0

Traveloka Team

09 Jan 2020 - 5 min read

Tips Liburan Seru ke Jepang Ala Backpacker

Jepang adalah salah satu destinasi liburan impian banyak orang. Hal ini dibuktikan oleh posisi Jepang yang berada pada lima teratasThe World Tourism Rankingdi Asia Pasifik. Namun, rencana banyak orang untuk berlibur ke sana sering kali terhambat karena urusan bujet. Bahkan di tahun 2017, Tokyo, Ibu Kota Jepang berada di posisi ke empatThe Most Expensive Cityversi majalah Forbes.

Meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa mengakalinya. Kamu tetap bisa menekan anggaran saat liburan ke Jepang dengan cara berlibur alabackpacker. Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar petualanganbackpackingselama di Jepang berjalan nyaman dan lancar:

Berangkat liburan saat musim dingin

(Sumber: Shutterstock)

Jika ingin mendapatkan penawaran termurah tiket pesawat ke Jepang, pilihlah keberangkatan pada waktulow season,saat destinasi wisata sepi pengunjung. Dari empat musim yang ada,low seasonJepang terjadi pada musim dingin atau sekitar bulan Desember hingga Februari.

Saat musim dingin, suhu udara di Jepang berada pada kisaran 10 derajat celcius. Namun jangan khawatir, kamu akan tetap mendapat pengalaman terbaik saat di Jepang. Terlebih bagi wisatawan negara tropis, musim salju menjadi kesempatan tepat untuk merasakan sensasi bermain ski di Hokkaido atau menikmati indahnya pemandangan Gunung Fuji bersalju.

Untuk menghindari hiportemia saat musim dingin, pastikan kamu membawaLong Johnatau baju dalaman hangat. Jika masih terasa dingin, memakaidouble Long Johnplussweateryang dipadukan dengan celana panjang akan menjadi pilihan tepat untuk memberikan rasa hangat dan tetap trendi. Jangan lupa untuk membawa topi dan sarung tangan untuk menjaga jari-jarimu tetap hangat.

Pilihan penginapan hemat di Jepang

Tidak sulit untuk mencari penginapan hemat di Jepang. Beberapa pilihan ini dapat disesuaikan berdasarkan bujet liburan yang kamu miliki. Meskipun tidak menginap di hotel berbintang, beberapa tempat di bawah ini tetap akan membuat tidur kamu nyenyak!

1. Backpackerhostel

(Sumber: Shutterstock)

Menginap di hostel atauguesthousedapat menjadi solusi terbaik untuk berlibur alabackpacker. Banyak hostel untukbackpackeryang tersebar hampir di seluruh kota-kota di Jepang. Umumnya, mereka memasang tarif per malam sebesar ¥2.400–¥3.000 atau sekitar Rp300.000 per orang.

Salah satu hostel rekomendasi yang bisa kamu singgahi adalahYadoya Guest Houseyang berlokasi di Nakano-ku, Tokyo.Yadoya Guest Housemenjadi rujukan bagi turis mancanegara karena terkenal dengan tarif terjangkau, yaitu ¥2.300 per malam. Meskipun tergolong murah, fasilitas yang diberikan sudah cukup lengkap. Fasilitas hostel meliputi kamar mandi, dapur, serta WiFi dan PC yang berada di lobiguest house.

2. Urban camping di taman kota

(Sumber: Shutterstock)

Salah satu keseruan saat liburan alabackpackerke Jepang adalah kamu diperbolehkan untukurban campingdi tempat-tempat umum seperti taman kota, stasiun, atau bahkan di bangku-bangku yang ada di tepi jalan. Selain gratis, menginap di tempat-tempat tersebut juga terjamin kebersihan dan keamanannya. Untuk melakukannya, kamu perlu menunggu hingga seluruh stasiun kereta berhenti beroperasi terlebih dahulu, yaitu sekitar pukul 24:00.

3. Menginap di warnet

(Sumber: Shutterstock)

Apakah nyaman menginap di warnet? Kalau di Jepang, jawabannya “ya”. Bahkan, beberapa warnet di sana menyediakan fasilitas bagi parabackpackeruntuk menginap. Umumnya, warnet-warnet di Jepang menyediakan ruangan untuk orang yang ingin mengambil “Night Pack”. Harga sewanya berkisar ¥1.500–¥2.000 untuk bermalam selama 6–8 jam. Lebih murah jika dibandingkan menyewa kamar di hostel atauguesthouse, bukan?

