Pantai Krakal, Pesona Tersembunyi di Yogyakarta

Pantai Krakal, Pesona Tersembunyi di Yogyakarta

Tahukah kamu bahwa Jogja memiliki sebuah kawasan yang dipenuhi oleh pantai-pantai cantik? Kawasan tersebut adalah Gunungkidul, salah satu kabupaten di Yogyakarta. Ada banyak pantai dengan panorama cantik dan alami yang bisa kamu temukan di sini, salah satunya adalah Pantai Krakal.

Pantai ini memiliki lanskap yang cenderung landai. Uniknya, terdapat batu karang besar yang tampak seperti jalan setapak di atas permukaan laut. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Krakal, mulai dari bersantai di gazebo, berfoto-foto di spot yang keren, hingga berselancar. Kamu bahkan bisa eksplor pantai kecil di dekat Pantai Krakal yang lokasinya hanya dibatasi oleh batu karang besar.

Sebelum berlibur ke Pantai Krakal, yuk cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini!

Keistimewaan Pantai Krakal

Menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Krakal tentu memiliki beragam keistimewaan yang membuatnya cukup menarik untuk dikunjungi. Ciri khas ini akan membuat siapapun ingin segera berkunjung untuk melihat langsung pantainya. Kalau kamu penasaran, ini dia dua keistimewaan utama Pantai Krakal yang perlu kamu ketahui:

Sejarah pembentukan Pantai Krakal

(Sumber: @faizrifqi94)

Sebagai salah satu wisata pantai di Jogja, Pantai Krakal memiliki cerita tersendiri terkait proses terbentuknya. Seperti yang kita tahu, keindahan alam umumnya dihasilkan dari proses alami yang terjadi bertahun-tahun silam, tak terkecuali dengan Pantai Krakal.

Percaya atau tidak, Pantai Krakal dulu merupakan kawasan di dasar laut. Kemunculan pantai ini dipercaya karena adanya peristiwa epirogenesa negatif, yakni pergerakan kerak bumi yang mengakibatkan naiknya lapisan bumi. Nah, amat menarik bukan sejarah pembentukan Pantai Krakal ini?

Ciri khas pada dua batu karang besar

(Sumber: @wayoy)

Nah, proses alam yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut tak hanya menghasilkan garis pantai yang indah dan menawan, tapi juga menyajikan bentang alam lainnya yang tak kalah memukau. Kalau berkunjung ke Pantai Krakal, kamu akan menemui dua batu karang yang berukuran sangat besar.

Batu karang ini berwarna hitam sehingga kontras dan apik menyatu dengan hamparan pasir putih. Karena ukurannya sangat besar, kedua batu karang ini pun berfungsi sebagai pembatas antar pantai. Pada umumnya, gugusan bentang alam berupa pantai memang saling terhubung satu sama lain, begitu juga dengan Pantai Krakal. Di sekitar Pantai Krakal, juga ada pantai lain lagi yang tak kalah indah.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba untuk naik ke puncak batu ini. Tak perlu takut jatuh karena di batu ini sudah dibuat jalan setapak untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dari atas ketinggian.

Batu karang tersebut tidak memiliki permukaan tandus. Justru, kamu akan melihat permukaan subur yang dipenuhi berbagai tumbuhan hijau. Setiap sudut tentu bisa menjadi spot menarik untuk berfoto. Meski begitu, tetaplah berhati-hati karena kondisi batu karang cukup tinggi dan berbahaya.

Aktivitas seru di Pantai Krakal

Jika berkunjung ke Pantai Krakal, sebaiknya luangkanlah waktu yang cukup lama. Dengan begitu, kamu bisa menjelajah berbagai spot yang ditawarkan di sini. Selain dua batu karang dan hamparan pasir putih yang memanjang, masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalau berkunjung ke sini. Berikut di antaranya:

Melakukan surfing dan snorkeling

(Sumber: @bang_diil)

Di samping keindahan pantai yang memukau, ombak di Pantai Krakal pun cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk kegiatan selancar. Jika kamu hobi surfing, maka Pantai Krakal bisa menjadi destinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Rasakan serunya bermain dengan ombak di pantai ini!

Tak hanya itu, di Pantai Krakal kamu juga bisa menikmati pesona bawah laut. Air laut di sini masih amat jernih, sehingga cocok untuk dijadikan lokasi snorkeling. Indahnya terumbu karang berwarna-warni, serta ragam biota laut akan membuat kamu berdecak kagum. Bagi yang tak membawa persiapan snorkeling tak perlu khawatir, kamu bisa sewa dengan biaya Rp50.000.

Menyaksikan sunset di salah satu spot terbaik di Yogyakarta

(Sumber: @ariv_mm)

Rupanya, keindahan alam Pantai Krakal tak hanya bisa dinikmati pagi dan siang hari saja. Setelah puas menikmati keindahan biota laut dan serunya bermain ombak di siang hari, kini saatnya menikmati pemandangan sunset yang tak kalah indah di Pantai Krakal. Sambil menunggu malam tiba, jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam di sini.

Tak hanya pemandangan di kala senja, panorama matahari terbit pun tak kalah menarik untuk dinikmati. Kamu bisa melihat indahnya matahari mengintip di balik lautan hingga muncul ke permukaan. Datanglah sejak dini hari jika tak ingin melewatkan setiap momen yang terjadi.

Fasilitas dan akomodasi di Pantai Krakal

(Sumber: @owik_pix)

Ketika berkunjung ke Pantai Krakal, kamu tak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Sebagai ikon wisata yang cukup populer, pihak pengelola Pantai Krakal telah membangun fasilitas memadai. Mulai dari toilet, tempat parkir, tempat makan, hingga tempat istirahat sudah bisa dimanfaatkan pengunjung agar lebih nyaman saat di Pantai Krakal.  

Kamu juga tak perlu khawatir masalah penginapan. Bagi yang ingin menikmati sunset namun enggan pulang terlalu malam, kamu bisa bermalam di penginapan yang tersedia di sekitar pantai. Dengan menginap, kamu juga memiliki kesempatan untuk melihat pesona sunrise keesokan paginya.

Ada pula sejumlah tempat makan yang menyajikan hidangan seafood khas. Bisa kamu bayangkan serunya menikmati olahan makanan laut sambil melihat pemandangan laut yang indah. Di sini, kamu juga bisa menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga maupun kerabat dekat. Tak perlu khawatir masalah harga karena harga yang ditawarkan di sini cukup terjangkau.

Lokasi dan akses menuju Pantai Krakal

(Sumber: @njoy_selalu)

Pantai Krakal berada di Desa Ngastiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul. Lokasinya hanya berjarak sejauh 65 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai Krakal bisa diakses dari berbagai wilayah, termasuk dari Wonosari yang berjarak 21 km saja. Selain itu, untuk sampai ke sini, kamu bisa melalui dua rute, yakni lewat Solo dan Sukoharjo.

Bagi kamu yang menuju ke Pantai Krakal dari Yogyakarta, kamu bisa melalui rute Piyungan, kemudian Bundaran Tugu BPD, Wonosari, Tanjungsari dan tiba di Pantai Krakal. Di sepanjang perjalanan menuju ke Pantai Krakal, kamu akan disuguhi indahnya pemandangan di sisi kanan dan kiri jalan.

Untuk bisa sampai ke pantai ini, kamu harus melewati jalan perbukitan. Bukan bukit biasa, tapi bukit kapur yang putih. Tak hanya itu, sensasi pantai sudah akan terasa sepanjang perjalanan dengan adanya teras-teras batu karang. Semakin sering batu karang kamu jumpai, semakin dekat pula dengan lokasi Pantai Krakal. Kamu pasti tak sabar untuk segera menginjakkan kaki di pantainya.

Harga tiket masuk dan jam operasional

(Sumber: @tispritalibri)

Meskipun menyajikan pemandangan alam yang luar biasa, harga tiket masuknya sangat terjangkau. Kamu tak perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk bisa menikmati keindahan Pantai Krakal. Cukup dengan Rp10.000, kamu sudah bisa masuk ke area pantai dan memulai eksplorasi.

Dengan harga tersebut, kamu pun bebas mengunjungi berbagai gugusan pantai di sekitar Pantai Krakal, termasuk Pantai Sundak dan Pantai Baron. Kamu bisa datang ke Pantai Krakal mulai jam 08:00. Jika ingin menikmati sunrise, kamu sebaiknya memilih untuk bermalam di penginapan sekitar.

Meski memakan perjalanan yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja, kamu dijamin lupa dengan rasa lelah begitu melihat keindahan Pantai Krakal. Agar perjalanan jauh tidak terasa melelahkan, sebaiknya siapkan daftar perjalanan dari sekarang. Ajak sebanyak mungkin teman agar liburan jadi semakin seru dan menyenangkan. Jangan lupa juga membawa kamera untuk berfoto ria di Pantai Krakal nanti, ya!   

Baca juga  Pantai Ngrenehan, Pesona Bahari di Tengah Bukit Kapur
0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1