0

Traveloka Team

18 Jan 2020 - 5 min read

Belum Lengkap ke Gili Trawangan Tanpa Coba 8 Aktivitas Ini

Pantai mampu menyegarkan kembali pikiran dan jiwa. Tak heran, jika banyak wisatawan lokal maupun asing mencari keberadaan pantai-pantai indah dan menawarkan suasana yang tenang. Gili Trawangan merupakan pulau kecil di Lombok bagian barat yang sedang populer berkat pesona alam yang dimiliki. Trawangan merupakan satu dari tiga gili yang ada di Lombok, dua lainnya adalah Meno dan Air.

Hamparan pasir putih yang lembut, garis pantai yang panjang untuk bisa melihat matahari terbit, hingga air laut yang jernih semua ada di Gili Trawangan. Tidak hanya itu, di pulau cantik ini pula banyak aktivitas dan pesta seru yang bisa melengkapi liburan yang berkesan. Bagi kamu yang memiliki waktu libur terbatas, Gili Trawangan dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat.

Cara menjangkau tempat wisata ini mudah karena dekat dari pusat Kota Lombok atau dari Bali sekalipun. Sesampainya di Lombok, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Bangsal, lalu ikut kapal nelayan atau menyewaspeed boatuntuk sampai Gili Trawangan. Sesampainya di Trawangan, kamu akan merasakan suasana yang tenang dan bebas polusi. Bagaimana tidak? Di kawasan wisata ini, tak ada kendaraan bermotor dan hanya sepeda dan cidomo (delman khas Lombok).

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan setibanya di Gili Trawangan? Tenang, kamu tak perlu bingung. Traveloka akan memberikan rekomendasi 8 aktivitas seru yang wajib kamu coba saat pelesiran di Gili Trawangan. Berikut di antaranya:

Bersantai di sekitar pantai

Source: ahmad_eissa

Waktu liburan jangan dihabiskan untuk tidur di penginapan. Cobalah bangun sebelum matahari terbit, lalu berjalan ke tepi pantai untuk melihat kedatangansunriseyang cantik. Sambil menunggu momen ini, kamu bisa berjalan kaki di bibir pantai dan sesekali membasahi kaki dengan segarnya air laut.

Sehabis menyaksikan keindahansunrise,kamu bisa menggunakan sepeda yang telah disediakan penginapan di Gili Trawangan atau menyewa milik warga. Bersepeda keliling pulau kecil cantik ini akan memberikan pengalaman menyenangkan. Selain bisa merasakan kesegaran udara di pagi hari, kamu pun bisa melihat aktivitas warga sehari-hari.

Snorkeling di beberapa spot

Source : @marcelschnbach

Gili Trawangan memiliki kekayaan alam dasar laut yang memukau. Mulai dari terumbu karang yang beraneka warna, hingga beragam jenis ikan unik bisa dijumpai dalam perairan ini. Keindahan alam bawah laut itu pula yang membuat banyak wisatawan ingin memenuhi hasrat untuksnorkelingataudiving.

Untukdiving,memang sedikit lebih sulit sebab kamu harus bisa berenang dan memiliki sertifikat. Akan tetapi, untuk sekadarsnorkeling,siapa saja bebas melakukan aktivitas seru ini. Jika tak punya perlengkapansnorkeling,kamu bisa menyewa milik warga dengan harga terjangkau.

Kamu bisa langsung berenang dan melihat dengan jelas barisan ikan dan binatang laut lainnya yang unik. Jangan lupa untuk membawa kamera dalam air, sehingga keindahan tersebut dapat kamu abadikan sebagai kenangan.

Menyelam di Shark Point

Source : @alfredminnaarphotography

Bagi yang sudah memiliki sertifikat menyelam,divingdi perairan Gili Trawangan adalah rekomendasi terbaik. Tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan alam bawah laut yang memukau, kamu memiliki kesempatan untuk bertemu hiu! Di Trawangan, terdapatspot divingsekaligus tempat habitat hiu bernama Shark Point.

Di Shark Point, kamu dapat melihat hiu karang yang sedang istirahat di antara karang-karang bagian bawah laut yang berpasir. Tidak hanya itu, pemandangan barisan terumbu karang yang berwarna-warni dan ikan perairan dangkal siap memanjakan mata terlebih dahulu sebelum kamu mulai menyelam.

Tersedia banyak jasadivebagi yang mau menyelam. Pilihan waktunya pun banyak, sehingga lebih fleksibel. Hanya saja, rata-rata penyedia jasa melakukan perjalanan ke Shark Point sekitar pukul 08:00 – 10:00. Oleh karena itu, kamu wajib bangun pagi jika ingin menyelam di Shark Point.

Harga yang ditawarkan untukdivingdi Shark Point mulai dari Rp1.000.000 per orang. Dengan harga tersebut, kamu bisa menyelam bersama hiu dan puas melihat panorama indah di bawah laut. Ingin coba pengalaman seru menyelam bersama hiu?

Bermain water sport

Source : @paradise.explorers

Meskipun Gili Trawangan relatif lebih tenang dibanding pantai-pantai di Bali, bukan berarti di sini terasa sunyi. Pulau kecil ini juga menyajikan beragam pilihan olahraga air seru yang bisa kamu nikmati untuk mengisi waktu liburan. Mulai daribanana boat,hinggawater skyingbisa dicoba di sini.

Penyedia layananwater sportdi Gili Trawangan memang tidak terlalu banyak. Apabila sangat ingin mencoba olahraga air ini yang ekstrem ini, kamu bisa berkunjung ke Hotel Villa Ombak. Di penginapan ini, terdapat penyedia jasawater sportyang menyewakan peralatan untukbanana boatdan lainnya. Coba aktivitas seru ini, pastinya kamu akan ketagihan ingin mencoba lagi!

Relaksasi dengan spa

Source : @kush_randhawa

Sehabis lelah bermain air seharian di sekitar pantai, bersantai sejenak sambil relaksasi badan yang pegal adalah pilihan terbaik. Kamu harus mencobaspauntuk membuat badan kembali relaks dan segar.

Ada banyak tempatspayang bisa kamu pilih sesuai bujet, sehingga siapa pun bisa mencoba pengalaman relaksasi ini. Sambil melakukanspa,kamu menikmati suasana alam sekitar yang tenang dan sejuk. Sangat cocok bagi kamu yang ingin menyendiri sambil “me time”.

Berfoto di ayunan pinggir laut

Source : @happilyevertravels

Salah satu daya tarik Gili Trawangan adalah adanya ayunan di pinggir laut. Lokasi ayunan ini ada di beberapa tempat, salah satunya di Villa Ombak Sunset. Bentuk ayunan yang unik dan berada di pantai menjadikan tempat inispotberfoto para wisatawan. Rasanya kurang lengkap jika tidak memiliki foto di ayunan pantai. Selain berfoto, kamu pun bisa bersantai di ayunan ini sambil menunggu matahari terbenam.

Menikmatisunsetsambil berkuda

Source : @dhikaindriana

Cidomo adalah kendaraan favorit para wisatawan. Bagi yang tak ingin bersepeda, kamu bisa mencoba pengalaman naik cidomo dan menyusuri pantai sambil menunggu matahari terbenam. Selain cidomo, kamu juga bisa menyewa kuda dan berjalan di sepanjang bibir pantai. Berkuda saat senja hari pun akan terasa romantis karena dilatari oleh warna langit berwarna oranye kejinggaan.

Menonton di open air cinema

Source: @maria_wags

Setiap malam di Gili Trawangan, selalu diadakan pesta yang meriah. Ketika malam tiba berarti sudah waktunya untuk kamu coba menonton film di bioskop terbuka yang ada di pulau ini. Tidak seperti bioskop pada umumnya, di tempat yang dikenal sebagaiopen air cinemaLombok ini, kamu bisa menonton film di alam terbuka. Kamu akan menonton film beratapkan bintang-bintang yang bersinar terang.

Biaya untuk menonton diopen air cinemapun tidak terlalu mahal jika disetarakan dengan pengalaman unik yang akan kamu dapat. Hanya dengan Rp200.000, kamu sudah bisa menonton film bersama pasangan. Film-film yang ditampilkan memang bukan film terkini, namun suasana khasnya akan membuat kamu ketagihan menonton diopen air cinemaini.

Rasanya belum lengkap ke Gili Trawangan tanpa coba 8 aktivitas di atas. Oleh karena itu, pastikan kunjungan kamu ke gili ini sempurna dengan melakukan berbagai hal menarik di atas untuk pengalaman yang berkesan.

Mengingat Lombok adalah pulau destinasi wisata yang populer, kamu harus memesan tiket dari jauh hari agar bisa mendapatkan harga murah atau tak kehabisan. Kamu bisa mencari tiket maupun hotel murah di Traveloka. Temukan juga promo menarik di situs web dan aplikasinya. Selama berpelesir ke pulau kecil yang cantik di barat Lombok!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan