6 Wisata Kuliner Batu Malang Ini Dijamin Bikin Ketagihan

6 Wisata Kuliner Batu Malang Ini Dijamin Bikin Ketagihan

Jika warga Jakarta suka menghabiskan waktu akhir pekan di Bandung, maka warga Surabaya pergi ke kawasan Batu Malang untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Selain karena kondisi udara yang sejuk dan banyaknya tempat wisata, Kota Batu juga menawarkan pengalaman wisata kuliner yang memuaskan.

Aneka jenis kuliner bisa kamu temukan di Kota Apel ini. Mulai dari makanan berat seperti nasi pecel, hingga kuliner malam bisa kamu coba bersama teman ataupun keluarga. Inilah daftar rekomendasi tempat wisata kuliner Batu Malang yang wajib kamu datangi!

1. Pos Ketan Legenda Alun-alun Batu

oleh-oleh dari batu malang
Photo credit: @mblakrakkulinersby (Instagram)

Ketan sebenarnya merupakan makanan tradisional. Namun, kini banyak yang melakukan inovasi sehingga ketan menjadi makanan yang kekinian. Nah, kamu bisa menikmati ketan kekinian ini jika berkunjung ke Kota Batu, Malang. Di kota ini kamu bisa menemukan Pos Ketan Legenda, franchise yang menjual ketan sejak 1967.

Salah satu cabangnya yang paling terkenal berada di sebelah selatan Alun-alun Batu. Menu ketan yang tersedia sangat beragam, mulai dari ketan polos, ketan durian, hingga ketan ayam pedas yang gurih. Harga makanannya mulai dari Rp7.000 Rp15.000. Jika tergiur untuk mencobanya, Pos Ketan Legenda Alun-alun Batu beroperasi pukul 09:00 02:00.

2. Sate Hotplet

oleh-oleh dari batu malang
Photo credit: @afterworking (Instagram)

Kota Batu memang gudangnya makanan unik. Banyak jenis makanan yang mungkin tidak akan kamu temukan di kota lain. Salah satunya adalah Sate Hotplet di Jalan Pattimura No 40. Tempat  ini menyajikan beraneka sate. Menariknya, sate di sini disajikan menggunakan hotplate sehingga sate bisa tetap hangat.

Untuk menu sate, harganya berkisar mulai dari Rp27.000 hingga Rp38.000. Ada pula menu lain yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp5.000 hingga Rp75.000. Datanglah pukul 08:00 21:00 setiap harinya untuk mencicipi kenikmatannya.

3. Rumah Sosis

oleh-oleh dari batu malang
Photo credit: @etnawardani (Instagram)

Jika kamu berkunjung ke Batu Night Spectacular (BNS), sempatkanlah untuk mampir ke Rumah Sosis. Jarak tempuh dari BNS ke Rumah Sosis hanya memakan waktu sekitar 1 menit. Hidangan andalan Rumah Sosis berupa sosis beraneka rasa dan ukuran. Menu yang paling menarik adalah Dragon Sosis dengan panjang hingga 42 cm. Harganya sendiri berkisar Rp15.000 Rp85.000.

Setiap harinya, kamu bisa datang ke Rumah Sosis mulai pukul 10:00 hingga 19:00. Namun, khusus hari Jumat dan Sabtu, Rumah Sosis buka lebih lama hingga pukul 21.00. Jadi, jangan sampai kehabisan ya!

4. Ria Djenaka

oleh-oleh dari batu malang
Photo credit: @unclefoodies (Instagram)

Ria Djenaka merupakan sebuah tempat makan yang memiliki interior khas tempo dulu. Di Malang, ada dua cabang Ria Djenaka. Pertama ada di Jalan Bandung, Kota Malang dan kedua di Jalan Raya Beji, Kota Batu. Keduanya memiliki lokasi yang cukup strategis sehingga mudah diakses oleh beragam moda transportasi.

Jam operasionalnya pun tergolong panjang. Khusus cabang Batu jam operasionalnya 24 jam nonstop. Menu makan yang disajikan tempat makan ini sangat beragam, mulai dari hidangan nusantara, aneka sup dan salad, makanan fusion, hingga piza. Harganya pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000 hingga Rp50.000.

5. Warung Wareg

oleh-oleh dari batu malang
Photo credit: @amazingindonesiafood (Instagram)

Meskipun namanya “warung”, Warung Wareg ternyata tidak sekecil warung makan kebanyakan. Warung Wareg justru berukuran besar seperti restoran. Tempat makan ini terletak di Jalan Ir. Soekarno yang merupakan jalan utama untuk menuju Batu dari Malang dan sebaliknya. Jam operasionalnya mulai dari pukul 09:30 21:30 setiap harinya.

Menu andalannya berupa olahan ikan, seperti nila bakar dan goreng. Harga makanannya sendiri dipatok mulai dari Rp5.000 hingga Rp55.000, sedangkan minumannya mulai dari Rp3.000 hingga Rp12.000 saja.

6. Rumah Susu KUD Ganesha

oleh-oleh dari batu malang
Photo credit: @rumahsususudiro (Instagram)

Ingin menikmati hangatnya susu sapi murni di tengah dinginnya suhu Kota Batu? Kamu bisa datang ke Rumah Susu KUD Ganesha di Jalan Kartini. Di sini, tersedia beraneka susu sapi mulai dari susu murni, susu beraneka rasa, hingga susu telur madu jahe (STMJ) yang hangat.

Kamu bisa datang ke sini setiap harinya mulai pukul 08:00 21:00. Harganya sendiri menyesuaikan ukuran kemasan. Untuk botol kecil (330 cc) dihargai Rp5.500 dan botol besar 1 liter berharga sekitar Rp27.000.  Jajanan yang cukup menggiurkan, bukan?

***

Dari daftar wisata kuliner di atas, mana yang paling ingin kamu coba saat berkunjung ke Batu nanti? Mengingat udara Batu Malang yang cukup dingin, pastikan kamu membawa pakaian hangat agar petualangan kuliner tidak terganggu ya. Selamat berwisata kuliner di Batu Malang!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1