0

Traveloka Team

15 Jan 2020 - 3 min read

5 Wisata Alam di Jawa Timur Ini Punya Spot Foto Menakjubkan

Kamu yang suka berwisata alam pasti akan senang berkunjung ke Jawa Timur. Pasalnya, Provinsi dengan ibu kota Surabaya ini memiliki pilihan wisata alam yang amat beragam. Mulai dari gunung, pantai, hingga air terjun bisa kamu temukan di Jawa Timur.

Dari sekian banyak wisata alam Jawa Timur yang tersedia, beberapa di antaranya ternyata begitu populer di kalangan wisatawan. Apa saja tempat wisata alam tersebut? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Photo credit: Shutterstock

Taman Nasional Baluran berada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Memiliki padang rumput yang membentang luas nan indah, Taman Nasional Baluran sering disebut sebagai “Africa Van Java”atau “Little Africa”. Hal ini dikarenakan bentang alam di Baluran terlihat seperti sebuah taman nasional di Afrika.

Taman nasional seluas 300 hektar ini menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna. Jika beruntung, kamu akan bertemu dengan banteng, kerbau, macan tutul, hingga merak. Spot yang menjadi daya tarik Baluran antara lain Bekol, Pantai Bama, dan Gua Jepang. Agustus adalah bulan yang tepat untuk berkunjung ke sini karena kamu bisa melihat kawanan rusa, monyet, dan hewan lain yang keluar secara bersamaan.

2. Gunung Bromo, Malang

Photo credit: Shutterstock

Kamu tentu sudah tak asing dengan Gunung Bromo yang sudah terkenal sejak dulu. Nama Bromo sendiri berasal dari salah satu dewa dalam ajaran agama Hindu, yakni Dewa Brahma. Berada di ketinggian 2.392 mdpl, daya tarik gunung ini adalah keindahan alam dan budaya masyarakat setempat.

Keindahan alam di Bromo adalah hamparan lautan pasir gunung, panoramasunrise, dan petualangan menyusuri lautan pasir menggunakan mobil Jeep atau kuda. Jangan lewatkan kesempatan melihat keindahan kawah Bromo dan Bukit Teletubbies di sekitar gunung. Ada pula kebudayaan masyarakat Tengger, Kasadha, yang bisa kamu saksikan setiap hari ke-14 bulan Kasadha.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi

Photo credit: Shutterstock

Berada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, kawasan Kawah Ijen kerap menjadi destinasi alam favorit wisatawan saat mengunjungi Jawa Timur. Daya tarik utamanya adalah semburan api berwarna biru yang disebutblue fire. Untuk dapat melihatnya, tentu kamu harus mendaki terlebih dahulu.

Blue fireini hanya bisa dilihat di saat-saat tertentu saja, yakni pada pukul 02:00 hingga 03:00. Setelah puas menyaksikan pemandangan yang hanya ada dua di dunia ini (lokasi lain ada di Islandia), kamu bisa melanjutkannya dengan menyaksikan matahari terbit di sekitar kawah. Meski begitu, kamu perlu memastikan kondisi tubuh karena kawah masih aktif dengan bau belerang yang cukup menyengat. Jadi, pastikan kamu membawa masker ya!

4. Pantai Papuma, Jember

Photo credit: Shutterstock

Di sebelah barat Banyuwangi, tepatnya di Jember, terdapat spot wisata alam yang tak kalah menarik yakni Pantai Tanjung Papuma. Lokasinya hanya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota. Di sini, kamu bisa melihat hamparan pasir putih dan deburan ombak Samudera Hindia.

Jika berkesempatan mengunjunginya, jangan pula lewatkan pesona matahari terbenamnya. Tak ketinggalan, pemandanganstargazingyang identik dengan pantai ini. Jadi, kamu bisa melihat hamparan langit yang dipenuhi bintang-bintang sembari menikmati suasana pinggir pantai. Menariknya, kamu pun diperbolehkan melakukancampingdi sekitar pantai.

5. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Photo credit: Shutterstock

Madakaripura merupakan air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Tengger, tepatnya di Desa Sapeh, Lumpang, Probolinggo. Dari area parkir, kamu perlu berjalan kaki kurang lebih satu jam untuk sampai ke lokasi. Namun, semua rasa lelah akan terbayar dengan keindahan dan kesegaran air terjun ini.

Area air terjun dikelilingi oleh tebing tinggi yang diselimuti oleh lumut. Kamu bisa mandi dan menikmati segarnya air di sini. Namun, tetap perhatikan panduan yang ada ya. Pasalnya, salah satu sisi kolam memiliki kedalaman yang cukup tinggi sehingga kamu perlu berhati-hati saat bermain air di sini.

***

Itulah beberapa wisata alam Jawa Timur yang cukup populer di kalangan wisatawan. Bagi yang belum pernah berkunjung, sekarang adalah saat yang tepat untuk menyusun rencana liburan kamu. Agar lebih seru, ajak pula teman-teman atau keluarga kamu. Pesan rental mobil juga tepat nih untuk perjalanan kamu. Selamat menjelajahi alam Jawa Timur!

Baca juga8 Candi di Jawa Timur Ini Tawarkan Wisata Sejarah Seru
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan