Belum Lengkap ke Gili Trawangan Tanpa Coba 8 Aktivitas Ini

Traveloka
By Traveloka 03 October 2017
Reading Time: 4 minutes

Pantai mampu menyegarkan kembali pikiran dan jiwa. Tak heran, jika banyak wisatawan lokal maupun asing mencari keberadaan pantai-pantai indah dan menawarkan suasana yang tenang. Gili Trawangan merupakan pulau kecil di Lombok bagian barat yang sedang populer berkat pesona alam yang dimiliki. Trawangan merupakan satu dari tiga gili yang ada di Lombok, dua lainnya adalah Meno dan Air.

Hamparan pasir putih yang lembut, garis pantai yang panjang untuk bisa melihat matahari terbit, hingga air laut yang jernih semua ada di Gili Trawangan. Tidak hanya itu, di pulau cantik ini pula banyak aktivitas dan pesta seru yang bisa melengkapi liburan yang berkesan. Bagi kamu yang memiliki waktu libur terbatas, Gili Trawangan dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat.

Cara menjangkau tempat wisata ini mudah karena dekat dari pusat Kota Lombok atau dari Bali sekalipun. Sesampainya di Lombok, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Bangsal, lalu ikut kapal nelayan atau menyewa speed boat untuk sampai Gili Trawangan. Sesampainya di Trawangan, kamu akan merasakan suasana yang tenang dan bebas polusi. Bagaimana tidak? Di kawasan wisata ini, tak ada kendaraan bermotor dan hanya sepeda dan cidomo (delman khas Lombok).

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan setibanya di Gili Trawangan? Tenang, kamu tak perlu bingung. Traveloka akan memberikan rekomendasi 8 aktivitas seru yang wajib kamu coba saat pelesiran di Gili Trawangan. Berikut di antaranya:

Bersantai di sekitar pantai

#travel #bali #balidaily #baligasm #gilitrawangan #vsco #vscocam

A post shared by Ahmad Eissa (@ahmad_eissa) on

Waktu liburan jangan dihabiskan untuk tidur di penginapan. Cobalah bangun sebelum matahari terbit, lalu berjalan ke tepi pantai untuk melihat kedatangan sunrise yang cantik. Sambil menunggu momen ini, kamu bisa berjalan kaki di bibir pantai dan sesekali membasahi kaki dengan segarnya air laut.

Sehabis menyaksikan keindahan sunrise, kamu bisa menggunakan sepeda yang telah disediakan penginapan di Gili Trawangan atau menyewa milik warga. Bersepeda keliling pulau kecil cantik ini akan memberikan pengalaman menyenangkan. Selain bisa merasakan kesegaran udara di pagi hari, kamu pun bisa melihat aktivitas warga sehari-hari.

Snorkeling di beberapa spot

#giliislands #gilitrawangan #flashback #memory #greattime #snorkeling #swimming #timeofmylife #traveltheworld #traveller @chri__schi

A post shared by Marcel Schnbach (@marcelschnbach) on

Gili Trawangan memiliki kekayaan alam dasar laut yang memukau. Mulai dari terumbu karang yang beraneka warna, hingga beragam jenis ikan unik bisa dijumpai dalam perairan ini. Keindahan alam bawah laut itu pula yang membuat banyak wisatawan ingin memenuhi hasrat untuk snorkeling atau diving.

Untuk diving, memang sedikit lebih sulit sebab kamu harus bisa berenang dan memiliki sertifikat. Akan tetapi, untuk sekadar snorkeling, siapa saja bebas melakukan aktivitas seru ini. Jika tak punya perlengkapan snorkeling, kamu bisa menyewa milik warga dengan harga terjangkau.

Kamu bisa langsung berenang dan melihat dengan jelas barisan ikan dan binatang laut lainnya yang unik. Jangan lupa untuk membawa kamera dalam air, sehingga keindahan tersebut dapat kamu abadikan sebagai kenangan.

Menyelam di Shark Point

What we live for, @christoff_ccr and @semsterr taking the plunge. Just another awesome day. . . Diving out of @mantadivegilit

A post shared by Alfred Minnaar Photography (@alfredminnaarphotography) on

Bagi yang sudah memiliki sertifikat menyelam, diving di perairan Gili Trawangan adalah rekomendasi terbaik. Tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan alam bawah laut yang memukau, kamu memiliki kesempatan untuk bertemu hiu! Di Trawangan, terdapat spot diving sekaligus tempat habitat hiu bernama Shark Point.

Di Shark Point, kamu dapat melihat hiu karang yang sedang istirahat di antara karang-karang bagian bawah laut yang berpasir. Tidak hanya itu, pemandangan barisan terumbu karang yang berwarna-warni dan ikan perairan dangkal siap memanjakan mata terlebih dahulu sebelum kamu mulai menyelam.

Tersedia banyak jasa dive bagi yang mau menyelam. Pilihan waktunya pun banyak, sehingga lebih fleksibel. Hanya saja, rata-rata penyedia jasa melakukan perjalanan ke Shark Point sekitar pukul 08:00 – 10:00. Oleh karena itu, kamu wajib bangun pagi jika ingin menyelam di Shark Point.

Harga yang ditawarkan untuk diving di Shark Point mulai dari Rp1.000.000 per orang. Dengan harga tersebut, kamu bisa menyelam bersama hiu dan puas melihat panorama indah di bawah laut. Ingin coba pengalaman seru menyelam bersama hiu?

Bermain water sport

Gili Meno is the quietest of the 3 main Gili Islands. Perfect for those looking to unwind, and relax. It's especially good for a romantic getaway πŸ’• – – Photo credit πŸ“· @conormccann Like what you see? Message us for hassle free bookings, and inquiries.

A post shared by Paradise Explorers Tours (@paradise.explorers) on

Meskipun Gili Trawangan relatif lebih tenang dibanding pantai-pantai di Bali, bukan berarti di sini terasa sunyi. Pulau kecil ini juga menyajikan beragam pilihan olahraga air seru yang bisa kamu nikmati untuk mengisi waktu liburan. Mulai dari banana boat, hingga water skying bisa dicoba di sini.

Penyedia layanan water sport di Gili Trawangan memang tidak terlalu banyak. Apabila sangat ingin mencoba olahraga air ini yang ekstrem ini, kamu bisa berkunjung ke Hotel Villa Ombak. Di penginapan ini, terdapat penyedia jasa water sport yang menyewakan peralatan untuk banana boat dan lainnya. Coba aktivitas seru ini, pastinya kamu akan ketagihan ingin mencoba lagi!

Relaksasi dengan spa

Foot massage πŸ˜‡ #relaxing #footmassage #lombok #indonesia

A post shared by Rolling With the Randhawa 😎 (@kushal_randhawa) on

Sehabis lelah bermain air seharian di sekitar pantai, bersantai sejenak sambil relaksasi badan yang pegal adalah pilihan terbaik. Kamu harus mencoba spa untuk membuat badan kembali relaks dan segar.

Ada banyak tempat spa yang bisa kamu pilih sesuai bujet, sehingga siapa pun bisa mencoba pengalaman relaksasi ini. Sambil melakukan spa, kamu menikmati suasana alam sekitar yang tenang dan sejuk. Sangat cocok bagi kamu yang ingin menyendiri sambil β€œme time”.

Berfoto di ayunan pinggir laut

Sometimes when you're traveling, everything that can go wrong, will go wrong. But that's one of my favorite things about it. You are constantly moving and your normal is always changing, so you are too. You can't stay the same. You learn to be patient and not blame others when the not-so-great things happen. Because you know from all the other crap that's already happened, that things ALWAYS work out in the end. So you just picture yourself swinging in the Gilis, and before you know it another adventure will come along that will make you forget how "bad" things were. Then you'll have a funny story about how you caught the "bali belly" and spent two days on the bathroom floor or how your crazy Balinese taxi driver dropped you off in the middle of the freeway 30 minutes from your destination. Those parts just become part of the whole adventure. What're your favorite "didn't-go-as-planned" travel memories? πŸŒŽπŸ’• #travellife

A post shared by Travel Couple | Jake & Dayna (@happilyevertravels) on

Salah satu daya tarik Gili Trawangan adalah adanya ayunan di pinggir laut. Lokasi ayunan ini ada di beberapa tempat, salah satunya di Villa Ombak Sunset. Bentuk ayunan yang unik dan berada di pantai menjadikan tempat ini spot berfoto para wisatawan. Rasanya kurang lengkap jika tidak memiliki foto di ayunan pantai. Selain berfoto, kamu pun bisa bersantai di ayunan ini sambil menunggu matahari terbenam.

Menikmati sunset sambil berkuda

Senja di Gili. Rasanya tuh gili-gili gimanaaa gitu πŸŒ… . . . . #visualsoflife #peoplescreatives #travelphotography #instasunda #ink361 #artofvisuals #livefolk #livefolkindonesia #vsco #vscocam #ig_street #indotravellers #liveauthentic #kompasnusantara #flirtingwithnature #exploreindonesia #explorelombok #gilitrawangan #sunset #landscape

A post shared by Dhika Indriana R. (@dhikaindriana) on

Cidomo adalah kendaraan favorit para wisatawan. Bagi yang tak ingin bersepeda, kamu bisa mencoba pengalaman naik cidomo dan menyusuri pantai sambil menunggu matahari terbenam. Selain cidomo, kamu juga bisa menyewa kuda dan berjalan di sepanjang bibir pantai. Berkuda saat senja hari pun akan terasa romantis karena dilatari oleh warna langit berwarna oranye kejinggaan.

Menonton di open air cinema

R E A D Y πŸ™ŒπŸΌ #lunacinema #dirtydancing #openaircinema #drinks #picnic

A post shared by Maria Waghorne πŸ’‹ (@maria_wags) on

Setiap malam di Gili Trawangan, selalu diadakan pesta yang meriah. Ketika malam tiba berarti sudah waktunya untuk kamu coba menonton film di bioskop terbuka yang ada di pulau ini. Tidak seperti bioskop pada umumnya, di tempat yang dikenal sebagai open air cinema Lombok ini, kamu bisa menonton film di alam terbuka. Kamu akan menonton film beratapkan bintang-bintang yang bersinar terang.

Biaya untuk menonton di open air cinema pun tidak terlalu mahal jika disetarakan dengan pengalaman unik yang akan kamu dapat. Hanya dengan Rp200.000, kamu sudah bisa menonton film bersama pasangan. Film-film yang ditampilkan memang bukan film terkini, namun suasana khasnya akan membuat kamu ketagihan menonton di open air cinema ini.

Rasanya belum lengkap ke Gili Trawangan tanpa coba 8 aktivitas di atas. Oleh karena itu, pastikan kunjungan kamu ke gili ini sempurna dengan melakukan berbagai hal menarik di atas untuk pengalaman yang berkesan.

Mengingat Lombok adalah pulau destinasi wisata yang populer, kamu harus memesan tiket dari jauh hari agar bisa mendapatkan harga murah atau tak kehabisan. Kamu bisa mencari tiket maupun hotel murah di Traveloka. Temukan juga promo menarik di situs web dan aplikasinya. Selama berpelesir ke pulau kecil yang cantik di barat Lombok!

Tulis komentarmu di sini: