17 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Cocok Untuk Liburan

Malaysia bisa menjadi destinasi pilihan bagi kamu yang ingin mencoba perjalanan ke luar negeri untuk pertama kali. Selain jaraknya dekat, liburan pun akan lebih menyenangkan karena tak ada kendala bahasa. Berbagai moda transportasi bisa didapat dengan mudah dan murah,sehingga kamu akan nyaman saat di perjalanan.

Ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, memiliki banyak tempat wisata, belanja, sejarah hingga kuliner yang menarik untuk kamu eksplor. Bagi yang berencana pelesiran, ada baiknya kamu menyimak ulasan rekomendasi tempat wisata di Kuala Lumpur berikut ini:

Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas
Menara Kembar Petronas (Sumber: Shutterstock)

Liburan ke Kuala Lumpur terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi Menara Kembar Petronas (KLCC/Kuala Lumpur City Central). Di sini, kamu bisa berfoto dengan latar menara kebanggaan warga lokal itu. Setelah puas dengan hasil foto, coba nikmati pemandangan Kuala Lumpur dari Sky Bridge (jembatan penghubung kedua menara) di lantai 41 dan observatory deck di lantai 86 dengan membayar tiket masuk sebesar RM84.80 (dewasa) dan RM32 (anak-anak).

Bila kamu liburan bersama si kecil, pastikan pula mengunjungi Petrosains di lantai 4. Petrosains merupakan tempat belajar tentang sains dan teknologi dengan cara yang menyenangkan untuk anak-anak. Kamu perlu membayar tiket masuk sebesar RM30 (dewasa) dan RM18 (anak-anak).

Spot favorit saya adalah KLCC Park yang terletak di bagian belakang KLCC atau bagian depan Mall Suria KLCC. Ada taman tropis yang rindang, serta danau buatan dengan atraksi air mancur menari. Tak hanya itu, banyak pula pengunjung yang memanfaatkan fasilitas ini untuk berfoto, bersantai, bahkan jogging.

Akses terdekat:

  •         LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun KLCC (KJ 10)
  •         Bus KL Hop On-Hop Off, turun di KLCC Garden Park.

Batu Caves

Batu Caves
Batu Caves (Sumber: Shutterstock)

Bagi yang belum tahu, Batu Caves merupakan tempat ibadah umat Hindu Tamil yang terletak di dalam gua bukit batu kapur kawasan Gombak, Selangor. Yang membuat tempat ini menarik adalah hiasan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia (42,7 meter) yang berlapis emas. Ada juga Temple Cave yang merupakan gua utama yang bisa dicapai dengan menaiki 272 anak tangga.

Siapa saja bisa mengunjungi kuil ini secara gratis asalkan mengenakan pakaian yang sopan. Kamu pun dapat melihat prosesi ibadah di kuil secara langsung. Bila kamu menyukai olahraga ekstrem, cobalah mengunjungi Dark Cave (sebelum Temple Cave) untuk ikut tur edukasi mengeksplor gua. Kamu hanya perlu membayar RM35 (dewasa) dan RM28 (anak-anak di atas 12 tahun).

Akses terdekat: KTM Komuter jalur Seremban – Batu Caves dari KL Sentral, turun di stasiun Batu Caves (paling terakhir).

Dataran Merdeka

Dataran Merdeka
Dataran Merdeka (Sumber: Shutterstock)

Bagi yang ingin berwisata sejarah, Dataran Merdeka adalah destinasi yang tepat. Lapangan ini cukup bersejarah bagi warga setempat karena menjadi saksi bisu pengibaran bendera Federasi Malaysia untuk pertama kali, sekaligus tanda lepasnya Malaysia dari jajahan Inggris pada 31 Agustus 1957. Pasca kejadian itu, Dataran Merdeka menjadi tempat memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia.

Hanya melihat lapangan mungkin terasa membosankan. Tapi, di kawasan ini terdapat banyak objek wisata yang bisa dinikmati gratis. Di antaranya adalah Masjid Jamek, Katedral St. Mary the Virgin, Museum Musik, hingga tulisan “I Love KL” yang menjadi spot berfoto wisatawan.

Ada pula KL City Gallery yang mengharuskan setiap pengunjung membayar tiket sebesar RM5. Isinya cukup menarik, kamu bisa melihat miniatur suasana Kuala Lumpur tempo dulu, sejarah Kuala Lumpur, dan sebagainya.

Akses terdekat:

  •         LRT Kelana Jaya Line, turun di Stasiun Masjid Jamek
  •         Bus Hop On-Hop Off yang melewati Dataran Merdeka.

Gedung Sultan Abdul Samad

Gedung Abdul Sultan Samad
Gedung Abdul Sultan Samad (Sumber: Shutterstock)

Tepat di depan Dataran Merdeka, kamu bisa melihat bangunan tua bergaya Maroko. Gedung Sultan Abdul Samad memiliki ciri khas kubah dari tembaga dan dinding bata mata. Selain itu, ada pula menara jam di bagian tengah gedung, sehingga membuat bangunan ini disebut Big Ben-nyan Malaysia.

Arsitekturnya yang unik membuat gedung ini menjadi objek fotografi di kalangan turis. Kamu bisa berfoto di depan gedung, sambil mengagumi pesona Gedung Sultan Abdul Samad yang menawan.

Akses terdekat:

  •         LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun Masjid Jamek
  •         Bus Hop On-Hop Off yang lewat  Dataran Merdeka

Bukit Bintang

Bukit Bintang
Bukit Bintang (Sumber: Shutterstock)

Kawasan lain yang wajib kamu sambangi adalah Bukit Bintang. Banyaknya pusat perbelanjaan yang diisi outlet-outlet merek ternama menjadikan Bukit Bintang sebagai “surga” pencinta belanja di Kuala Lumpur. Selain itu, di sepanjang kawasan elite ini juga terdapat banyak hotel berbintang, kafe, hingga tempat hiburan.

Meskipun begitu, kamu masih bisa menjumpai pedagang kaki lima yang menjual suvenir khas dengan harga murah. Makanya, kawasan ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan dari berbagai kalangan.

Akses terdekat: Monorail, turun di Stasiun Bukit Bintang.

Menara KL

Menara KL / KL Tower
Menara KL (Sumber: Shutterstock)

Bangunan lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Menara Kuala Lumpur atau KL Tower. KL Tower sebenarnya merupakan menara telekomunikasi, namun juga menawarkan beragam kegiatan untuk wisatawan. Jika memiliki bujet lebih, tidak ada salahnya untuk melihat pemandangan Kuala Lumpur menggunakan teropong observasi di observation deck. Bila tertarik, kamu harus membayar RM52.

Aktivitas lain yang perlu dicoba adalah menantang keberanian di Sky Box. Dengan membayar tiket RM105, kamu bisa kamu bisa melihat pemandangan sekeliling kota 360 derajat dalam ruangan berkaca transparan. Selain itu, ada pula XD Teather, F1 Simulator, Mini Zoo, dan Blue Coral Museum yang digabungkan dalam satu paket seharga RM110.

Akses terdekat:

  •         LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun Dang Wangi
  •         Monorail, turun di Stasiun Bukit Nanas.

Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur Bird Park
Kuala Lumpur Bird Park (Sumber: Shutterstock)

Bagi yang bosan dengan objek wisata berupa gedung, Kuala Lumpur juga menawarkan atraksi seperti Kuala Lumpur Bird Park. Dengan luas area 20,9 hektar, taman burung ini diklaim sebagai taman burung terbesar di dunia. Lokasinya juga berada di pusat kota, sehingga mudah ditempuh dengan transportasi umum.

Taman yang dilengkapi pohon besar, sungai, dan burung-burung yang terbang bebas akan membuat kamu seperti berada di hutan alami. Selain itu, kamu juga dapat menonton pertunjukan di amfiteater, memberi makan, hingga foto bersama burung. Cukup dengan membayar RM50 (dewasa) dan RM41 (anak-anak), liburan ke Kuala Lumpur Bird Park akan menjadi pengalaman berkesan.

Akses terdekat:     

  •         Bis RapidKL nomor B101 atau B112, turun di Dayabumi Complex
  •         KTM Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur
  •         Bus Hop On-Hop Off, turun di terminal No 14.

Kuala Lumpur Butterfly Park

 

Kuala Lumpur Butterfly Park
Kuala Lumpur Butterfly Park (Sumber: Shutterstock)

Setelah puas bermain di taman burung, Kuala Lumpur Butterfly Park juga harus kamu kunjungi. Tempat wisata ini berada satu kawasan dengan Kuala Lumpur Bird Park, dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jika mau ke sini, siapkan uang untuk tiket masuk sebesar RM22 (dewasa) dan RM11 (anak-anak).

Dalam area yang luas, taman kupu-kupu ini memiliki suasana yang asri dan sejuk. Tak hanya anak-anak, kamu juga pasti senang bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu beterbangan dengan indah maupun yang sudah diawetkan. Selain itu, Kuala Lumpur Bird Park juga memiliki museum serangga dan toko cinderamata.

