Rekomendasi Wisata Kuliner Palembang di 6 Lokasi Populer Ini

Rekomendasi Wisata Kuliner Palembang di 6 Lokasi Populer Ini

Berbicara tentang wisata kuliner Palembang, pempek pasti akan menjadi yang pertama disebutkan. Saking populernya, makanan satu ini bahkan bisa dengan mudah kamu temukan di kota-kota lain di Indonesia.

Namun, tahukah kamu jika sebetulnya ibu kota Sumatera Selatan ini memiliki aneka kuliner lain yang tak kalah lezat untuk dicoba. Mulai dari makanan bercita rasa asin hingga makanan penutup bisa kamu coba sepuasnya saat berlibur ke salah satu kota penyelenggara Asian Games 2018 ini. Jika tertarik untuk berwisata kuliner di Palembang, ayo simak beberapa rekomendasi dari Traveloka berikut ini!

1. Burgo

oleh oleh dari palembang
Photo credit: @williammasura (Instagram)

Burgo merupakan makanan berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang sekilas mirip dengan lontong sayur. Bentuknya menyerupai dadar gulung, hanya saja berwarna putih. Untuk menikmatinya, burgo akan dicampur dengan kuah kental yang gurih. Ada pula lauk pendamping yang bisa menambah cita rasa, yaitu suwiran ayam dan telur rebus.

Untuk mencicipinya, kamu bisa datang ke Warung Aba di Pasar Kuto, tepatnya Jalan Dr. M. Isa No 26, Kuto Batu. Warung Aba adalah spesialis hidangan sarapan khas Palembang, sehingga kamu bisa datang setiap hari pukul 06:00 13:00. Selain Burgo, di sini juga tersedia lakso, ragit, dan menu sarapan lainnya. Harganya bervariasi, mulai dari Rp10.000.

2. Mi celor

oleh oleh dari palembang
Photo credit: @dentist.chef (Instagram)

Selain Burgo, biasanya masyarakat Palembang juga menikmati menu sarapan berupa mi celor. “Celor” berarti celup dalam bahasa Palembang, jadi mi celor berarti mi yang dicelupkan. Khusus di Palembang, mi celor akan dicelupkan pada kuah santan kental yang dicampur dengan kaldu udang. Rasa yang dihasilkan pun legit bercampur gurih. Sebagai pelengkap, biasanya mi celor dihidangkan bersama telur rebus, bawang goreng, dan daun kucai.

Jika kamu penasaran dengan rasanya, cobalah datang ke Mie Celor 26 Ilir Haji Syafe’i. Tempat makan yang ada di Jalan Merdeka No 54 ini terkenal dengan hidangan mi celor yang autentik dan khas. Satu porsinya bisa kamu nikmati hanya dengan harga Rp15.000 saja.

3. Martabak Palembang

oleh oleh dari palembang
Photo credit: @meniksuyani (Instagram)

Bosan dengan martabak telur dan martabak manis? Cobalah martabak khas dari Palembang. Martabak Palembang disajikan dengan kuah kental yang dibumbui rempah-rempah khas Melayu. Kuah kental tersebut juga dilengkapi potongan-potongan kecil kentang yang menambah cita rasa. Penganan ini umumnya dinikmati saat pagi hari bagi kamu yang tak ingin makan terlalu kenyang.

Salah satu tempat makan favorit untuk mencicipi martabak Palembang adalah Martabak Haji Abdul Rozak. Warga setempat biasa menyebut tempat makan ini dengan sebutan Martabak HAR. Di sini, Martabak Palembang dihargai mulai dari Rp21.000 per porsinya. Ada pula beragam isian martabak yang bisa kamu pilih, mulai dari daging hingga sayuran.

4. Pindang ikan

oleh oleh dari palembang
Photo credit: @ikeoktavidyana (Instagram)

Siapa sangka jika Palembang cukup terkenal dengan olahan ikannya? Jadi, tidak mengherankan apabila kuliner khas Palembang didominasi oleh menu-menu ikan. Salah satunya adalah pindang ikan yang berbahan dasar ikan patin (kadang ikan belida). Jenis ikan satu ini memang banyak ditemukan di Sungai Musi, sehingga masyarakat setempat pun mengolahnya dengan direbus bersama kuah santan.

Dengan irisan nanas, pindang ikan memiliki cita rasa asam. Selain itu, ada pula potongan cabai yang membuat ikan tidak amis dan justru terasa segar. Kamu bisa mencicipi hidangan khas ini di Rumah Makan Pindang Musi Rawas. Tempat makan ini buka setiap hari mulai dari pukul 09:00-21:00 WIB. Untuk harga, biasanya menyesuaikan ukuran ikan, mulai dari Rp30.000.

5. Tekwan

oleh oleh dari palembang
Photo credit: @tomytekwan81 (Instagram)

Umumnya, kamu akan menemukan tekwan di tempat makan pempek. Meski begitu, makanan khas ini belum begitu populer di kalangan wisatawan. Tekwan sendiri merupakan penganan yang terdiri dari bakso ikan, mi, dan kuah kaldu udang. Tak ketinggalan, taburan daun bawang dan potongan mentimun akan menambah kenikmatan makanan berkuah ini.

Tekwan punya cita rasa yang segar dan ringan, jadi cocok untuk dinikmati di siang hari yang terik. Tergiur untuk mencobanya? Datang saja ke Tomy Tekwan yang salah satu cabangnya berada di Jalan Dwikora 1 blok A2. Jam operasionalnya pukul 08:00 20:00 di hari Senin hingga Sabtu, sedangkan pada hari Minggu, Tomy Tekwan tutup pukul 19.00.

6. Es kacang merah

oleh oleh dari palembang
Photo credit: @dentist.chef (Instagram)

Sekarang waktunya mencicipi dessert khas Palembang. Ada es kacang merah dengan cita rasa manis yang wajib kamu coba. Minuman ini punya komposisi berupa cendol hijau, santan, gula aren, es batu, dan tentunya kacang merah. Kamu bisa menyesuaikan tingkat kemanisannya sesuai dengan selera.

Biasanya es kacang merah ada di setiap daftar menu tempat makan khas Palembang. Namun, rekomendasi dari Traveloka adalah Es Kacang Merah Koko di Jalan Dr. M. Isa, Ilir Timur. Kedai ini buka pukul 11:00 18:00. Harga seporsinya mulai dari Rp7.000 saja. Cocok sebagai penutup wisata kuliner di Palembang, bukan?

***

Liburan ke Palembang memang rasanya kurang lengkap jika tidak makan pempek. Selain itu, lengkapi pula petualangan wisata kuliner Palembang kamu dengan mencicipi berbagai rekomendasi makanan di atas. Pilih pula beberapa kuliner untuk dijadikan oleh-oleh kerabat terdekat kamu, ya!

 

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1