Transportasi untuk menjelajah Jepang

Saat berkeliling dengan uang saku terbatas, kamu bisa memanfaatkan semua fasilitas transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah setempat. Moda transportasi di Jepang pun dikenal sangat nyaman dan aman untuk digunakan. Pastikan untuk tidak datang terlambat, sebab jadwal operasional seluruh transportasi di Jepang terbilang sangat tepat waktu.

1. Beli Japan Rail Pass

(Sumber:@catperku)

Salah satu cara mudah untuk menjelajah berbagai kota di Jepang adalah dengan membeli kartuJapan Rail Pass (JR Pass). JR Pass bisa kamu dapatkan di berbagaitravel agentdi luar Jepang dengan harga mulai dari ¥38,880 untuk durasi 7–21 hari. Kartu ini bisa kamu gunakan untuk mengendarai berbagai moda transportasi seperti kereta lokal,rapid, spesialrapid,express, hinggaShinkansen. Cekharga JR Pass di sini.

2. Gunakan Seishun 18 Kippu saat musim panas dan dingin

(Sumber:@kotone_tsunehisa)

Jika kamu datang ke Jepang di bulan Februari, Maret, Juli, Agustus, dan Desember,Seishun 18 Kippudapat menjadi pilihan sebagai penunjang transportasi.Seishun 18 Kippumerupakanunlimited ticketyang dapat digunakan untuk bepergian selama lima hari. Satu tiketSeishun 18 Kippudijual seharga ¥11.850 atau sekitar Rp1,5 juta. Tiket ini dapat digunakan untuk naik kereta lokal danrapid trainmilik Japan Railways di seluruh Jepang.

Kuliner enak dan ramah kantong

Kamu yang datang ke Jepang dengan carabackpackertak harus kelaparan karena menghemat biaya makan. Pasalnya, banyak kuliner enak di Jepang yang juga ramah kantong. Sangat cocok untuk kamu yang harus menekanbudgetselamatraveling!

1. Sarapan dengan onigiri

(Sumber: Shutterstock)

Onigiri adalah hidangan berupa nasi kepal khas Jepang yang biasa disajikan saat piknik atau bekal ke kantor dan sekolah. Biasanya, orang Jepang membuatonigiridalam bentuk bulat, segitiga atau seperti karung beras. Onigiri dijual dengan harga cukup terjangkau, yaitu mulai dari ¥99 hingga ¥300, bergantung pada isi onigiri pilihan kamu. Tak sulit pula untuk menemukannya, karena onigiri dijual bebas di berbagai swalayan.

2. Pilih makanan cepat saji di Konbini

(Sumber: Shutterstock)

Konbini adalah sebutan minimarketatau toko kelontong yang ada di Jepang. Di sini, kamu bisa menemukan beragam jenis minuman dan makanan cepat saji. Sebagian besar menu makanan yang dijual di Konbini disajikan dalam keadaan hangat, seperti soba, udon, dan ramen. Di konbini kamu juga bisa membelibento,sushi, hinggabeef bowldengan harga sekitar ¥200 – ¥600 atau setara Rp25.000 – Rp80.000 untuk menu sekali makan.

3. Makan sushi di Kaiten Sushi

(Sumber: Shutterstock)

Berkunjung ke Jepang rasanya kurang lengkap tanpa makansushi. Di Jepang, kamu bisa dengan mudah menemukan kedai makansushimurah yang dinamai Kaiten Sushi. Di tempat ini,sushidiletakan di atasbeltyang berputar sehingga pembeli bisa mengambil sendiri menusushiyang diinginkan. Kamu cukup merogoh kocek ¥105 atau sekitar Rp10.500 untuk menikmati dua potong sushi di Kaiten Sushi. Cukup terjangkau, bukan?

4. Menjajalstreet food

(Sumber: Shutterstock)

Jepang dikenal sebagai surgastreet foodbagi para wisatawan. Berkunjung ke Jepang akan kurang lengkap tanpa menjajal kuliner yang dijual di berbagai geraistreet foodyang ada. Pusatstreet fooddi Jepang terletak di kawasan Tokyo, di mana terdapat beragam menu makanan seperti Takoyaki, Okonomiyaki, Korokke, sampai Yakitori yang bisa kamu santap dengan harga terjangkau.

***

Itulah tips seru liburan ke Jepang alabackpacker. Meski rekomendasi di atas tergolong cukup terjangkau, kamu tetap perlu menyiapkan dana darurat. Dengan begitu perjalanan liburan kamu akan tetap berjalan aman dan lancar. Jadi, siapkan rencana perjalananmu dengan matang ya! Selamat menikmati keindahan negeri sakura!

Baca jugaPanduan Wisata Jepang (Tokyo-Kyoto-Osaka) dalam 7 Hari
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan