Mudik dengan Kereta Api? 5 Hal Ini Harus Benar-benar Diperhatikan

Ayu
By Ayu 15 March 2017

Lebaran akan datang dalam hitungan bulan, sudah tahu mau pakai transportasi apa untuk mudik? Bagi kamu penumpang setia kereta api, bersiaplah karena tiket kereta api arus mudik tahun ini sudah bisa dipesan di tanggal 17 Maret 2017!

Bukan rahasia lagi jika kereta api masih menjadi pilihan banyak orang. Tarif yang relatif murah ditambah perjalanan lancar bebas macet adalah dua hal yang dianggap sebagai kelebihan moda transportasi ini. Meskipun begitu, perjalanan dengan kereta api terbilang memakan waktu cukup lama. Tapi tenang, hal ini masih bisa diakali dengan sejumlah cara.

Untuk membuat perjalanan mudikmu dengan kereta api terasa menyenangkan, perhatikan lima hal berikut:

1. Jangan lupakan tisu basah, tisu kering dan hand sanitizer

mudik dengan kereta api

(Sumber: Shutterstock)

Tisu basah, tisu kering, dan hand sanitizer adalah tiga benda yang harus selalu ada di dalam tasmu. Ketiganya akan berguna untuk membersihkan tangan saat menjelang dan setelah makan sahur atau berbuka puasa. Khusus untuk hand sanitizer, cairan pembersih tangan ini umumnya telah dilengkapi dengan kandungan alkohol yang dipercaya mampu membunuh kuman saat kamu tak menemukan air dan sabun untuk cuci tangan.

Peran ketiganya dalam menjaga kesehatan dan menghindarkanmu dari kuman sangatlah penting. Ingat, tujuanmu mudik adalah untuk menghabiskan waktu di kampung halaman dengan cara yang menyenangkan. Jangan sampai jatuh sakit hanya karena kurang menjaga kebersihan.

2. Bantal leher dan selimut tak boleh ketinggalan

mudik dengan kereta api

(Sumber: Shutterstock)

Saat menempuh perjalanan jauh, kamu butuh kenyamanan dalam beristirahat. Untuk itu, kamu perlu membawa bantal leher dan selimut. Hampir semua kereta memang menyediakan bantal dan selimut, baik gratis atau berbayar. Namun, membawa sendiri dari rumah akan lebih menguntungkanmu, terutama jika kamu memiliki alergi terhadap material tertentu.

Jika kamu memiliki alergi semacam ini, sebaiknya kamu membawa sendiri bantal dan selimut agar bisa disesuaikan dengan kondisimu. Membawa bantal sendiri juga membuatmu tak harus mengeluarkan biaya sewa bantal di dalam gerbong. Untuk kereta kelas ekonomi, kamu butuh mengeluarkan sejumlah uang sewa untuk bisa menggunakan bantal selama perjalanan.

3. Bawa bekal sendiri untuk sahur dan buka

liburan dengan kereta api

(Sumber: Shutterstock)

Meskipun nantinya kemungkinan besar kamu akan menempuh perjalanan dalam keadaan berpuasa, membawa bekal makanan dan minuman sendiri tak boleh sampai dilupakan. Makanan dan minuman untuk buka ataupun sahur sebaiknya kamu siapkan sendiri dari rumah. Mengapa?

Pertama, tentu saja kamu bisa lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan uang lebih di dalam kereta. Alasan lainnya adalah kamu bisa menyesuaikan menu makanan sesuai selera. Meskipun di dalam kereta telah tersedia banyak menu pilihan, belum tentu menu yang kamu inginkan tersedia di saat itu.

4. Pilih tempat duduk dekat jendela

mudik dengan kereta api

(Sumber: Shutterstock)

Perjalananmu yang berjam-jam tidak akan terasa jika kamu memilih tempat duduk yang tepat. Bangku di pinggir jendela bisa menjadi pilihan yang menarik. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sehingga waktu yang terlewat tak akan terasa menjemukan.

Pilih bangku selama perjalanan dengan kereta ini bisa dilakukan dengan mudah. Pesan tiket kereta api di Traveloka baik melalui situs web resmi ataupun Traveloka App, kamu bebas memilih sendiri bangku yang diinginkan tanpa perlu membayar biaya tambahan. Tahapan ini akan muncul setelah kamu mengisi data penumpang.

5. Tandai barang bawaan

mudik dengan kereta api

(Sumber: Shutterstock)

Saat mudik, membawa barang bawaan dalam jumlah banyak sudah sangat wajar. Karena tidak ada fasilitas penanda barang bawaan dari pihak stasiun, kamu perlu melakukannya sendiri. Tandai setiap barang bawaanmu dengan tulisan, stiker, tali tambahan, atau apapun yang bisa membuatmu lebih mengenali barang bawaanmu sendiri.

Hal ini dikarenakan kereta api berhenti di banyak stasiun, dan kamu tak bisa memastikan selalu terjaga saat kereta berhenti dan sebagian penumpang turun. Barang bawaan di kereta rentan tertukar dengan penumpang lain, terutama jika koper, tas, atau kardusnya terlihat hampir sama. Pemberian stiker ini agar penumpang lain bisa tahu barang mana yang jadi milikmu, jadi mereka tak salah bawa saat turun.

 

Kelima hal di atas dijamin bisa bikin perjalanan mudikmu dengan kereta akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Jangan lupa pesan tiket kereta api untuk mudik lebih awal agar tidak kehabisan kursi. Jangan lupa pesan tiket kereta api di Traveloka, langkah-langkahnya mudah dan cepat, metode pembayarannya juga beragam.

Summary
Mudik dengan Kereta Api? 5 Hal Ini Harus Benar-benar Diperhatikan
Judul Artikel
Mudik dengan Kereta Api? 5 Hal Ini Harus Benar-benar Diperhatikan
Description
1. Jangan lupakan tisu basah, tisu kering dan hand sanitizer 2. Bantal leher dan selimut tak boleh ketinggalan 3. Bawa bekal sendiri untuk sahur dan buka 4. Pilih tempat duduk dekat jendela 5. Tandai barang bawaan
Author
Publisher
Traveloka
Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags