13 Oleh-oleh Lombok yang Pasti Dicari Wisatawan

Traveloka
By Traveloka 22 September 2017
Reading Time: 5 minutes

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Segala sisi pulau ini menampilkan keindahan pesona alam yang memukau, mulai dari pegunungan hingga pantai. Di sisi lain, ada hal menarik yang juga tak boleh ketinggalan untuk kamu ekspor. Ya, apalagi kalau bukan kelezatan aneka kuliner khas Lombok.

Jika berencana pelesir ke pulau kediaman suku Sasak ini, pastikan kamu membawa buah tangan sebelum pulang. Beberapa oleh-oleh khas Lombok yang pasti dicari wisatawan ini harus kamu beli untuk dibagikan kepada orang terdekat:

Kain tenun ikat Sasak

Kain tenun ikat Sasak

Kain tenun ikat Sasak (Sumber: Shutterstock)

Menenun sudah menjadi bagian dari penduduk asli Lombok. Oleh karena itu, kunjungan ke pulau ini tak lengkap tanpa membeli kain tenun khas Sasak, yaitu kain tenun ikat dan songket. Kualitas kain Lombok pun tak kalah bagus dengan kain tradisional di berbagai daerah lainnya.

Jika kamu ingin melihat bermacam jenis tenunan, jangan ragu untuk berkunjung ke Desa Pringgasela, Lombok Timur. Tenun Pringgasela menggunakan pewarna alami dan memiliki motif bergaris yang khas. Kamu bisa mendapatkan kain tenun ini dalam bentuk lembaran kain, syal, dan sarung dengan harga yang bervariasi.

Songket Sasak

Songket Sasak

Songket Sasak (Sumber: Shutterstock)

Selain kain tenun ikat, songket Sasak juga cocok dijadikan buah tangan untuk orang-orang tersayang. Kain ini menjadi pakaian adat tradisional untuk wanita suku Sasak. Kain yang ditenun oleh kaum perempuan dengan alat manual ini memiliki ciri khas berupa hiasan timbul yang terbuat dari benang katun, benang emas, atau benang perak.

Kamu bisa membeli songket secara langsung dari para penenun di Desa Sukarara, Lombok Tengah. Beragam hasil songket, mulai dari syal, pashmina, taplak meja, hingga sarung, bisa kamu jumpai di sini. Satu lembar songket dijual bervariasi, mulai dari Rp200.000, tergantung pada tingkat kerumitan dan motifnya.

Madu Sumbawa

Ready silakan pesan… #maduasli #madusumbawa #jualmadu #foods #drink #bee #honey

A post shared by Madu Sumbawa (@madusumbawa_asli) on

Pulau Sumbawa yang berada di sebelah timur Lombok dikenal sebagai daerah penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu ini istimewa karena memiliki dua jenis, yakni madu berwarna kuning kecokelatan dan madu putih yang biasa berkembang biak dekat sarang burung walet. Selain itu, madu Sumbawa diyakini berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Meskipun berasal dari Sumbawa, madu ini juga banyak dijual di Lombok. Madu Sumbawa banyak dicari wisatawan yang berlibur ke Lombok karena rasa dan khasiatnya. Bagi yang berminat membeli madu ini, beberapa toko oleh-oleh di Lombok menjualnya dengan harga bervariasi, mulai dari Rp85.000 per botol 450 ml madu putih. Jika akan dibawa keluar kota, botol madu akan dibungkus secara khusus agar tidak mudah pecah.

Susu kuda liar Sumbawa

#susukudaliar #susukuda #susu #kuda #kudaliar #sk88 #khasiatsusu #sususehat #kudabima #kudasumbawa #susukudasumbawa #susukuda88 #susukuda #susukudaliar #susukudaliarsumbawa #susukudabima #susukudaliarbima #susukudabimasumbawa #bima #sumbawa #oleh2 #khasbima #minuman #minumankesehatan #sumbawa #khassumbawa #khaslombok #khasntb #kudaliar #kudabima #kudasumbawa #oleholehkhasbima

A post shared by Nehrun Optimis (@susu_kuda_88) on

Selain madu, kuda liar di Sumbawa pun terkenal memiliki susu yang berkhasiat. Oleh karena itu, pulau ini menjadi daerah pionir produksi susu kuda liar atau yang kini lebih dikenal dengan nama Susu Kuda Sumbawa.

Susu Kuda Sumbawa memiliki rasa yang sedikit asam. Meski begitu, khasiat untuk kesehatan dan pengobatan menjadikan minuman ini banyak dicari orang. Di Lombok, kamu bisa menemukan Susu Kuda Sumbawa di beberapa agen khusus. Harga susu kuda liar ini bervariasi, mulai dari Rp20.000 per botol 600 ml.

Dodol rumput laut

. DODOL WORTEL RP. 23.000 FIX ORDER LANGSUNG HUBUNGI CP Yuk jadiin dodol rumputlaut sebagai cemilan sehatmu Dodol berasa Yuppy ya cuma Dodol Rumput Laut..!! .

A post shared by dodol khas lombok (@dodolrumputlaut) on

Selain menjadi destinasi wisata bahari, pantai di Lombok juga digunakan untuk budidaya rumput laut, yang menjadi bahan baku dasar pembuatan dodol. Oleh karena itu, tak heran bila dodol rumput laut Lombok sangat terkenal.

Bagi yang ingin membeli buah tangan ini, dodol rumput laut banyak dijual di toko oleh-oleh dengan beragam merek. Hanya saja, dodol rumput laut merek Phoenix Food lebih populer di kalangan wisatawan. Kamu bisa mengunjungi tokonya di Jalan A. A. Gde Ngurah, Cakranegara.

Dodol rumput laut merek Phoenix Food hadir dengan berbagai pilihan rasa, seperti sirsak, semangka, nangka, labu siam, tomat, dan jagung. Siapa pun akan ketagihan setelah mencoba dodol kenyal dengan rasa asam manis ini. Kamu bisa mendapatkan dodol rumput laut dengan harga terjangkau, yaitu Rp15.000 – Rp25.000 per kotak 180 gram.

Perhiasan mutiara

[ Bross ] Harga : Rp 240.000 For Order & More Info : WA : +6282257728221 BBM : 559E6CDA LINE : wita2705 FB : WiFa Galeri Mutiara Instagram : @wifa.gallery • • • ❌ Order No Cancel! ✔ HANYA MELAYANI YG SABAR ✔ Warna produk di foto dpt berbeda sedikit dari warna asli produk dikarnakan pencahayaan & kamera ✔ Resi H+3 ✔ Harga miring ✔ Warna mutiara bisa pesan sesuai keinginan anda ✔ Tanggungjawab 100%, jika pesanan tdk sampai tujuan / lecet ✔ Gratis Kotak Perhiasan ✔ Real Picture, No tipu-tipu ✔ Reseller & Dropship are Welcome ✔ Terdapat Surat untuk Emas ✔ Terdapat Sertifikat untuk Mutiara Laut 🚛 Pengiriman langsung dari Lombok #pearljewelry #perhiasanmutiara #perhiasanmutiaralombok #onlineshop #trustedolshop #gelang #kalung #emas #grosirmutiaralombok #goldjewelry #diamond #kilaumutiara #rhodium #mutiaraasli #mutiaramurah #necklace #bracelet #antingmurah #mutiaralaut #mutiaratawar #mutiara #jewelry #bros #cincin #perhiasanwanita #perak #butirmutiara #mutiaralombok #pearljewelryset

A post shared by Perhiasan Mutiara LOMBOK MURAH (@wifa.gallery) on

Mutiara adalah salah satu kerajinan khas penduduk lokal yang banyak dicari wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Mutiara Lombok memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena diambil langsung dari dasar laut. Selain itu, mutiara Lombok termasuk jenis mutiara terbaik di dunia, sehingga sering diburu kolektor perhiasan.

Salah satu sentra pengrajin dan penjualan mutiara Lombok berada di Kampung Sekarbela, Ampenan. Di sini, kamu bisa melihat deretan kios maupun toko yang menjual aneka perhiasan mutiara, mulai dari gelang, cincin, bros, anting, dan sebagainya. Tentu harganya bervariasi tergantung pada bahan dasar perhiasan dan jenis mutiara yang digunakan.

Abon ikan asin

Selamat pagi, jangan lupa oleh olehnya😘

A post shared by Abon Khas Lombok (@aboneselombok) on

Selama ini, kamu pasti mengenal beberapa macam abon yang terbuat dari daging ayam, sapi, atau daging lainnya. Di Lombok, kamu akan menemukan abon dengan bahan berbeda, yakni ikan asin. Meskipun menggunakan olahan ikan asin, abon ini tidaklah terlalu asin. Cita rasanya yang gurih dan sedikit pedas sangat cocok disantap sebagai lauk.

Selain ikan asin, ada pula abon yang terbuat dari ikan tuna. Selain rasanya lezat, abon ini memiliki banyak kandungan protein. Oleh-oleh ini cocok diberikan untuk keluarga dan anak-anak.

Kerajinan tangan khas

Kerajinan tangan khas lombok

Kerajinan tangan khas Lombok (Sumber: Shutterstock)

Kerajinan tangan khas suku Sasak cukup banyak jenisnya. Dengan bentuk dan keunikan tersendiri, ragam kerajinan ini banyak dicari wisatawan untuk oleh-oleh sepulang dari Lombok.

Salah satu pusat kerajinan khas berada di Desa Loyok, Lombok Timur. Di sini, kamu bisa menjumpai banyak toko yang memasarkan hasil kerajinan tangan dengan harga terjangkau. Kamu bisa memborong aneka kerajinan tangan, mulai dari berbagai macam produk anyaman, hiasan dinding, tas, piring, gelang hingga hiasan lampu.

Kopi Lombok

Kopi Lombok

Kopi Lombok (Sumber: Shutterstock)

Kopi sudah melekat di kehidupan masyarakat Lombok. Bahkan, kopi sudah menjadi kebutuhan pokok dalam setiap rumah tangga. Bagi pencinta kopi, menikmati hangatnya segelas kopi lokal asal Desa Prabe, Lombok Barat, tak bisa dilewatkan begitu saja. Bubuk kopi berasal dari biji yang diolah secara alami dengan racikan khas masyarakat Sasak.

Sekilas, Kopi Lombok Prabe tampak seperti kopi hitam pada umumnya. Namun saat kamu seruput, kopi akan terasa cukup pahit dan memiliki aroma yang kuat. Jika ingin membelinya, kamu bisa menemukan Kopi Lombok Prabe di berbagai tempat oleh-oleh. Kopi ini sudah dikemas menarik dalam bentuk kotak dan saset, sehingga kamu tidak perlu khawatir membawanya dalam perjalanan jauh.

Permen susu kerbau liar

PERMEN SUSU KERBAU Khas SUMBAWA. Dulu ketika saya masih kecil, permen susu ini sudah ada. Tetapi kemasannya masih sangat…

Posted by Badrul Munir on Tuesday, May 2, 2017

Oleh-oleh lain andalan Pulau Sumbawa yang banyak dijual di Lombok adalah permen susu kerbau liar. Permen susu ini diolah secara sederhana oleh masyarakat Sumbawa. Begitu pula dengan kemasan permen yang hanya dibungkus dalam kertas putih dan plastik mika transparan.

Meskipun begitu, rasanya yang manis dan gurih membuat permen ini banyak diburu oleh wisatawan, termasuk yang sedang pelesiran di Lombok. Permen ini bisa kamu beli di berbagai tempat oleh-oleh dengan harga terjangkau.

Manisan tomat

Dodol rumput laut dan manisan rumput laut rasa macem2 180 gram cuma 25rb yuk diorder ga bakalan bikin gemuk #makananbergizi#makananhalal#makananenak#makanansehat#makananlombok#sambel#sambellombok#sambelpedas#kopi#kopilombok#terasi#terasilombok#manisanlombok#manisanrumputlautlombok#manisanrumputlaut#oleh2khaslombok#oleholehlombok#oleholehkhaslombok#mataram#lombok#jakarta#bandung

A post shared by oleh-oleh khas lombok (@oleh2khas_lombok) on

Tomat yang diolah menjadi manisan menjadi oleh-oleh favorit wisatawan. Camilan ini terbuat dari tomat pilihan yang direbus dengan gula pasir, lalu dijemur selama beberapa hari hingga mengering. Setelah itu, bentuk manisan tomat akan mirip dengan kurma yang cenderung berwarna merah kehitaman. Sangat cocok dijadikan buah tangan untuk siapa saja, termasuk yang tidak suka dengan tomat.

“Kurma” ala Lombok ini memiliki rasa asam manis dengan sedikit rasa segar khas tomat. Kamu bisa mencari camilan ini di toko-toko yang menjual makanan oleh-oleh khas. Manisan tomat bisa dibeli dengan harga murah, yaitu Rp25.000 per kemasan kotak 200 gram

Kacang mete

Kacang mete gurih 30rb #makananbergizi#makanansehat#makananlombok#sambalombok#sambalkhaslombok#terasilombok#terasikhaslombok#kopilombok#kopikhaslombok#snacklombok#snackkhaslombok#camilanlombok#camilankhaslombok#kaoslombok#manisanrumputlautkhaslombok#manisankhaslombok#oleh2khaslombok#oleholehkhaslombok#oleholehlombok#mataram#lombok#surabaya#bandung#jakarta#sumatra#sulawesi#kalimantan

A post shared by oleh-oleh khas lombok (@oleh2khas_lombok) on

Pulau Lombok dikenal sebagai salah satu penghasil kacang mete terbesar di Indonesia. Biji mete berkualitas diolah secara tradisional menggunakan bumbu rempah-rempah alami, sehingga memberikan cita rasa yang khas. Hadir dengan berbagai pilihan rasa, seperti pedas, madu, karamel, original, hingga gurih, kacang mete khas Lombok cocok dijadikan oleh-oleh yang wajib dibawa pulang.

Datanglah langsung ke toko Phoenix Food di Jalan A. A. Gde Ngurah, Cakranegara Selatan. Kamu bisa mendapatkan kacang mete aneka rasa dengan harga bervariasi, mulai dari Rp25.000 per kemasan kotak 200 gram

Terasi Lombok

Trasi lombok ga da yang ngalahin dah enaknya yuk diorder cuma 20rb #makananbergizi #makananenak #makanankhaslombok #makananlombok #samballombok #sambal #manisanrumputlautlombok #trasilombok #mataram #oleholehkhaslombok #jakarta #bandung #lombok

A post shared by oleh-oleh khas lombok (@oleh2khas_lombok) on

Berbagai masakan khas seperti plecing kangkung, ayam bakar taliwang, hingga nasi balap puyung menggunakan terasi sebagai bumbu dasarnya. Oleh karena itu, tak heran jika Lombok memiliki beberapa jenis terasi yang terbuat udang, ikan, dan campuran. Selain itu, terasi Lombok dikenal karena rasanya yang gurih dan aroma yang khas.

Terasi khas Lombok ini bisa kamu beli di pasar-pasar tradisional. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menemukan terasi ini di beberapa toko khusus oleh-oleh. Terdapat beberapa jenis kemasan yang bisa kamu pilih dengan harga bervariasi.

Sudah berpikir untuk membeli buah tangan apa saja sepulang dari Lombok? Beberapa rekomendasi oleh-oleh Lombok di atas tentu saja bisa menjadi alternatif terbaik jika kamu bingung mencari buah tangan. Sekarang, kamu hanya perlu memilih oleh-oleh sesuai bujet agar liburan tetap nyaman tanpa kehabisan uang. Untuk rekomendasi oleh-oleh dari berbagai daerah lainnya, kamu bisa cek di Blog Traveloka!

 

Tulis komentarmu di sini: