Ini 6 Oleh-oleh khas Tegal untuk Pencinta Camilan

Ini 6 Oleh-oleh khas Tegal untuk Pencinta Camilan

Berada di Jalur Pantura, Tegal sangat kental dengan kebudayaan pesisirnya. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Bahari ini pun memiliki banyak potensi yang layak kamu jelajahi. Tak hanya terkenal dengan warung tegal (warteg)-nya, kota ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik seperti Pantai Alam Indah dan Pantai Muarareja.

Selain itu, kota yang pernah memecahkan rekor MURI dalam kategori tahu terpanjang pada tahun 2005 ini juga menawarkan oleh-oleh khas yang sayang dilewatkan. Penasaran apa saja? Berikut 6 oleh-oleh khas Tegal yang wajib kamu bawa pulang:

1. Kacang bogares

kacang khas tegal
Photo credit: @sahabat_piknik (Instagram)

Kacang bogares mungkin merupakan oleh-oleh Tegal yang paling terkenal. Nama “bogares” sendiri berasal dari nama daerah yang memproduksi kacang ini. Camilan kacang ini punya cita rasa gurih dan renyah yang khas. Karena itulah, kacang bogares selalu memiliki banyak peminat khususnya para wisatawan. Jadi, tidak mengherankan jika produksi kacang ini dijadikan mata pencaharian warga Bogares.

Rasa gurih dan renyah dari kacang bogares tidak hanya berasal dari garam, tetapi juga dari proses pembuatannya. Kacang ini digoreng dengan pasir dan menggunakan kayu bakar. Cukup unik, bukan? Biasanya, kacang bogares dijual dalam kemasan plastik 200 gram. Namun, kamu juga bisa membelinya secara kiloan.

2. Keripik tahu

keripik tahu
Photo credit: @siu_jung (Instagram)

Tahu adalah makanan yang sering dijadikan lauk. Ternyata selain itu, tahu juga bisa dijadikan keripik. Nah, Tegal adalah daerah yang terkenal dengan produksi keripik tahunya. Biasanya keripik tahu ini terbuat dari tahu kuning yang memang lebih padat daripada tahu putih biasa. Kepadatan ini membuat tahu tidak hancur saat dijadikan keripik.

Keripik ini punya rasa yang sangat renyah tanpa meninggalkan tekstur asli tahu yang cenderung lembut. Tidak hanya enak, keripik tahu ini juga sehat. Buktinya, pada tahun 2000, keripik ini mendapat penghargaan sebagai camilan sehat dalam Festival Makanan Jawa Tengah.

3. Tahu aci

tahu aci enak
Photo credit: @eatsavorysolo (Instagram)

Selain Kacang Bogares, tahu aci juga menjadi oleh-oleh Tegal yang diminati banyak wisatawan. Jika tahu pada umumnya berbentuk rata, tahu aci terlihat lebih “gemuk” karena memiliki isian. Tahu aci berbentuk segitiga siku-siku dengan isian berupa aci (tepung kanji) yang diberi irisan daun kucai.

Jika tertarik, kamu bisa menemukan tahu aci yang otentik di daerah Slawi. Saat melewati daerah ini, kamu akan menemukan penjual tahu aci berderet di sepanjang jalan. Untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli tahu aci mentah sehingga bisa tahan lebih lama.

4. Latopia

latopia
Photo credit: @rheezal_88888 (Instagram)

Setelah puas dengan oleh-oleh yang punya cita rasa gurih, saatnya mencari oleh-oleh yang manis. Tegal punya oleh-oleh manis bernama latopia. Sekilas, makanan ini mirip dengan bakpia yang jadi makanan khas Yogyakarta. Namun, latopia punya ukuran yang lebih besar dibanding bakpia dan bentuknya cenderung kotak.

Latopia punya isian yang terasa gurih dan renyah jika dibandingkan dengan bakpia. Isian penganan ini sangat beragam, ada kacang hijau, cokelat, susu manis, keju, durian, dan ketan hitam. Tak sulit untuk menemukan camilan ini karena kamu bisa mendapatkan latopia di berbagai toko oleh-oleh di Kota Tegal.

5. Kerupuk antor

kerupuk antor
Photo credit: @manasyefoodandtrip (Instagram)

Kota Tegal ternyata juga punya camilan yang khas, bernama kerupuk antor. Kerupuk ini berbahan dasar singkong atau ubi kayu. Seperti kacang bogares, pembuatan kerupuk ini juga melalui proses goreng pasir. Kerupuk antor punya rasa pedas yang berasal dari bumbu pedas yang ditaburkan pada permukaan kerupuk.

Jika ingin membawa kerupuk antor sebagai buah tangan, kamu bisa datang ke daerah Harjosari, Pagedangan, Ujungrusi, dan Penarukan. Keempat daerah ini terkenal sebagai produsen kerupuk antor di Tegal.

6. Pilus

oleh oleh pilus
Photo credit: @oleholehtegal59 (Instagram)

Kamu tentu sudah mengenal camilan yang satu ini. Makanan yang berbentuk kecil dan berwarna putih ini ternyata oleh-oleh khas Tegal. Pilus terbuat dari campuran tepung terigu, kanji, daun kucai, dan bumbu. Bumbu inilah yang membedakan pilus khas Tegal dan pilus buatan pabrik. Pilus homemade yang dijual di Tegal menggunakan bumbu khusus yang menjadikan rasanya amat khas.

Supaya tidak penasaran lagi, pastikan untuk membeli pilus saat berkunjung ke Kota Tegal. Pilus khas Tegal biasanya dijual dalam kemasan kiloan. Harga pilus per kilonya berkisar antara Rp25.000 Rp30.000. Cukup terjangkau, bukan?

***

Itulah 6 oleh-oleh khas Tegal yang bisa kamu bawa pulang untuk orang-orang tersayang di rumah. Sambil mencari oleh-oleh khas Tegal, kamu juga bisa mencicipi beragam kuliner khasnya mulai dari kupat glabed, sate blengong, hingga sate Tegal. Berlibur ke Tegal serta membawa pulang beragam oleh-oleh khasnya tentu menarik, bukan?

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1