0

Traveloka Team

11 Jan 2020 - 3 min read

Ini 5 Objek Wisata Gratis Saat Backpacker-an ke Malaysia

Lokasinya yang cukup dekat dengan Indonesia membuat Malaysia kerap menjadi destinasi wisata favorit masyarakat tanah air. Apalagi, Negeri Jiran ini memiliki segudang tempat wisata seru untuk dijelajahi. Baik kamu yang berlibur dengan fasilitas bintang lima maupun alabackpacker,dijamin tak akan kecewa mengunjungi Malaysia.

Bagi yang berencana liburan alabackpackerke Malaysia, kamu pasti harus menekan bujet bukan? Untungnya, Malaysia punya cukup banyak tempat wisata gratis yang bisa kamu datangi. Cek beberapa di antaranya berikut ini!

1. KLCC Park

Photo credit: Shutterstock

Ingin mendapatkanviewterbaik dari Menara Petronas? Kamu bisa coba datang ke KLCC Park di Jalan Ampang. Taman seluas 20 hektar ini memang dekat denganlandmarkMalaysia tersebut. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan di sini. Salah satunya, kamu bisa menikmati pertunjukan air mancur setinggi 42 meter pada siang dan sore hari. KLCC Park juga menawarkan kesejukan dengan lebih dari 1900 batang pohon.

Untuk kamu yang datang bersama anak-anak, di sini juga tersedia kolam renang anak. Ada pulaeventkhusus yang diselenggarakan pada saat tertentu, sepertinight runningdanmorning jog. Jika tertarik untuk mengunjunginya, KLCC Park beroperasi setiap hari pukul 10:00–22:00.

2. Royal Selangor Visitor Centre

Photo credit: Shutterstock

Tahukah kamu jika Malaysia menjadi salah satu penghasil kerajinanpewterterbesar di dunia?Pewtermerupakan campuran timah putih dan hitam yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan, seperti guci atau gelas. Kalau kamu penasaran dengan kerajinan ini, cobalah datang ke Royal Selangor Visitor Centre di Jalan Usahawan 6, Setapak Jaya.

Tidak hanya melihat indahnya kerajinanpewter, di sini kamu juga bisa melihat proses pembuatannya. Tak hanya itu, kamu pun akan dibuat kagum dengan arsitektur bangunan Royal Selangor. Datanglah setiap 09:00–17:00 untuk membuktikan keindahannya.

3. Galeri Seni Nasional

Photo credit: Shutterstock

Kamu penikmat seni? Maka Galeri Seni Nasional Malaysia wajib masuk daftar kunjungan. Di galeri seni ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi seni Malayasia mulai dari yang tradisional hingga kontemporer. Menariknya, Galeri Seni Nasional memiliki arsitektur unik yang mengombinasikan desain tradisional khas Malaysia dengan beberapa sentuhan modern.

Terkadang, pihak pengelola juga menggelar pameran dan seminar yang bisa diikuti para pengunjung tanpa mengeluarkan dana tambahan. Penasaran? Langsung saja datang ke Galeri Seni Nasional di Jalan Tun Abdul Razak. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10:00–18:00.

4. KL Forest Eco Park

Photo credit: Shutterstock

Satu lagi destinasi wisata gratis di Malaysia yang tidak boleh kamu lewatkan yakni KL Forest Eco Park. Tempat ini merupakan lahan konservasi alam berupa hutan hujan tropis. Warga setempat biasa menyebutnya sebagai Bukit Nanas. Hal tersebut karena dulunya KL Forest Eco Park merupakan kebun nanas yang dijadikan benteng untuk menghalau musuh.

Setidaknya, hutan ini menjadi rumah bagi 223 jenis tanaman, 12 spesies mamalia, dan 25 jenis unggas. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan aneka fauna dan flora tersebut. Untuk itu, sebaiknya kamu datang ke objek wisata yang ada di Jalan Raja Chulan ini pada bulan Juli–Desember.

5. Batu Caves

Photo credit: Shutterstock

Satu lagi objek wisata gratis Malaysia yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Batu Caves. Tempat wisata yang satu ini memadukan wisata alam dengan wisata religi. Di Batu Caves, kamu akan menemukan bukit batu dengan beberapa gua batu dan kuil Hindu. Batu Caves dihuni oleh beragam fauna khas seperti laba-laba, kelelawar, dan monyet berekor panjang. Namun, kamu harus berhati-hati karena monyet-monyet ini sering mengganggu.

Perlu kamu ingat, Batu Caves berjarak sekitar 13 km dari Kuala Lumpur. Kamu bisa ke objek wisata ini menggunakan kereta komuter dengan tarif kurang lebih 2 RM. Tentunya, transportasi tersebut jauh lebih hemat jika dibandingkan menggunakan taksi atau bus.

***

Bujet terbatas bukan berarti kamu tidak bisa liburan. Malaysia menjadi salah satu negara yang pas untuk rencana liburan alabackpackerkamu. Dengan mengunjungi 5 wisata gratis tersebut,backpackerke Malaysia pun bisa tetap menyenangkan tanpa menekan pengeluaran selama berlibur.Happy holiday!

Baca juga17 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Cocok Untuk Liburan
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan