0

Traveloka Team

17 Jan 2020 - 3 min read

5 Pantai di Kulon Progo Ini Belum Banyak Diketahui Wisatawan

Deretan pantai di Kulon Progo menjadi salah satu daya tarik wisata pesisir di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Berada di sebelah barat ibu kota, Kulon Progo dapat ditempuh hanya dengan berkendara sekitar 1 jam perjalanan.

Meski lebih dulu populer dengan wisata Kalibiru, pantai-pantai di Kulon Progo juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Apalagi, keberadaannya belum diketahui terlalu banyak orang sehingga suasananya cenderung lebih tenang. Penasaran, kan? Tenang saja, Traveloka sudah merangkum daftar lengkapnya untuk kamu. Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini:

1. Pantai Pasir Kadilangu

Photo credit:@zhuhronwibowo (Instagram)

Sejak dibuka pada 2016 lalu, Pantai Pasir Kadilangu menjadi destinasi wisata yang populer dikunjungi di Kulon Progo. Meski namanya pantai pasir, kamu tidak bisa bermain pasir di sini. Pasalnya, sekeliling pantai ini justru merupakan hutanmangrovedengan hamparan alam hijau yang menarik untuk dijelajahi.

Ada pula daya tarik lain dari hutan mangrove, yakni bangunan-bangunan unik yang terbuat dari bambu. Mulai dari jembatan, replika menara Eiffel, hingga spot berbentuk hati bisa kamu jadikan spot foto menarik di sini. Selain itu, terdapat juga tulisan-tulisan menarik sekaligus menggelitik untuk dijadikan spot foto unik. Jika tertarik berlibur di Pantai Pasir Kadilangu, kamu bisa datang ke daerah Jangkaran, Temon.

2. Pantai Congot

Photo credit:@yosephine.w (Instagram)

Berada di sisi barat Yogyakarta, Pantai Congot di Kulon Progo memberikan suasana nyaman saat pertama kali mengunjunginya. Di sekitar pantai terdapat hutanmangroveyang bisa kamu telusuri keindahannya. Berbeda dari kebanyakan pantai di Indonesia yang berpasir putih, Pantai Congot justru memiliki pasir berwarna hitam.

Menariknya, pantai ini menjadi pelabuhan kapal-kapal nelayan sehingga kamu dapat membeli langsung ikan segar hasil tangkapan. Namun bila kamu tidak ingin membeli ikan mentah, ada pula beberapa warung dan rumah makan yang menjual hidanganseafood. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kerajinan tangan dari serat daun pandan pantai yang dibuat oleh penduduk setempat. Cukup menarik, bukan?

3. Pantai Trisik

Photo credit:@aksatriou (Instagram)

Pantai berikutnya yang sayang jika dilewatkan adalah Pantai Trisik. Lokasi Pantai Trisik ada di Jalan Jalur Lintas Selatan, sehingga mudah diakses oleh pengunjung. Saat menuju Pantai Trisik, kamu juga akan disuguhi pemandangan indah khas pantai dan kampung nelayan setempat.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, pantai ini pun dinobatkan sebagai kawasan konservasi penyu di kawasan Yogyakarta. Jadi, kamu bisa melihat sekumpulan anak penyu di tepi pantai. Namun, tetaplah ingat untuk berhati-hati dan menjaga ekosistem rumah penyu di sekitar lokasi ya.

4. Pantai Glagah

Photo credit:@arifjosselalu (Instagram)

Keindahan Pantai Glagah tidak bisa terlepas dari keberadaan lagunanya yang berada di sepanjang pantai. Laguna ini dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan air, seperti bermain perahu kayuh, kano, dan sampan kecil. Tidak jauh dari lokasi pantai, kamu juga akan menemukan situs cagar budaya Stupa Glagah yang diyakini ada sejak abad ke-6 Masehi.

Selain bermain air, kamu juga bisa jalan-jalan di perkebunan sekitar pantai. Kebun tersebut adalah Agrowisata Kusumo Wanadri. Di sini, kamu bisa membeli dan menikmati buah naga segar di tengah teriknya matahari. Menjelang sore, kamu bisa menikmati pemandangan indah dan panoramasunsetdi tetrapod atau pemecah ombak di sekitaran pantai.

5. Pantai Bugel

Photo credit:@rosyid_nurjati (Instagram)

Pantai Bugel merupakan destinasi baru di Kulon Progo. Pasalnya, pantai yang berada di Desa Bugel, Panjatan ini baru dibuka pada akhir 2017 lalu. Suasana sepi dan tenang akan kamu rasakan sejak pertama kali menginjakkan kaki di sini. Untuk mencapai lokasi pantai memang tidak mudah, karena kamu perlu melewati jalan terjal. Namun, semua terbayar lunas saat tiba di lokasi dan menikmati semilirnya angin.

Ombak di Pantai Bugel cukup besar, sehingga kamu tidak dianjurkan untuk berenang ke tengah laut. Pantai Bugel juga kerap dijadikan tempat berlabuh kapal nelayan, jadi kamu bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan dalam kondisi masih segar. Tertarik untuk berkunjung?

***

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu pantai di Kulon Progo? Pastikan perjalanan kamu sudah terencana dengan baik demi kenyamanan dan keamanan diri sendiri, ya. Percayakan segala kebutuhan liburan kamu dalam satu aplikasi lengkap dari Traveloka. Pesan tiket pesawat,kereta api, bus, serta akomodasi hotel dijamin jadi lebih mudah!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan