0

Traveloka Team

11 Jan 2020 - 3 min read

7 Wisata Alam di Magelang Ini Tawarkan Spot Anti Mainstream

Sebagai kota tertua kedua di Indonesia, Magelang memiliki sejarah yang cukup panjang. Tak hanya sejarahnya, kota yang dijuluki sebagai Kota Sejuta Bunga ini juga memiliki daftar wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Selain wisata sejarah, ada banyak wisata alam yang bisa dijadikan alternatif kunjungan selama di sini.

Keberadaan wisata alam tersebut tentu bisa menambah pengalaman berlibur kamu di kota yang berada di provinsi Jawa Tengah ini. Jika berencana untuk mengunjungi wisata alam di Magelang, Traveloka telah merangkum 8 lokasi terbaiknya. Ayo simak selengkapnya!

1. Taman Dewari

Photo credit:@husnanyusuf (Instagram)

Tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk melihat pesona padang bunga matahari. Di Desa Kradenan, Salam, kamu akan menemukan Taman Dewari, sebuah ladang bunga matahari seluas 2.800 meter dengan kurang lebih 8.000 pohon yang bermekaran. Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp5.000 untuk bisa menikmati keindahannya. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga kelestarian bunga matahari di sini ya!

2. Punthuk Mangir

Photo credit:@sulexstr (Instagram)

Tahukah kamu jika Magelang dikelilingi oleh Panca Arga (gugusan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Andong)? Kondisi ini membuat wisata alam di sini cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Punthuk Mangir. Ada banyak spotfoto menarik, seperti rumah pohon, gardu pandang, dan masih banyak lagi. Datanglah mulai pukul 07:00 hingga 17:30 untuk melihat keunikannya.

3. Punthuk Sukmojoyo

Photo credit:@wartamagelang (Instagram)

Punthuk Sukmojoyo adalah salah satu puncak Perbukitan Menoreh. Dengan ketinggian sekitar 500 mdpl, tempat ini adalah spotyang tepat untuk melihat keindahan Magelang. Umumnya, pengunjung datang untuk melihat pesonasunrisedi sini. Tak ketinggalan, keberadaan gazebo yang bisa kamu gunakan untuk piknik atau sekadar bersantai. Bawalah uang sekitar Rp5.000 untuk menikmati keindahan Punthuk Sukmojoyo, ya.

4. Gardu Pandang Silancur

Photo credit:@bdrk97 (Instagram)

Bagi pencinta alam, Magelang adalah salah satu destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi. Gardu Pandang Silancur (GPS) pun menjadi lokasi yang tak boleh dilewatkan. Dari gardu pandang ini kamu bisa melihat keindahan Magelang serta pesona Gunung Sumbing. Meski awalnya lokasi ini hanya sebuah ladang sayuran, kini GPS mulai ramai dikunjungi wisatawan. Untuk itu, kamu cukup sediakan Rp5.000 saja untuk membayar tiket masuknya.

5. Pos Mati

Photo credit:@fathoni_yusuf_fahmi2691 (Instagram)

Kamu pemburu keindahansunrise?Datanglah ke Pos Mati di kawasan Kedok, Giritengah. Spot ini menjadi salah satu yang paling menarik untuk dikunjungi. Selain tergolong sepi, kamu pun butuh perjuangan menuju lokasinya karena jalan setapak yang cukup curam. Meski begitu, kamu bisa melihat pemandangan indah Gunung Merapi dan Merbabu. Tertarik untuk melihatnya? Kamu bisa datang mulai pukul 05:00 agar tidak ketinggalan momennya.

6. Curug Silawe

Photo credit:@serbamagelang (Instagram)

Banyak yang belum tahu kalau Magelang punya wisata air terjun yang indah. Padahal, ada Curug Silawe di lereng Gunung Sumbing yang cukup menarik untuk kamu kunjungi. Dengan ketinggian 50 meter, air terjun ini masih cukup alami dan jernih. Kamu dijamin akan menikmati setiap sudut area wisata ini karena dikelilingi pepohonan yang membuat kawasan ini sejuk. Siapkan saja uang Rp10.000 sebagai tiket masuk dan biaya parkir di sini.

7. Gunung Andong

Photo credit:@gunungandong (Instagram)

Bagi pendaki pemula, Gunung Andong tentu bisa menjadi opsi terbaik. Selain karena memiliki ketinggian yang terjangkau (1726 mdpl), jalur pendakiannya pun tergolong landai dan aman. Setidaknya, kamu hanya butuh waktu sekitar 1,5–2 jam saja untuk sampai puncak Andong. Agar perjalanan tetap aman dan seru, bawalah perbekalan secukupnya. Namun, ingatlah untuk membawa kembali sampah yang kamu hasilkan ya!

***

Menawarkan beragam wisata alam yang indah, berkunjung ke Magelang patut dipertimbangkan bukan? Berbagai aktivitas menarik mulai dari menikmati keindahan taman bunga,sunset,dansunrisemembuat wisata ke kota dengan slogan pariwisata“The Nail of Java”ini sangat sayang jika dilewatkan. Jadi, ayo segera luangkanlah waktu kamu untuk berkunjung ke aneka wisata alam di Magelang!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan