0

Traveloka Team

15 Jan 2020 - 3 min read

Ini 6 Oleh-oleh khas Tegal untuk Pencinta Camilan

Berada di Jalur Pantura, Tegal sangat kental dengan kebudayaan pesisirnya. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Bahari ini pun memiliki banyak potensi yang layak kamu jelajahi. Tak hanya terkenal dengan warung tegal (warteg)-nya, kota ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik seperti Pantai Alam Indah dan Pantai Muarareja.

Selain itu, kota yang pernah memecahkan rekor MURI dalam kategori tahu terpanjang pada tahun 2005 ini juga menawarkan oleh-oleh khas yang sayang dilewatkan. Penasaran apa saja? Berikut 6 oleh-oleh khas Tegal yang wajib kamu bawa pulang:

1. Kacang bogares

Photo credit:@sahabat_piknik (Instagram)

Kacangbogaresmungkin merupakan oleh-oleh Tegal yang paling terkenal. Nama “bogares” sendiri berasal dari nama daerah yang memproduksi kacang ini. Camilan kacang ini punya cita rasa gurih dan renyah yang khas. Karena itulah, kacangbogaresselalu memiliki banyak peminat khususnya para wisatawan. Jadi, tidak mengherankan jika produksi kacang ini dijadikan mata pencaharian warga Bogares.

Rasa gurih dan renyah dari kacangbogarestidak hanya berasal dari garam, tetapi juga dari proses pembuatannya. Kacang ini digoreng dengan pasir dan menggunakan kayu bakar. Cukup unik, bukan? Biasanya, kacangbogaresdijual dalam kemasan plastik 200 gram. Namun, kamu juga bisa membelinya secara kiloan.

2. Keripik tahu

Photo credit:@siu_jung (Instagram)

Tahu adalah makanan yang sering dijadikan lauk. Ternyata selain itu, tahu juga bisa dijadikan keripik. Nah, Tegal adalah daerah yang terkenal dengan produksi keripik tahunya. Biasanya keripik tahu ini terbuat dari tahu kuning yang memang lebih padat daripada tahu putih biasa. Kepadatan ini membuat tahu tidak hancur saat dijadikan keripik.

Keripik ini punya rasa yang sangat renyah tanpa meninggalkan tekstur asli tahu yang cenderung lembut. Tidak hanya enak, keripik tahu ini juga sehat. Buktinya, pada tahun 2000, keripik ini mendapat penghargaan sebagai camilan sehat dalam Festival Makanan Jawa Tengah.

3. Tahu aci

Photo credit:@eatsavorysolo (Instagram)

Selain Kacang Bogares, tahu aci juga menjadi oleh-oleh Tegal yang diminati banyak wisatawan. Jika tahu pada umumnya berbentuk rata, tahu aci terlihat lebih “gemuk” karena memiliki isian. Tahu aci berbentuk segitiga siku-siku dengan isian berupa aci (tepung kanji) yang diberi irisan daun kucai.

Jika tertarik, kamu bisa menemukan tahu aci yang otentik di daerah Slawi. Saat melewati daerah ini, kamu akan menemukan penjual tahu aci berderet di sepanjang jalan. Untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli tahu aci mentah sehingga bisa tahan lebih lama.

4. Latopia

Photo credit:@rheezal_88888 (Instagram)

Setelah puas dengan oleh-oleh yang punya cita rasa gurih, saatnya mencari oleh-oleh yang manis. Tegal punya oleh-oleh manis bernamalatopia. Sekilas, makanan ini mirip dengan bakpia yang jadi makanan khas Yogyakarta. Namun,latopiapunya ukuran yang lebih besar dibanding bakpia dan bentuknya cenderung kotak.

Latopia punya isian yang terasa gurih dan renyah jika dibandingkan dengan bakpia. Isian penganan ini sangat beragam, ada kacang hijau, cokelat, susu manis, keju, durian, dan ketan hitam. Tak sulit untuk menemukan camilan ini karena kamu bisa mendapatkanlatopiadi berbagai toko oleh-oleh di Kota Tegal.

5. Kerupuk antor

Photo credit:@manasyefoodandtrip (Instagram)

Kota Tegal ternyata juga punya camilan yang khas, bernama kerupukantor. Kerupuk ini berbahan dasar singkong atau ubi kayu. Seperti kacangbogares, pembuatan kerupuk ini juga melalui proses goreng pasir. Kerupukantorpunya rasa pedas yang berasal dari bumbu pedas yang ditaburkan pada permukaan kerupuk.

Jika ingin membawa kerupukantorsebagai buah tangan, kamu bisa datang ke daerah Harjosari, Pagedangan, Ujungrusi, dan Penarukan. Keempat daerah ini terkenal sebagai produsen kerupukantordi Tegal.

6. Pilus

Photo credit:@oleholehtegal59 (Instagram)

Kamu tentu sudah mengenal camilan yang satu ini. Makanan yang berbentuk kecil dan berwarna putih ini ternyata oleh-oleh khas Tegal. Pilus terbuat dari campuran tepung terigu, kanji, daun kucai, dan bumbu. Bumbu inilah yang membedakan pilus khas Tegal dan pilus buatan pabrik. Pilushomemadeyang dijual di Tegal menggunakan bumbu khusus yang menjadikan rasanya amat khas.

Supaya tidak penasaran lagi, pastikan untuk membeli pilus saat berkunjung ke Kota Tegal. Pilus khas Tegal biasanya dijual dalam kemasan kiloan. Harga pilus per kilonya berkisar antara Rp25.000–Rp30.000. Cukup terjangkau, bukan?

***

Itulah 6 oleh-oleh khas Tegal yang bisa kamu bawa pulang untuk orang-orang tersayang di rumah. Sambil mencari oleh-oleh khas Tegal, kamu juga bisa mencicipi beragam kuliner khasnya mulai dari kupatglabed, sate blengong, hingga sate Tegal. Berlibur ke Tegal serta membawa pulang beragam oleh-oleh khasnya tentu menarik, bukan?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan