Keindahan Budaya dan Alam Lombok Ini Bakal Bikin Kamu Makin Takjub terhadap Indonesia!

Di bulan kemerdekaan, mengapa tak coba jelajahi destinasi baru yang belum kamu kunjungi di negeri tercinta ini, negeri yang terkenal dengan kekayaan dan pesona alamnya? Jika disuruh memilih mana yang paling bagus, pasti sulit, karena tiap pulau punya karakter dan keunikan masing-masing. Begitu pula dengan pulau satu ini, yang belakangan mulai meroket sebagai tujuan wisata populer bagi turis dalam maupun luar negeri, Pulau Lombok.

Baca juga: Mau Makan Kenyang Tapi Dompet Aman di Bali? 5 Tempat Ini Jawabannya!.

Salah satu pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini terkenal memiliki panorama alam yang indah, dan belum terlalu ramai sesak oleh turis. Di Lombok, kamu bisa menemukan pesona bawah laut yang cantik, pantai eksotis dengan lanskap pasir putih menawan, hingga kuliner lezat dan nikmat. Nah, sebagai inspirasi berlibur sekaligus untuk lebih mengenali warna-warni negeri sendiri, kami rangkum enam hal yang bikin Lombok menjadi destinasi tepat untuk kamu kunjungi pada long weekend mendatang:

1. Menikmati salah satu pesona bawah laut Indonesia di sekitar tiga Gili

Tak perlu  menyelam, kamu bisa menemukan keindahan pesona bawah laut dekat tiga Gili dengan snorkeling (Foto: Shutterstock)
Tak perlu  menyelam, kamu bisa menemukan keindahan pesona bawah laut dekat tiga Gili dengan snorkeling (Foto: Shutterstock)

Sebagai negeri maritim, Indonesia memiliki kekayaan laut yang luar biasa. Salah satu buktinya ada di Lombok, yang memiliki pesona bawah laut menawan. Bukan hanya menikmati air lautnya yang jernih, kamu bisa menemukan berbagai biota laut yang mengagumkan, mulai berbagai jenis hewan laut, hingga terumbu karang warna-warni yang cantik. Untuk dapat menikmati semua ini, kamu bisa menyelam atau sekadar snorkeling di sekitar tiga Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, yang selalu menjadi favorit wisatawan.

Tak perlu khawatir bila kamu menginap di Lombok, karena ketiga Gili sangat mudah untuk dijangkau dari pulau tersebut. Kamu hanya perlu ke Teluk Kodek yang berada di Senggigi, di mana terdapat agen wisata yang menyediakan layanan paket tur diving atau snorkeling. Dari Bandara Udara Internasional Lombok Praya, kamu bisa sampai ke Teluk Kodek yang berjarak 45 menit dengan menggunakan jasa taksi. Usahakan datang di awal hari karena beberapa penyedia layanan di sini memulai perjalanannya pada pagi hari dan memakan waktu seharian penuh.

2. Menyaksikan indahnya matahari terbenam di Pura Batu Bolong

Suasana damai dan tenang sambil memandangi keindahan alam di Pura Batu Bolong (Foto: Shutterstock)
Suasana damai dan tenang sambil memandangi keindahan alam di Pura Batu Bolong (Foto: Shutterstock)

Tak hanya Bali, Lombok juga memiliki pura cantik di tepi pantai, yaitu Pura Batu Bolong yang terletak di Pantai Senggigi. Pura ini berhadapan persis dengan Selat Lombok dan Gunung Agung di Bali. Tak salah jika Pura Batu Bolong menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset di Lombok. Kamu bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam perlahan dan menciptakan siluet pura tersebut. Tak hanya itu, deburan ombak dan harumnya bunga persembahan di pura, membuatmu bisa menemukan kedamaian ketika berada di sini.

Lokasi Pura Batu Bolong tak jauh dari Teluk Kodek, yang berjarak sekitar 37 kilometer atau 45 menit jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Jadi, setelah  snorkeling atau diving seharian penuh, kamu bisa istirahat sejenak di sini.

3. Jangan mau kalah dengan turis asing, coba berselancar di Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi arena peselancar pemula (Foto: Shutterstock)
Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi arena peselancar pemula (Foto: Shutterstock)

Hidup hanya sekali! Saatnya kamu mencicipi gulungan ombak dengan papan seluncurmu. Jika kamu belum pernah merasakan sensasi berselancar, kamu bisa mencobanya di Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak memiliki ombak yang lebih tenang, ketimbang pantai-pantai lainnya di Lombok, seperti Desert Point atau Pantai Bangko-Bangko yang terkenal dengan ombak ganasnya. Ini yang bikin pantai tersebut populer di kalangan peselancar pemula. Tidak berminat surfing? Jangan khawatir, karena lanskap pantai ini pun indah. Garis pantainya sepanjang satu kilometer, tekstur pasirnya halus, dan jadi lebih putih serta mengeras saat terkena air laut yang jernih. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti bersepeda di pinggir pantai atau bersantai di sana sambil menikmati panorama pantai yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau.

Pantai Selong Belanak berada di Lombok Selatan, atau sekitar 60 kilometer dari Kota Mataram. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum dan memerlukan waktu sekitar dua jam. Untuk belajar selancar, kamu bisa menggunakan jasa Kimens Surf yang menyediakan jasa kursus singkat berselancar di pantai ini.

4. Mencicipi kelezatan cita rasa nusantara lewat kuliner khas Lombok

Plecing kangkung, kuliner yang harus dicoba saat menginjakkan kaki di Lombok (sumber: www.haphap.com)
Plecing kangkung, kuliner yang harus dicoba saat menginjakkan kaki di Lombok (sumber: www.haphap.com)

Indonesia punya kuliner yang kaya akan cita rasa. Jika kamu pecinta kuliner khas Indonesia, maka kamu wajib mencicipi makanan khas Lombok! Salah satunya adalah ayam taliwang. Cita rasanya yang pedas, unik, dan bumbunya yang kaya, menjadi daya tarik pelancong yang menginjakkan kaki di Lombok.

Bumbu pedas yang meresap di ayamnya siap menggoyang lidah dan bikin kamu mandi keringat. Tambahkan plecing kangkung sebagai hidangan pendamping saat mencicipi ayam kampung muda khas Lombok ini. Satu porsi plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Siapa pun akan ketagihan dengan perpaduan ini.

Masih banyak kuliner khas Lombok yang unik dan lezat, seperti sate bulayak, sate daging sapi dengan bumbu khas suku Sasak, atau nasi balap puyung, nasi dengan lauk berupa suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng, yang bisa kamu temukan di Desa Puyung, Lombok Tengah.

5. Relaksasi sejenak di Desa Tetebatu yang autentik alamnya

Panorama alam Desa Tetebatu yang memukau (sumber: www.lombokbulanmadu.com)
Panorama alam Desa Tetebatu yang memukau (sumber: www.lombokbulanmadu.com)

Tak hanya pantai, Lombok juga memiliki surga tersembunyi yang layak untuk disinggahi. Terlebih jika kamu sudah puas menjelajahi pantai-pantai di Lombok. Desa Tetebatu, desa yang berada di kaki Gunung Rinjani, bisa memberikan sisi lain Lombok untukmu.

Hamparan sawah yang luas dan hijau, udara sejuk khas pegunungan, masyarakatnya yang bersahabat, dan minim hiruk pikuk wisatawan, menjadikan desa ini pas bagi kamu yang mencari tempat tenang dengan wajah alam menakjubkan.

Desa Tetebatu berjarak 12 kilometer dari kota Mataram. Untuk bisa sampai ke desa ini, kamu bisa menggunakan bus dari terminal utama Mataram menuju Pemotong. Sesampainya di Pasar Pauk Motong, lanjutkan perjalananmu dengan menggunakan cidomo, kereta kuda khas Lombok, kira-kira sekitar dua kilometer dan menempuh waktu kurang dari setengah jam.

6. Mengenal lebih dalam budaya Indonesia di Bulan Citra Budaya Lombok-Sumbawa 2015

Mengenal hasil tenun khas NTB di Bulan Citra Budaya Lombok-Sumbawa 2015 (sumber: www.infokuberita.com)
Mengenal hasil tenun khas NTB di Bulan Citra Budaya Lombok-Sumbawa 2015 (sumber: www.infokuberita.com)

Kamu cinta Indonesia? Kamu harus tahu kebudayaan yang ada di negeri ini. Salah satunya kebudayaan Nusa Tenggara Barat.

Kebetulan, pada bulan Agustus ini Lombok punya festival budaya tahunan yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Bulan Citra Budaya Lombok-Sumbawa 2015.

Di sini, kamu akan melihat berbagai kebudayaan dan kesenian khas Lombok dan Sumbawa, seperti hasil tenun khas Nusa Tenggara Barat yang cantik, atau pergelaran Tari Rudat, tarian tradisional khas suku Sasak.

Eits, tak hanya kebudayaan asli Lombok saja, tapi juga ragam kebudayaan milik suku Banjar, Tionghoa, Arab, Bugis, Jawa, dan Maluku, siap meramaikan kegiatan ini. Rencananya, festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2015, berlokasi di Kompleks Islamic Center, sebuah kawasan yang kabarnya bakal menjadi ikon baru pariwisata syariah di NTB, khususnya Lombok.

Bagaimana, langsung tergiur untuk mengunjungi Lombok di long weekend 17-an nanti? Selain penuh atraksi alam dan budaya, Lombok bukanlah destinasi yang sulit atau mahal untuk dikunjungi. Bila ingin praktis dan hemat, langsung saja  pesan tiket pesawat dan kamar hotel paling mudah dan murah di sini!

8 Shares
Share8
Pin
Share
Tweet
+1