0

Traveloka Team

08 Jan 2020 - 6 min read

11 Pantai Paling Populer di Jawa Timur

Siapa sangka jika di kawasan Jawa Timur kamu bisa menemukan banyak pantai cantik? Tak hanya menawarkan keindahan baharinya, pantai di wilayah paling timur Pulau Jawa ini juga menyimpan kisah legenda yang cukup menarik. Penasaran ingin melihatnya? Berikut Traveloka telah merangkum 11 pantai di Jawa Timur yang tak boleh kamu lewatkan. Ayo simak ulasannya!

Pantai Papuma

Photo credit:@hasyim.ashari(Instagram)

Pantai ini memiliki area pasir putih yang sedikit menjorok ke laut, karenanya kawasan ini juga kerap disebut sebagai Pantai Tanjung Papuma. Tak hanya fenomena tersebut, pantai yang terletak di Desa Sumberejo, Jember ini juga memiliki pemandangan unik yakni keberadaan batu besar di dekat pantai.

Agar lebih puas melihat pesona pantai ini, kamu bisa mendaki tebing untuk melihat laut dari ketinggian. Warna airnya serta pasir di sini cukup jernih dan bersih karena hingga kini pantai masih tergolong sepi akan pengunjung. Umumnya, pengunjung yang datang akan menghabiskan waktu untuk berjemur atau melakukan berbagai kegiatan di pesisir pantai. Pasalnya, ombak Pantai Papuma tergolong cukup besar sehingga sedikit berbahaya untuk aktivitas berenang.

Pantai Goa China

Photo credit:@guwanto(Instagram)

Malang memang dikenal sebagai wilayah pegunungan, tetapi bukan berarti Kota Apel ini tak memiliki pantai. Goa China adalah salah satu pantai yang cukup populer di sini. Pantai yang berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo ini bahkan hampir tak pernah sepi pengunjung. Bagaimana tidak? Pemandangan yang ditawarkan pantai ini cukup unik, yakni perpaduan pantai juga gua.

Di pesisir pantai, kamu bisa melihat sebuah gua yang dikelilingi tumbuhan hijau. Gua inilah yang disebut sebagai Goa China. Jika penasaran, kamu pun diperbolehkan untuk melihat sisi dalam gua namun tetap dalam pengawasan petugas setempat. Tertarik untuk melihatnya? Jangan lupa siapkan uang Rp5.000 untuk biaya tiket masuk, ya!

Pantai Kedung Tumpang

Photo credit:@nizam_ahda(Instagram)

Pantai ekstrem satu ini berada di Pucanglaba, Tulungangung. Julukan tersebut didapat karena keberadaan berbatuan yang banyak ditemukan di pesisir pantai. Berbatuan di sini juga memiliki bentuk unik, tak jarang di beberapa spot kamu akan menemukan fenomena air terjun yang muncul dari hantaman ombak laut. Meski dipenuhi berbatuan, kamu tetap bisa merasakan kesegaran air laut pantai ini dengan bermain di teluk-teluk jernih yang terbentuk dari kubangan batu.

Asyiknya, pantai ini tidak memiliki jam operasional. Kamu bisa berkunjung kapan saja tanpa dipungut biaya. Meski begitu, sebaiknya datanglah di pagi atau siang hari karena kondisi pantai yang cukup berbahaya di malam hari. Tak hanya itu, perjalanan menuju Pantai Kedung Tumpang juga belum memadai sehingga kamu perlu sangat berhati-hati.

Pantai Sendiki

Photo credit:@jessicamtld(Instagram)

Bagi yang mencari tempat berkemah dengan suasana tenang dan sejuk, Pantai Sendiki di Tambakrejo, Sumbermanjing bisa kamu jadikan pilihan. Di sini, kamu hanya akan melihat gelombang ombak besar serta hamparan pasir putih yang cantik. Pengunjung pun masih akan jarang kamu temukan karena pantai ini belum diketahui banyak orang.

Jika berminat untuk berkemah di sini, sebaiknya kamu membawa tenda sendiri. Jadi, kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp20.000. Sebaliknya, bagi yang belum membawa persiapan, kamu bisa menyewa perlengkapan tenda di pengelola setempat dan mengeluarkan biaya kurang lebih Rp75.000. Apapun pilihan kamu, tetaplah jaga kelestarian Pantai Sendiki ya!

Pantai Clungup

Photo credit:@adi_kuntadi(Instagram)

Masih di kawasan Malang, kamu juga bisa menuju area Sendang Biru, Subermanjing. Di sini, kamu bisa melihat keindahan Pantai Clungup yang dikelilingi hutan dan berbatuan. Saking indahnya, pantai ini juga kerap disandingkan dengan pesona Raja Ampat, Papua. Air laut berwarna biru kehijauan serta pesona batu karang menjadi daya tarik utama pantai ini.

Kondisi air laut yang jernih di pantai ini kerap dimanfaatkan pengunjung untuk melakukansnorkelingataupundiving. Meski begitu, kamu perlu membawa perlengkapannya secara pribadi karena belum tersedia penyewaan di sini. Tak ketinggalan, kawasanmangroveyang juga patut kamu kunjungi. Kawasan wisata yang amat menarik, bukan?

Pantai Licin

Photo credit:@ayodolan(Instagram)

Nama ”licin” ternyata berangkat dari kondisi pantai yang licin. Konon, dulu pantai dipenuhi hutan lebat sehingga menimbulkan penumpukan vegetasi lumut. Tak hanya itu, pasir di sini juga berwarna hitam karena tercemar erupsi Gunung Semeru melalui Sungai Glidik. Fenomena yang cukup menarik, bukan?

Jika tertarik melihatnya, kamu bisa menuju Desa Lebakharjo, Ampelgading, Malang. Satu hal yang perlu diingat bahwa pantai ini cukup tersembunyi, jadi kamu perlu melalui perjalanan yang cukup panjang. Periksalah kondisi kendaraan dan bawalah perbekalan agar perjalanan menuju Pantai Licin tetap aman dan menyenangkan.

Pantai Tamban

Photo credit:@yohanesbpp(Instagram)

Masih dari daerah Tambakrejo, Malang, kamu bisa berkunjung ke Pantai Tamban. Setiap harinya, kamu bisa datang mulai pukul 05:00 untuk melihat pesonasunriseyang terkenal amat cantik. Selain itu, pantai ini kerap dijadikan lokasi foto pre-wedding karena panorama pantai dan ombak laut yang tenang dan sejuk. Jadi, jangan heran jika kamu melihat banyak pasangan yang sedang berfoto.

Nah, siapa sangka jika di sini kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru? Mulai dari memancing,snorkeling, hinggadivingbisa kamu lakukan di Pantai Tamban secara bebas. Umumnya, para nelayan setempat yang akan menawarkan kamu jasa untuk menuju lokasi-lokasi strategis untuk melakukan aktivitas tersebut. Lokasi wisata yang cukup menyenangkan, bukan?

Pantai Nganteb

Photo Credit:@pantainganteb(Instagram)

Bagi penggemar olahraga selancar, kamu tak boleh melewatkan kunjungan ke Pantai Nganteb di Sidurejo, Malang. Pasalnya, pantai ini pernah menjadi lokasi Singhasari International Surfing Exhibition 2017 karena kondisi ombak yang menantang. Karena itu pula, Pantai Nganteb tidak direkomendasikan bagi kamu yang ingin berenang di laut.

Meski begitu, pantai ini tetap menawarkan aktivitas seru serta fasilitas yang memadai. Mulai dari tebing, area kemah, hingga keberadaan air tawar bisa kamu jadikan lokasi bermain yang seru selama di pantai. Kamu pun bisa menggunakan berbagai fasilitas, seperti musala, warung kuliner, hingga toilet yang tersedia. Kawasan yang cocok kamu jadikan destinasi seru, ya?

Pantai Wonogoro

Photo Credit:@pantaiwonogoro(Instagram)

Masih segaris dengan Pantai Nganteb, kamu bisa mampir ke Pantai Wonogoro di Desa Tulungrejo, Gedangan. Meski begitu, akses menuju pantai ini masih cukup sulit. Kamu perlu lebih dulu melalui jalanan menanjak dan berliku, jadi pastikan untuk selalu berhati-hati ya. Selain itu, kamu tak perlu repot membawa pakaian ganti karena di Pantai Wonogoro tidak diperbolehkan untuk bermain air maupun berenang.

Sebagai gantinya, kamu bisa bersantai di bawah pepohonan rindang yang tersebar di area pantai sambil menikmati pemandangan air laut yang jernih. Jika dibandingkan Pantai Nganteb, Pantai Wonogoro belum ditunjang fasilitas yang memadai. Jadi, sebaiknya kamu membawa perbekalan ataupun perlengkapan bermain jika tertarik berlibur ke sini.

Pantai Kondang Iwak

Photo Credit:@alim_muhaimin(Instagram)

Bagi yang tertarik untuk memancing, cobalah untuk memasukan Pantai Kondang Iwak ke dalam daftar wisata kamu. Konon, pantai ini ditemukan tahun 1920-an oleh Mbah Imam Suwodo yang melihat sebuah kondang (muara air tawar) dipenuhi ikan. Itulah asal-usul penamaan “kondang iwak” pada pantai ini. Alasan itu pula yang akan menjamin kamu puas memancing di Pantai Kondang Iwak.

Fasilitas yang tersedia juga tak kalah lengkap, mulai dari kamar mandi umum, lahan parkir, warung kuliner, gazebo, hingga penginapan bisa dengan mudah kamu temukan. Jika tertarik mengunjungi Pantai Kondang Iwak, kamu bisa menuju Dusun Sumberpucung, Kecamatan Donomulyo, Malang.

Kenjeran

Photo credit:@widya_kristianti79(Instagram)

Menuju kawasan Surabaya, kamu akan menemukan Pantai Kenjeran yang amat populer di kalangan setempat maupun wisatawan. Meski sempat terlupakan karena kondisi yang kotor, kini pantai ini sudah dibenahi dan kembali berfungsi. Untuk mengunjunginya, kamu bisa menuju Jalan Raya Pantai Lama No 12, Kenjeran. Nantinya, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp10.000 per orang.

Tak sekadar menawarkan pesona pantai, di sini kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan seru. Salah satunya, kamu bisa menjelajahi Taman Hiburan Pantai dengan membayar Rp10.000 per orang. Sempatkan pula untuk mengunjungi Pantai Kenjeran Baru yang menyediakan wisata terbaru, yaitu Klenteng Sanggar Agung serta wahanawaterpark.

Untuk lebih mudah mengakses Pantai Kenjeran di Surabaya, kamu bisa rental mobil agar lebih nyaman dan leluasa.

***

Alternatif wisata pantai yang cukup menarik, bukan? Jika sudah menentukan tujuan berlibur, mulailah untuk menyiapkan bujet untuk memesan segalaakomodasi. Tak lupa, siapkan perlengkapan sesuai dengan pantai tujuan kamu. Jadi, kamu bisa bersenang-senang di setiap pantai yang dikunjungi. Selamat menjelajahi keindahan bahari Jawa Timur!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan