Pantai Depok, Destinasi Liburan Seru di Bantul Jogja

Pantai Depok, Destinasi Liburan Seru di Bantul Jogja

Jika punya rencana traveling ke Jogja, cobalah menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Depok, Bantul. Di sini, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru, seperti surfing, bermain air di pinggir laut, atau sekadar melakukan relaksasi tubuh dan pikiran. Apabila sudah mulai lapar, kamu bisa langsung mampir ke salah satu tempat makan yang ada di pinggir pantai untuk menikmati seafood lezat.

Pantai Depok juga memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI), di mana kamu bisa membeli langsung hasil tangkapan laut yang segar. Ditambah bonus pemandangan sunset cantik, liburan ke Pantai Depok pun akan menjadi pengalaman yang berkesan selama kamu liburan di Jogja.Yuk, cari tahu apa saja keseruan lainnya di Pantai Depok!

Keistimewaan Pantai Depok

Tak hanya menawarkan eksotisme pantai dan laut, Pantai Depok juga memiliki pesona lain yang berhasil menarik wisatawan. Berikut beberapa daya tarik Pantai Depok yang akan membuatmu tak sabar untuk mengunjunginya:

Pesona sunrise terbaik

(Sumber: @arif_noegrohow)

Suasana kota mungkin kerap membuatmu lupa akan keindahan matahari terbit. Di Pantai Depok, kamu bisa leluasa menikmati pesona sunrise sambil ditemani semilir angin pantai. Lokasi ini juga diketahui sebagai spot terbaik untuk melihat matahari terbit.

Karena itu, cobalah datang sejak dini hari untuk menyaksikan suasana fajar yang menakjubkan. Siapkan pula peralatan kamera agar kamu bisa menangkap semua momen bersama orang terdekat.

Lokasi resmi Indonesia Aerosport Centre

(Sumber: @oki.jatisari202)

Tak hanya menawarkan pesona sunrise, Pantai Depok juga telah diresmikan sebagai pusat kegiatan Wisata Olahraga Dirgantara. Sebagai aerosport centre di Yogyakarta, Pantai Depok memiliki landasan pacu cukup luas yang kerap dijadikan lokasi terjun payung dan terbang layang. Lokasi ini pun kerap dijadikan tempat berlatih para atlet mancanegara, seperti Filipina, Thailand, Amerika, serta Norwegia.

Sempat menjadi lokasi acara Jogja Air Show, berbagai kompetisi lain pun turut serta, seperti paralayang, gantole, serta mikrolet. Mikrolet di sini bukanlah angkutan darat yang biasanya beroperasi di jalan raya, melainkan pesawat nyamuk yang dikendalikan oleh para penerbang profesional.

Berlokasi strategis

(Sumber: @adhitattack)

Alasan lain kenapa kamu harus berkunjung ke Pantai Depok adalah letaknya yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusomo. Pantai Parangtritis merupakan ikon wisata Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Dari Parangtritis, kamu hanya perlu menempuh jarak 5 km untuk sampai di Pantai Depok.

Sedangkan dari Pantai Parangkusumo, kamu perlu menempuh jarak sejauh 500 meter. Cukup berjalan kaki, kamu sudah bisa menikmati pesona dua pantai yang indah di Yogyakarta. Pantai Parangkusumo sendiri cukup unik karena dianggap sebagai pintu gerbang istana Nyi Roro Kidul. Karena itulah, pantai ini masih dianggap suci oleh penduduk setempat. Semakin penasaran, bukan?

Aktivitas seru di Pantai Depok

Selain menyuguhkan berbagai atraksi aerosport maupun lanskap pantai yang memukau, Pantai Depok masih memiliki banyak hal menarik yang patut kamu coba. Inilah beberapa alasan mengapa Pantai Depok ramai dikunjungi wisatawan:

Berburu hasil laut di tempat pelelangan ikan dan nelayan

(Sumber: @faisal_anshory)

Pada umumnya penduduk di sekitar pantai memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, begitu pula dengan penduduk setempat di Pantai Depok. Untuk menunjang hal tersebut, di sini terdapat tempat pelelangan ikan (TPI). Karena itu, tak ada salahnya berkunjung ke sini untuk memborong hasil laut berkualitas.

Di TPI, kamu bebas memilih hasil ikan laut yang disukai, termasuk cumi-cumi dan kepiting. Selain membeli ikan segar, kamu juga bisa menikmati lezatnya hasil olahan ikan langsung di tempatnya, lho. Tersedia banyak warung yang siap mengolah tangkapan laut yang sudah kamu beli.

Banyaknya pilihan hasil laut serta padatnya pembeli di TPI mungkin akan membuatmu sedikit bingung. Untuk mengatasinya, kamu bisa membeli ikan langsung pada para nelayan. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa mendapat aneka hasil laut yang segar dan berkualitas.

Wisata kuliner seafood

(Sumber: @kulinerteteh)

Beranjak dari tempat pelelangan ikan, kamu bisa menikmati kuliner di warung-warung sekitar Pantai Depok. Di sini, kamu bisa memilih langsung hasil laut yang ingin disantap. Pemilik warung pun akan langsung mengolah menu sesuai keinginanmu.

Sambil menunggu pesanan, kamu bisa menikmati es kelapa muda segar sambil melihat keindahan Pantai Depok. Tak ketinggalan, semilir angin pantai pun akan membuat aktivitas santap siangmu semakin nikmat. Tak perlu khawatir akan panas karena pemilik warung menyediakan banyak saung yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.

Kemah di pinggir pantai

(Sumber: @tho2_sunarto)

Bagi yang ingin merasakan kehidupan di alam lepas, kamu bisa mencoba berkemah semalam di sekitar Pantai Depok. Biasanya, para pengunjung yang berkemah akan mendirikan tenda di sebelah barat pantai. Namun, kamu wajib mengajukan izin kepada pihak pengelola pantai jika ingin berkemah di Pantai Depok.

Jika memang berniat untuk berkemah di sini, kamu haru membawa perlengkapan pribadi. Pasalnya, Pantai Depok tidak menyediakan penyewaan tenda maupun peralatan kemah lainnya. Kalau tak ingin repot membawa dari kota asal, kamu bisa menyewanya di pusat Kota Jogja.

Naik ATV untuk menjelajahi keindahan pantai

(Sumber: @wellasoelastri)

Lanskap Pantai Depok yang memiliki garis pantai memanjang mungkin akan membuatmu lelah jika berkeliling dengan berjalan kaki. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyewa ATV yang disediakan pengelola setempat. Dengan ATV ini, kamu bisa berkeliling ke seluruh sudut pantai untuk menemukan spot terbaik untuk bersantai maupun berfoto.

Harga sewa ATV cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp50.000. Dengan harga tersebut, kamu bisa berkeliling pantai selama 1,5 jam. Eksplorasi pantai dengan ATV pun akan menjadi pengalaman baru untukmu dan rombongan.

Akses menuju Pantai Depok

(Sumber: @jogjaku)

Pantai Depok berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Ada banyak rute yang bisa kamu lalui, jadi kamu tak perlu khawatir akan sulit menemukannya. Namun, kendaraan pribadi menjadi akomodasi yang patut kamu pilih, dengan begitu perjalanan pun akan semakin mudah.

Dari Yogyakarta, kamu harus ke arah selatan menuju Banguntapan. Lalu, kamu akan menyurusi Jalan Pleret sepanjang 3 km sampai menemukan Pasar Pleret. Selanjutnya, kamu bisa ke arah barat menuju kawasan Imogiri dan Siluk. Tak lama dari sana, kamu akan menemukan Gua Cerme dan tiba di Pantai Parangtritis. Setelah itu, kamu hanya perlu menempuh jarak kurang dari 1 km untuk sampai di Pantai Depok.

Jarak yang cukup jauh tersebut tentu akan membuatmu sedikit jenuh di perjalanan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mampir ke beberapa tempat yang kamu lalui, mulai Pasar Pleret untuk wisata kuliner hingga permakaman raja di Imogiri untuk perkaya wawasan sejarahmu!

Harga tiket masuk dan jam operasional

(Sumber: @djibrilkun)

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Depok, kamu cukup bayar sekitar Rp10.000. Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa menikmati keindahan di Pantai Depok yang buka pukul 06:00 17:00. Waktu yang cukup lama untuk bersenang-senang di tepi pantai, bukan?

Kalau berencana melihat sunrise, sebaiknya mulai perjalananmu sejak dini hari. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan momen-momen cantik ketika matahari mulai menampakkan sinarnya di ujung timur pantai.

Itulah beberapa keistimewaan Pantai Depok yang bisa kamu rasakan saat berkunjung. Menikmati pemandangan laut yang indah dan alami saja sudah sangat menyenangkan. Ditambah dengan berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, liburanmu di Yogyakarta pasti akan semakin berkesan. Selamat liburan di Pantai Depok!

1 Shares
Share1
Pin
Share
Tweet
+1