4 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Rumah Pohon Jogja Kalibiru

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Rumah Pohon Jogja Kalibiru

Berlibur ke Jogja jangan hanya dihabiskan dengan jalan-jalan di pusat kota saja. Sediakan waktu untuk berkunjung ke Kalibiru, sebuah destinasi wisata alam dengan pemandangan menakjubkan. Di sini, terdapat sebuah rumah pohon yang digunakan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Selain rumah pohon, tentunya masih ada beberapa hal menarik lain yang bisa kamu temukan di Kalibiru. Traveloka sudah merangkum empat hal yang perlu kamu tahu dari rumah pohon Jogja Kalibiru. Berikut ulasannya!

Daya tarik Kalibiru

Sejak beberapa tahun belakangan ini, Kalibiru di Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi banyak wisatawan. Kalau kamu ketik nama destinasi wisata tersebut di Instagram, akan muncul banyak foto yang diambil di sana oleh para pengunjung. Hal ini tidak terlepas dari daya tarik yang dimiliki wisata Kalibiru berikut ini:

Panorama alam mengagumkan

(Sumber: @kalibiru_)

Dulunya, kawasan Kalibiru di Jogja dikelola oleh pemerintah. Seiring berjalannya waktu, kini warga lokal mengambil alih pengelolaan dan mengubah Kalibiru sebagai sebuah objek wisata. Yang menjadi daya tarik utama dari Kalibiru adalah pemandangan kawasan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo yang indah.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah pepohonan hijau. Udaranya pun cukup sejuk, sehingga cocok untuk kamu yang ingin berlibur sambil relaksasi tubuh dan pikiran. Sebaiknya, datanglah saat pagi atau sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu menyengat agar kamu bisa menikmati keindahan alam di Kalibiru secara maksimal.

Gardu pandang di atas pohon

(Sumber: @sobatjogja)

Spot favorit dan paling terkenal di Kalibiru adalah gardu pandang, yakni sebuah papan yang dipasang di atas pohon. Karena lokasinya ini, orang-orang pun menyebut garda pandang tersebut sebagai rumah pohon. Tidak hanya menikmati pemandangan, orang-orang juga biasanya suka berfoto di gardu pandang ini. Apabila tertarik untuk naik ke gardu pandang, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp10.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Dengan keindahan alam sebagai atraksi utama di Kalibiru, ada berbagai hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas seru yang  bisa kamu coba:

Menikmati pemandangan dari atas rumah pohon

(Sumber: @explorekalibiru)

Rumah pohon atau gardu pandang merupakan salah satu daya tarik utama dari Kalibiru. Oleh sebab itu, cobalah naik ke rumah pohon tersebut. Dari ketinggian, kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar secara lebih maksimal. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen dan mengunggah foto di media sosial.

Trekking dan outbound

(Sumber: @wisatakalibiru)

Apakah menikmati pemandangan alam merupakan satu-satunya kegiatan yang bisa dilakukan di Kalibiru? Tentu saja tidak. Pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas bagi kamu yang suka memacu adrenalin, yakni trekking dan outbound.

Salah satu fasilitas outbound yang paling banyak dicoba pengunjung adalah flying fox. Ada pula sebuah jembatan yang dipasang di atas ketinggian, di mana kamu bisa menyusurinya dengan penuh tantangan. Sebagai alternatif, ada pula jalur khusus di Kalibiru yang bisa kamu gunakan untuk trekking dan eksplor area sekitar.

Menginap di pondok yang unik

(Sumber: @wisatakalibiru)

Apabila belum merasa puas bermain-main di Kalibiru dalam sehari, kamu bisa menginap di pondok yang telah disediakan. Ada enam a pondok yang tersedia di Kalibiru dengan harga sewa sekitar Rp250.000 per malam. Setiap pondok dapat menampung maksimal 10 orang. Di dalam pondok belum tersedia kasur, sehingga kamu harus membawa tikar atau alas tidur sendiri.

Lokasi dan akses menuju lokasi

(Sumber: @wisatakalibiru)

Berlokasi di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, wisata alam Kalibiru berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Jogja. Dari pusat kota, kamu bisa mengarah ke Malioboro, lalu ambil jalur menuju Purworejo. Ikuti jalan hingga menuju Terminal Wates, lalu teruskan perjalanan menuju Waduk Sermo. Sesampainya di sini kamu, bisa bertanya ke warga sekitar karena Kalibiru tidak jauh dari Waduk Sermo.

Harga tiket masuk jam operasional

(Sumber: @wisatakalibiru)

Setiap harinya, wisata Kalibiru di Jogja buka pukul 06:00 – 17:00. Sebelum masuk, kamu harus membayar tiket sekitar Rp10.000 per orang. Bagi yang membawa mobil, kamu juga akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000. Sementara itu, harga parkir untuk motor adalah Rp2.000.

***

Bagi yang ingin menikmati panorama Jogja dalam suasana berbeda, Kalibiru merupakan destinasi liburan yang sempurna. Daripada semakin penasaran, yuk segera ajak keluarga atau teman-teman kamu untuk liburan bareng ke Kalibiru di Jogja! Dijamin, liburan kamu pasti akan terasa lebih menyenangkan!

Baca juga  8 Mal di Yogyakarta Ini Rekomendasi Untuk Wisata Belanja
0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1