Akses terdekat:     

  •         Bis RapidKL nomor B101 atau B112, turun di Dayabumi Complex
  •         KTM Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur.

Masjid Negara

Masjid Negara Kuala Lumpur
Masjid Negara (Sumber: Shutterstock)

Sebagai negara Islam, banyak masjid di Kuala Lumpur sangat menarik untuk dikunjungi dalam rangka berwisata. Bukan sekadar untuk beribadah, kamu juga dapat mengagumi arsitektur dan mempelajari sejarah masjid. Hal inilah yang membuat Masjid Negara tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan, bukan hanya umat Islam saja.

Masjid Negara adalah masjid kebanggan warga Malaysia. Masjid yang mampu menampung hingga 15.000 jamaah ini memiliki desain modern dan megah yang dipadukan dengan ciri adat budaya Melayu Islam Malaysia. Tak hanya indah, Masjid Negara juga dikelilingi oleh taman yang ditata rapi.

Akses terdekat:

  •         KTM Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur
  •         LRT jalur Kelana Jaya, turun di Pasar Seni.

Istana Negara

Istana Negara Kuala Lumpur
Istana Negara Kuala Lumpur (Sumber: Shutterstock)

The King’s Palace atau yang dikenal dengan Istana Negara merupakan tempat tinggal raja Malaysia. Bangunan ini berada di atas sebuah bukit di Jalan Duta. Meskipun Istana Negara tidak terbuka untuk umum, kamu bisa menikmati kawasan istana dan mengagumi arsitektur bangunannya dari sela-sela pagar.

Istana Negara memiliki unsur arsitektur campuran Melayu, Eropa, dan Islam dengan kubah emas. Spot favorit wisatawan untuk berfoto adalah di depan gerbang utama yang memiliki kaligrafi berwarna emas. Namun, daya tarik utama bangunan ini adalah atraksi pergantian pasukan penjaga Istana Negara yang mengenakan pakaian tradisional khas Melayu setiap dua jam sekali.

Akses terdekat:

  •         Monorail, turun di stasiun Tun Sambanthan
  •         Bus Hop On-Hop Off yang melewati Istana Negara.

Berjaya Times Square Theme Park

Berjaya Times Square Park
Berjaya Times Square Park (Sumber: Shutterstock)

Cobalah bersenang-senang sejenak dengan mengunjungi Berjaya Times Square Theme Park. Tamah hiburan indoor terbesar di Malaysia ini terletak di lantai 5 pusat perbelanjaan Berjaya Times Square, kawasan Bukit Bintang. Jika ingin masuk ke Berjaya Times Square Theme Park, setiap orang dewasa akan dikenakan tiket RM60 dan anak-anak di bawah 12 tahun sebesar RM50.

Di sini, kamu dapat mencoba aneka wahana seru yang terbagi menjadi dua kawasan dengan tema berbeda, yaitu Fantasy Garden dan Galaxy Station. Fantasy Garden berisikan wahana bermain dan belajar untuk anak-anak. Sementara itu, kamu bisa menguji adrenalin di wahana ekstrem Galaxy Station. Dengan begini, Berjaya Times Square Theme Park cocok untuk wisatawan segala usia.

Akses terdekat: Monorail, turun di stasiun Imbi.

Sungai Wang

Sungai Wang Plaza
Sungai Wang Plaza (Sumber: Wikimedia)

Tepat di seberang kawasan Bukit Bintang, ada sebuah pusat perbelanjaan yang menawarkan harga terjangkau bernama Sungai Wang. Dibanding beberapa mal lainnya, Sungai Wang Plaza bisa menjadi pilihan kamu yang ingin puas berbelanja. Beragam barang fashion, gadget, perhiasan, hingga oleh-oleh dengan harga miring bisa kamu beli di sini.

Akses terdekat: Monorail, turun di Stasiun Bukit Bintang.

Jalan Alor

Jalan Alor
Jalan Alor (Sumber: Shutterstock)

Jalan Alor merupakan pusat kuliner yang populer di kalangan wisatawan. Layaknya pasar malam, sepanjang jalan ini dipenuhi deretan tempat makan yang menawarkan berbagai kudapan dan sajian lezat khas Melayu, aneka seafood, juga beragam makanan dari Thailand, China, India, dan Timur Tengah. Harga makanan di sini pun relatif murah, sehingga kamu akan puas mencoba semuanya.

Datanglah ke Jalan Alor pada malam hari. Kemeriahan lampion, serta pemandangan orang berlalu lalang dan pedagang yang sibuk menjadi daya tarik tersendiri untuk kamu yang berwisata kuliner di sini.

Akses terdekat: Monorail, turun di Stasiun Bukit Bintang, lalu berjalan kaki ke arah Raja Chulan.

Jalan Petaling

Jalan Petaling
Jalan Petaling (Sumber: Shutterstock)

Rasanya kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh saat pulang berwisata. Mampirlah dulu ke Jalan Petaling yang dikenal sebagai kawasan Pecinan atau Chinatown di Kuala Lumpur. Kamu bisa menemukan banyak produk yang bisa dijadikan oleh-oleh, mulai dari tas, pakaian, jam tangan, gantungan kunci, hingga miniatur Twin Tower dengan harga murah asalkan kamu pandai menawar harga.

Selain menjadi destinasi belanja murah, ada banyak hostel dan hotel bujet bertarif murah di kawasan ini. Di sepanjang jalan pun, kamu bisa menjumpai tempat makan mulai dari warung makan biasa, kafe, restoran, dan food court yang menawarkan berbagai makanan lezat.

Akses terdekat: LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun Pasar Seni.

Jalan Bangsar

Jalan Bangsar
Jalan Bangsar (Sumber: Shutterstock)

Jalan Bangsar merupakan kawasan yang dipenuhi kafe, bar dan restoran kekinian. Selain menawarkan makanan enak, tempatnya juga nyaman dan menarik. Di kawasan inilah anak muda sering menghabiskan waktu senggang bersama teman-teman atau sekadar mencari udara segar.

Jika kamu berencana ke sini, cobalah mampir ke Antipodean Cafe. Menu sarapan menjadi andalan kafe yang tak pernah sepi pengunjung ini. Pastikan untuk memesan Big Breakfast atau All Day Breakfast dengan porsi jumbo yang cocok untuk menemani kamu bersantai setelah lelah menjelajahi Kuala Lumpur. Ada pula PULP By Papa Palheta menawarkan berbagai menu kopi, dessert, dan cake yang tak akan mengecewakanmu di kala bersantai.

Akses terdekat: LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun Bangsar.

Kuil Sri Maha Mariamman

Sri Maha Mariamman
Sri Maha Mariamman (Sumber: Shutterstock)

Tak jauh dari kawasan Pecinan di Jalan Petaling, kamu bisa menemukan Kuil Sri Maha Mariamman. Bangunan dengan arsitektur khas kolonial ini berada di Jalan Tun H.S. Lee. Kuil tertua di Kuala Lumpur ini gopuram (menara pintu masuk) yang bertingkat dan mewah karena dihiasi patung dewa-dewi kepercayaan Hindu Tamil.

Gaya arsitektur bangunan yang unik membuat kuil Sri Maha Mariamman menjadi daya tarik untuk objek foto para wisatawan. Kamu juga diperbolehkan masuk secara gratis asalkan menghormati adab dan peraturan yang diterapkan oleh pihak kuil.

Akses terdekat: LRT jalur Kelana Jaya, turun di Pasar Seni.

Taman Tasik Perdana

Taman Tasik Perdana
Taman Tasik Perdana (Sumber: Shutterstock)

Kuala Lumpur juga memiliki taman kota yang indah untuk dijelajahi. Coba saja ke Taman Tasik Perdana yang berada di Jalan Kebun Bunga. Taman ini yang cocok menjadi tempat pelarian dari suasana hiruk-pikuk kota. Kamu bisa berjalan kaki dari Masjid Negara maupun Dataran Merdeka. Kamu tak akan bosan ke sini karena Taman Tasik Perdana memiliki objek wisata yang menarik.

Museum Memorial Tun Abdul Razak (Perdana Menteri Malaysia yang kedua), Planetarium Negara, dan area bermain anak bisa kamu nikmati secara gratis. Selain itu, jangan lupa kunjungi Orchid Garden yang menyimpan berbagai koleksi anggrek yang cantik.

Akses terdekat: Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur.

Sudah tak sabar ingin melihat keunikan tempat wisata yang ditawarkan oleh ibu kota Malaysia ini? Yuk, persiapkan rencana liburan dengan keluarga dalam waktu dekat ini! Bagikan juga tulisan ini ke teman-teman terdekat, siapa tahu mereka tertarik untuk pergi ke Malaysia juga bersama keluarganya!

 

16 Shares
Share16
Pin
Share
Tweet
+1