Ini 7 Oleh-Oleh Khas Madura yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Ini 7 Oleh-Oleh Khas Madura yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Terletak di pesisir utara Jawa Timur, Pulau Madura dikelilingi oleh laut lepas dengan pantai-pantai yang indah. Tak heran, jika banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sana. Jika kamu berencana untuk berkunjung, tak ada salahnya untuk menyiapkan rencana perjalanan. Dengan begitu, penjelajahan di Madura akan semakin menyenangkan.

Setelah puas berkeliling, akan sayang jika kamu pulang dengan tangan kosong bukan? Tak perlu khawatir, Madura punya beragam pilihan oleh-oleh menarik untuk kamu bawa pulang. Beberapa di antaranya bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Sambal petis

oleh oleh khas madura
Photo credit: @thisall_shop (Instagram)

Sambal Petis tentu jadi bintang utama dalam daftar oleh-oleh khas Madura yang selalu diburu wisatawan. Berbeda dari sambal petis pada umumnya, sambal petis khas Madura memiliki warna yang lebih cokelat. Memiliki cita rasa gurih dan asin, sambal petis bisa dipakai sebagai bahan pembuat rujak atau dimakan langsung sebagai pengganti sambal uleg. Siapkan saja bujet sekitar Rp5.000 – Rp10.000 untuk membeli sambal ini di pusat oleh-oleh Madura.

2. Batik Sumenep

oleh oleh khas madura
Photo credit: @jauharichomsiahnor (Instagram)

Tak hanya Jogja, di Madura kamu juga bisa menemukan kain batik bermotif biota laut yang khas. Dinamakan Batik Sumenep, oleh-oleh khas Madura yang satu ini dijual mulai harga Rp150.000 hingga jutaan rupiah. Perbedaan harga batik Sumenep ini dipengaruhi dari merek, bahan, serta desain yang dipilih. Semakin langka desain batik pilihan kamu, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Tertarik untuk membelinya?

3. Otok

oleh oleh khas madura
Photo credit: @toko_oleh2madura (Instagram)

Oleh-oleh khas Madura bernama otok ini pada dasarnya merupakan camilan yang terbuat dari kacang tunjang atau kacang panjang. Kamu bisa menemukan penjual otok dengan mudah di wilayah Pamekasan. Harga otok kemasan 500 gram hanya dipatok seharga Rp15.000 saja. Cita rasa pedas, manis, dan gurih yang khas dijamin bikin kamu ketagihan dengan camilan khas Madura ini.

4. Buah siwalan

oleh oleh khas madura
Photo credit: @eqhapo89 (Instagram)

Dikelilingi oleh banyak pantai-pantai cantik, kamu tentu akan menemukan buah siwalan yang cukup unik ini. Berbeda dari buah kelapa, buah siwalan memiliki lapisan kulit berwarna cokelat kehitaman dengan ujung pangkal berwarna hijau. Dengan tekstur kenyal, buah ini menghasilkan rasa manis dan segar. Jadi, pastikan kamu mencicipi dan membelinya sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke pantai di Madura ya.

5. Legen

oleh oleh khas madura
Photo credit: @yudhiaidilputra (Instagram)

Oleh-oleh di Madura berupa minuman segar legen ini juga wajib kamu bawa pulang. Legen sendiri merupakan air yang diambil dari buah siwalan. Agar menghasilkan kesan segar, sebaiknya kamu meminumnya dengan tambahan es batu. Selain menyegarkan, legen juga diketahui kaya manfaat terutama dalam meningkatkan kualitas produksi sperma laki-laki. Untuk mencobanya, kamu bisa membeli 1 liter legen seharga Rp10.000.

6. Macho

oleh oleh khas madura
Photo credit: @camilanmadura12 (Instagram)

Macho juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh menarik sepulang dari Madura. Pada dasarnya, camilan ini terbuat dari beras ketan yang dicampurkan dengan gula merah. Jadi, tak heran jika penggemar macho sebagian besar adalah anak-anak yang cenderung menyukai jajanan manis. Untuk membawa pulang Macho ini kamu hanya perlu menyiapkan bujet Rp20.000 saja. Oleh-oleh yang cukup terjangkau, bukan?

7. Terasi

oleh oleh khas madura
Photo credit: @jaddidstore (Instagram)

Bagi sebagian besar masyarakat pulau Jawa, terasi merupakan penyedap alami dalam pembuatan sambal. Nah, terasi di Madura ini memiliki aroma yang sangat khas karena terbuat dari udang rebon pilihan. Jika tertarik, kamu bisa menemukan penjual terasi di kawasan Sumenep. Untuk terasi kualitas super, harganya dibanderol antara Rp60.000 – Rp70.000, sementara terasi madura dengan kualitas sedang bisa kamu beli dengan harga Rp30.000 saja.

***

Setelah mengetahui 7 oleh-oleh khas Madura tadi tentu kamu tak ingin pulang dengan tangan kosong lagi, bukan? Jangan ragu untuk menawar harga jika membeli dalam jumlah banyak. Siapkan pula uang tunai yang cukup agar tidak kesulitan mencari mesin ATM di sana. Selamat berlibur!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1