0

Traveloka Team

31 Jan 2020 - 4 min read

Inspirasi ‘Long Weekend’: Pilih Manado dan Nikmati 5 Pengalaman Eksotis Ini

Memasuki tahun 2016, apakah kamu sudah punya rencana liburan? Jika belum, segera ambil kalendermu. Tahun ini, terdapat banyak tanggal merah yang berdekatan dengan akhir pekan, dan itu bisa menguntungkanmu karena bisa mengambil cuti demi liburan panjang. Pertanyaannya sekarang, mau ke mana?

Kota Manado bisa dimasukkan ke dalam daftar pilihan. Beragam kegiatan menarik bisa kamu lakukan di sini, baik sendiri maupun bersama sahabat. Agar kamu mendapat gambaran yang lebih jelas, ini dia lima kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Manado:

1. Selami keindahan alam perairan Pulau Bunaken

Salah satu titik penyelaman di perairan Bunaken yang menunjukkan keindahan alam bawah lautnya yang memukau. (Sumber: Shuttertock)

Pernah terbayangkan menjadi “putri duyung” yang berenang di antara ribuan ikan dan terumbu karang berwarna-warni? Di perairan Pulau Bunaken, kamu bisa mewujudkannya. Diresmikan pada tahun 1991, kawasan ini menjadi taman laut pertama di Indonesia dan memiliki daya magis yang mampu menarik perhatian penyelam profesional dari dalam dan luar negeri.

Sedikitnya, terdapat 20 titik penyelaman yang bisa kamu jelajahi keindahannya. Nah, beberapa titik penyelaman yang terkenal di antaranya adalah Tembok Lekuan, Bunaken Timur dan Siladen. Di Tembok Lekuan, misalnya, kamu bisa menyusuri dinding dalam air ini dan menemukan berbagai biota cantik, mulai dari lobster merah muda sampai parrot fish.

Tak berbeda dengan Tembok Lekuan, Bunaken Timor dan Siladen juga menawarkan keistimewaannya sendiri. Dengan arusnya yang cukup kuat, Bunaken Timor cocok buat kamu yang menyukai tantangan lebih. Keberanianmu akan diganjar dengan pengalaman luar biasa karena bisa berenang bersama ikan pari dan kura-kura. Bagaimana dengan Siladen? Titik selam ini termasuk dalam kawasan perairan dangkal, tapi tetap tak kehilangan pesona. Di Siladen, kamu tak perlu menyusuri kedalaman laut terlalu jauh untuk dapat merasakan sensasi menyelam yang menyenangkan.

2. Puaskan lidah dan perut dengan kuliner khas nan lezat sekaligus berburu oleh-oleh

Nikmati kelezatan tinutuan alias bubur Manado hangat dengan citarasa unik yang bikin ketagihan. (Sumber:© Midori / Wikimedia Commons / CC-BY-SA-3.0 / GFDL)

Apa yang paling menarik dari pelesir selain menikmati kuliner khas daerah tersebut? Di Manado, kamu bisa mengenal lebih banyak cita rasa hidangan nusantara. Kunjunganmu ke kota ini belum lengkap tanpa menikmati lezatnya bubur Manado atau yang dalam bahasa setempat disebut tinutuan. Bubur Manado ini termasuk santapan bergizi karena di dalamnya terdapat nasi bercampur sayur-sayuran menyehatkan, seperti labu kuning, jagung manis dan tomat. Dijamin deh, sekali suap, kamu pasti ketagihan dengan bubur lezat ini.

Berhubung hasil lautnya melimpah, tak mengherankan kalau ikan, udang, dan hasil laut lainnya menjadi bahan utama beragam kuliner di kota ini. Hidangan yang siap menggoyang lidahmu antara lain ikan woku belanga, ikan rica-rica, dan mi cakalang yang istimewa.

Puas menikmati kuliner Manado, jangan lupa bawa citarasanya juga untuk keluarga. Kamu bisa membeli oleh-oleh untuk orang tersayang yang menanti cerita petualanganmu di rumah. Beberapa oleh-oleh khas Manado antara lain halua kenari, kacang goyang, pala manis dan cakalang fufu.

Di kota pesisir ini, ada banyak sekali pusat penjualan oleh-oleh khas Sulawesi Utara. Salah satu tempat yang populer di kalangan para wisatawan adalah Merciful Building yang terletak di kawasan Wanea Plaza. Tempat ini buka selama 24 jam, jadi kamu bisa sekalian mampir sambil menunggu jadwal terbang untuk pulang.

3. Menikmati keindahan panorama Danau Linow dengan tiga warnanya

Jauhnya perjalanan dari Manado terbayar lunas saat menyaksikan keindahan Danau Linow ini. (Sumber: Shutterstock)

Manado tak cuma tentang wisata air asin alias pantai, kamu juga bisa menikmati keindahan Danau Linow yang unik karena menampilkan tiga warna di permukaannya, yaitu biru, hijau dan kuning kecoklatan. Terletak di Tomohon, maka kamu harus berkendara sekitar satu jam atau sejauh 30 km dari pusat kota Manado untuk mencapai danau ini. Perjalanan menuju lokasi dijamin tidak akan membosankan berkat suguhan pemandangan cantik, mulai dari hijaunya perbukitan sampai kemegahan Gunung Lokon yang terlihat bagai segitiga raksasa.

Begitu masuk ke kawasan Danau Linow, kamu pasti akan terpesona dengan panorama cantik yang sulit ditemukan di tempat lain. Danau ini terlihat menyerupai sebuah mangkuk besar yang dikelilingi pepohonan hijau sebagai pagar. Di tepi danau, terdapat semacam dermaga dengan banyak bangku dan meja untuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan luar biasa ini. Jangan lupa pesan kopi atau teh panas sebagai teman bersantai.

4. Saksikan kemegahan Patung Yesus Memberkati, patung Yesus tertinggi kedua di dunia

Salah satu yang menarik dari patung ini adalah bagaimana ia dibentuk: seolah jubahnya tertiup angin dari utara. (Sumber: Shutterstock)

Tak hanya unggul di pariwisata alamnya, Manado juga dikenal sebagai salah satu kota religius di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari dibangunnya Patung Yesus Memberkati di kawasan perumahan mewah Citraland. Dengan tinggi mencapai 30 meter dan lebar 17 meter, patung ini menjadi patung Yesus terbesar kedua di dunia setelah Christ the Redeemer di Brazil. Ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga Manado.

Patung Yesus Memberkati dibangun dengan kemiringan 20 derajat dan menghadap ke arah utara. Dengan kedua tangan terangkat dan jubah yang nampak seolah berkibar tertiup angin, patung ini seakan-akan sedang memberikan berkatnya pada warga Manado.

5. Jadi saksi fenomena unik secara langsung, gerhana matahari total

Pemandangan magis saat terjadi gerhana matahari total. (Sumber: Shutterstock)

Salah satu alasan Manado adalah destinasi liburan tepat untuk long weekend berikutnya adalah: kamu bisa menyaksikan gerhana matahari total di sana! Menurut berbagai sumber terpercaya, Manado yang masuk dalam wilayah Sulawesi Utara merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 mendatang. Terakhir kali fenomena ini bisa dilihat di Indonesia adalah sekitar 30 tahun yang lalu, tepatnya pada 11 Juni 1983, dan kemungkinan baru akan terjadi lagi 250 tahun kemudian. Nggak mau kan melewatkan peristiwa unik ini?

Gerhana matahari total ini memang tidak terjadi pada saat libur akhir pekan, melainkan pada hari Rabu. Tapi, tanggal 9 Maret 2016 merupakan hari libur nasional karena bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi. Jadi, kamu bisa sekalian ambil cuti di tanggal 7 dan 8. Ayo, kapan lagi berlibur sekaligus menyaksikan fenomena alam yang langka?

Kalau izin cuti sudah di tangan, kamu perlu menyiapkan kacamata khusus yang bisa digunakan untuk menyaksikan gerhana matahari. Dengan kacamata ini, kamu tidak akan mengalami kerusakan mata karena cahaya sudah disaring.

Dari sekian banyak kota di Indonesia, ternyata Manado bisa menjadi salah satu destinasi pilihan untuk menghabiskan libur panjang akhir pekan, khususnya bulan Maret nanti. Sebaiknya, kamu mulai booking tiket pesawat dan hotel dari sekarang agar bisa mempersiapkan keperluan liburan yang lain dengan maksimal. Happy traveling!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan