Pencinta Buku Bersiaplah, Festival Pembaca Indonesia 2016 Kembali Digelar Awal Desember!

Ayu
By Ayu 18 November 2016

Bersiaplah para pencinta buku di Indonesia, salah satu festival terbesar untuk kamu akan segera digelar! Sebuah acara bertajuk Festival Pembaca Indonesia 2016 atau Indonesia Readers Festival 2016 (IRF) akan diselenggarakan selama dua hari, pada 10 dan 11 Desember 2016.

Dengan mengusung hashtag #IRF2016, festival ini bertempat di Museum Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Gajah di Jakarta. Di sini, kamu bisa bertemu para kutu buku lain dari berbagai daerah.

Masih asing dengan festival ini? Sebenarnya, ini merupakan festival tahunan ke-7 yang diselenggarakan Goodreads Indonesia dan didukung oleh sejumlah penerbit ternama di Indonesia seperti Gramedia, GagasMedia, dan Bukune. Tahun lalu, acara ini sukses dihadiri sekitar 2.800 pengunjung, baik anggota Goodreads Indonesia maupun bukan. Untuk menarik perhatian lebih banyak pembaca buku, festival tahun ini mengambil tema “7 Keajaiban Membaca”.

Apa saja yang menarik dari Festival Pembaca Indonesia 2016?

1. Beragam workshop yang memperkaya wawasan dan kreativitas

Banyak permainan di setiap booth dan kamu bebas mengikutinya. (Sumber: IRF/Facebook)

Banyak permainan di setiap booth dan kamu bebas mengikutinya. (Sumber: IRF/Facebook)

Workshop selalu berhasil menjadi daya tarik utama pada penyelenggaraan IRF setiap tahunnya. #IRF2016 berencana melangsungkan delapan workshop selama dua hari yang akan dihadiri para pakar dunia literasi disertai topik yang pastinya membuat wawasanmu semakin bertambah.

Tak hanya untuk kalangan dewasa, workshop ini juga ditujukan untuk anak-anak. Topik workshop yang bisa diikuti anak-anak di antaranya adalah One Day to Write dan Senangnya Belajar dan Bermain Origami.

2. Menyaksikan penganugerahan penghargaan bagi insan dan karya literasi

Di balik buku favorit yang kamu baca, ada mereka yang berperan besar menghadirkannya di toko buku dan di tanganmu. Melalui festival ini, mereka yang berperan akan mendapatkan apresiasi tersendiri.

Ada delapan jenis penghargaan dalam #IRF2016, mulai dari penulis dan buku fiksi terfavorit, penulis dan buku puisi terfavorit, sampai sampul buku komik terfavorit. Kamu yang memiliki akun di Goodreads Indonesia, bisa berpartisipasi dengan mengisi polling untuk menentukan siapa saja yang layak mendapatkan penghargaan.

3. Melihat pameran buku dari individu, organisasi, komunitas, kumpulan, atau pun taman baca

Selalu menyenangkan bagimu untuk berada di antara rak penuh buku, bukan? Tak harus ke toko buku atau perpustakaan, #IRF2016 memungkinkanmu mengorek koleksi buku mulai dari individu, komunitas, sampai taman baca yang berpartisipasi.

Tak hanya bisa berkeliling booth, kamu juga bisa ikut memamerkan koleksi bukumu sendiri. Bagaimana caranya? Silakan hubungi panitia untuk memesan booth di lokasi pameran dan bawa buku-buku terbaikmu ke sana, ya.

4. Tukar buku dengan sesama kutu buku

Keseruan acara tukar buku di IRF 2014 lalu. (Sumber: IRF/Facebook)

Keseruan acara tukar buku di IRF 2014 lalu. (Sumber: IRF/Facebook)

Kesulitan menyimpan buku lamamu karena keterbatasan ruang di rumah? Disumbangkan saja di #IRF2016. Namun sebelumnya, kamu butuh mendaftarkan buku apa saja yang ingin disumbangkan.

Tidak ingin menyumbang tapi ingin bertukar buku? Kamu juga bisa melakukannya di sini. Selama acara berlangsung, kamu bisa bertukar buku dengan sesama kutu buku. Dengan modal buku lama yang sudah tamat kamu baca, kamu bisa mendapatkan buku lain yang belum pernah kamu baca. Tapi ingat ya, buku yang disumbangkan atau ditukar sebaiknya masih dalam kondisi bagus dan layak baca.

5. Nonton bareng film yang diadaptasi dari buku

Terhipnotis oleh rangkaian film Harry Potter atau The Lord of the Rings? Kedua judul tersebut merupakan film hasil adaptasi dari buku yang dianggap sukses besar. Kamu yang penasaran dengan film menarik lainnya hasil adaptasi dari buku, datang saja ke #IRF2016 untuk nonton bareng sejumlah film yang telah disediakan.

Beberapa film yang akan diputar di antaranya adalah The Little Prince yang fenomenal, Red Sorghum yang diadaptasi dari buku karya Mo Yan (peraih Nobel Sastra pada tahun 2012), dan Midnight’s Children karya Salman Rushdie yang bukunya sendiri telah memenangkan anugerah Booker Prize di tahun 1981.

Pengunjung luar kota bisa menginap di mana?

Traveloka telah menyiapkan lima rekomendasi hotel bujet yang dekat dengan lokasi penyelenggaraan #IRF2016. Berikut daftar hotelnya:

Best Inn Hotel Jakarta

Bintang : 1

Jarak dari lokasi #IRF2016 : 2 km, sekitar 20 menit berjalan kaki

Tarif per malam : Mulai dari Rp300.000

Lihat hotelnya di sini.

N Hotel

Bintang : 2

Jarak dari lokasi #IRF2016 : 1,3 km, sekitar 15 menit berjalan kaki

Tarif per malam : Mulai dari Rp380.380

Lihat hotelnya di sini.

N2 Hotel

Bintang : 2

Jarak dari lokasi #IRF2016 : 6 km, sekitar 30 menit berkendara

Tarif per malam : Mulai dari Rp349.999

Lihat hotelnya di sini.

Ibis Budget Jakarta Tanah Abang

Bintang : –

Jarak dari lokasi #IRF2016 : 700 meter, sekitar 10 menit berjalan kaki

Tarif per malam : Mulai dari Rp299.298

Lihat hotelnya di sini.

Airy Harmoni Hayam Wuruk

Bintang : 1

Jarak dari lokasi #IRF2016 : 1,8 km, sekitar 20 menit berjalan kaki

Tarif per malam : Mulai dari Rp295.000

Lihat hotelnya di sini.

Festival Pembaca Indonesia 2016 bisa menjadi pilihan kegiatan untuk mengisi akhir pekan bersama teman atau keluarga. Apa lagi yang lebih melegakan dibanding bisa menghadiri salah satu festival terbesar di Indonesia dan mendapatkan hotel terbaiknya?

Informasi lengkap tentang Festival Pembaca Indonesia 2016 bisa klik di sini.

Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags