6 Oleh-oleh Khas Jepara yang Kaya Cita Rasa

6 Oleh-oleh Khas Jepara yang Kaya Cita Rasa

Apabila dibandingkan dengan Solo atau Semarang, Jepara mungkin masih kalah populer. Padahal, kota kelahiran Ibu Kartini ini juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga sejarah, semua bisa kamu temukan di sini.

Selain itu, Jepara juga memiliki oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang, khususnya jika kamu senang menikmati camilan. Kebanyakan oleh-oleh khas Jepara memang hadir dalam bentuk makanan ringan yang akan membuat kamu sibuk mengunyah. Yuk, simak ulasannya!

1. Kacang Jepara

oleh-oleh khas jepara
Photo credit: @ruri_mulyajaya_jepara (Instagram)

Jepara punya kacang yang unik, namanya kacang Jepara. Apa yang membedakan kacang ini dengan kacang lainnya? Kacang Jepara digoreng menggunakan pasir. Sebelum digoreng, kacang direbus  dan dibumbui dengan bawang putih dan merah, ketumbar, serta jinten hitam. Campuran bumbu ini menghasilkan cita rasa gurih yang dijamin membuat kamu ketagihan.

Namun, tak perlu khawatir bagi kamu yang lebih suka kacang manis karena kacang Jepang juga tersedia dalam varian rasa manis. Kacang Jepara biasanya dijual kiloan, tetapi kamu juga bisa membeli dalam kemasan kecil ukuran seperempat kilo. Harganya mulai dari Rp20.000 hingga Rp30.000.

2. Kerupuk tenggiri

oleh-oleh khas jepara
Photo credit: @priscaanggraini (Instagram)

Jepara merupakan sebuah kabupaten di pesisir utara Pulau Jawa. Kondisi geografis ini membuat Jepara kaya akan hasil laut. Hasil laut Jepara tidak hanya diolah menjadi ikan bakar, tetapi juga menjadi makanan lainnya seperti kerupuk.

Salah satu kerupuk dari olahan laut yang bisa kamu coba adalah kerupuk tenggiri. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan daging tenggiri pada adonan tepung tapioka dan bumbu berupa bawang, garam, dan gula. Kerupuk ini tergolong mudah ditemukan, salah satunya kamu bisa datang ke pasar-pasar tradisional di kawasan Pengkol atau toko oleh-oleh.

3. Kerupuk bawang

oleh-oleh khas jepara
Photo credit: @restuku_kerupukmentah (Instagram)

Selain kerupuk tenggiri, Jepara juga punya kerupuk khas lainnya. Kuliner kerupuk khas Jepara ini adalah kerupuk bawang. Kamu mungkin sudah cukup familier dengan kerupuk yang satu ini. Namun, kerupuk bawang Jepara berbeda dengan kerupuk bawang dari daerah lain.

Di Jepara, kerupuk bawang juga punya cita rasa khas laut karena diberi sedikit kaldu ikan. Agar lebih awet untuk dijadikan oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli kerupuk bawang yang masih mentah. Biasanya, harga kerupuk bawang Jepara mentah sekitar Rp40.000 per kilonya.

4. Carang madu

oleh-oleh khas jepara
Photo credit: @auliananda544 (Instagram)

Carang memiliki arti sarang, jadi carang madu adalah sarang madu. Bisa dibilang carang madu adalah jajanan yang berbentuk berupa sarang dan memiliki rasa manis seperti madu. Penganan ini terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan gula.

Dahulu, makanan ini hanya dikonsumsi oleh keturunan Tionghoa di Jepara. Namun seiring berjalannya waktu, carang madu diadopsi oleh masyarakat Jawa dan dijadikan hidangan khusus sebagai bagian dari berbagai acara hajatan. Kamu pun bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko pusat oleh-oleh Jepara.

5. Jeruk Jepara

oleh-oleh khas jepara
Photo credit: @gusmust (Instagram)

Jeruk Jepara atau juga dikenal dengan nama jeruk swing merupakan buah yang hanya bisa kamu temukan di daerah Keling dan Celering. Buah ini tergolong cukup unik karena bisa bertahan hidup di tanah pesisir yang cenderung berpasir dan asin.

Hal itu pula yang membuat jeruk Jepara memiliki cita rasa yang sangat unik, yakni menyerupai jeruk nipis namun dengan sedikit rasa asin. Ukurannya pun serupa dengan jeruk nipis, hanya saja warnanya dominan kuning cerah seperti jeruk Sunkist. Apakah kamu tertarik mencobanya?

6. Rondho royal

oleh-oleh khas jepara
Photo credit: @eluana_nanyk (Instagram)

Jika ingin oleh-oleh khas Jepara yang mengenyangkan, maka kamu bisa membawa pulang rondho royal. Kue yang juga dikenal dengan nama monyos ini berbahan dasar tape singkong. Umumnya, Rondho royal dibuat dengan cara mencampurkan tape ke dalam adonan tepung beras, air, serta gula.

Campuran adonan tersebut memang mirip pisang goreng, tetapi teksturnya cenderung lebih kenyal. Kue tradisional Jepara ini sangat nikmat jika dihidangkan hangat. Kalau kamu membawanya sebagai oleh-oleh, gorenglah kembali sebelum dihidangkan.

***

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jepara yang bisa kamu beli sebelum pulang. Sangat beragam bukan? Kamu tentu sudah menentukan kuliner atau camilan mana yang akan dibeli. Untuk itu, siapkan bujet yang cukup agar kamu bisa puas berbelanja oleh-oleh tersebut. Happy shopping!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1