6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo untuk Penggemar Kuliner Daerah

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo untuk Penggemar Kuliner Daerah

Jika sedang berada di Surabaya, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri berkunjung ke Sidoarjo. Jaraknya bisa kamu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Surabaya. Di Sidoarjo, kamu bisa mencoba berkunjung ke berbagai wisata seru seperti Alun-alun, Sun City Waterpark, dan Museum Mpu Tantular.

Setelah puas berjelajah, jangan buru-buru pulang. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Sidoarjo yang sayang untuk dilewatkan. Kebanyakan oleh-olehnya merupakan kuliner khas, jadi kamu pasti menyesal jika melewatkannya. Kira-kira apa saja oleh-oleh khas Sidoarjo yang bisa kamu bawa pulang? Ayo simak ulasannya di sini!

1. Terasi Sidoarjo

oleh-oleh khas sidoarjo
Photo credit: @tiwilatief (Instagram)

Berada di dekat pesisir utara membuat Sidoarjo memiliki kekayaan laut melimpah, terutama untuk komoditas udang. Salah satu olahan udang yang cukup populer adalah terasi. Terasi Sidoarjo dikenal karena aromanya yang khas dan memiliki warna cokelat kemerahan. Biasanya terasi digunakan untuk campuran sambal agar semakin nikmat.

Jika berkunjung ke Sidoarjo, kamu bisa membeli terasi ini sebagai oleh-oleh khasnya. Produk terasi yang cukup terkenal adalah Terasi Udang Tanjung. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mendatangi toko oleh-oleh di Sidoarjo atau langsung ke toko terasinya langsung di Jalan Mojopahit 106, Sidoarjo. Setidaknya, kamu perlu menyiapkan bujet sekitar Rp35.000 untuk 250 gram terasi.

2. Kerupuk udang

oleh-oleh khas sidoarjo
Photo credit: @delicioussidoarjo (Instagram)

Kerupuk udang Sidoarjo sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara. Selain renyah, rasa gurih udang juga amat terasa pada kerupuk ini. Karena itulah, tak heran jika kerupuk udang selalu menjadi primadona saat pameran produk-produk Indonesia digelar di negara lain.

Biasanya, kerupuk udang cocok dimakan bersama lauk pauk lainnya sebagai pelengkap dan penambah selera. Menemukan kerupuk udang di Sidoarjo pun sangat mudah karena banyak dijual di pusat oleh-oleh yang tersebar hampir di seluruh kota. Kamu juga bisa mendatangi sentranya di Kampung Slautan, Sidoarjo. Di sini, kamu bisa membeli kerupuk dalam kondisi matang atau mentah dalam bentuk kiloan.

3. Otak-otak bandeng

oleh-oleh khas sidoarjo
Photo credit: @bandengprestomamaksa (Instagram)

Tak hanya udang, Sidoarjo juga dikenal sebagai penghasil bandeng terbaik di Jawa Timur maupun Indonesia. Olahan bandeng yang bisa kamu jadikan oleh-oleh salah satunya adalah otak-otak bandeng. Cara membuatnya adalah dengan mengeluarkan isi bandeng tanpa merusak dagingnya. Kemudian, daging bandeng diolah menggunakan rempah-rempah pilihan dan dikukus sampai matang.

Tekstur otak-otak bandeng ini sangatlah lembut. Kamu pun tidak perlu khawatir akan durinya karena semua sudah dihilangkan. Salah satu tempat yang menjual otak-otak bandeng di Sidoarjo dan cukup dikenal adalah Otak-Otak Bandeng Alfarisi. Lokasinya berada di Jalan Haji Abdul Rahman, Sedati Gede.

4. Bandeng asap

oleh-oleh khas sidoarjo
Photo credit: @ajadeh_tien (Instagram)

Olahan bandeng lain yang dapat kamu jadikan oleh-oleh adalah bandeng asap. Cara pengasapannya cukup sederhana, yakni ikan dikeluarkan seluruh isinya lalu dibumbui dengan rempah-rempah. Terakhir, ikan akan diasap hingga kadar airnya menghilang. Penganan ini dapat bertahan selama 3 4 hari, jadi aman untuk dijadikan oleh-oleh.

Sentra penghasil bandeng asap di Sidoarjo salah satunya ada di Desa Lebo. Dari GOR Sidoarjo, kamu bisa menuju arah barat menuju desa ini. Harga satu ekor bandeng asap dijual bervariasi, mulai harga Rp15.000 hingga Rp25.000, tergantung jenis dan ukurannya.

5. Kue lumpur

oleh-oleh khas sidoarjo
Photo credit: @kuelumpur_sidoarjo (Instagram)

Meski namanya kue lumpur, bukan berarti oleh-oleh khas Sidoarjo ini terbuat dari lumpur. Dengan cita rasa manis, kue lumpur khas Sidoarjo memiliki tekstur lembut dan hampir menyerupai puding. Selain rasa orisinal, kue lumpur Sidoarjo kini juga hadir dalam ragam varian rasa lain seperti kelapa muda atau degan dalam bahasa Jawa.

Kue lumpur paling terkenal di Sidoarjo adalah Kue Lumpur Muda Mudi milik Bu Lilik. Lokasinya berada di Jalan Hang Tuah (depan Kelenteng Sidoarjo). Sebaiknya belilah beberapa buah karena kamu dijamin akan ketagihan. Tenang saja, harganya relatif murah yakni Rp2.000 Rp3.000 per bijinya.

6. Ote-ote Porong

oleh-oleh khas sidoarjo
Photo credit: @lovana.co.id (Instagram)

Ote-ote adalah jajanan serupa gorengan atau biasa disebut bakwan atau bala-bala jika di tempat lain. Adonannya terbuat dari campuran tepung, air, garam, dan bumbu lainnya. Lalu, ditambah dengan isian berupa taoge, daging, serta jamur tiram. Bahkan, beberapa ote-ote juga turut dicampur rumput laut.

Makan ote-ote Porong akan semakin nikmat dengan cabai hijau untuk menambah sensasi pedasnya. Ote-ote Porong yang tak sepi pengunjung berada di dekat Rumah Makan Putri Sunda di Jalan Surabaya Malang KM 40.  Harga satu buah ote-ote biasanya Rp10.000 saja.

***

Nah, itu dia beberapa oleh-oleh khas Sidoarjo yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Mau yang bercita rasa manis atau asin, semua bisa kamu pilih. Satu yang pasti, bujet yang kamu bawa harus mencukupi kebutuhan oleh-olehmu ya. Selamat berbelanja!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1