6 Pantai di Padang yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

6 Pantai di Padang yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Saat merencanakan wisata pantai di Indonesia, Pulau Dewata seringkali menjadi tujuan utama banyak wisatawan. Sebenarnya, pemandangan alam yang disuguhkan pantai-pantai di kota lain juga tak kalah menarik untuk dikunjungi Sebut saja pantai-pantai di Kota Padang. Selain terkenal akan kekayaan wisata kulinernya, Padang juga mempunyai pesona wisata bahari yang masih asri dan sunyi. Sangat cocok bagi kamu yang mendambakan destinasi untuk relaksasi.

Bagi yang penasaran, Traveloka sudah siapkan daftar lengkap pantai di Padang yang layak untuk kamu kunjungi. Yuk, simak ulasannya!

1. Pantai Padang

wisata pantai di padang
Photo credit: @irmaprimawati (Instagram)

Pantai Padang merupakan pantai yang terletak di kawasan perkotaan, tepatnya di Kecamatan Padang Barat. Dikenal dengan sebutan Taplau (Tapi Lauik) yang artinya tepi laut, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan tulisan ikonik “Padang Kota Tercinta” di salah satu sisinya. Dari Bandar Udara Internasional Minangkabau, kamu hanya perlu menempuh jarak 23 km atau 30 menit perjalanan menggunakan mobil untuk sampai di pantai ini.

Bagi pencinta kuliner, terdapat beragam makanan tradisional yang dapat kamu cicipi di sepanjang pantai. Beberapa di antaranya adalah lontong pical, jagung bakar, rujak, sate, dan ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat. Saat di pantai ini, jangan lupa untuk berfoto di monumen bertuliskan “Kota Padang” yang menjadi favorit wisatawan.

2. Pantai Bungus

wisata pantai di padang
Photo credit: @udo_anto (Instagram)

Berlokasi di Teluk Kabung, 20 km di sebelah selatan Padang, Pantai Bungus menawarkan keindahan sekaligus ketenangan bagi pengunjungnya. Dikelilingi oleh bukit-bukit serta pasir putih, membuat suasana di pantai ini menjadi semakin nyaman. Uniknya, bila dilihat dari atas, garis pantai ini menyerupai bentuk sabit yang indah.  

Untuk bisa melihat pemandangan pantai dari atas, kamu bisa mencoba paragliding yang disewakan oleh masyarakat setempat. Aktivitas lain yang tak kalah seru untuk dilakukan adalah berkeliling sekitar pantai sambil menikmati semilir angin, serta menyewa perahu nelayan.

3. Pantai Air Manis

wisata pantai di padang
Photo credit: @gerriedehaas (Instagram)

Selain menjadi favorit wisatawan lokal, Pantai Air Manis juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara. Daya tarik pantai ini adalah gelombang ombak yang rendah dengan latar pemandangan indah Gunung Padang. Selain itu, di sekitar pantai terdapat juga pulau kecil bernama Pisang Kecil dengan luas 1 hektar yang bisa kamu telusuri dengan berjalan kaki.

Obyek lainnya yang tidak boleh terlewat di pantai ini adalah patung batu Malin Kundang. Dalam legenda masyarakat setempat, batu tersebut dipercaya sebagai sosok Malin Kundang yang menyerupai anak laki-laki bersujud menghadap ke tanah karena dikutuk oleh ibunya. Tak jauh dari patung tersebut, kamu pun bisa menjumpai batu-batu berserakan yang diyakini sebagai pecahan kapal Malin Kundang.

4. Pantai Nirwana

wisata pantai di padang
Photo credit: @pratamaeghi (Instagram)

Pantai lain yang bisa kamu temukan di Kota Padang adalah Pantai Nirwana. Letaknya hanya 14 km dari pusat ibu kota Sumatera Barat. Keindahan pantai ini sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda. Dari Pantai Nirwana, kamu bisa melihat kapal-kapal bersandar dan berbaris di Pelabuhan Teluk Bayur.

Pepohonan di pesisir Pantai Nirwana juga menambah suasana asri dan nyaman. Terutama saat air pantai mulai surut, wisatawan dapat menyaksikan batu koral kecil di sekitaran pantai. Tak ketinggalan, suasana sunset yang cantik harus kamu saksikan saat berkunjung ke pantai ini.

5. Pantai Pasir Jambak

wisata pantai di padang
Photo credit: @pandurosadi (Instagram)

Pantai lainnya yang ada di Kota Padang adalah Pantai Pasir Jambak yang berlokasi sekitar 20 km dari pusat kota. Untuk sampai di pantai ini, kamu harus melewati jalan raya Padang – Bukittinggi. Daya tarik Pantai Pasir Jambak adalah keasrian dan keindahan alamnya yang masih alami.

Kejernihan air laut dan hamparan pasirnya yang putih bersih juga menjadi keistimewaan tersendiri di pantai ini. Agar lebih seru, cobalah untuk berjemur atau menikmati keindahan pantainya di sore hari sambil meminum air kelapa.  

6. Pantai Pasumpahan

wisata pantai di padang
Photo credit: @padangtripisland (Instagram)

Seperti namanya, pantai ini berada di Pulau Pasumpahan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Menariknya, kamu bisa naik speedboat menuju Pantai Pasumpahan dari Teluk Bungus sambil melihat pemandangan laut yang indah. Selain itu, tak jauh dari Pulau Pasumpahan terdapat Pulau Sikuai yang dapat dijelajahi setelah puas menikmati Pantai Pasumpahan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan batu karang yang masih terjaga dengan baik di sekitar Pantai Pasumpahan. Untuk pengalaman yang lebih seru, sempatkan waktu mendaki bukit setinggi kurang lebih 100 meter di dekat pantai untuk menyaksikan keindahan panorama dari atas. Aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah watersport dan camping ground. Menarik sekali, bukan?

***

Jika kamu berencana berlibur ke Padang, pastikan untuk mampir menikmati obyek wisata pantai di atas ya!  Tenang saja, perjalanan menuju kota Padang selama 1 jam 45 menit dari Ibu Kota Jakarta akan terbayar setelah kamu menyaksikan sendiri keindahan pantainya. Selamat berlibur!

 

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1