ikan di laut. Sedangkan kaum perempuan mencari uang dengan cara membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Kerajinan tangan ini selanjutnya dijual kepada wisatawan yang datang berkunjung ke desa mereka. Selain membelinya, kamu bisa ikut berlatih membuat kerajinan tangan ala penduduk Desa Sauwandarek.

Baca jugaKeindahan Budaya dan Alam Lombok Ini Bakal Bikin Kamu Makin Takjub terhadap Indonesia!

Selain Desa Sauwandarek, kamu juga bisa mengunjungi desa lainnya yang berada di kawasan Raja Ampat. Beberapa desa lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Desa Arborek yang populer dengan atraksi manta ray (sejenis ikan pari purba) dan Desa Sawinggrai, desa wisata yang menjadi habitat burung cenderawasih. Pastikan kamu mengunjungi desa ini selain bulan Desember dan Februari agar bisa menyaksikan tarian burung berbulu populer tersebut di atas bukit.

 

Uji mitos di Telaga Yenauwyau

Tak berhasil melihat penyu putih? Pemandangan Telaga Yenauwyau bisa mengobati kekecewaanmu, kok. (Sumber: Wisata Sauwandarek)
Tak berhasil melihat penyu putih? Pemandangan Telaga Yenauwyau bisa mengobati kekecewaanmu, kok. (Sumber: Wisata Sauwandarek)

Kamu menyukai hal-hal berbau mitos? Jika iya, kamu wajib mengunjungi Telaga Yenauwyau yang terletak di belakang Desa Sauwandarek. Konon, telaga ini dihuni oleh seekor penyu putih keramat. Tak semua orang bisa melihat penyu ini dan menurut warga setempat, bagi yang dapat melihatnya, maka segala keinginannya akan terwujud dalam waktu dekat.

Tapi kamu tak perlu kecewa jika tak berhasil melihat penyu putih. Telaga berair asin ini masih menawarkan hal menarik lainnya. Pemandangan di Telaga Yenauwyau tidak bisa diremehkan begitu saja, kamu bisa berjalan menyusuri dermaga sampai ke tengah telaga. Segera lepas sepatumu, masukkan kaki ke dalam air dan rasakan kesegaran telaga ini.

 

Itu tadi hanya sebagian kecil dari keindahan Raja Ampat dan kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sana. Selebihnya, kamu bisa saksikan hal apa saja yang menarik di Raja Ampat melalui video ini. Rasanya sulit untuk menahan kagum saat melihat pesona alam di sana!

Untuk membuktikan keindahan tempat wisata yang telah mendunia ini, kamu wajib datang sendiri agar rasa penasaranmu terobati. Lagipula, urusan tiket pesawat dan hotel sekarang bisa didapatkan dengan mudah melalui Traveloka App. Tak cuma mudah, tapi juga murah! Dua hal tersebut tentunya sudah tak lagi menjadi masalah besar buat kamu.

Jangan lupa mengabadikannya dalam kamera dan pamerkan pada teman-temanmu, ya. Indonesia ternyata punya surga wisata yang tak kalah jika dibandingkan dengan yang ada di luar negeri. Ssstt, bahkan Raja Ampat dijamin lebih cantik!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1