Ini 13 Oleh-oleh Khas Padang yang Paling Dicari Wisatawan

Ini 13 Oleh-oleh Khas Padang yang Paling Dicari Wisatawan

Kebanyakan dari kamu mungkin hanya mengenal Padang dari kulinernya yang lezat dan bikin kecanduan. Namun, Padang ternyata juga dapat menjadi destinasi wisata yang menarik, lho. Berbagai destinasi wisata alam hingga sejarah bisa kamu temukan di sini. Tak ketinggalan aneka oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Kira-kira apa saja oleh-oleh khas Padang yang cocok dibawa pulang? Cek beberapa rekomendasi dari Traveloka berikut ini:

1. Rendang daging sapi

rendang daging sapi
Photo Credit: @kantin.kito (Instagram)

Padang memang sangat identik dengan kuliner rendang. Cita rasa yang begitu menggugah selera bahkan membuat rendang dinobatkan sebagai salah satu kuliner terlezat versi CNN pada 2017. Jadi, akan kurang lengkap rasanya liburan di Padang kalau kamu belum membeli rendang daging sapi sebagai oleh-oleh.

Tenang saja, rendang daging sapi biasanya mampu bertahan lama sehingga aman dijadikan oleh-oleh. Di berbagai pusat toko oleh-oleh khas Padang, rendang daging sapi biasanya dijual seharga kurang lebih Rp55.000 per 250 gramnya.

2. Rendang telur kering

rendang telur
Photo Credit: @rendangtelur_padang

Saat membaca namanya, kamu mungkin berpikir bahwa rendang telur kering merupakan telur yang dimasak dengan bumbu rendang. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Oleh-oleh khas Padang satu ini memang terbuat dari telur dengan cita rasa rendang, tetapi bentuknya mirip seperti keripik. Biasanya, rendang telur kering dihargai sekitar Rp34.000 Rp70.000, tergantung ukurannya.

Rendang telur kering dibuat menggunakan tepung terigu, telur ayam, garam, daun salam, daun jeruk, batang serai, dan air. Tak ketinggalan bumbu halus yang terbuat dari ketumbar, kunyit, gula, garam, lengkuas, jahe, merica, bawang putih, dan bawang merah. Dengan berbagai bahan tersebut, cita rasa rendang telur kering pun cenderung agak pedas.

3. Roti randang

roti randang
Photo Credit: @gillylubis (Instagram)

Rendang sebagai oleh-oleh khas Padang tidak hanya bisa kamu beli dalam bentuk lauk, tetapi juga roti yang dikenal dengan nama roti randang. Berbeda dari rendang biasa, rendang sebagai isian roti dimasak hingga dagingnya tidak terlalu berminyak atau kesat. Jenis isian rendangnya pun bermacam-macam, mulai dari rendang daging sapi, rendang daging ayam, hingga rendang kacang merah.

Biasanya, satu bungkus roti randang dijual seharga kurang lebih Rp6.000. Kamu bisa membelinya di berbagai pusat toko oleh-oleh khas Padang atau memesannya secara online.

4. Karak kaliang

karak kaliang padang
Photo Credit: @deena_hp (Instagram)

Karak kaliang adalah kerupuk berwarna kuning dengan bahan dasar ubi kayu yang berbentuk angka delapan. Cara pembuatannya, ubi kayu yang sudah dikupas kulitnya dicuci sampai bersih. Kemudian, ubi diparut dan diolah hingga menghasilkan tepung ubi. Agar rasanya semakin gurih, adonan tersebut ditambahkan dengan garam dan bawang putih.

Jika tertarik membeli karak kaliang untuk oleh-oleh, kamu bisa menuju pabrik pembuatannya di Kota Payakumbuh atau Kabupaten Limapuluh Kota. Di sini, karak kaliang dijual lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000 per kemasannya.

5. Keripik Balado Shirley

keripik balado
Photo Credit: @cmysusanty (Instagram)

Makanan ringan lain yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari padang adalah keripik balado. Dari sekian banyak penjual keripik balado yang ada di Padang, salah satu yang cukup terkenal adalah Keripik Balado Shirley di Jalan Gereja No 36, Padang Bar. Tak hanya keripik balado, kamu juga bisa menemukan makanan ringan khas Padang lain seperti opak lado dan keripik sanjai.

Setiap harinya, Keripik Balado Shirley buka pukul 07:30 19:00. Pastikan kamu menyiapkan bujet yang cukup agar bisa membeli oleh-oleh sebanyak mungkin di sini, ya!

6. Kopi khas Padang, Kiniko Enterprise

kopi khas padang
Photo Credit: @hakimohamed (Instagram)

Oleh-oleh khas Padang satu ini sangat cocok bagi para pencinta kopi. Jika sempat, cobalah mampir ke daerah Batusangkar, Tanah Datar, jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Padang. Di sini, kamu bisa berkunjung ke Kiniko Enterprise, penyedia kopi khas Padang.

Tak hanya berkesempatan mengelilingi kebun kopi, kamu juga bisa mencicipi langsung kopi buatan Kiniko Enterprise. Menariknya, kopi akan disajikan menggunakan batok kelapa. Selain itu, kamu bisa membeli Kopi Kiniko Enterprise sebagai oleh-oleh. Harga satu paketnya kurang lebih Rp20.000 saja.

7. Keripik sanjai balado

keripik sinjai
Photo Credit: @annisaphoto (Instagram)

Salah satu jenis keripik balado yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh dari Padang adalah keripik sanjai. Keripik sanjai umumnya terbuat dari singkong. Kata “sanjai” sendiri diambil dari nama jalan di Desa Manggis Gantiang Sanjai, tempat asal para pembuat keripik sanjai.

Bumbu balado pada keripik sanjai dibuat menggunakan bawang merah, bawang putih, gula, dan cabai. Selain balado, ada pula keripik sanjai rasa tawar yang tidak menggunakan bumbu dan keripik sanjai asin yang bumbunya menggunakan garam, bawang putih, dan kunyit. Tergiur untuk mencobanya?

8. Bolu batik

bolu batik
Photo Credit: @dapurhangus (Instagram)

Sesuai namanya, bolu batik memang merupakan kue bolu gulung yang bagian atasnya dihias menggunakan motif batik. Dibutuhkan keterampilan dan ketelitian yang cukup tinggi untuk bisa “menggambar” motif batik di atas bolu. Tak heran, jika akhirnya satu porsi bolu batik dijual dengan harga cukup mahal, yakni sekitar Rp60.000.

Cara pembuatannya, motif batik terlebih dulu digambar menggunakan krim di loyang yang telah dilapisi kertas minyak. Setelah itu, adonan kue bolu gulung akan dituang pada loyang tadi. Terakhir, adonan akan dipanggang selama kurang lebih 25 menit pada suhu 70 80 derajat Celcius.

9. Kerupuk jangek

kerupuk jangkek padang
Photo Credit: @baga.snack (Instagram)

Jangek adalah kerupuk kulit khas Padang yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kulit yang telah direbus akan dibakar untuk menghilangkan bulunya. Selanjutnya, kulit dijemur selama kurang lebih 2 hari untuk kemudian digoreng hingga matang. Di berbagai kota lain di Indonesia, khususnya Jawa Timur, kerupuk ini disebut juga dengan rambak.

Biasanya, kerupuk jangek hadir dalam rasa original, tetapi kini sudah tersedia kerupuk jangek dalam varian rasa lain seperti balado dan pedas manis. Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang ke berbagai toko pusat oleh-oleh khas Padang.

10. Mukena kerancang

mukena padang
Photo Credit: @bukittinggi_handycraft (Instagram)

Tidak ingin membawa oleh-oleh berupa makanan dari Padang? Mukena kerancang dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk kamu jadikan cendera mata. Kerancang adalah seni menyulam khas Sumatera Barat yang membentuk kain dengan lubang-lubang beraneka ukuran. Ada banyak kreasi kain kerancang yang bisa kamu beli, salah satunya adalah mukena.

Pembuatan mukena kerancang corak biasa umumnya membutuhkan waktu 12 hari, sedangkan mukena yang dikreasikan dengan motif bunga atau tumbuhan bisa memakan waktu 2 bulan. Satu set mukena kerancang umumnya dijual dengan harga Rp400.000 Rp2 juta.

11. Kaus Bukittinggi – Jam Gadang

kaos padang
Photo Credit: @kadaikoa_ (Instagram)

Masih bingung membelikan oleh-oleh khas Padang apa untuk orang rumah? Memilih kaus sebagai cendera mata tentu bisa menjadi alternatif yang tepat. Kamu bisa membeli kaus beraneka warna dan desain untuk teman-teman ataupun keluarga. Pilihkan saja kaus dengan desain khas Padang, seperti gambar jam gadang atau rumah adat.

Tidak mudah menemukan kaus bertema Padang. Untuk itu, kamu bisa membelinya di berbagai pusat toko oleh-oleh atau di berbagai pusat perbelanjaan grosir seperti Sentral Pasar Raya di kawasan Jalan Mohammad Yamin.

12. Rendang suwir ayam

rendang sapi padang
Photo Credit: @rendangsuwirayam (Instagram)

Jika kamu kurang suka makan daging sapi tapi suka dengan bumbu rendang, oleh-oleh rendang suwir ayam ini wajib kamu beli. Oleh-oleh khas Padang ini adalah daging ayam yang disuwir dan dimasak menggunakan bumbu rendang. Umumnya, rendang suwir ayam memiliki tekstur kering sehingga sekilas mirip seperti abon.

Karena kondisinya yang kering, rendang suwir ayam mampu bertahan lama sehingga aman untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Nantinya, kamu bisa mengonsumsinya sebagai lauk atau pelengkap makanan lain. Satu kotak rendang suwir ayam dijual dengan harga kurang lebih Rp50.000 dan bisa kamu beli di berbagai pusat toko oleh-oleh khas Padang.

13. Dendeng daun singkong

dendeng daun singkong
Photo Credit: @dendengcukubiajo (Instagram)

Selama ini, kita mengenal dendeng sebagai makanan yang terbuat dari daging. Uniknya, kamu bisa menemukan dendeng yang terbuat dari daun singkong di Padang. Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba dendeng tapi khawatir akan risiko kolesterol, dendeng daun singkong bisa menjadi alternatif tepat.

Kuliner unik ini ditemukan oleh Rita Yanit, seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Nanggalo. Usahanya bermula ketika orang tua Rita terkena kolesterol tinggi sehingga dilarang makan daging. Alhasil, tercetuslah ide membuat dendeng daun singkong. Satu bungkusnya dijual dengan harga sekitar Rp10.000 Rp20.000 dan bisa kamu beli di berbagai toko sentra oleh-oleh khas Padang.

***

Sudah tahu oleh-oleh khas Padang apa saja yang harus kamu bawa pulang? Sekarang, kamu tinggal menyiapkan bujet yang pas untuk membelinya. Jangan lupa sempatkan diri juga untuk mencoba kuliner khas Padang, ya! Liburan kamu pasti akan jadi lebih menyenangkan.

3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1