15 Tempat Wisata di Lombok yang Selalu Diminati Wisatawan

Sama halnya dengan Bali, Pulau Lombok juga terkenal akan keindahan pantai dan keragaman biota laut. Bahkan, Lombok sekarang semakin dikenal oleh wisatawan karena banyaknya destinasi wisata baru yang dikelola dengan baik oleh penduduk dan pemerintah setempat.

Berbagai destinasi di pulau seluas hampir 4.800 kilometer persegi ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang selalu diminati banyak wisatawan. Saat kamu berpelesir di Lombok, jangan buang kesempatan untuk mengunjungi 15 tempat wisata yang akan Traveloka ulas di bawah ini, ya!

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani (Sumber: Shutterstock)

Di area sekitar 40.000 hektar, berdiri kokoh gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Terdapat dua jalur pendakian resmi untuk mencapai gunung dengan ketinggian 3.762 mdpl ini. Kamu dapat memilih jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur.

Gunung Rinjani menawarkan pemandangan luar bisa yang menjadi favorit para wisatawan, mulai dari lereng hingga ke puncak tertingginya, yaitu Puncak Dewi Anjani. Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, di  Rinjani ada Segara Anak. Ingin mencoba pengalaman berkesan lainnya? Kunjungi pemandian air panas alami yang berada tak jauh dari Segara Anak.

Segara Anak

Segara Anak
Segara Anak (Sumber: Wikimedia)

Nama Segara Anak pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi para pendaki Gunung Rinjani. Tempat ini merupakan favorit para wisatawan yang ingin bermalam saat melakukan pendakian. Danau vulkan dengan kedalaman 230 meter ini, dulunya merupakan bekas kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air, hingga berubah menjadi danau.

Segara Anak memiliki air berwarna biru laut yang sangat indah di atas ketinggian 2.000 mdpl. Di sekitar danau, kamu juga bisa melihat panorama Gunung Barujari yang sering disebut sebagai “gunung di atas gunung”. Barujari merupakan anak gunung dari Rinjani dan masih aktif hingga saat ini. Setidaknya, kamu wajib ke sini sekali seumur hidup!

Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan (Sumber: Wikimedia)

Salah satu spot terbaik untuk mengagumi kemegahan Rinjani tanpa harus mendaki hingga ke puncaknya adalah di Bukit Pergasingan. Bukit di sebelah timur Rinjani ini semakin terkenal di kalangan para pendaki maupun wisatawan. Bukit Pergasingan berada di Sembalun, Lombok Timur.

Untuk mencapai bukit ini, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram. Jalur pendakian tak begitu sulit karena kamu akan disediakan ratusan anak tangga yang menuntun ke atas bukit. Selain berfoto dengan latar belakang Rinjani yang menjulang megah, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit langsung dari tempat ini.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi (Sumber: Shutterstock)

Pantai Senggigi menjadi ikon, sekaligus magnet wisata utama bagi Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk ini berada dekat dari Mataram. Kamu dapat berkendara menempuh perjalanan sekitar 40 menit saja. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, sama halnya seperti di Pantai Kuta, Bali.

Di Pantai Senggigi, kamu bisa bermain pasir, berenang, menyaksikan matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat pemandangan karang bawah laut yang mengagumkan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di sekitar pantai, seperti  plecing kangkung dan ayam taliwang, ya!

Gili Trawangan

Gili Trawangan
Gili Trawangan (Sumber: Shutterstock)

Sudah puas dengan keindahan Pantai Senggigi? Jangan dulu! Kamu harus langsung melanjutkan wisata ke Gili Trawangan. Pulau kecil di sekitar Lombok yang terkenal dengan sebutan “Gili T” ini memiliki pemandangan laut yang memukau. Kamu bisa naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsal atau sewa speedboat dari Teluk Nare, Senggigi. Bagi yang memiliki bujet terbatas, kapal umum adalah moda transportasi yang paling tepat.

Di Gili Trawangan, kamu pun bisa melakukan beragam aktivitas seru, salah satunya adalah snorkeling. Manjakan mata dengan keindahan bawah laut berupa berbagai ikan cantik dan terumbu karang berwarna-warni. Alternatif lain jika tak ingin bermain air, kamu bisa menjajaki penjual suvenir di sekitar atau mengepang rambut dengan jasa yang ditawarkan warga setempat.

Gili Meno

Gili Meno
Gili Meno (Sumber: Shutterstock)

Gili Meno berada di barat daya Lombok, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Trawangan. Kamu bisa mengakses pulau kecil ini dengan speedboat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi. Selain untuk tempat berlibur, Gili Meno cocok dijadikan sebagai destinasi honeymoon karena suasana yang tenang dan intim.

Saat berada di sini, kamu pun bisa berjemur, berenang, dan menyelam di perairan yang jernih. Jika tak ingin bermain air, kamu bisa berkunjung ke penangkaran penyu untuk melihat para induk menetaskan tukik (bayi penyu).

Gili Air

Gili AIr
Pemandangan bawah laut di Gili Air (Sumber: Shutterstock)

Ingin mengunjungi pulau kecil yang terletak paling dekat dengan Lombok? Gili Air adalah pilihan yang tepat. Gili Air merupakan tujuan wisata yang lebih sunyi dibanding Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kecil ini cocok untuk kamu yang mencari ketenangan di tengah alam.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pasir putih sambil duduk di bawah pepohonan rindang. Untuk pengalaman yang lebih seru, menyelami laut dan melihat “surga” di bawah laut merupakan hal yang patut kamu lakukan di Gili Air.

Narmada

Narmada
Narmada (Sumber: Wikimedia)

Narmada adalah sebuah kecamatan yang terletak di Lombok Barat, tepatnya di bawah kaki Gunung Rinjani. Kawasan ini dikenal wisatawan karena keberadaan taman raja seluas hampir tiga hektar yang cantik. Bangunan yang sudah dibangun sejak tahun 1700an ini bernama Taman Narmada.

Taman ini berada di Desa Lembuak atau sekitar 10 kilometer di sebelah timur Mataram. Di dalamnya, terdapat kolam tirta (pemandian air pada zaman dahulu) dan pura yang dibangun sebagai replika dari keagungan Rinjani. Tujuannya, agar raja yang sudah sepuh tak perlu lagi pergi jauh mendaki gunung untuk melakukan berbagai acara kesucian.

Taman Narmada cocok dikunjungi untuk kamu yang ingin ingin tahu kehidupan para raja di Lombok pada masa lalu. Saat berkunjung ke sini, kamu bisa masuk ke sebuah pura yang di dalamnya terdapat air suci. Kamu pun boleh membasuh wajah dan beberapa bagian tubuh dengan air tersebut. Mau coba langsung?

Mandalika

Berada di sebelah selatan Lombok, terdapat tempat wisata yang baru ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan ekonomi prioritas, yaitu Mandalika. Dengan panjang garis pantai sekitar 16 kilometer, Mandalika menawarkan keindahan alam berupa perbukitan dan pesisir yang luar biasa.

Bagi kamu yang sedang pelesiran di Pulau Lombok, tak ada salahnya menyempatkan waktu sekitar 2 jam dari Mataram untuk menjelajah setiap pantai cantik di Mandalika. Jika ingin lebih lama berada di sini, terdapat banyak penginapan yang bisa kamu sewa, salah satunya adalah Aerotel Mandalika Praya Lombok.

Pantai Nambung

Berkendara sekitar 2 jam dari Mataram ke arah Sekotong, Lombok Barat, kamu akan menemukan sebuah pantai yang terbilang unik karena memiliki “air terjun asin” bernama Pantai Nambung.

Air terjun asin yang dimaksud adalah fenomena ombak tinggi yang menerjang dan meluap melebihi susunan dinding batu karang, sehingga dari bawah terlihat seperti air terjun yang sedang mengalir deras. Kamu harus bersabar menunggu munculnya air terjun asin karena tak selalu ada. Meski begitu, pastikan kamera siap memotret fenomena alam yang unik ini!

Pantai Penyisok

' the rock ' #PantaiPenyisok #PenyisokBeach #sekaroh #Jerowaru #EastLombok

A post shared by Helmy Prastowo Budi (@helmypb) on

Tak hanya terkenal dengan banyaknya pantai berpasir putihnya, Lombok juga menawarkan beberapa pantai tersembunyi yang unik. Salah satunya adalah Pantai Penyisok yang berada di Jerowaru, Lombok Timur. Untuk menuju tempat wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup sulit.

Walaupun begitu, rasa lelah akan segera hilang setelah kamu melihat pemandangan Samudera Hindia yang luas dari atas tebing berbentuk lengkungan. Di Pantai Penyisok, kamu bisa menikmati pemandangan laut dan padang savana sekaligus. Sempurna!

Pantai Semeti

Lokasi : Pantai Semeti. Prabu, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai Semeti adalah pantai berpasir putih sama seperti Pantai Kuta Lombok, namun ada beberapa yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya di Pulau Lombok diantaranya adalah bebatuan karang dan birunya air laut menjadi salah satu daya pikat bagi para wisatawan lokal maupun asing. Foto : @rendynewmanh Tetap jaga kebersihan tempat yang kamu kunjungi ya. Tag/mention orang tercinta yang ingin kamu ajak ke sini. Share foto piknik terbaikmu dengan menggunakan tagar #piknikyuk atau #ayukpiknik #pantai #semeti #pantaisemeti #lombok #nusatenggarabarat #ntb #indonesia #pesonaindonesia #indonesiatourism #pariwisataindonesia #pariwisata #wisataindonesia #indonesiaindah #piknik #wisata #travel #traveler #travelers #traveling #jalanjalan #jelajahindonesia #liburan #indonesiabagus

A post shared by Piknik Yuk! (@piknikyuktravel) on

Jika suka bertualang mencari pantai yang belum banyak diketahui wisatawan, kamu harus ke Pantai Semeti. Pantai ini berada di Lombok Tengah, bersebelahan dengan Pantai Mawi yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisatawan untuk menantang ombak.

Pantai Semeti sendiri memiliki karakter yang unik, di mana pantai ini memiliki hamparan pasir putih, sekaligus batuan dan tebing karang dengan berbagai ukuran. Saat air surut, kamu bisa melihat langsung biota laut yang bersembunyi di dalam batuan dan tebing karang. Jika ingin naik dan berfoto di atas batu karang, pastikan kamu menggunakan sepatu yang anti licin, ya.

Pantai Tangsi

Tak hanya menyuguhkan ragam pantai berpasir putih bersih, Lombok juga menawarkan pesisir yang istimewa. Terdapat satu pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda di Lombok Timur bernama Pantai Tangsi. Banyak wisatawan mengenal pantai ini dengan sebutan “Pink Beach”.

Pantai Tangsi merupakan salah satu dari dua pantai berwarna merah muda di Indonesia, satu lainnya berada di Pulau Komodo. Warna merah muda ini berasal serpihan karang yang bercampur dengan pasir pantai. Fenomena ini terbilang jarang, bahkan hanya terdapat sekitar tujuh pantai berwarna pink saja di seluruh dunia!

Air Terjun Mangkusakti

Air Terjun Mangkusati
Air Terjun Mangkusati (Sumber: Wikimedia)

Di tengah hutan kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Sembalun, terdapat air terjun setinggi 30 meter yang mengalir di antara batuan tebing menawan bernama Air Terjun Mangkusakti. Aliran air ini merupakan bagian dari Sungai Kokoq Puteq yang sumber airnya berasal dari Segara Anak. Tepat di bawah air terjun ini, kamu juga bisa berenang di kolam alami yang jernih dengan warna biru toska yang menyejukkan mata. Tertarik untuk bermain air di sini?

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelabu
Air Terjun Benang Kelambu (Sumber: Shutterstock)

Selain Mangkusakti, salah satu air terjun eksotis lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Benang Kelambu. Objek wisata alam ini berada di Aik Berik, Lombok Tengah yang dapat ditempuh selama 1 jam berkendara dari Mataram.

Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air terjun ini dinamakan “Benang Kelambu” karena air yang mengalir bak benang tipis berukuran kecil. Oleh karena itu, gemercik air yang terdengar halus dapat menenangkan jiwa dan raga. Destinasi wisata ini cocok untuk kamu yang ingin menyendiri dan melepas penat.

Dengan beragam aktivitas dan tempat wisata yang dimiliki, Lombok wajib menjadi tujuan berlibur kamu selanjutnya. Tunggu apa lagi? Segera atur jadwal berlibur, pesan tiket pesawat dan hotel, buat itinerary, dan kemas barang bawaanmu! Tak lupa, baca terus tulisan di Blog Traveloka untuk mendapatkan informasi paling baru seputar tempat wisata!

27 Shares
Share27
Pin
Share
Tweet
+1