8 Mal di Yogyakarta Ini Rekomendasi Untuk Wisata Belanja

Traveloka
By Traveloka 16 September 2017
Reading Time: 3 minutes

Yogyakarta tak hanya dikenal sebagai kota budaya, melainkan juga kota belanja. Banyak wisatawan sengaja berlibur ke kota ini untuk mencari batik, perhiasan perak, dan bermacam kerajinan tangan dengan harga murah. Tak heran bila kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, Pasar Klithikan, hingga Kampung Batik Ngasem selalu penuh para wisatawan.

Tumbuhnya masyarakat kalangan urban dengan kebutuhan gaya hidup yang beragam, membuat mal atau pusat perbelanjaan semakin banyak hadir untuk memenuhi segalanya. Setidaknya, ada delapan mal di Yogyakarta yang populer dan menjadi rekomendasi untuk kamu kunjungi:

Mal Malioboro

Mall Malioboro

Mal Malioboro (Sumber: Wikipedia)

Kawasan Malioboro sudah dikenal sebagai ikon pusat belanja murah di Yogyakarta. Kamu bisa menjumpai banyak pedagang kaki lima yang menjual kerajinan khas, serta warung-warung lesehan yang menjual makanan khas di sepanjang jalan. Jika sudah puas berkeliling, kamu bisa berjalan kaki ke Jalan Malioboro No 52 – 58.

Sesampainya di lokasi, kamu akan menemukan sebuah pusat perbelanjaan bernama Mal Malioboro. Mal ini buka pukul 10:00 – 21:30. Di sini, kamu tetap bisa mendapatkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu, mal ini sering mengadakan pameran UKM yang menjual berbagai hasil kerajinan perak, kulit, hingga batik. Kamu bisa membeli produk masyarakat lokal tersebut untuk oleh-oleh.

Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo (Sumber: Flickr – Herman Saksono)

Pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Laksda Adisucipto ini sering disebut Amplaz. Salah satu mal terbesar di Yogyakarta ini mengusung konsep urban, sehingga bisa sekaligus menjadi tempat hiburan favorit keluarga dan anak muda. Berbagai toko turut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan setiap pengunjung.

Toko pakaian bermerek, toko elektronik, dan gerai makanan tersedia di sini. Selain itu, Amplaz juga berada satu kompleks dengan Hotel Royal Ambarukmo, sehingga cocok untuk para wisatawan yang ingin menginap dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan. Jika ingin berkunjung, kamu bisa datang pukul 10:00 – 22:00.

Galeria Mall

Mall Galeria

Mall Galeria (Sumber: galeriajogja.com)

Galeria Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang berada di lokasi strategis, yaitu Jalan Jend. Sudirman. Letaknya yang berada di pusat kota membuat mal ini mudah ditempuh dengan berbagai jenis transportasi. Mal ini buka pukul 10:00 – 22:00. Meskipun bukan mal besar, Galeria Mall memiliki fasilitas yang lengkap dan area parkir yang memadai.

Mal yang sering disebut Gale ini juga cocok untuk tempat bersantai karena memiliki banyak kafe dan restoran. Salah satunya adalah Canting Jogja yang berada di rooftop mal. Di restoran bergaya mewah ini, kamu bisa menikmati aneka hidangan lezat sambil ditemani pemandangan kota yang indah. Cocok sekali untuk melepas lelah setelah berkeliling kota.

Jogja City Mall

Jogja City Mall adalah salah satu Mall pembuka dalam acara "Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2017" dari 8 pusat belanja yg berada di daerah D.I. Yogyakarta. Jogja City Mall dengan tema"Wonderfood Indonesia" yg akan menampilkan Festival Sate dan berbagai kesenian khas yogyakarta yg akan berlangsung pada tanggal 27 Sept – 1October 2017 ˙ Website: www.indonesiashoppingcenter.com ˙ #Indonesiashoppingcenter #wicsf2017 #jogjacitymall #shoppingcenter #shoppingmalls #culinary #shopping #indonesia #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #beautifulindonesia #yogyakarta #APPBI

A post shared by IndonesiaShoppingCenter (@indonesiashoppingcenter) on

Kalau ingin main ke mal dengan suasana yang berbeda, coba mampir ke Jogja City Mall atau JCM. Dibanding kebanyakan mal di Yogyakarta, JCM memiliki desain yang unik. Bangunannya dirancang dengan arsitektur ala Romawi kuno dengan ciri khas pilar-pilar tiang tinggi yang megah. Namun, saat masuk ke mal, kamu akan melihat interior modern yang berpadu dengan suasana Jawa Kraton.

Tak perlu bingung untuk menghabiskan waktu di mal yang buka pukul 10:00 – 22:00 ini. Selain bisa berbelanja, JCM memiliki arena ice skating yang cukup besar. Arena hiburan ini tentu bisa menciptakan momen menyenangkan. Kamu bisa menemukan mal ini di Jalan Magelang No. 18, Sinduadi.

Hartono Lifestyle Mall

Hartono Mall Jogja

Hartono Mall Jogja (Sumber: Wikipedia – Mas Gino)

Merupakan mal baru di Jalan Ir. Soekarno, Hartono Lifestyle Mall menjadi alternatif berbelanja warga lokal. Mal terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah ini menghadirkan sedikitnya 300 toko retail ternama untuk memenuhi segala kebutuhan para pengunjung. Setelah puas berkeliling mal dengan delapan lantai ini, kamu bisa istirahat sejenak sambil menikmati berbagai makanan dan minuman di food court.

Pusat perbelanjaan yang buka pukul 10:00 – 22:00 ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap, salah satunya fasilitas untuk para difabel berupa kursi roda yang bisa dipinjam gratis. Jadi, siapa saja bisa mengunjungi Hartono Lifestyle Mall dengan nyaman

Lippo Plaza Jogja

Lippo Plaza Jogja

Lippo Plaza Jogja (Sumber: lippomalls.com)

Lippo Plaza Jogja merupakan sebuah mal yang menggantikan Sapir Square sejak Juni 2015. Hadir dengan desain lebih modern, mal ini menyediakan berbagai toko untuk memuaskan kegiatan belanja para pengunjung. Berada di Jalan Laksda Adisucipto No 32 – 34, memudahkan kamu untuk menemukan Lippo Plaza Jogja. Pusat perbelanjaan ini buka pukul 10:00 – 22:00.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Jogja, cobalah mampir ke DGD (merek baru Dagadu Djokdja) di lantai GF. Kamu bisa menemukan berbagai koleksi produk lokal, mulai dari kaus, jaket, hingga tas unik. Selain itu, kamu bisa mengunjungi Smart Lounge, sebuah ruangan dengan fasilitas Wi-Fi sofa, dan perpustakaan mini yang dapat dinikmati secara gratis.

Sahid J-Walk

Sahid J Walk

Sahid J Walk (Sumber: Sindonews)

Kamu dijamin betah jika menghabiskan waktu di Sahid Jogja Walk (Sahit J-Walk). Pusat perbelanjaan di Jalan Babakan Sari No 2 ini mengusung konsep hijau dengan ruang terbuka yang luas, sehingga membuat pengunjung nyaman. Kamu bisa puas berkeliling tempat ini pukul 10:00 – 22:00.

Penggemar kuliner juga akan dimanjakan dengan kehadiran FoodWalk. Pusat kuliner yang mengusung konsep food court bergaya tempo dulu ini menyajikan berbagai menu dan minuman tradisional maupun modern. Kamu pun akan senang berlama-lama di sini karena FoodWalk telah dilengkapi dengan Wi-Fi gratis dan live music.

Mal Jogjatronik

Jogjatronik

Jogjatronik (Sumber: Wikimapia)

Jika mencari toko berisi aneka keperluan elektronik, kamu harus ke Mal Jogjatronik di Jalan Brigjen Katamso No 75 – 77. Selain memiliki lokasi strategis dan tempat yang nyaman, mal ini juga memiliki fasilitas lengkap berupa food court, ATM, hingga tempat karaoke. Pusat elektronik ini buka setiap hari pukul 10:00 – 22:00.

Bagi pencinta gadget, Mal Jogjatronik bisa menjadi menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Kamu bisa menemukan produk elektronik, seperti laptop, komputer, ponsel, kamera, hingga berbagai aksesori. Jika ingin belanja produk second (bekas), mal ini juga menyediakan berbagai pilihan yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Ternyata, cukup banyak mal di Yogyakarta yang menyediakan kebutuhan para pengunjung, mulai dari pakaian, kuliner, hingga produk elektronik. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi mencari alternatif tempat belanja atau hiburan di kota ini. Untuk informasi tempat wisata lainnya, kamu bisa cek langsung di Blog Traveloka, ya!

Tulis komentarmu di sini: