Jelajah 8 Pantai di Jawa Tengah untuk Liburan Tak Terlupakan

Jelajah 8 Pantai di Jawa Tengah untuk Liburan Tak Terlupakan

Ingin menghabiskan liburan di pantai tapi bosan jika harus ke Bali? Jawa Tengah bisa menjadi salah satu destinasi yang  layak kamu pertimbangkan. Provinsi yang mempunyai ibu kota di Semarang ini ternyata menyimpan banyak pantai dengan pemandangan alam yang indah.

Asyiknya lagi, pantai-pantai ini belum terlalu ramai pengunjung sehingga suasananya masih asri dan alami. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin merilekskan diri. Ayo cek daftar pantainya di bawah ini!

1. Pantai Bopong, Kebumen

pantai pantai di jawa tengah
Photo Credit: @ekho_wahyus (Instagram)

Pantai yang berada di Desa Surorejan, Kebumen ini benar-benar unik. Di area belakang pantainya terdapat sebuah laguna cantik. Laguna tersebut ternyata terbentuk dari aliran air sungai yang meliuk, sehingga membentuk sebuah pulau mini yang menarik untuk dijadikan latar foto. Tentunya, kamu pun bisa mendekat ke bagian bibir pantai untuk merasakan aliran ombak secara lebih dekat.

Tenang saja, pemandangan pantainya tak kalah indah dari laguna kok. Air lautnya yang biru jernih terlihat kontras dengan pasir pantai berwarna putih kecokelatan. Selain laguna, masih ada beberapa spot lain yang juga asyik untuk berfoto, misalnya seperti Jembatan Hepi yang dihias dengan aneka warna dan bunga.

2. Pantai Bandengan, Jepara

Bandengan watersport
Photo Credit: @bandengan_watersport (Instagram)

Di Jepara, salah satu pantai yang sangat menarik untuk dijelajahi adalah Pantai Bandengan. Pantai ini sering dijadikan tempat untuk mengadakan kompetisi layang-layang, mulai dari tingkat lokal hingga internasional. Hal tersebut tak mengherankan karena selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Pantai Bandengan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

Di sini, kamu bisa coba menaiki banana boat, jet ski, kano, ATV, sampai Wave House yang memiliki ombak buatan. Bahkan, tersedia pula penyewaan perahu bagi kamu yang ingin menyeberang ke Pulau Panjang. Jika tertarik berlibur di Pantai Bandengan, sebaiknya datanglah pada sore hari karena pemandangan sunset di sini sangat menawan.

3. Pantai Widarapayung, Cilacap

pantai widarapayung
Photo Credit: @cilacapzone.id (Instagram)

Masih ingat dengan bencana tsunami yang menimpa Cilacap pada 2006 silam? Di Pantai Widarapayung inilah bencana tersebut terjadi. Itulah mengapa kamu akan menemukan tugu peringatan bencana tsunami di sini.

Sesuai namanya, Pantai Widarapayung berada di Desa Widarapayung, Cilacap. Arus ombaknya yang cukup besar, membuat Pantai Widarapayung menjadi salah satu spot favorit para surfer untuk berselancar. Tak perlu repot membawa peralatan berselancar karena di kawasan pantai banyak yang menyewakan papan selancar untuk pengunjung.

Selain itu, pantai berpasir kecokelatan ini juga terkenal akan kuliner pecelnya yang memiliki cita rasa khas. Pecel di Pantai Widarapayung ini menggunakan kecombrang sebagai pelengkapnya. Tertarik untuk mencobanya?

4. Pantai Karang Pandan, Nusa Kambangan

nusa kambangan
Photo Credit: @cilacapzone.id (Instagram)

Nusa Kambangan memang dikenal sebagai Pulau Penjara karena di sinilah Lembaga Permasyarakatan Nusa Kambangan berada. Lebih dari itu, Pulau Nusa Kambangan sebenarnya dapat menjadi destinasi wisata yang mengasyikkan. Di sini, terdapat sebuah pantai dengan pemandangan indah bernama Pantai Karang Pandan. Pasirnya berwarna putih dan air lautnya tampak begitu jernih.

Area pantainya dikelilingi oleh pepohonan lebat berwarna hijau, sehingga menciptakan suasana yang sejuk dan asri. Di dekat pantai juga terdapat dua pulau karang bernama Pulau Majeti yang semakin menambah daya tarik pantai. Menariknya, Pantai Karang Pandan juga kerap dijadikan tempat larung sesaji oleh masyarakat adat Jawa yang tinggal di sekitar.

5. Pantai Karang Jahe, Rembang

karang jahe pantai
Photo Credit: @atsanaprima (Instagram)

Di dekat jalur pantura, terdapat sebuah pantai yang tak kalah indah bernama Pantai Karang Jahe. Lokasinya berada di Jalan Rembang-Lasem KM 7,5, Desa Punjulharjo, Rembang. Pantainya memiliki hamparan pasir berwarna putih yang terlihat kontras dengan deretan pohon cemara di sekelilingnya, membuat suasana terasa teduh dan nyaman.

Salah satu aktivitas favorit yang sering dilakukan pengunjung di Pantai Karang Jahe adalah snorkeling. Kamu bisa melihat keindahan terumbu karang warna-warni di sini. Jadi, jika memang berniat snorkeling di Pantai Karang Jahe, jangan lupa membawa kamera waterproof untuk mengabadikan keindahan tersebut ya.

6. Pantai Nampu, Wonogiri

pantai di solo
Photo Credit: @solopunya (Instagram)

Bagi yang berada di Wonogiri, kamu wajib mampir ke Pantai Nampu di kawasan Gunturharjo, Paranggupito. Pantai dengan air laut berwarna biru jernih ini agak berbeda dari pantai-pantai di Jawa Tengah lainnya. Selain pasir pantai berwarna putih, Pantai Nampu juga dipenuhi dengan banyak batu karang di area bibir pantai yang membuat pemandangannya semakin unik.

Pantai Nampu juga dikelilingi oleh perbukitan yang biasanya dimanfaatkan oleh beberapa pengunjung untuk mendirikan tenda dan menginap. Namun jika kamu tidak berniat untuk bermalam, sebaiknya datanglah pada sore hari karena Pantai Nampu ini menyajikan pemandangan sunset yang akan memanjakan mata.

7. Pantai Pecaron, Kebumen

pantai pecaron kebumen
Photo Credit: @exotickebumen (Instagram)

Pantai Bapong bukan satu-satunya pantai yang bisa kamu temukan di Kebumen. Masih ada Pantai Pecaron yang pemandangan alamnya tak kalah indah. Berada di Desa Srati, Kecamatan Ayah, lokasi Pantai Pecaron ini cukup terpencil sehingga jumlah pengunjungnya belum terlalu banyak. Alhasil, suasana di sini cenderung lebih sepi dan tenang, cocok bagi kamu yang ingin kabur sejenak dari keramaian.

Tak hanya memiliki air laut yang jernih, pemandangan Pantai Pecaron terlihat semakin menarik dengan adanya deretan pohon kelapa yang rindang mengelilingi pantai. Di dekat pantai juga terdapat sebuah sungai kecil dengan aliran yang bermuara ke laut Pantai Pecaron. Pesona yang cukup menarik untuk ditelusuri, bukan?

8. Pantai Pulau Panjang, Jepara

pulau panjang jepara
Photo Credit: @pulaupanjang_jepara (Instagram)

Di Kabupaten Jepara terdapat sebuah pulau bernama Pulau Panjang. Jaraknya sekitar 2,5 km dari Pantai Jepara dan memiliki luas mencapai kurang lebih 19 hektar. Kamu yang ingin ke sini bisa menggunakan perahu nelayan dari Pantai Bandengan dan menempuh perjalanan sekitar 10 menit. Tidak terlalu jauh, bukan?

Begitu sampai di Pulau Panjang, siap-siap dibuat terpesona dengan pemandangan air laut berwarna biru jernih. Tidak ketinggalan pasir pantai lembut berwarna putih yang cukup nyaman digunakan untuk bersantai atau berjemur. Karena arus ombaknya cenderung tenang, laut di Pulau Panjang pun cocok digunakan untuk snorkeling, berenang, atau sekadar bermain air.

***

Nah, kamu tidak pernah menyangka jika ada banyak pantai di Jawa Tengah untuk dijelajahi, bukan? Agar bisa lebih puas melakukan beach-hopping di Jawa Tengah, sebaiknya luangkan waktu selama beberapa hari untuk berlibur ya. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin agar liburan di Jawa Tengah bisa maksimal!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1