7 Candi di Jawa Tengah Ini Punya Kisah Sejarah Menarik

7 Candi di Jawa Tengah Ini Punya Kisah Sejarah Menarik

Jika dibandingkan dengan Jawa Barat dan Jawa Timur, Jawa Tengah ternyata memiliki wilayah yang paling kecil yakni seluas 32.548 km2. Meski begitu, provinsi yang terkenal dengan budaya tata kramanya ini memiliki destinasi wisata yang kaya, khususnya wisata sejarah. Tak hanya Candi Borobudur, Jawa Tengah juga memiliki daftar panjang candi indah lainnya.

Bagi kamu yang mencintai sejarah dan budaya, mengunjungi peninggalan sejarah berupa candi tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kira-kira candi apa saja yang memiliki keindahan tak kalah dari Candi Borobudur? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut!

1. Candi Sukuh

candi di jawa tengah
Photo credit: @arkhadhianz (Instagram)

Candi Sukuh berada di Desa Berjo, Karanganyar. Berbeda dengan candi-candi pada umumnya di Indonesia, Candi Sukuh memiliki bentuk yang unik dan hampir menyerupai piramida Chichen Itza di Meksiko. Selain itu, candi ini juga memiliki relief yang tak umum yakni menyerupai alat kelamin. Konon, hal tersebut dimaknai sebagai lambang kesuburan dan keberlangsungan hidup antargenerasi.

Di sini, kamu akan menemukan kesejukan dan pemandangan menakjubkan karena lokasi candi berada di lereng Gunung Lawu. Candi Sukuh berada sekitar 20 km dari pusat Kota Karanganyar, sedangkan dari Surakarta, jaraknya kurang lebih 36 km.

2. Candi Gedong Songo

candi gedong songo
Photo credit: @sintaa.dewiii (Instagram)

Jika mengunjungi Candi Gedong Songo, jangan lupa untuk berfoto. Pasalnya, terdapat banyak spot menarik seperti balon bubble raksasa, sangkar, dan masih banyak lagi. Selain itu, candi yang dibangun pada abad ke-9 Masehi ini juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Penamaannya sendiri diambil dari bahasa Jawa, yakni ‘gedong’ yang berarti bangunan dan ‘songo’ yang berarti sembilan. Namun, hanya beberapa candi yang masih bisa kamu lihat di sini.

Lokasi Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, Semarang. Bila dari Semarang, lokasi candi berjarak sekitar 45 km, sementara dari Ambarawa hanya kurang lebih 15 km, dan dari Ungaran berjarak sekitar 25 km. Ada pula wisata kuda yang bisa kamu coba untuk berkeliling mengitari kompleks candi ini.

3. Candi Plaosan

candi plaosan
Photo credit: @fatmayiayulestarii (Instagram)

Berikutnya ada Candi Plaosan yang berada di kawasan Bugisan, Klaten. Candi Plaosan menyimpan kisah kekuatan cinta dan toleransi dalam sejarahnya, yakni dibangun pada pertengahan abad ke-9 serta melambangkan kisah cinta Rakai Pikatan dan Pramodawardhani.

Candi di sini terbagi dua, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul yang memiliki halaman luas dengan rumput hijau. Suasana asri membuat pengunjung menjadi semakin nyaman ketika berada di sana. Bila dari pusat Kota Yogyakarta, Candi Plaosan berjarak sekitar 20 km dan bisa kamu akses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

4. Candi Pringapus

candi indah di Jawa Tengah
Photo credit: @fandyachmad_19 (Instagram)

Dibangun pada tahun 852 Masehi, Candi Pringapus hingga kini masih berdiri kokoh di Desa Pringapus, Temanggung. Daya tarik dari Candi Pringapus adalah ornamen pahatannya yang sangat halus dan indah. Ini menunjukkan sebuah karya seni tinggi di zamannya. Ada pula sebuah kolam yang airnya tak pernah kering meski musim kemarau.

Lokasinya berada di lereng Gunung Sindoro, membuat suasana nyaman dan tenang bisa kamu rasakan saat mengunjungi tempat ini. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Temanggung, kamu bisa menuju arah Timur Laut sekitar 32 km untuk mencapai candi yang dijadikan tempat pemujaan Dewa Syiwa masyarakat zaman dahulu ini.

5. Candi Pawon

candi pawon
Photo credit: @wisnu83 (Instagram)

Tidak jauh dari Candi Borobudur, terdapat sebuah candi yang tak kalah megah dan indah. Namanya adalah Candi Pawon yang berada di Wanurejo, Magelang. Konon, di zaman dahulu candi ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan senjata para raja.

Menuju Candi Pawon hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit dengan jaraknya kurang lebih hanya 2 km ke arah timur Candi Borobudur. Akses menuju candi juga memadai dan bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa angkutan setempat. Menariknya, kamu akan disuguhkan udara segar khas alam pegunungan saat menuju lokasi candi.

6. Candi Mendut

candi mendut
Photo credit: @zangtai_taizo (Instagram)

Berdasarkan catatan sejarah, Candi Mendut diperkirakan berusia lebih tua dari Candi Borobudur. Lokasinya berada di Mungkid, Magelang dan berjarak sekitar 2 km saja dari Candi Borobudur. Sedangkan dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 38 km ke arah barat laut.

Tidak hanya menyisakan kemegahan masa lalu, Candi Mendut juga menyimpan banyak fakta sejarah. Sebagian besar relief pada candi memiliki maknanya sendiri, mulai dari kisah Brahmana dan seekor kepiting, angsa dan kura-kura, hingga Dharmabuddhi dan Dustabuddhi. Itulah yang akhirnya menjadikan candi ini sebagai destinasi wisata sekaligus edukasi.

7. Candi Prambanan

candi prambanan
Photo credit: @tonibreton (Instagram)

Terakhir, ada Candi Prambanan yang merupakan destinasi favorit kedua setelah Borobudur. Kompleks Candi Prambanan merupakan candi terbesar dan tertinggi di Indonesia. Tak hanya itu, candi yang dibangun pada abad ke-9 ini juga menjadi salah satu bangunan sejarah terbesar di Asia Tenggara dan dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta dan bisa kamu tempuh selama sekitar 45 menit saja. Aksesnya cukup mudah dijangkau, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk sampai di lokasi.

***

Jika liburan ke Jawa Tengah, sangat disarankan bagi kamu untuk meluangkan waktu berkunjung ke sejumlah candi di atas. Tak hanya menghadirkan informasi sejarah yang unik dan menarik, candi-candi tersebut juga memiliki keindahan yang sayang jika dilewatkan. Jadi, kunjungilah candi-candi tersebut untuk melihat keindahannya secara langsung ya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1