Panduan Singkat Liburan ala Backpacker ke Jogja

Panduan Singkat Liburan ala Backpacker ke Jogja

Jogja termasuk salah satu destinasi liburan yang populer di Indonesia. Pesona alam, budaya, dan keramahan masyarakatnya membuat para wisatawan selalu rindu untuk kembali ke Jogja. Tak terkecuali para backpacker yang selalu menjadikan Jogja sebagai destinasi favorit untuk berlibur.

Berbagai pilihan penginapan murah, wisata kuliner ramah kantong, serta banyaknya wisata gratis menjadi daya tarik tersendiri bagi para backpacker. Hal tersebut dapat menekan bujet liburan yang tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi para backpacker. Bagi yang berencana liburan ke Jogja dengan cara backpacker, simak tips berikut agar  liburan kamu berjalan lancar!

Memilih transportasi

Tranportasi tentu menjadi salah satu alokasi dana yang cukup besar saat liburan. Karena itu, memilih transportasi yang tepat bisa memengaruhi perjalanan liburan backpacker kamu. Selain transportasi menuju Jogja, kamu juga perlu memikirkan transportasi selama berkeliling Kota Gudeg ini. Yuk, simak panduan singkatnya berikut ini:

Gunakan kereta api ekonomi

(Sumber: upload.wikimedia.org)

Bagi yang berasal dari Pulau Jawa, kereta api bisa menjadi pilihan tepat menuju Jogja. Selain memiliki rentang waktu perjalanan yang terukur, akomodasi kereta api sudah cukup nyaman untuk digunakan. Tak lupa, harga tiket kereta pun cukup terjangkau bagi siapa saja. Dengan begitu, bujet transportasi akan semakin terkendali.

Kamu juga tidak perlu khawatir akan kenyamanan kereta api ekonomi. Pasalnya, PT KAI telah melakukan peningkatan pelayanan seiring pengurangan subsidi pemerintah pada Public Service Obligation (PSO) sejak awal tahun 2015. Jadi, kereta ekonomi masih tetap nyaman untuk dijadikan pilihan transportasi jarak jauh.

Gunakan Trans Jogja atau berjalan kaki

(Sumber: upload.wikimedia.org)

Setibanya kereta di Jogja, kamu pasti membutuhkan transportasi menuju penginapan maupun lokasi wisata. Untuk menghemat pengeluargan, Trans Jogja bisa menjadi pilihan tepat. Selain murah, Trans Jogja juga mudah untuk diakses dari berbagai lokasi. Setidaknya, kamu membutuhkan uang sekitar Rp3.600 untuk menggunakan transportasi ini.

Ada pula alternatif lain yang bisa kamu lakukan demi menghemat biaya transportasi, yaitu berjalan kaki. Cara ini dianggap efektif karena Jogja merupakan kota yang ramah turis. Berbagai trotoar serta penyeberangan bisa dengan aman kamu lalui di Yogyakarta. Tak hanya itu, dengan berjalan kaki kamu juga bisa lebih mengenal penduduk serta budaya lokal. Menarik sekali, bukan?

Sewa sepeda motor untuk berkeliling Jogja

(Sumber: upload.wikimedia.org)

Jika ingin menjelajahi Jogja dengan lebih leluasa, kamu bisa menyewa sepeda motor selama beberapa hari. Selain lebih fleksibel, penggunaan sepeda motor akan membantu kamu menjangkau objek wisata yang tidak dilalui angkutan umum. Kamu pun bebas berhenti di mana kamu suka saat menemukan objek menarik.

Harga motor yang disewakan bervariatif, bergantung pada tipe motor dan lama waktu peminjaman. Agar perjalanan aman dan lancar, pilihlah tipe motor yang sesuai dengan kondisi jalan wisata tujuan kamu ya!

Bermalam di penginapan murah

(Sumber: @ayu_kanda)

Di Jogja, kamu tak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk bisa tidur nyenyak. Ada banyak pilihan penginapan murah yang bisa kamu temui, salah satunya di Jalan Sosrowijayan, kawasan Malioboro. Mulai dari hotel, guesthouse, hingga homestay bisa kamu temukan di sini.

Harga masing-masing penginapan berbeda, tergantung pada fasilitas yang disediakan. Namun umumnya, harga yang ditawarkan berkisar pada Rp100.000 Rp200.000. Menariknya, penginapan di sini juga bisa diisi oleh rombongan. Dengan begitu, harga sewa kamar pun bisa semakin murah.

