Daftar Lengkap Oleh-oleh Khas Magelang yang Ramah Kantong

Daftar Lengkap Oleh-oleh Khas Magelang yang Ramah Kantong

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Kota Magelang juga menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Selama ini, mungkin kamu hanya mengenal Magelang sebagai “rumah” dari Candi Borobudur. Padahal, selain itu Magelang juga punya cukup banyak objek wisata seru serta oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang.

Mulai dari makanan ringan hingga batik bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh yang tepat untuk kerabat maupun keluarga. Ayo ketahui lebih lengkap daftar lengkap oleh-oleh khas Magelang yang telah dirangkum oleh Traveloka!

1. Keripik slondok

oleh-oleh dari magelang
Photo credit: @slondok_matahari (Instagram)

Bahan baku utama keripik slondok adalah singkong yang diolah dengan menggunakan bumbu rempah. Setelah itu, singkong yang sudah dibumbui akan lebih dahulu dijemur hingga kering. Di Magelang, ada banyak terdapat sentra industri pembuatan keripik slondok. Salah satunya adalah Desa Sumurarum, Grabag yang sudah ada sejak tahun 1980. Namun, kamu juga bisa membelinya di pusat oleh-oleh atau pasar di sekitaran Magelang.

Selain dijual matang, keripik slondok juga dijual dalam dalam bentuk mentah. Jadi, kamu perlu menggorengnya ketika sampai di rumah. Harga untuk satu bungkus keripik slondok matang dipatok sekitar Rp12.000, sedangkan keripik slondok mentah biasanya dijual per kilogram dengan harga mulai dari Rp15.000.

2. Getuk Trio

oleh-oleh dari magelang
Photo credit: @florencia_cindy (Instagram)

Kudapan khas Magelang lain yang memiliki cita rasa legit dan manis adalah getuk. Bahan dasarnya terbuat dari singkong pilihan. Berbeda dari getuk pada umumnya, getuk Magelang memiliki tiga lapisan warna dalam tiap porsinya yakni putih, cokelat, dan merah muda sehingga kerap disebut dengan getuk trio. Nama ‘trio’ sendiri juga merupakan merek getuk yang terkenal di Magelang sejak akhir tahun 1950-an.

Untuk getuk Trio, kami bisa mendapatkannya di salah satu pusat oleh-oleh Magelang di Jalan Mataram No 47. Harganya dipatok mulai dari Rp11.000 hingga Rp14.000, tergantung ukurannya. Getuk biasanya hanya bisa bertahan dua hari karena tidak menggunakan pengawet. Untuk itu, pastikan untuk melihat waktu kadaluarsanya sebelum membelinya sebagai oleh-oleh ya!

3. Wajik Ny. Week

oleh-oleh dari magelang
Photo credit: @jogjaculinary (Instagram)

Nama Wajik Ny. Week begitu melegenda di Magelang. Kelezatan Wajik Ny. Week sudah dikenal sejak tahun 1939. Kala itu, seorang Tionghoa bernama Ong Gweek Nio memproduksi wajik dan dijual di sekitar Kota Magelang. Jika pada umumnya penganan ini berwarna hijau, wajik produksi Ny. Week berwarna cokelat yang berasal dari gula Jawa asli.

Untuk mendapatkan Wajik Ny. Week, kamu bisa datang ke Jalan Kauman No 86, Kauman, Salaman. Harganya pun juga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp18.000 untuk ukuran kemasan kecil. Tertarik untuk membelinya?

4. Grubi

oleh-oleh dari magelang
Photo credit: @rizqyalfatah (Instagram)

Grubi adalah salah satu nama camilan yang sangat terkenal di Magelang. Bahan bakunya adalah ubi jalar yang dibentuk seperti bola-bola. Rasanya manis yang merupakan perpaduan khas dari gula jawa dan ubi, sehingga menghasilkan tekstur renyah saat dimakan. Penganan ini tidak menggunakan bahan pengawet karena gula Jawa sendiri memiliki kandungan alami yang dapat menjadi pengawet tradisional grubi.

Dahulu, grubi banyak dijajakan penjual atau warung-warung di sekolah dan sekitar pemukiman. Kini, makanan ini turut menjadi favorit banyak wisatawan. Untuk membelinya, grubi banyak dijual di toko-toko dan sentra oleh-oleh Magelang. Salah satunya bisa kamu temukan di Jalan Raya Salaman No 110.

5. Batik Magelang

oleh-oleh dari magelang
Photo credit: @kainbatikmagelang (Instagram)

Ke Jawa Tengah kurang lengkap rasanya kalau belum membeli batik. Di Magelang sendiri terdapat batik khas yang kaya akan filosofis pada setiap motifnya. Salah satu motif yang kerap digunakan adalah cerita rakyat setempat yang disebut dengan ‘Tetenger’. Batik Magelang biasa dibuat dengan menggunakan teknik stempel. Teknik penggunaan cap yang berasal dari besi bermotif untuk kemudian ditempelkan ke kain.

Jika tertarik untuk membeli batik Magelang, kamu bisa langsung mendatangi sentra pembuatan batik di Gelangan, Bayeman, dan Kebonpolo. Banyak pula toko-toko oleh-oleh maupun gerai batik di pusat kota. Harga batik yang dijual cukup bervariasi, yakni mulai dari Rp120.000 hingga Rp300.000.

***

Apakah kamu sudah menemukan oleh-oleh khas Magelang untuk kerabat ataupun keluarga di rumah? Semoga referensi di atas bisa membantu kamu menemukan oleh-oleh yang tepat dan sesuai dengan bujet. Selamat berburu cendera mata!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1