12 Tempat Makan Enak di Malang untuk Kuliner dan Nongkrong

12 Tempat Makan Enak di Malang untuk Kuliner dan Nongkrong

Saat akhir pekan, warga Jakarta suka berlibur singkat ke Bogor atau Bandung. Begitu pula dengan warga Surabaya yang menjadikan Malang sebagai destinasi liburan favorit. Selain karena hawanya yang sejuk, Malang juga dipilih sebagai salah satu destinasi untuk liburan singkat karena punya kuliner unik dan lezat yang membuat banyak orang penasaran.

Tidak susah menemukan tempat makan enak di Malang karena jumlahnya yang banyak. Namun, bagi yang bingung harus memulai perjalanan wisata kuliner di Malang, kamu bisa menentukan tempat makan enak di Malang berdasarkan rekomendasi berikut ini:

Bakso President

(Sumber: @jonet_wicaksana)

Salah satu kuliner khas Malang adalah bakso, terutama bakso bakar. Kamu bisa menemukan kedai bakso dengan mudah di seluruh penjuru kota. Salah satu yang paling terkenal adalah Bakso President yang sudah berdiri sejak 1977. Kedai bakso ini berada di Jalan Batanghari No 5, letaknya persis di samping rel kereta api sehingga kamu dapat merasakan sensasi makan bakso dengan suasana yang unik.

Ada berbagai jenis bakso yang bisa kamu pilih di Bakso President, mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso telur, bakso goreng, bakso urat, bakso tulang muda, bakso goreng udang, siomai basah, hingga bakso bakar yang menjadi favorit pembeli. Di sini, kamu juga bisa membeli keripik bakso yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang.

Depot HTS

(Sumber: @syuli)

Selain Bakso President, ada juga Depot Han Tjwan Sing (HTS) yang merupakan tempat makan enak di Malang yang legendaris. Berlokasi di Jalan Dr. Wahidin No 123, Kalirejo, Lawang, Depot HTS biasanya menjadi tempat persinggahan wisatawan yang hendak ke Malang dari arah Surabaya. Setiap hari, Depot HTS buka pukul 07:00 – 21:00 WIB.

Menu andalan di tempat makan ini adalah onde-onde. Camilan ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang pas. Selain onde-onde dengan isi kacang hijau, ada juga isian kacang merah dan kelapa.

Jika ingin menikmati makanan berat, kamu wajib memesan rawon merah berisi potongan daging sapi yang empuk dan gurih. Begitu lezat, rawon merah di Depot HTS sudah mendapat banyak ulasan positif dari berbagai media kuliner lho!

Noodle Inc

(Sumber: @noodleinc.malang)

Dari namanya saja, sudah jelas bahwa Noodle Inc menyajikan menu utama berupa mi. Berbagai jenis olahan mi tersedia di tempat makan ini. Kebanyakan pembeli memesan mi tarik ayam atau mi tarik sapi yang memang merupakan menu favorit di Noodle Inc. Tekstur mi sangat lembut dengan kuah bening yang bercampur irisan jamur dan sawi.

Mengusung konsep warehouse, Noodle Inc memiliki suasana yang nyaman untuk digunakan sebagai tempat nongkrong bersama teman-teman atau keluarga. Lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta, DR 1-2. Jika ingin mencoba hidangan mi di sini, kamu bisa datang setiap hari pukul 11:00 – 24:00 WIB.

Warung Lama Haji Ridwan

(Sumber: @fauzan.sudiono)

Jika sedang merasa lapar saat jalan-jalan di Pasar Besar, kamu bisa langsung mampir ke Warung Lama Haji Ridwan. Lokasinya di lantai dasar Pasar Besar Malang unit B15 – 16. Dulunya, usaha kuliner ini hanya berupa dagangan yang dipikul keliling di Pasar Besar. Setelah semakin berkembang, pada tahun 1925 usaha kuliner ini menempati bangunan yang permanen.

Menu di Warung Lama Haji Ridwan berupa makanan rumahan yang lezat. Salah satu menu favorit pembeli adalah sate komoh, yakni sate daging bacem yang diberi bumbu rempah dan cabai. Rasanya mirip seperti bumbu bali, tetapi sedikit lebih manis. Selain sate komoh, kamu juga bisa memesan beragam menu lain seperti ayam panggang bumbu rujak, sate usus sapi, nasi rawon, dan sebagainya.

Tempat makan enak di Malang yang satu ini menawarkan hidangan dengan harga terjangkau. Untuk sate tusuk dihargai Rp5.000, sedangkan nasi gulai sapi dan nasi campur sekitar Rp9.000 – Rp11.000 per porsi. Jika ingin mencicipi hidangan di Warung Lama Haji Ridwan, datanglah sekitar 08:00 – 16:00 WIB.

Depot Tahu Lontong Lonceng

(Sumber: @sbykulinerinfo)

Sejak dulu, kawasan Kota Lama Malang menjadi sentra pertokoan. Di tengah-tengah bangunan tersebut, terdapat sebuah depot sederhana yang telah berdiri sejak 1935 bernama Depot Tahu Lontong Lonceng. Tempat makan ini menjadi salah satu kuliner legendaris di Malang hingga kini. Lokasinya berada di Jalan Laksamana Martadinata No 66.

Menu andalan depot ini adalah tahu telur lontong. Penyajian hidangan ini adalah sambal petis diletakkan di dasar piring, lalu diberi irisan lontong. Setelah itu, hidangan ditaburi dengan tahu telur.  Selain tahu telur lontong, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti tahu telur nasi dan tahu lontong biasa. Harga satu porsi hidangan ini hanya Rp8.000.

Setiap harinya, Depot Tahu Lontong Lonceng buka pukul 10:00 – 22:00 WIB. Khusus pada hari Minggu, depot milik Bapak Abdulrohim ini buka pukul 16:00 – 22:00 WIB.

Rumah Makan Cairo

(Sumber: @rmcairo_batu)

Bagi pecinta makanan Timur Tengah, kamu bisa datang ke Rumah Makan Cairo di Jalan Kapten Tendean 1. Sejak awal berdiri pada 1953, tempat makan enak di Malang ini memang menjadikan daging kambing sebagai bahan utama dari setiap menu yang ditawarkan. Sebut saja sate, gulai, krengsengan, nasi kebuli, nasi mandhi, nasi briyani, dan tentunya kambing guling.

Olahan daging kambing di Rumah Makan Cairo sama sekali tidak berbau, dengan tekstur daging yang gurih dan lembut. Jika kamu mencari makanan ringan, pesan saja roti maryam atau martabak telur. Tersedia pula susu kambing murni untuk pendamping makananmu. Datanglah sekitar 08:00 – 22:00 WIB untuk menikmati hidangan khas Timur Tengah di sini.

Mie Gajah Mada

(Sumber: @fransprabowo)

Selain Noodle Inc, ada lagi satu tempat makan enak di Malang yang menyajikan menu utama berupa mi, yakni Mie Gajah Mada. Dari berbagai olahan mi yang ditawarkan, menu andalannya adalah mi ayam jamur. Satu porsi terdiri dari mi, potongan jamur, daging ayam suwir, sawi, serta taburan bawang goreng dan daun bawang. Tak ketinggalan kuah bening yang gurih.

Mie Gajah Mada berada di Jalan Pasar Besar 17A. Setiap harinya, depot ini buka pukul 09:00 – 14:30 WIB, tutup sebentar, lalu buka kembali pukul 17:00 – 21:00 WIB. Tapi, khusus di hari Minggu, Mie Gajah Mada hanya buka pukul 09:00 – 14:30 WIB.

Puthu Lanang Celaket

(Sumber: @cebesss)

Bagi yang ingin menikmati jajanan enak di Malang, Puthu Lanang Celaket harus ada dalam daftar kulinermu. Di sini, kamu bisa membeli jajanan pasar seperti putu, lupis, cenil, dan sejenisnya. Aneka makanan ini disajikan di atas daun pisang yang kemudian disiram gula merah cair dan ditaburi kelapa parut.

Jika tertarik mencicipi jajanan Puthu Lanang Celaket, kamu bisa langsung datang ke Jalan Jaksa Agung Suprapto, tepatnya di ujung gang. Salah satu kuliner legendaris di Malang sejak 1935 ini buka pukul 17:30 – 22:00 WIB.

Angsle dan Ronde Titoni

(Sumber: @irwanirsyadi)

Jika ingin berwisata kuliner pada malam hari, kamu wajib mampir ke Angsle dan Ronde Titoni di Jalan Zainul Arifin, tepat di depan toko jam Titoni dan tidak terlalu jauh dari alun-alun kota. Setiap harinya, Angsle dan Ronde Titoni buka pukul 17:00 – 23:30 WIB.

Perlu diketahui bahwa angsle dan ronde tidaklah sama. Kuah angsle terbuat dari santan, dengan isian yang lebih banyak seperti potongan roti tawar, kacang hijau rebus, kacang tanah sangrai, dan petulo (kembang mayang). Sementara itu, ronde berisi kacang tanah sangrai, jenang mutiara, potongan kelapa muda, dan moci isi kacang. Isian ronde akan disiram dengan air jahe panas tanpa santan.

Orem-orem khas Arema

(Sumber: @foodnotestories)

Orem-orem adalah sejenis makanan berbahan dasar tempe. Irisan tempe sajikan dengan potongan ketupat dan taoge, lalu disiram kuah santan. Rasanya mirip seperti sayur lodeh, tetapi sedikit lebih pedas. Biasanya, warga Malang memakan orem-orem dengan tempe goreng sebagai pelengkap.

Ada banyak penjual orem-orem di Malang. Salah satu yang sudah terkenal akan kelezatan hidangannya adalah Orem-orem khas Arema di Jalan Blitar. Warung makan yang sudah berdiri sejak 1995 ini menjual orem-orem sekitar Rp7.000 – Rp10.000 per porsi. Cukup terjangkau, bukan?

Pecel Kawi

(Sumber: @pecelkawi)

Jika kamu menginap di Malang, sempatkan untuk menyantap sarapan Pecel Kawi di Jalan Kawi Atas No 43B. Kabarnya, Pecel Kawi sudah ada sejak 1979 dan selalu ramai pembeli hingga sekarang. Pecel Kawi memang terkenal akan bumbu kacang yang gurih dan sedikit lebih kental dari bumbu pecel pada umumnya.

Satu porsi Pecel Kawi terdiri dari nasi putih, sayuran, lauk-pauk, dan bumbu kacang kental dengan rasa yang khas. Tidak ketinggalan, rempeyek gurih dan renyah sebagai pendamping. Kamu juga bisa memilih lauk-pauk sendiri, mulai dari telur goreng, dadar jagung, hingga lele goreng.

Toko Oen

(Sumber: @tokooen)

Sudah puas mengunjungi tempat makan enak di Malang? Kini, saatnya mengakhiri perjalanan kuliner dengan makan dessert di Toko Oen, sebuah kedai es krim legendaris yang sudah ada sejak 1930. Cita rasa es krim di Toko Oen tidak berubah, masih nikmat dengan rasa manis dan tekstur yang lembut. Salah satu rasa es krim andalan Toko Oen adalah tutty fruitty cassata yang terbuat dari buah-buahan dan morkus dengan cita rasa kopi.

Selain es krim, Toko Oen juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng, steak, dan kue kering. Tempat makan ini menghadirkan suasana yang nyaman dengan nuansa tempo dulu. Kamu akan melihat ruangan cukup luas dengan jendela-jendela besar, meja dan kursi rotan, serta sebuah piano tua di salah satu sudut ruangan. Tempat makan yang satu ini sangat asyik untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong!

***

Saat liburan, wisata kuliner sambil bisa melengkapi pengalaman kamu selain wisata alam, sejarah, dan wisata belanja. Dengan berwisata kuliner, kamu bisa mengenal lebih banyak ragam masakan khas dari daerah tertentu, termasuk dari berbagai tempat makan enak di Malang. Dari keduabelas tempat makan di atas, mana yang membuat kamu tergiur untuk segera mencicipi hidangannya? Share, yuk!

43 Shares
Share42
Pin1
Share
Tweet
+1