Kunjungi  tempat wisata murah

Kesan bahwa backpacker harus mampu menekan anggaran liburan memang melekat di pandangan banyak orang. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati keindahan Jogja secara maksimal. Kamu tetap bisa hemat dan puas dengan mengunjungi tempat-tempat wisata berikut:

Wisata Kalibiru

(Sumber: @wisatakalibiru)

Sebagai salah satu wisata alam di Jogja, Wisata Kalibiru menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Kamu bisa menaiki gardu pandang di atas pohon untuk melihat  keindahan Waduk Sermo yang dikelilingi hamparan pepohonan hijau.

Tak hanya itu, ada pula beberapa wahana outbond yang bisa kamu coba untuk menambah keseruan liburan. Selain itu, sempatkan waktu untuk berfoto diberbagai lokasi menarik yang ada. Untuk masuk ke Wisata Kalibiru, kamu perlu membayar tiket sekitar Rp10.000 per orang.

Taman Sari

(Sumber: Shutterstock)

Bagi yang menyukai wisata sejarah, kamu bisa menyempatkan diri berkunjung ke Taman Sari. Di sini, kamu akan melihat keindahan arsitektur kuno berpadu indah dengan gemercik air mancur. Selain itu, bangunan bekas taman keraton ini juga menyimpan banyak sejarah unik. Jadi, kamu bisa berwisata sekaligus belajar sejarah. Jika tertarik mengunjunginya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5.000.

Pantai di Gunungkidul

(Sumber: @rabindra)

Wilayah Gunungkidul di Jogja terkenal dengan deretan pantainya yang indah. Beberapa di antaranya adalah Pantai Siung, Pantai Krakal, Pantai Ngrenehan, dan Pantai Jogan. Setidaknya, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar dua jam dari pusat Kota Jogja menuju pantai-pantai cantik di Gunungkidul.

Meski tergolong cukup jauh, kamu dijamin akan puas menghabiskan waktu di sana. Kamu pun hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp10.000 untuk menikmati pesona setiap pantainya.

Berburu kuliner murah

Hal yang tak kalah penting saat berlibur adalah wisata kuliner. Untungnya, Jogja punya sederet pilihan kuliner lezat yang wajib kamu coba. Mulai dari masakan tradisional hingga modern bisa dengan mudah kamu temukan.

Tak ketinggalan, harga terjangkau pada masing-masing kuliner pun akan membuat wisata kuliner kamu jadi lebih puas. Berikut daftar kuliner murah Jogja yang bisa kamu nikmati:

Mie Ayam Bu Tumini

(Sumber: @jogjainfo)

Saat berwisata kuliner di Jogja, cobalah untuk mampir ke Mie Ayam Bu Tumini di Jalan Imogiri Timur No 187, Umbulharjo. Perpaduan mi kenyal, kuah kental berwarna cokelat, ayam suwir, serta ceker dijamin akan membuat kamu ketagihan. Untuk menikmati cita rasa Mie Ayam Bu Tumini, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp10.000.

Soto Bathok Mbah Katro

(Sumber: @yomiingemil)

Ingin mencicipi kuliner unik? Soto Bathok Mbak Katro tentu bisa menjadi pilihan tepat. Di sini, kamu akan menikmati soto daging yang disajikan dalam batok kelapa. Datanglah ke Jalan Candi Sambisari No 6, Purwomartani untuk menikmati seporsi soto seharga  Rp5.000 ini.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

(Sumber: @vico.kuliner)

Kurang lengkap rasanya ke Jogja tanpa mencicipi cita rasa gudeg. Salah satunya Gudeg Mbah Lindu, gudeg populer di Jogja yang bisa kamu temukan di kawasan Jalan Sosrowijayan. Menariknya, resep gudeg yang digunakan merupakan racikan Mbah Lindu sejak tahun 1942. Harga gudeg di sini dibanderol mulai dari Rp15.000 saja. Tergiur untuk mencobanya?

***

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat ingin backpacker-an menuju Jogja. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa tujuan backpacking bukanlah untuk berlibur dengan bujet murah, melainkan berlibur mandiri dengan cara kamu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menikmati dan merasakan makna dari tiap liburan yang kamu jalani. Yuk, ceritakan pengalaman backpacker kamu di kolom komentar!

Baca juga  10 Guest House di Jogja di Bawah Rp300.000
3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1