Liburan ke Pasuruan, Jangan Lupa Kunjungi 5 Pantai Ini

Liburan ke Pasuruan, Jangan Lupa Kunjungi 5 Pantai Ini

Ingin liburan di Jawa Timur tapi bingung harus ke kota mana? Pasuruan bisa jadi salah satu pertimbangan. Kota yang berjarak sekitar 60 km dari Surabaya ini dikenal memiliki beberapa wisata pantai. Meski tidak sepopuler Bali atau Lombok, pantai di Pasuruan tetap memiliki pesonanya tersendiri yang sayang untuk kamu lewatkan.

Daripada penasaran, kamu bisa langsung cari tahu lokasi pantainya melalui daftar yang sudah disusun Traveloka berikut ini. Catat dan pastikan pantai ini masuk rencana perjalanan liburan kamu di Pasuruan, ya!

1. Pantai Lekok

pantai indah di pasuruan
Photo credit: @andifahmiza (Instagram)

Pantai Lekok jadi destinasi pertama yang wajib dikunjungi ketika kamu ingin menjelajahi wisata bahari di Pasuruan. Perpaduan pasir berwarna putih kecoklatan serta deretan perahu nelayan di tepi pantai tentu menjadi pemandangan yang menarik di sini. Untuk mengunjungi wisata pantai di Pasuruan ini, kamu bisa menuju Desa Jatirejo, Lekok. Siapkan pula uang sekitar Rp7.500 sebagai biaya tiket masuk.

Satu hal yang cukup menarik di pantai ini adalah tradisi saat Hari Raya Idulfitri tiba. Biasanya,  masyarakat setempat memiliki tradisi meluncur dengan menggunakan papan di atas lumpur yang dinamakan Ski Lot. Kegiatan ini mengharuskan seluruh peserta menangkap kepiting atau belut yang ada di perairan Pantai Lekok. Karenanya, pantai selalu ramai akan pengunjung di momen besar umat Islam tersebut.

2. Pantai Blandongan

pantai indah di pasuruan
Photo credit: @kemath_id (Instagram)

Pantai di Pasuruan yang bisa kamu kunjungi berikutnya bernama Pantai Blandongan. Selain menawarkan pemandangan alam yang eksotis, Pantai Blandongan juga dilengkapi berbagai fasilitas lengkap yang bisa dinikmati pengunjung. Salah satunya, kamu bisa bermain voli pantai, menyewa perahu nelayan, atau sekadar berjalan santai di tepi pantai sambil berfoto.

Pantai Blandongan berlokasi di Kelurahan Blandongan, Bugulkidul. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000 saja. Jika berkesempatan untuk berkunjung, tetaplah menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan ya!

3. Pantai Penunggul

pantai indah di pasuruan
Photo credit: @cwankbazztaq_87 (Instagram)

Lengkapi penjelajahan di Pasuruan dengan berkunjung ke Pantai Penunggul. Di pantai ini, kamu bisa menemukan kawasan hutan mangrove seluas 144 hektar yang tengah dipersiapkan pemerintah setempat untuk menarik kunjungan wisatawan. Jadi, selain bermain ombak pantai dan pasir putih, kamu juga bisa mempelajari beberapa tipe tanaman bakau seperti Rhyzapora Mucronata, Abisina Alba, Rhyzapora Apiculata & Alasina Marina.

Tenang saja, fasilitas di Pantai Penunggul sudah cukup lengkap mulai dari area parkir, warung makan, kamar mandi, hingga tempat istirahat. Tiket masuk Pantai Penunggul dipatok dengan tarif Rp10.000 per pengunjung. Waktu operasional di Pantai Penunggul sendiri adalah setiap hari mulai pukul 07:00 – 17:00.

4. Pantai Tambak Bahak

pantai indah di pasuruan
Photo credit: @ferry_pepenk (Instagram)

Berada di jalur pesisir pantai utara Pulau Jawa, Pantai Tambak Bahak di Pasuruan juga bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik. Berbeda dari pantai-pantai lainnya, di Pantai Bahak kamu bisa menemukan air laut yang begitu jernih dan bersih sehingga berwarna kebiruan. Kontras dengan pasir putih yang dimiliki, tentu menciptakan pemandangan alam yang begitu memesona.

Di Pantai Tambak Bahak, kamu juga bisa menemukan banyak warung makan dengan menu-menu khas bahari yang menggugah selera. Siapkan lah bujet sekitar Rp5.000 untuk harga tiket masuk Pantai Tambak Bahak, ya!

5. Pantai Pasir Panjang

pantai indah di pasuruan
Photo credit: @malie_noer (Instagram)

Dinamakan Pantai Pasir Panjang sebab lokasinya disebut-sebut memiliki garis pantai terpanjang di Pasuruan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan pantai Lekok yang wilayah perairannya saling terhubung jika menelusuri sepanjang bibir Pantai Pasir Panjang.  

Panorama alam di Pantai Pasir Panjang juga tak kalah cantiknya. Baik pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Pasir Panjang Pasuruan sama-sama menakjubkan. Suara gemuruh ombak yang menghantam batu karang pun akan menghadirkan kesegaran tersendiri bagi wisatawan. Jadi, pastikan kamu tidak lupa membawa baju ganti serta handuk jika berniat untuk main air di sini ya!

***

Jadi, apakah kamu tertarik mengunjungi 5 pantai di Pasuruan tersebut? Langsung saja lakukan persiapan dari sekarang dengan booking penginapan dan tiket transportasi. Jangan lupa bawa topi atau kacamata hitam untuk melindungi kamu dari sinar matahari terik pantai. Selamat menjelajahi pantai Pasuruan!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1