18 Pantai di Jogja yang Menyuguhkan Panorama Cantik dan Alami

Traveloka
By Traveloka 08 May 2017

Bagi saya, keindahan pantai di Yogyakarta selalu menjadi alasan untuk kembali mengunjungi Kota Pelajar tersebut. Setiap pantai di Yogyakarta mempunyai keunikan tersendiri, mulai dari pantai berpasir putih dan lembut, pantai yang sepi dan tenang hingga pantai yang berkarang tajam. Hal menarik lainnya, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru, mulai dari berenang, panjat tebing, hingga snorkeling.

Pantai-pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta ini mungkin belum terlalu dikenal orang. Hal ini wajar karena Yogyakarta lebih terkenal sebagai kota budaya dan pusat kuliner enak. Meskipun begitu, ada 18 pantai di sana yang harus dikunjungi dan dieksplor sekali dalam seumur hidup.

Pantai Indrayanti

Sumber: Indonesia Kaya

Kawasan Gunung Kidul memang dipenuhi deretan pantai berpasir putih. Salah satunya, Pantai Indrayanti yang katanya disebut-sebut sebagai Bali-nya Yogyakarta. Ketika tiba di pantai ini, saya langsung disambut view pasir pantai putih yang beradu dengan air laut biru kehijauan. Sayangnya, kebanyakan orang hanya sekadar bermain air di bibir pantai. Setelah ditelusuri, hal ini dikarenakan Pantai Indrayanti memiliki ombak besar khas Pantai Selatan.

Yang spesial dari pantai ini adalah pemandangan dari bukit di sebelah kanan pantai. Cobalah menaiki bukit tersebut untuk sekadar melihat pemndangan sekitar Pantai Indrayanti dari atas. Bila kelelahan, kamu bisa beristirahat dengan menyewa payung pantai atau duduk santai di warung tepi pantai sambil menyeruput air kelapa.

Pantai Parangtritis

pemandangan kaya gini nih yg dirindukan 😍 . . . #parangtritis #jogja #explorejogja #explorejateng #visitjateng #pantaiindonesia #visitjogja #pantaiparangtritis #ayodolan #sunset #mataharitenggelam #laut #sky #senja #indonesia #yogyakarta #indonesiaparadise #exploreindonesia

A post shared by Risa Gustiara (@rgustiara22) on

Siapa sih yang tak tahu Pantai Parangtritis? Pantai ini tak hanya lekat dengan mitos mistisnya, tetapi keindahan alamnya memang patut diacungi jempol. Pantaslah bila pantai ini selalu ramai dikunjungi pengunjung meskipun berpasir hitam dan berombak besar. Apalagi, untuk menikmati keindahan pantai ini, kamu hanya cukup membayar sebesar Rp3.500 saja per orang.

Waktu terbaik ke pantai ini adalah sore hari, karena Pantai Parangtritis merupakan salah satu spot melihat sunset terbaik di Yogyakarta. Sambil menunggu matahari terbenam, kamu bisa mengisi waktu dengan berjalan-jalan menyusuri pantai, bermain layang-layang hingga menyewa ATV (motor beroda empat) sebesar Rp100.000.

Pantai Nglambor

Vitamin sea.. #pantainglambor

A post shared by Widada FeZs (@widadafezs) on

Pantai yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telingamu. Wajar saja banyak yang tak tahu karena letaknya memang agak tersembunyi. Saya bahkan harus memarkirkan kendaraan di tepi jalan kemudian melanjutkan berjalan kaki untuk mencapainya. Meskipun butuh sedikit perjuangan, Pantai Nglambor menyambut saya dengan suasana dan ombaknya yang tenang. Berenang dan snorkeling di Pantai Nglambor pun tergolong aman tanpa harus takut tergulung ombak.

Pantai Baron

ngisisss or nyilirrr 🍃🍃 #mercusuarbaron #pantaibaron #gunungkidul

A post shared by Dicky Kurniawan (@dicky_kurniawan_) on

Seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron menjadi salah satu pantai di Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisawatan. Pantai ini sebenarnya merupakan teluk yang diapit oleh dua tebing. Karena berupa teluk itulah, pengunjung diperbolehkan berenang asalkan tidak melewati tanda batas terjauh yang telah ditentukan. Keunikan lainnya, ada aliran sungai air tawar yang berada di bawah tebing dan mengalir langsung ke Laut Selatan.

Mumpung sedang di sini, saya tak melewatkan untuk mencicipi kenikmatan berbagai menu seafood yang banyak dijual di rumah makan sekitar pantai. Semua jenis seafood di Pantai Baron dijamin segar karena pantai ini memiliki Tempat Pelelangan Ikan sehingga menjadi ‘rumah’ bagi nelayan untuk mencari nafkah.

Pantai Sadranan

Spending a day at the beach is always a good idea 🏝 // #picoftheday #photography #naturalhabitat #naturelovers #indonesia #instagood #instadaily #instatravel #instanature #travel #traveler #travelgram #travelling #travelblogger #travelphotography #beach #beachday #sea #jogjakarta #wanderlust #pantai #pantaisadranan #darlingescapes #GirlsBornToTravel #iamtb #wanderlustdiscover #femmetravel #WorldTravelIG

A post shared by Avy Simin (@avysimin) on

Pantai ini menjadi salah satu snorkeling spot favorit wisatawan untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah berjalan di sepanjang pinggir pantai sambil menikmati hamparan pasir putih dan merasakan kesejukan air laut yang menggulung menerpa kakimu.

Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat sekitar biasanya akan mengadakan upacara sedekah laut di Pantai Sadranan. Upacara ini dimaksudkan sebagai ucapan rasa syukur atas berlimpahnya hasil laut. Jika kebetulan ke sini saat adanya prosesi tersebut, rasanya seakan dapat bonus karena dapat melihat suatu tradisi secara langsung!

Pantai Pok Tunggal

Sunny Saturdays are for #beachbabe spotting. I've spotted three!

A post shared by Rozelle Walters (@rorozellelee) on

Perjalanan ke pantai ini awalnya agak sulit karena akses jalan yang curam, namun segala jerih payahmu seakan terbayar begitu melihat sebuah ‘surga’ nan cantik telah menantimu. Setelah membayar uang retribusi sebesar Rp10.000, hamparan pasir putih pantai dan lautan lepas di pantai ini benar-benar menyejukkan mata dan membuat rasa lelah langsung hilang. Oh iya, bila ke pantai, kamu akan menemukan sebuah pohon duras besar yang tumbuh di tengah hamparan pasir putih pantai. Sebaiknya, kamu tidak mencoba  memanjatnya karena pohon ini dianggap keramat oleh penduduk sekitar.

Pantai Drini

Pantai Drini

Sumber: Dok. Pribadi

Pantai Drini merupakan salah satu pantai di Jogja yang berada di kawasan Gunung Kidul. Sama seperti kebanyakan pantai Gunung Kidul lainnya, Pantai Drini memiliki laut yang bersih dan hamparan pasir putih. Keunikannya justru terlihat dari sebuah pulau karang kecil di tengah pantai. Pulau karang ini seakan menjadi pembatas dari ‘wajah’ Pantai Drini sesungguhnya. Mengapa? Karena, jika kamu berjalan ke sisi barat, pantai ini memiliki ombak besar. Sementara di sisi timur justru memiliki karakter ombak lebih tenang.

Pantai Ngobaran

Sunset di Laut Selatan #throwback #sunset #southsea #lautselatan #jawa #yogyakarta #ngobaran #gunungkidul #southmountain #java #indonesia #visitindonesia #travel #tourism #wanderlust #nature #skyporn

A post shared by Victoria Tunggono (@ratuvictoria) on

Rasanya tak lengkap bila tidak memasukkan Pantai Ngobran sebagai salah satu daftar pantai di Jogja yang wajib dikunjungi. Mengapa tidak? Pantai ini menawarkan pesona budaya dan suasana religi yang kuat, dan tidak bakal kamu temukan di pantai kawasan Gunung Kidul manapun. Di pantai ini juga terdapat candi yang digunakan sebagai tempat sembahyang. 

Di pantai ini, kamu akan menemukan beberapa kehidupan beragama atau kepercayaan hidup berdampingan. Salah satunya, ada sebuah pura lengkap dengan patung dewa tampak berdiri tegak menghadap pantai. Jika kamu berjalan sedikit ke arah kiri, kamu akan menemukan sebuah rumah Joglo yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan upacara ritual bagi pengikut Kejawan. Selain itu, ada pula sebuah musala kecil bagi umat Islam untuk sembahyang.

Tiket ke Jogja + Hotel dibawah 1 juta, cek yuk:

Pantai Wediombo

Sweet Escape 😊😊 #beach #sea #bluesea #wediombo #pantai #pantaiwediombo #jogja #travel #travelling #gunungkidul #trip

A post shared by Sabrina Putri Gunawan (@sabrinapege) on

Ingin menikmati sensasi berenang di kolam alam? Coba ke Pantai Wediombo! Pantai ini memiliki kolam-kolam karang dengan air yang tenang dan sangat jernih. Sementara bagi kamu yang hobi memancing tentu juga tak boleh lewatkan tempat yang satu ini. Bukit karang dekat pantai menjadi spot favorit para pemancing untuk menunjukkan skill menangkap ikan.

Pantai Glagah

Basah basahan. Lokasi : Pantai Glagah Jogja. . . . . . . . . . #jaw_dropping_shots #jelajahnusantara #ksf_landscape #greatshotz #global_hotshotz #glagahbeach #pantaiglagah #jogja #jogjaku #jogjamedia #ci_jatengdiy #cameraindonesia #sunset_madness #sunrise_sunsets_aroundworld #earthpics #longexposure #longexposure_shots #amazing_longexpo #longexpo_addiction #landscape #landscape_lovers #canon_photos #canon600d #canonphotography #formatthitech #senja #seascape #indonesia_photography #panoramakulonprogo

A post shared by Rizal Rosyadi Abdullah (@rizal_rosyadi) on

Pantai di Jogja tak hanya terpusat di kawasan Gunung Kidul dan Bantul saja. Ada Pantai Glagah di daerah Kulon Progo yang kini nge-hits dan banyak diunggah di Instagram. Ujung dermaga yang dipenuhi tumpukan batu sebagai pemecah ombak seringkali menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto. Selain itu, daya tarik lainnya adalah laguna pantai yang memiliki air tenang dan banyak dimanfaatkan wisatawan untuk wisata perahu dan bebek air.

Pantai Siung

Konon dari sepanjang garis pesisir Jogja, #PantaiSiung diyakini menjadi salah satu primadona. Pantai yang letaknya kurang-lebih 60km dari kota Yogyakarta ini merupakan pantai berpasir putih dengan alur ombak yang tak menentu sepanjang garis pantainya. Pada sudut kanan dan kirinya Siung diapit oleh tebing batu, yang mana keduanya melingkari garis pantai sehingga menyerupai huruf "U" jika dilihat dari udara. Selain menjadi tempat bermain wisatawan domestik dan mancanegara, #PantaiSiung juga diyakini memiliki kekayaan laut yang cukup, terbukti dengan adanya beberapa perahu nelayan yang berjejer di bagian lain pantai, walaupun tak sebanyak yang dapat kita temui di #PantaiBaron. (Yogyakarta, April 2017) ___________________________________________________ Taken using: #NikonD3200 paired with #Nikkor AF-D #50mm f/1.4 Location: #PantaiSiung, #Tepus, #GunungKidul, #Yogyakarta – #Indonesia. In frame: Siung Beach (Right) View's #enaliyuddin #enaliyuddinshoots #enaliyuddinphotos #Nikon #nikonianjogja #nikonartists #siungbeach #seashore #siung #livefolkindonesia #kebangganindonesia #highland #beach #beachphotography #jogja #explorejogja #indonesiabeach #u #tebing

A post shared by Erwin Nur Aliyuddin (@enaliyuddin) on

Bagi yang hobi panjat tebing, Pantai Suing menjadi tempat terbaik untuk memuaskan hasrat petualanganmu. Pantai di Jogja yang satu ini memang dikelilingi tebing karang khas pantai Gunung Kidul, sehingga banyak pemanjat tebing baik lokal maupun internasional berdatangan untuk menaklukkan tebing-tebing tersebut atau malah membuat jalur pemanjatan baru. Asyiknya lagi, bagi yang tidak menyukai olahraga ekstrem tersebut (seperti saya) pun tetap bisa menikmati keelokan panorama pantai, deburan ombak yang bersahut-sahutan, dan pasir putih pantai yang lembut saat menyentuh kaki.

Pantai Jogan

jagalah kesendirianmu, sampai dia datang menghalalkanmu. . . 📍 Pantai Jogan #jetonvacation #jogja #pantaijogan

A post shared by Jetrani Reza Dias (@jetrani.rd) on

Butuh suasana pantai yang beda? Pantai Jogan dengan air terjunnya yang cantik sukses membuat saya terpana. Bak sebuah harta karun tersembunyi, keberadaan air terjun yang mengalir ke arah pantai benar-benar menciptakan suasana unik. Ditambah perpaduan suara ombak, gemercik air terjun, dan hembusan angin, kombinasi unik seperti ini tak akan bisa kamu temukan pada pantai di Jogja manapun.

Rasa lelah langsung terbayar lunas setelah harus panas-panasan dan menghabiskan waktu lebih dari dua jam perjalanan hanya untuk melihat keindahan Pantai Jogan. Jika kamu mau ke sini, setiap pengunjung akan dikenakan uang masuk sebesar Rp5.000 (termasuk Pantai Nglambor dan Pantai Siung). Worth it!

Pantai Krakal

 

Hamparan pasir putih, ombak yang cukup kuat, batu karang di tepi bibir pantai dan air laut yang jernih menyambut saya setibanya di Pantai Krakal. Tampak pula beberapa wisatawan sedang berselancar. Ya, pantai di Jogja satu ini memang menjadi destinasi favorit para peselancar. Banyak surfer tertantang untuk menaklukkan keganasan ombak Pantai Krakal.

Pantai Sepanjang

Senja yang kurindukan Loc : Pantai Sepanjang,Wonosari Gunungkidul #im_frezhmanholic#streetphotography#traditional#jogjaku#jogjaistimewa#jogjamedia#yukdolanjogja#wonderfulindonesia#berandajogja#dolanjogja#jpmpjogja#wonderfuljogja#picoftheday#travel#pantaisepanjang#sunset#nature#beach#serikat_fi#lewatkarya_kamibicara_hi#icu_indonesia#instanusantara#instanusantaradiy#yogyakarta#indonesia

A post shared by Dwi Laksana Wibisono (@dwi_wibiisono) on

Pantai di Jogja lainnya yang harus kamu kunjungi bila berlibur adalah Pantai Sepanjang. Pantai ini dinamai Sepanjang karena mendeskripsikan panjang garis pantainya. Pantai Sepanjang juga menjadi pantai dengan garis pantai terpanjang di antara semua pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Sepanjang sangat bersih dan masih terasa ‘alami’. Hamparan pasir putih, gelombang besar, dan bebatuan karang di tepi pantai menjadi pemandangan yang ditawarkan pantai ini. Kalau mau berenang juga diperbolehkan asalkan tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Pantai Sundak

#pantaisundak #pantaigunungkidul #solotraveler #soloexplorer #exploresendirian #amateurs_shot

A post shared by Ruslan Moelyadi Ramlan (@roeslanramlan) on

Hamparan pasir putih dan bersih dengan karakteristik deburan ombak besar menjadi pemandangan khas Pantai Sundak. Dua buah bukit karang besar nan kokoh mengapit kedua sisi pantainya. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berenang di tepi pantai hingga berjalan-jalan sambil menikmati keindahan yang disuguhkan pantai. Namun tetap berhati-hati karena banyak bebatuan karang kecil yang tajam di tepi pantai. Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk mengisi perut di warung-warung sekitar pantai.

Pantai Depok

When they started to disappear #aerobaticteam #jogjainternationalairshow #pantaidepok #bantul #instaaviation #indonesia_military #tni_indonesia_update . Repost from @dayahmn

A post shared by The Jupiters (@jupiteraerobaticteam) on

Berada di Kabupaten Bantul dan terletak tidak jauh dari Pantai Parangtritis, pantai ini memiliki deburan ombak besar dan hamparan pasir hitam pekat namun tetap bersih. Jika berencana ke sini, datanglah di sore hari agar kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah bermain air di tepi pantai. Saya sendiri lebih suka duduk-duduk santai sambil menikmati suasana sekitar karena Pantai Depok menyuguhkan panorama yang masih alami.

Pantai Ngrenehan

Pantai di Jogja banyak yang bagus lo Taken by 📷 : @ari.nchp

A post shared by Mahameru Mining Cruiser Team (@mahamerumct) on

Banyaknya perahu nelayan berjejer rapi di bibir pantai menjadi pemandangan khas dari Pantai Ngrenehan. Jangan heran, pantai ini merupakan tempat bagi banyak nelayan mencari nafkah. Kamu bisa menyaksikan aktivitas para nelayan yang bekerja dari pagi hingga sore hari. Kamu juga bisa membeli ikan tangkapan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan dengan harga murah.

Di sisi lain, Pantai Ngrenehan juga terkenal dengan keindahannya. Lanskapnya yang dikelilingi perbukitan kapur dan pantai yang berupa teluk mampu membuat siapa saja terpukau melihatnya. Suara deburan ombak yang berlarian menjadi pemandangan yang menenangkan pikiran dan memanjakan mata. Ah… rasanya nggak mau pulang!

Pantai Parangkusumo

#pantaiwatu#pantai#pantaitimur#pantaigunungkidul#pangakosayo#pantaiindrayanti#pantaiparangtritis#pantaibaron#pantaikakap#pantaiparangkusumo#pantaiku#pantaigunungkiduljogja

A post shared by esti triwulandari (@triwulandariesti) on

Karena terletak tak jauh dari Parangtritis, pantai di Jogja satu ini menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi. Pantai Parangkusumo bahkan menjadi buah bibir di kalangan wisatawan karena memiliki kawasan gumuk pasir (padang pasir). Hamparan padang pasir yang luas seakan membuat lupa bahwa saya sedang di tanah Jawa, bukan di Mesir atau Afrika.

Jika kamu mampir ke sini, jangan lupa untuk mencoba olahraga sandboarding (ski pasir). Kamu bisa menyewa perlengkapannya yang dipatok harga mulai dari Rp100.000. Aktivitas lainnya, kamu bisa menyewa kendaraan ATV atau naik kuda untuk menikmati suasana sekitar pantai.

Untuk menikmati semua pantai di Jogja ini, pastikan untuk menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, mulai dari kendaraan pribadi, bekal perjalanan, hingga tenaga karena letaknya yang jauh dari pusat kota. Tapi, tak ada hasil yang mengkhianati usaha. Semua pantai di Jogja ini siap untuk menyambutmu dengan panoramanya yang indah dan alami.

 

Tulis komentarmu di sini: