0

Traveloka Team

20 Jan 2020 - 5 min read

Destinasi Wisata Jepang Anti Mainstream: Pulau Hokkaido

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata liburan dan Jepang? Pasti tidak jauh dari Tokyo, Gunung Fuji atau anime, kan? Dulu saya juga berpikiran seperti itu, bahkan saking jarangnya mendengar tentang Hokkaido saya sampai bertanya-tanya, “Hokkaido itu di sebelah mananya Tokyo, ya?” Tapi, saat saya mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Hokkaido University, saya baru menyadari bahwa meskipun tidak mendapatkan exposure sebesar Tokyo, Kyoto, atau Osaka, pulau di utara Jepang ini merupakan destinasi wisata yang luar biasa indah dan populer di antara wisatawan domestik Jepang, lho!

Sapporo, kota besar nan nyaman

Sapporo (札幌市), ibu kota Hokkaido, menurut saya memiliki tata kota terindah di Jepang. Meskipun Sapporo adalah kota terbesar kelima di Jepang tapi kota ini juga tenang dan aman, penduduknya sangat ramah dan lingkungannya pun teduh. Beberapa tujuan utama yang harus kamu kunjungi di kota ini adalah Akarenga (赤レンガ) yang berarti bangunan dari batu bata merah, yang merupakan pusat kegiatan pemerintah kota Sapporo. Di seberang Akarenga, kamu bisa mengunjungi Former Hokkaido Government Office, yaitu sebuah gedung pusat pemerintahan lama yang sekarang dijadikan museum.

Gedung pusat pemerintahan lama. (Sumber: Foto Pribadi)

Selain itu, kamu juga harus mengunjungi Taman Oodori (大通り公園). Taman kota sepanjang 7 blok di tengah kota Sapporo ini disebut-sebut sebagai Central Park-nya Sapporo oleh mahasiswa tempat saya kuliah.

Taman Oodori dan Sapporo TV Tower saat musim panas. (Sumber: Foto Pribadi)

Kampus saya dulu, Hokkaido University (北海道大学), tidak ketinggalan dari daftar rekomendasi saya. Bukan hanya menjadi salah satu universitas terbaik di Jepang, kampus ini juga merupakan tujuan favorit turis saat musim gugur dan musim semi karena keindahan bangunan dan lingkungan sekitarnya.

Beberapa spot di Hokkaido University. (Sumber: Foto Pribadi)

Jujur, terkadang saya merasa aneh. Bayangkan saja, saat saya dan teman-teman sedang belajar di kelas, di luar malah banyak turis yang sibuk foto-foto atau piknik. Padahal bagi kami, tempat yang mereka gunakan untuk piknik itu hanya tempat parkir sepeda!

Daftar destinasi favorit turis di sekeliling Hokkaido

Tidak hanya ibu kotanya saja yang indah, daerah lain di Pulau Hokkaido juga tidak kalah cantik dengan kota-kota lain di Jepang. Salah satu kota favorit wisatawan saat musim semi adalah Hakodate (函館市) yang terletak di ujung selatan pulau ini.

Pemandangan benteng dari atas menara pandang. (Sumber: Foto Pribadi)

Di sini, kamu bisa mengunjungi Benteng Goryokaku (五稜郭) yang menjadi saksi dari pertempuran terakhir shogun Tokugawa. Kamu perlu membayar sekitar 840 yen untuk masuk ke menara pandang supaya bisa melihat bentuk keseluruhan benteng ini dan pohon-pohon sakura yang bermekaran di sekitarnya. Sayangnya saya mengunjungi benteng ini di musim gugur sehingga tidak sempat menyaksikan keindahan bunga sakura di sana.

Tidak jauh dari Hakodate, kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Oonuma (大沼公園) yang terkenal akan keindahannya di musim gugur saat semua pohon-pohon di sana berubah warna.

Bersepeda keliling Taman Nasional Onuma saat musim gugur. (Sumber: Foto Pribadi)

Pemandangan pegunungan dari Taman Nasional Onuma. (Sumber: Foto Pribadi)

Di musim panas, kunjungilah bagian tengah Hokkaido yaitu Tomita Farm di Furano (富良野) dan danau biru di Biei (ç¾Žç‘›ã®é’ã„æ± ) yang saking terkenalnya, menjadi salah satu opsi wallpaper Mac.

Padang bunga di Tomita Farm, Furano. (Sumber: Foto Pribadi)

Kolam biru di Biei (Sumber: Foto Pribadi)

Selain itu, jangan lupa kunjungi kebun-kebun buah di Kota Niki, sekitar 2 jam dengan kereta dari Sapporo. Kamu bisa memesan tiket kereta jepang di Traveloka juga lho!

Memetik buah ceri di Niki (Sumber: Foto Pribadi)

Setiap musim semi hingga akhir musim panas, kamu bisa merasakan pengalaman seru memetik beragam buah mulai dari apel, pir, stroberi, ceri, hingga blueberry sepuasnya hanya dengan membayar sekitar 1000 – 2000 yen saja.

Budaya yang unik dan salju yang melimpah

Jika banyak orang datang ke Kyoto atau Osaka untuk merasakan budaya Jepang yang autentik, maka di Hokkaido, kamu bisa menikmati budaya Jepang yang bercampur dengan budaya Eropa. Salah satu keunikan Hokkaido yang berbeda dari bagian Jepang lain adalah rumah-rumah yang didesain seperti di pedesaan Eropa bisa ditemukan di mana-mana.

Selain itu, berbeda dengan Tokyo di mana jarang turun salju, Hokkaido adalah tempat paling cocok untuk kamu yang mau merasakan dinginnya salju karena musim dingin di sini bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya.

Pemandangan sehari-hari saat musim dingin. (Sumber: Foto Pribadi)

Karena itu pula, setiap tahun diadakan Festival Salju di taman Oodori. Saat festival, kamu tidak hanya bisa melihat manusia salju saja tetapi juga patung salju menyerupai tokoh-tokoh kesayanganmu dari berbagai franchise populer dunia seperti Star Wars dan Final Fantasy.

Patung salju Star Wars. (Sumber: Foto Pribadi)

Kuliner yang menggugah rasa

Soal makanan, wisatawan domestik setuju bahwa Hokkaido adalah juaranya untuk hidangan laut dan beragam produk olahan susu. Ya, hidangan laut asal Hokkaido terkenal sangat enak sedangkan untuk hasil peternakan sapi, berkat suhu udara yang dingin, sapi-sapi di Hokkaido menghasilkan susu segar dan beragam hasil olahannya, seperti es krim, mentega, dan keju yang berkualitas tinggi.

Sushi dengan ikan tersegar yang pernah saya makan. (Sumber: Foto Pribadi)

Es krim dan biskuit Shiroi Koibito yang terkenal. (Sumber: Foto Pribadi)

Makanan favorit saya selama di sana adalah sup kari. Jika kari Jepang pada umumnya kental dan manis, kari dari Sapporo ini rasanya asin dan hangat. Paling enak dinikmati saat musim dingin dengan sepotong ayam goreng garing dan sayuran yang berlimpah.

Sup kari khas Sapporo. (Sumber: Foto Pribadi)

Jadi, sudah jelas kan kalau liburan ke Jepang sekarang tidak hanya sekadar Tokyo, Kyoto, dan Osaka saja? Hokkaido juga bisa jadi tujuan yang berbeda dari yang lain! Apalagi karena pesan tiket penerbangan Jakarta – Sapporo sekarang lebih mudah via Traveloka! Selain itu, kamu juga bisa pesan JR Pass melalui Traveloka Lho!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan