10 Pantai di Medan yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Saat merencanakan wisata pantai, Bali atau Lombok mungkin menjadi tujuan utama banyak wisatawan. Padahal, sebagai negara kepulauan, Indonesia amat kaya akan wisata bahari, salah satunya di Medan. Meski terkenal akan kekayaan wisata kulinernya, Medan ternyata punya pesona pantai yang tak kalah menarik.

Nah, bagi kamu yang akan mengunjungi ibu kota Sumatera Utara ini tak ada salahnya untuk mampir ke salah satu pantainya. Berikut 10 pantai di Medan yang patut kamu kunjungi:

Pantai Cermin

Menunggu kapal datang 🌊🌴🌴🌴 #romancebeach#pantaicermin#theampark#objekwisata#pantai

A post shared by idrismuhammad/ Ω…Ψ­Ω…Ψ― Ψ₯دريس (@idriestanjung) on

Dimulai dari yang paling dekat dari Kota Medan terdapat Pantai Cermin. Pantai yang terletak di Desa Pantai Cermin Kanan, Kabupaten Serdang Bedagai ini bisa kamu kunjungi dengan menempuh 2 jam perjalanan dari pusat kota. Uniknya, di sekitar pantai terdapat rekreasi buatan yang sekaligus menjadi fasilitas pelengkap, yakni Cermin Theme Park.

Cermin Theme Park merupakan sebuah wahana rekreasi yang mencakup water sport, mini zoo, horse riding, dan food court. Dibuka pada tahun 2007, Cermin Theme Park diresmikan langsung oleh Jusuf Kalla yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden. Mulai September 2015 lalu, wisata ini hanya buka pada akhir pekan dan hari libur dengan biaya masuk sekitar Rp50.000.

Pantai Pondok Permai

#sunset #pantaipondokpermai #latepost #wisatamedan #seafoodmedan #pantai #beach #pondokpermaibeach

A post shared by Juliana Gunawan (@nana_kangg) on

Di Kabupaten Serdang Bedagai, kamu juga bisa mampir ke Pantai Pondok Permai. Berbeda dengan Pantai Cermin, Pantai Pondok Permai cenderung lebih sepi sehingga cocok bagi kamu yang ingin berjemur atau sekadar menenangkan pikiran. Kondisi laut yang cukup dangkal juga akan membuatmu lebih bebas untuk bermain di laut. Para pengunjung pun kerap menghabiskan waktu dengan bermain layangan dan voli pantai.

Pantai Gudang Garam Serdang Begadai

#latepost #likefollow #visitsumut #travrllersumut #pemandanganindah #perbaungan. #pantaigudanggaram

A post shared by DheViieaNa πŸ‘°πŸ‘Έ (@vindha_dhevie29) on

Menjadi lokasi pengambilan garam laut, pantai yang berlokasi di Serdang Begadai ini dinamakan Pantai Gudang Garam. Meski begitu, pantai ini kerap dijadikan destinasi wisata para pengunjung. Guna memberi kenyamanan lebih untuk wisatawan pihak pengelola membangun beberapa pondok di sepanjang garis pantai.

Selain itu, tersedia bangunan bertingkat yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Khusus di hari Minggu, terdapat wahana hiburan banana boat yang bisa kamu coba dengan mengeluarkan biaya Rp30.000.

Pantai Sialang Buah

Teruslah berlari untuk meraih semua keinginanmu #ninamotret #pantaisialangbuah

A post shared by fayzaamie (@fayzaamie) on

Pantai Sialang Buah terletak di Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu. Dengan menggunakan mobil, kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 km dari pusat kota. Untuk memudahkan perjalanan, kamu bisa terlebih dahulu menuju Desa Matapao. Dari sana, ada berbagai penunjuk arah menuju Pantai Sialang Buah.

Selain menikmati keindahan pantai, sempatkan pula untuk datang ke pelelangan ikan. Di sini, kamu bisa ikut berburu ikan laut segar untuk kemudian dimasak bersama rombongan. Β Ada pula area belanja kerajinan tangan kulit kerang yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh. Setelah berkeliling, kamu bisa menyewa gubuk di Pantai Sialang Buah untuk beristirahat.

Pantai Klang Serdang Begadai

White sand but not blue sea #kampungnipah #pantaiklang #hutanmangrove

A post shared by Dian Heryanti (@diandher) on

Salah satu ciri khas dari Pantai Klang Serdang Begadai adalah panorama kayu besar yang tenggelam di sebagian bibir pantai. Keunikan ini menjadi daya tarik utama para pengunjung untuk sekadar berfoto.

Di sini juga terdapat sebuah sumur tua bernama Sumur Pandan. Uniknya, meski berada di sekitar laut, sumur tersebut justru berisi air tawar. Tak hanya itu, air Sumur Pandan juga dipercaya dapat membuat awet muda siapa saja yang meminumnya. Nah, tertarik untuk mencoba?

Pantai Bali Lestari

Icon Bali Lestari Beach πŸ˜ƒ

A post shared by Pantai Bali Lestari (@pantaibalilestarimedan) on

Saat tiba di sini, kamu akan merasa layaknya di Pantai Jimbaran, Bali. Hal ini tampak dari berbagai dekorasi dan ornamen yang digunakan seperti payung berwana-warni yang digantung di sepanjang kawasan pantai. Dekorasi tersebut tentu menjadi spot yang unik untuk kamu abadikan dengan foto.

Pantai Pandan

Sepandai pandainya abang melompat kehati adek juga jatuhnyaπŸ˜‚ #sibolga #pantaipandan #tapanulitengah #explor #pantai

A post shared by Agung Ali Akbar (@agungaliakbar8) on

Selain di Medan, kamu juga bisa mampir ke Kota Sibolga, Tapanuli Tengah. Ada Pantai Pandan yang menawarkan pemandangan laut berwarna biru kehijauan. Karakter air lautnya pun cukup tenang, sehingga cocok dijadikan lokasi berenang. Selain itu, fasilitas yang disuguhkan cukup lengkap, mulai dari akses yang mudah, restoran, hingga penginapan bisa kamu nikmati di sini.

Pantai Mutiara

Pantai Mutiara (Sumber: id.wikipedia.org)

Berada di area hutan bakau, Pantai Mutiara memiliki ciri khas pemandangan yang unik, yaitu pepohonan yang menjuntai ke arah laut. Selain bermain dan menikmati pemandangan pantai, kamu juga bisa melakukan wisata edukasi dengan mengunjungi tempat pembiakan ikan laut dan kepiting yang ada di area hutan bakau.

Ada pula berbagai pondok dan restoran yang akan memudahkan kamu untuk beristirahat dan mengisi perut. Ingin berkunjung? Datang saja ke Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin.

Pantai Berawe

Bergeser sedikit ke Pulau Kampai, Langkat, ada Pantai Berawe dengan pasir berwarna putih. Untuk mencapai lokasi ini, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 96 km dari pusat Kota Medan.

Suasana pantai masih alami dan cenderung sepi karena masih jarang dikunjungi wisatawan. Kondisi tersebut cocok bagi kamu yang membutuhkan ketenangan. Kamu pun bisa membeli oleh-oleh khas Pantai Berawe, yakni terasi belacan.

Pantai Tureloto

_ Come to Nias gaess πŸŠπŸ„πŸŠπŸ„πŸŒŠπŸŒŠ Kalo udah cerita Nias pasti pantai lah yakan gaes. Apalagi Surfing nya yang sudah mendunia. Pantai ini unik gaes Pantai ini tercipta karena surut nya air laut akibat gempa besar yang mengguncang Nias di tahun 2005. Dulunya karang-karang ini berada di kedalaman 15 meter. Setelah gempa air laut mengering dan tetap seperti ini sampai saat ini. Sungguh besar ya kehendak yang maha kuasa. _ Credits by πŸ“· @ririsapoetra _____________________________________ 🌊 Tureloto Beach 🌊 Nias island 🌊 North Sumatera 🌊 Indonesia πŸ‡²πŸ‡¨ _____________________________________ #mtma #mtmasumut #nias #pantaitureloto #beach

A post shared by My Trip My Adventure sumut (@mtma_sumut) on

Lokasi Pantai Tureloto memang cukup jauh dari Medan, tepatnya di Nias Utara. Namun, tak ada salahnya untuk berkunjung melihat pesonanya yang sering disamakan dengan pantai di Bali maupun Lombok.

Ciri khas yang dimiliki pantai ini adalah keberadaan batu karang raksasa berbentuk bundar di bibir pantai. Di antara batuan karang tersebut terdapat batu yang menyerupai otak manusia, sehingga dinamakan Batu Otak. Semakin penasaran?

Tak kalah menarik bukan pantai-pantai yang ada di Medan? Masukkan berbagai pantai di Medan yang sudah disebutkan tadi ke daftar liburanmu dan ajak teman-teman untuk pergi bersama. Pastikan juga untuk mengunjungi berbagai objek wisata lain dengan mencari berbagai informasi terlengkap di blog Traveloka. Selamat berlibur!

15 Shares
Share15
Pin
Share
Tweet
+1