13 Oleh-oleh Khas Medan Ini Selalu Jadi Incaran Wisatawan

Traveloka
By Traveloka 24 July 2017

Berkeliling Medan untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata tentu sangat menyenangkan, apalagi karena sudah menjadi rahasia umum pula bahwa kota ini  merupakan salah satu “surga” pencinta kuliner Indonesia. Tak heran bila ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang selepas traveling di sana.

Bagi kamu yang baru pertama kali mengunjungi Medan dan masih bingung memilih buah tangan yang tepat, simak rangkuman 13 oleh-oleh  yang paling terkenal berikut ini:

1. Bolu Meranti

Sumber: bolumeranti.co.id

Bolu Meranti merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Selain terkenal dengan rasa yang enak, kue ini juga memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, moka, dan kacang. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yaitu mulai Rp60.000 per kotak. Selain bolu gulung, Bolu Meranti juga menyediakan produk bolu gulung 3-in-1 yang terdiri dari rasa keju, blueberry, dan cokelat.

Selain bolu, tersedia juga jajanan lain seperti lapis legit, lapis surabaya, brownies, kue sus hingga bika ambon. Untuk dapat menikmatinya, gerai Bolu Meranti bisa kamu temui di Jalan Kruing No 2K dan Jalan Sisingamangaraja No 19B.

2. Bika Ambon Zulaikha

BIKA AMBON ZULAIKHA Varian rasa – original ukuran besar 110rb / ukuran kecil 80rb – pandan ukuran besar 110rb / ukuran kecil 80rb – mocca ukuran besar 110rb / ukuran kecil 80rb – coklat ukuran besar 110rb / ukuran kecil 80rb – durian ukuran besar 125rb / ukuran kecil 90rb – keju ukuran besar 115rb / ukuran kecil 85rb – pandan keju ukuran besar 125rb / ukuran kecil 90rb Harga tsb suda termasuk JASTIP. Belum termasuk ONGKIR. Pengiriman dari MEDAN. utk pemesanan chat ke WA 08563005818 / Line: @ayudhaniyar

A post shared by aydaskincare (@ayda_olshop) on

Di berbagai sudut kota, terdapat banyak toko yang menjual bika ambon beraneka rasa. Salah satunya adalah Bika Ambon Zulaikha yang berlokasi di Jalan Mojopahit No 62. Berkat kualitas rasa yang lezat, tekstur yang lembut, dan terjamin halal, Bika Ambon Zulaikha menjadi salah satu produk bika ambon paling populer dan diburu wisatawan.

Di sini, terdapat berbagai pilihan rasa seperti original, keju, moka, pandan, dan pandan keju. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu mulai Rp35.000 untuk ukuran kecil dengan daya tahan hingga empat hari.\

3. Manisan Jambu Aguan

‼️MANISAN JAMBU AGUAN 45rb/kg‼️ . . . Produk Manisan jambu Aguan, sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas kota Medan. Rasa buah jambu yang tetap renyah dengan rasa manis asam yang pas menjadikan manisan jambu Aguan sebagai salah satu jajanan khas paling laku dari kota Medan. Buktikan sendiri,awas ketagihan. :) note: Manisan jambu Aguan dapat bertahan paling lama 3 selama proses pengiriman. hanya menggunakan layanan Tiki ONS Begitu sampai, langsung dimasukkan ke dalam kulkas, Manisan jambu Aguan bisa dinikmati sampai dengan satu minggu kemudian. #jambumanisaguan #manisanjambumedan #manisanjambubangkok #manisanjambumedanmurah #manisanaguan #manisanjambuaguan #manisanjambu #bolumerantimedan #bolumerantijakarta #bolumeranti #bikaambon #bikaambonzulaikha

A post shared by Bolu Meranti , Napoleon Medan (@bolumeranti.ucokmedan) on

Jambu biji yang besar ternyata bisa diolah menjadi manisan yang segar, renyah, dan nikmat. Rasanya semakin nikmat dengan tambahan sambal rujak. Bila kamu penyuka manisan, jangan lupa mencicipi manisan jambu biji khas Medan satu ini.

Manisan jambu sebenarnya bisa ditemui di setiap pinggir jalanan dengan mudah. Namun, salah satu tempat terkenal yang menjual manisan jambu adalah Toko Aguan yang terletak di Jalan Kruing No 3D. Jika kamu ingin membawa manisan jambu sebagai oleh-oleh, sebaiknya membeli manisan dalam bentuk yang masih utuh agar mampu bertahan hingga tiga hari.

4. Teri Medan

Yang lagi banyak di pesan sama pelanggan setia kita. Teri Sambal Iris Perpaduan teri medan + kacang + tempe. Diaduk dengan sambal iris rasa pedas maniss. Nyami!!

A post shared by Kuliner Medan | Teri Medan (@teribajakmedan) on

Bagi yang ingin mencari kuliner atau oleh-oleh dengan rasa asin, ikan teri bisa menjadi alternatif yang tepat. Ikan teri yang menjadi makanan favorit masyarakat lokal ini bisa kamu dapatkan di seluruh pasar tradisional di sini, salah satunya Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri. Ada pun produk yang dijual di tiap kios adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan.

Supaya lebih praktis, saat ini sudah banyak produk ikan teri olahan. Salah satu teri olahan yang banyak diburu adalah Teri Bajak Medan. Produk ini mengemas ikan teri menjadi sambal ikan teri dengan berbagai rasa, seperti sambal cabai merah dan cabai rawit. Bagi pencinta masakan pedas dan gurih, oleh-oleh satu ini bisa kamu dapatkan di Toko Nusantara, Jalan T. Amir Hamzah No 17.

5. Sirup Buah Markisa

Jgn takabur mengatakan org lain meniru idemu, siapa tau besok kamu pun terinspirasi dari ide org lain 😊 #keepyourpositivemind #keepyourpositiveheart #dontworry #rejekigakkemana . . . Makasih banyak oleh" nya sist 😘 GBU 😘 . . #bolumerantimedan #sirupmarkisamedan

A post shared by 👒Ethnic lover👗Kalung Etnik🐓 (@mariamendrofa) on

Medan juga memiliki minuman khas yang sering dijadikan oleh-oleh, yaitu sirup markisa. Minuman ini terkenal dengan rasa manis dan segarnya. Kualitas sirup markisa Medan juga tak perlu diragukan. Di Medan, buah markisa hanya tumbuh di Dataran Tinggi Karo, Berastagi, sehingga menjadi produk unggulan wilayah tersebut.

Dari banyaknya produk sirup markisa di pasaran, produk yang paling laris adalah Sirup Markisa Pohon Pinang dan Sarang Tawon. Merek ini sudah terkenal sejak lama dan mudah didapatkan di seluruh sudut kota.

6. Kacang Sihobuk

Jangan pernah mengaku batak kalau tidak mengenal kacang ini 😀😀😀 adalah makanan ringan/jajanan khas Batak yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Nama Sihobuk adalah nama merk dagang yang diambil dari nama desa Sihobuk menjadi merk, tidak terlalu berbeda dengan kacang lain, namun kacang tersebut telah dipilih dan dipilah untuk dijual. Kacang sihobuk telah menjadi oleh-oleh terkenal, bahkan sampai ke luar negeri. Kacang sihobuk tersebut (tanpa dikuliti) dimasak di kuali besar yang telah diisi dengan pasir, diaduk atau digongseng supaya kacang masak, dan garing secara merata. #batakpku #batakpekanbaru #batak #halakbatak #kacangsihobuk

A post shared by Batak Pekanbaru (@batakpku) on

Nonton Mohabbatein, enaknya sambil makan kacang Sihobuk… Walaupun kadang rasanya kayak bepasir… Tapi gw lebih suka makan kacang Tarutung dibanding kacang Pabrikan besar 😂😂😂 santai dulu aaaah . . 👝 13.0 . . #kacangsihobuk #sihobuk #tarutung #kuliner #meufood

A post shared by Yeyen Kesuma (@meufood) on

Oleh-oleh khas Medan selanjutnya adalah Kacang Sihobuk. Sesuai namanya, makanan ringan ini berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Kualitas kacang yang baik dengan cita rasa yang gurih dan lezat, mengantar popularitas Kacang Sihobuk ke seluruh negeri.

Kacang Sihobuk adalah kacang tanah yang dimasak dengan pasir (sangrai) dalam kuali besar hingga garing secara merata. Kalau kamu melintasi jalan lintas Sumatra di kawasan Silangkitang, kamu bisa menjumpai banyak kios penjual kacang ini berjejer di pinggir jalan. Tapi kini kamu tak perlu jauh-jauh mencarinya, karena kacang ini bisa kamu temui di berbagai gerai pusat oleh-oleh dalam berbagai varian kemasan.

7. Medan Napoleon

Bolu Medan Napoleon ( very recommended ) Bolu Napoleon merupakan salah satu Bolu yang lagi hits saat ini. Klen yang di jambi yang pingin nyobain Bolu hits ini ga perlu jauh jauh ke Medan loh Order yukk ikutan po #kulinerjambi #kulinermedan #medannapoleon

A post shared by DIMSUM ENAK MURAH (@cemilanjbi) on

Medan Napoleon adalah salah satu oleh-oleh khas yang sedang menjadi pusat perhatian masyarakat lokal maupun turis domestik. Medan Napoleon merupakan sejenis bolu gulung yang membungkus tumpukan lapisan pastry renyah dipadukan dengan selai yang enak.

Pemilik toko ini adalah aktor Indonesia yang cukup terkenal, Irwansyah. Jika kamu penasaran dengan cita rasa Medan Napoleon, saya sarankan untuk datang di pagi hari karena antrean yang panjang. Medan Napoleon sendiri hadir dalam lima varian rasa, yaitu banana crazy, red velvet, karamel, keju, green tea, dan yang menjadi best-seller, durian.

Selamat pagi😇😘😘..siapa sih yang gak suka coklat.awak rasa semua orang suka coklat yakan😁😁,tapi kapan lagi kelen makan napoleon coklat.apa gak pengen kelen liat pastry nya yg renyah itu😋😋..makanya singgah kelen ke kede awak.bisa kelen borong lah itu rasa coklat😄😄 Cek terus akun IG/FB/LINE @medannapoleon ( pakai tanda @ depannya ) untuk dapat info terbaru dari kami. . . . . . 🌸🌻🌸 🏠Kede 1: Jl. KH Wahid Hasyim No. 46/35 Medan 🏠Kede 2: Jl. Soekarno Hatta LK V Sudut Jalan Paus, Dekat Stasiun Binjai (Depan Kampung Kuliner), Binjai 🏠Kede 3: Jl. Batang Kuis No 33 (Medan Napoleon Drive Thru Arah Kualanamu) . . #medannapoleon #napoleonista #gaknyesallahkelen #oleholehhits #oleholehmedan #kulinermedan #jajanmedan #katakantidakpadacalo #jajananhalalmedan #kulinerkekinian #medanfood #oleholehpaten #ramadhandihati #irwansyah

A post shared by Medan Napoleon (@medannapoleon) on

8. Pancake Durian

. Maidanii Pancake Durian Lumer di Mulut, Pecah di Lidah Oleh-oleh Khas Kota Medan # Dapat diperoleh di : 1. Jl. HM Yamin No. 121 (cafedurianmaidanii). 2. Jl. Mojopahit No. 80f (bika Ambon Etty) 3. Jl. Kruing No. 8A. (Manisan Jambu Madu 4. MERDEKA WALK di (Outlet Teribajak) dekat Pizza Hut 5. Jl. Arteri Kulanamu No. 560. (Toko Oleh-oleh MALINDA) 6. via Go-food nya gojek web: maidaniipancakedurian.com # #kulinermedan #makananmedan #makanhalalmedan #maidaniipancakedurian #medantalk #medan #medanfoodhunter #durian #durianmedan #pancakedurian #pancakedurianmedan #khasmedan #oleholeh #oleholehmedan #kualanamu #hidupuntukmakan #jajananmedan #pancake #wisatakuliner.

A post shared by Maidanii Pancake Durian Medan (@maidanii_pancake_durian) on

Kelezatan durian Medan memang tak terbantahkan lagi. Rasa daging yang manis ditambah aroma yang tajam, selalu sukses membuat banyak wisatawan ingin terus menikmati kelezatannya setiap kali berkunjung ke kota ini. Sayangnya, cukup sulit membawa durian utuh sebagai oleh-oleh. Namun tenang saja, ada pancake durian yang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pancake durian memiliki bentuk yang berbeda dengan pancake pada umumnya. Layaknya bantal, kudapan ini berisi daging buah durian yang dibungkus dengan kulit tipis, lalu dibekukan. Saat digigit, rasa durian yang dominan membuat saya seakan memakan buah durian secara langsung.

Bagi kamu yang ingin membawa olahan durian ini sebagai oleh-oleh, cobalah mampir ke Durian House yang berlokasi di Jalan Sekip No 67. Harganya juga cukup terjangkau dibanding buah durian utuh. Selain itu, mau dibawa ke luar kota juga aman dan praktis karena tidak mengeluarkan aroma tajam yang seringkali dilarang dalam penerbangan.

9. Kopi Sidikalang

 

#coffee sidikalang premium character : slightly shiny, more body exhibiting, more balance acidity, aroma and complexity #kopisidikalang #mandhelingcoffee #indonesiacoffee #kopinusantara

A post shared by kopisidikalang.com (@kopisidikalang_mandheling) on

Kopi Sidikalang merupakan kopi kebanggaan masyarakat Sumatra Utara yang sudah termahsyur hingga ke luar negeri. Sidikalang adalah wilayah pegunungan yang memiliki tanah subur, suhu udara yang sejuk, dan curah hujan yang cukup, hingga dapat menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.

Kalau kamu pencinta kopi, pasti tahu perbedaan rasa antara kopi Sidikalang dengan kopi lainnya.  Rasanya yang enak dan unik, membuat kopi ini mampu bersaing dengan kopi Brazil yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dari segi harga, kopi Sidikalang cukup terjangkau. Cara mendapatkannya pun mudah karena kopi ini sudah banyak dijual pasar tradisional, pasar swalayan hingga warung kopi.

10. Sate Kerang Rahmat Toha

👌🏻Sate Kerang Rahmat👌🏻 ❤️Sate Khas Medan❤️ Per Kotak Isi 20pcs 125.000 #satekerangmedan #satekerangrahmat #satekerang #saterahmat #oleholeh #oleholehmedan #oleholehkhasmedan #jualoleholeh #titipbelimedan #titipbelimedanmurah

A post shared by TITIP BELI OLEH-OLEH MEDAN🍰 (@titipbeliyukkk) on

Hujan hujan begini enaknya makan sate kerang Rahmat sama nasi panas kepul kepul. Apa daya kalau gak ke Medan gak mungkin bisa. 😭 Soalnya sate kerang Rahmat dibuat tanpa pengawet dan hanya tahan 12 jam. Kerangnya diambil dari sungai di Tanjung Balai. Daging tebal. Ukuran jumbo. Beda sama kerang biasa. Bumbunya ini yang super-nikmat. Mirip bumbu rendang, tapi tak pakai santan. Pedas pas. 👍 Oleh-oleh wajib kalau kalian main ke Medan. Baca selengkapnya di bit.ly/satekerangrahmat. 💕 #SateKerangRahmat #satay #sataykerang

A post shared by Haya Aliya Zaki | Indonesian (@hayaaliyazaki) on

Jika kamu ingin oleh-oleh yang berbeda, coba mampir dan cicipi kelezatan Sate Kerang Rahmat Toha yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto. Siapa sangka warung sederhana ini memiliki menu satai kerang yang lezat dan populer di kalangan pencinta kuliner.

Yang menarik, satai tidak dibakar seperti satai ayam atau satai kambing. Selain itu, potongan dagingnya juga besar dan tidak berbau amis karena menggunakan kerang segar. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, Sate Kerang Rahmat Toha hadir dengan pilihan rasa, seperti pedas manis, pedas, dan original. Kemasannya juga berupa kardus khusus untuk memastikan satai bisa bertahan lama dan praktis dibawa ke dalam kabin pesawat.

11. Lemang

Pagi tmn2 semua…. Senangnya… Dpt berkat di hr minggu… Lemang… 👍👍😋😋 di bawain tmn dr Pekan Baru… Mmg rasanya beda sm yg di sini… Mksh byk ya Yeni😘😘😘… Yuk merapat @asnieeho73 @jennifer_ho8383 😄👍👍 #lemang #oleholeh #thankyou #Yummy#bahagiaitusederhana

A post shared by UciBakery (@ucihaozoh) on

Makanan tradisional ini berbahan dasar beras ketan yang dicampur santan dan digulung menggunakan daun pisang. Makanan ini pun dimasak secara unik, yaitu dimasukkan ke ruas bambu dan dibakar di atas bara api. Setelah matang dan dapat disantap, ketan tersebut terasa sangat pulen dan gurih, serta memiliki aroma yang khas. Rasanya pun semakin nikmat saat disantap selagi hangat dengan tambahan tapai, durian, atau selai serikaya.

#lemang #tojakarta✈️✈️✈️

A post shared by Khadijah A Rahman-Sinclair (@dida_sinclair) on

Penjual lemang bisa kamu temukan di sepanjang pinggir jalan, tepatnya di sekitar Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Soebroto, dan Jalan Bromo. Salah satu lemang yang terkenal adalah Lemang Flamboyan. Kedai lemang ini merupakan yang paling banyak dicari dan diburu wisatawan. Bila ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, lemang bisa tahan hingga dua hari jika masih tersimpan di dalam bambu.

12. Roti Tawar Selai Srikaya Ganda

Roti Ganda Isi Srikaya Jalan Sutomo Ini yg Kecil 9 Idr Yg besar 17 Idr #rotiganda #HrzSiantar #HrzHalal

A post shared by Horizon Homan Kuliner Surabaya (@horizonhoman) on

Selai srikaya Roti Ganda Siantar #instadaily #homesweethome #morningbreakfast #srikayajam #selaisrikaya #rotigandasiantar #anakmedan #joleys

A post shared by joune lydia (@jounerohy) on

Wisatawan yang hendak mengunjungi Danau Toba pasti akan melewati Pematang Siantar. Daerah ini seringkali menjadi tempat pemberhentian sementara para wisatawan untuk melepas lelah akibat perjalanan jauh dari Medan. Nah, mumpung sedang di kawasan Pematang Siantar, cobalah untuk singgah ke toko roti legendaris bernama Roti Ganda. Di toko roti yang terletak di Jalan Sutomo, Pematang Siantar ini, ada banyak pilihan serta jenis roti yang ditawarkan. Salah satu menu favoritnya adalah adalah roti tawar yang diolesi dengan selai serikaya khas Siantar.

Tak heran bila toko roti ini selalu penuh sesak pengunjung yang rela antre untuk bisa menikmati lezatnya roti serikaya dari Roti Ganda. Bahkan, roti tawar dan selai homemade yang diproduksi Roti Ganda banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

13. Dolung-dolung Parapat

Cemilan khas Batak #lapet #dolungdolung #jajananpasar

A post shared by vivi saria (@vivisaria) on

Yang suka jajanan pasar, pastikan kamu mencicipi dolung-dolung. Makanan sejenis kue lepat berbentuk bulat ini berasal dari Parapat, kota yang terletak di tepi Danau Toba. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras dengan isi gula aren campur kelapa parut dan dibungkus menggunakan daun bambu. Rasanya sudah pasti sangat lezat, terlebih ciri khas pembuatannya yang dibalut daun bambu akan membuat aromanya semakin kuat.

Menurut saya, cita rasa dolung-dolung bertambah lezat jika dinikmati dalam kondisi hangat. Apalagi, jika dinikmati dengan segelas kopi hangat sambil menikmati pemandangan Danau Toba yang cantik. Cocok juga dijadikan buah tangan untuk orang-orang tersayang di rumah.

Lengkap sudah daftar oleh-oleh khas Medan yang harus kamu beli untuk dibawa pulang. Sekarang, siapkan tenaga dan waktumu untuk menikmati pesona tempat wisata Kota Medan. Selamat liburan!

Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags