15 Pantai di Lombok Terpopuler Tahun Ini Harus Kamu Kunjungi

Pulau Lombok menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya, jajaran pantai alami yang memiliki pesona tak kalah indah dari Bali. Kecantikan pantai di Lombok menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut ini, Traveloka akan memberikan rekomendasi 15 pantai populer di tahun ini yang harus kamu kunjungi saat pelesiran ke Lombok:

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi (Sumber: Shutterstock)

Salah satu pantai favorit para wisatawan adalah Pantai Senggigi. Berada di Kecamatan Batu Layar, pantai ini mudah ditempuh dengan segala moda transportasi. Ombak yang cukup tinggi dan air jernih menjadi incaran pencinta surfing. Selain berselancar, Pantai Senggigi juga akan memanjakan kamu dengan aktivitas menarik lainnya, seperti snorkeling, bermain kano, dan jogging.

Tidak rugi jika kamu ingin berlama-lama di pantai ini, mengingat pemandangan matahari tenggelam di Pantai Senggigi luar biasa indahnya. Pemandangan sunset semakin sempurna dengan latar belakang Gunung Arjuna di Bali yang terlihat kecil dari kejauhan.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok (Sumber: Shutterstock)

Ketika mendengar kata Kuta, mungkin kamu akan berpikir tentang Pantai Kuta di Bali. Jangan salah, Lombok Tengah ternyata memiliki pantai dengan nama serupa yang tak kalah cantik. Pantainya memiliki hamparan pasir putih dan masih sangat alami.

Pantai Kuta Lombok sering disebut “Pantai Merica” karena memiliki tekstur butiran pasir yang menyerupai merica. Selain keindahan alam, di pantai yang dikelilingi perbukitan ini pun kamu bisa mengenal legenda suku Sasak, suku asli Lombok. Ada satu bukit yang memiliki nama serupa dengan seorang gadis cantik, Putri Mandalika.

Di Bukit Mandalika,  kamu bisa melihat ritual bau nyale atau berburu cacing laut yang dilakukan masyarakat Sasak pada bulan Februari hingga Maret. Ritual ini dilakukan untuk mengenang legenda Putri Mandalika yang memutuskan lompat dari bukit karena tak ingin menjadi rebutan banyak pangeran. Konon, putri cantik ini berubah menjadi cacing laut atau nyale.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan (Sumber: Shutterstock)

Bila ingin menyepi sambil menikmati pantai cantik yang tersembunyi, datanglah ke Pantai Tanjung Aan. Pantai yang berada di Bukit Marese, Lombok Tengah ini menawarkan pemandangan alam yang mengundang decak kagum. Komposisi antara perbukitan hijau, laut biru, dan langit berawan benar-benar terlihat sempurna.

Pantai Tanjung Aan hanya berjarak 5 km dari Pantai Kuta Lombok. Tak seperti kebanyakan pantai di Lombok, Tanjung Aan memiliki garis pantai yang lebih panjang. Tekstur pasir di pantai ini juga unik karena memiliki dua jenis pasir yang berbeda, yaitu pasir seperti merica di sisi kiri pantai dan pasir putih halus di sisi kanan pantai. Ajaib!

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak (Sumber: Shutterstock)

Bagi peselancar pemula, Pantai Selong Belanak menjadi tempat latihan surfing terbaik. Ombak yang tidak terlalu besar dan masih sepi pengunjung, membuat kamu bisa lebih bebas berlatih. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi perbukitan hijau yang melengkapi keindahan pemandangan.

Jika kamu ingin ke sini, Pantai Selong Belanak berada di Desa Pujut, Lombok Tengah. Datanglah sore hari untuk merasakan pengalaman unik melihat kawanan kerbau yang digiring pulang ke kandang oleh sang penggembala. Pengalaman unik ini membuat banyak pengunjung antusias untuk melihat dan memotret kerbau-kerbau tersebut.

Pantai Mawun

Pantai Mawun
Pantai Mawun (Sumber: Shutterstock)

Masih ingin menjelajah pantai tersembunyi di kawasan Lombok Tengah? Tak jauh dari Pantai Selong Belanak, kamu juga bisa menemukan Pantai Mawun. Pantai yang memiliki pasir putih dengan air jernih kebiruan ini membuat kamu betah berada di sini.

Pantai penuh pesona ini berada di sebuah teluk yang diapit oleh dua bukit hijau. Bagi yang suka tantangan, kamu bisa mendaki kedua bukit tersebut untuk menyaksikan indahnya pemandangan laut lepas dari ketinggian. Tak heran bila Pantai Mawun menjadi destinasi tepat untuk wisatawan yang ingin menikmati pantai dan mendaki bukit sekaligus.

Pantai Tangsi

Pantai Tangsi
Pantai Tangsi (Sumber: Shutterstock)

Satu lagi pantai di Lombok yang memiliki daya tarik tersendiri, yaitu Pantai Tangsi atau yang sering disebut “Pantai Pink”. Pantai yang berlokasi di Desa Sekaroh, Lombok Timur ini memiliki pasir berwarna merah muda yang langka dimiliki pantai lainnya. Hamparan pasir yang cantik dan air kebiruan menjadikan Pantai Tangsi destinasi wisata unik dan indah yang patut dikunjungi.

Warna merah muda pada pasir di pantai ini terbentuk akibat percampuran pasir putih pantai dengan pasir merah yang berasal dari serpihan terumbu karang. Datanglah pada siang hari karena sinar matahari dan air laut yang menyapu pantai akan akan menambah jelas warna merah muda pada pasir. Keindahan Pantai Tangsi pun semakin sempurna karena dikelilingi hamparan bukit hijau yang indah.

Pantai Bangko-bangko

Pantai Bangko Bangko
Pantai Bangko Bangko (Sumber: @awienk_vacation_lombok)

Pantai Bangko-bangko merupakan satu dari 10 lokasi surfing dengan ombak terganas menurut International Surfing Association. Di pantai ini, kamu bisa menemukan ombak Lefthand atau arah sapuan ombak ke kiri (kidal) yang berbeda dari kebanyakan pantai pada umumnya. Ombak besar yang berdinding cekung dan tidak mudah pecah memacu adrenalin para peselancar.

Pantai yang dijuluki “Dessert Point” ini kini menjadi salah satu tujuan wisata berselancar selain di Bali, Mentawai, dan Banyuwangi. Jika kamu penasaran ingin mencoba berselancar di sini, datanglah ke Pantai Bangko-bangko yang berada di Desa Batu Putih, Sekotong, Lombok Barat. Waktu terbaik untuk menikmati ombak di sini adalah pada bulan Mei hingga Oktober.

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit
Pantai Tanjung Ringgit (Sumber: Shutterstock)

Tak jauh dari Pantai Pink, ada Pantai Tanjung Ringgit yang harus menjadi destinasi kamu selanjutnya di Lombok Timur. Perbukitan karang yang berdiri tinggi dari permukaan laut ini menjadi pesona utama Pantai Tanjung Ringgit. Sejauh mata memandang, hanya terlihat hamparan lautan luas dan Pulau Sumbawa.

Di pantai ini, terdapat pula beberapa peninggalan tentara Jepang pada zaman Perang Dunia II. Beberapa meriam yang tersembunyi di balik semak-semak, serta beberapa gua kecil dapat kamu temukan. Selain itu, ada pula sumur air tawar di bawah tebing yang hanya bisa dicapai dengan menuruni tebing. Sebaiknya, kamu ditemani masyarakat lokal agar tidak tersesat.

Pantai Seger

Pantai Seger
Pantai Seger (Sumber: Shutterstock)

Pantai Seger merupakan bagian dari kawasan wisata Mandalika di Lombok Tengah. Letaknya hanya berjarak 2 km sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Sesuai namanya, Pantai Seger dapat memanjakan wisatawan dengan pemandangan alam yang masih alami. Garis pantai yang panjang juga membuat kamu puas menyusuri pantai dari ujung ke ujung.

Di salah satu bagian bibir pantai, terdapat monumen Putri Mandalika dan tiga pangeran yang menjadi ikon kawasan ini. Selain di Pantai Kuta Lombok, ritual bau nyale pun diadakan di sini. Nyale yang telah ditangkap warga kemudian diolah dan disantap karena memiliki protein yang tinggi.

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
Pantai Sekotong (Sumber: @ijonk.re)

Selain kawasan Mandalika, Sekotong di Lombok Barat juga memiliki banyak pantai yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Sekotong di Kecamatan Sekotong, yang menawarkan suguhan pemandangan alam yang indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan padang lamun (ekosistem biota laut khas laut dangkal) di sepanjang bibir pantai.

Jika ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, cobalah mendaki bukit di Pantai Sekotong. Kamu tak hanya dapat menikmati pemandangan dengan latar belakang Gunung Agung dari kejauhan, tetapi juga bisa menyaksikan keelokan sunset dan sunrise yang cantik,

Pantai Nambung

Pantai Nambung
Pantai Nambung (Sumber: @shafiq6690)

Pantai Nambung bukanlah pantai seperti pada umumnya. Selain dianugerahi ombak besar dan dipenuhi tebing karang tinggi, pantai ini juga memamerkan pesona lain lewat “air terjun”. Fenomena ombak yang datang menghantam tebing karang dapat menciptakan pemandangan seperti air terjun.

Fenomena air terjun di pantai ini hanya akan terjadi saat ombak besar. Oleh karena itu, datanglah ke ujung pantai ini saat pagi atau sore hari, terutama saat bulan April. Siapkan kamera untuk menangkap pemandangan alam yang unik ini.

Pantai Gili Nanggu

Pantai Gili Nanggu (Sumber: @sundunk)

Lombok tak melulu Gili Trawangan atau Gili Meno. Supaya liburan semakin lengkap, kamu bisa coba berkunjung ke Gili Nanggu. Dengan menempuh perjalanan laut selama 30 menit dari Pelabuhan Lembar, kamu akan tiba di sebuah pulau kecil yang menjadi pusat penangkaran penyu sisik yang langka.

Bagi yang suka menyelam, Gili Nanggu juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang indah. Air jernihnya membantu kamu melihat berbagai biota laut di dalamnya dengan sangat jelas. Jika ingin tinggal lebih lama di pulau kecil ini, kamu tak perlu khawatir. Ada banyak resor dengan fasilitas lengkap, seperti watersport, jogging track, dan perlengkapan diving atau snorkeling.

Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Bloam (Sumber: @lomboksumbawa.travel)

Para pencinta fotografi wajib mampir ke Pantai Tanjung Bloam di Desa Temeak, Lombok Timur. Pantai yang memiliki bukit batu karang yang tinggi ini akan menyuguhkan pemandangan pantai yang tidak biasa. Kamu pun akan dimanjakan dengan lanskap alamnya yang sangat cantik dan masih alami.

Jika sudah puas memotret, cobalah melihat tempat konservasi penyu yang berada tak jauh dari bibir pantai. Kamu bisa melihat penyu-penyu kecil yang berhabitat di daerah sekitar tebing secara langsung.

Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
Pantai Batu Payung (Sumber: @syah_andrians)

Pantai Batu Payung merupakan destinasi wisata yang selanjutnya wajib kamu kunjungi. Berada di satu garis pantai yang sama dengan Pantai Tanjung Aan. Pantai ini terkenal unik karena memiliki sebuah karang besar berbentuk mirip payung di tengah laut. Banyaknya karang di pantai ini tak memungkinkan wisatawan untuk berenang.

Keberadaan Pantai Batu Payung tidak sulit untuk dicari. Lokasinya hanya berada di balik bukit sebelah timur dari Pantai Tanjung Aan. Kamu bisa berjalan kaki menelusuri batu-batu karang dan pecahan koral di kala air surut. Jika air sedang pasang, kamu harus menyewa perahu menuju pantai ini.

Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
Pantai Gerupuk (Sumber: Shutterstock)

Pantai Gerupuk mungkin terdengar asing bagi wisatawan lokal. Tapi, pantai yang berada di sebelah timur Pantai Kuta Lombok ini ternyata menjadi spot favorit para peselancar mancanegara. Selain dikenal memiliki ombak tinggi, Pantai Gerupuk memiliki beberapa titik surfing dengan level ombak yang berbeda-beda, sehingga cukup menantang untuk ditaklukkan.

Jika kamu ingin melihat Gerupuk dengan pemandangan yang berbeda, cobalah mendaki bukit kecil di sisi timur pantai. Dari sini, kamu akan dapat melihat keseluruhan pemandangan pantai dengan jelas. Jika lupa waktu karena keasyikan menikmati pesona pantai, banyak penginapan dan restoran yang tersedia untuk para wisatawan.

Itulah 15 pantai cantik yang terpopuler di Lombok tahun ini. Pantai manakah yang menjadi favoritmu? Bagikan tulisan ini ke teman-teman terdekat dan ajak mereka untuk menjelajahi setiap pantai. Untuk informasi seputar tempat wisata menarik lainnya, cek Blog Traveloka, ya!

4 Shares
Share4
Pin
Share
Tweet
+1